Penampakan di Jembatan Gladak Perak, Lumajang


Jembatan Gladak Perak merupakan jembatan bersejarah yang dibangun sejak jaman Belanda. Letak Jembatan Gladak Perak berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Melintang diatas Sungai Besuk Sat, menghubungkan jalur lintas selatan antara Malang dan Lumajang. Sungai Besuk Sat sendiri merupakan sungai yang mengalirkan muntahan lahar Gunung Semeru di sisi selatan. Jika ditempuh dari Kota Malang sekitar 94 km, atau 4 km setelah kawasan Piket Nol, sedang dari Kota Lumajang sekitar 30 km.


Jembatan Gladak Perak yang saat ini digunakan adalah jembatan baru yang dibangun sekitar tahun 2001. Sedangkan jembatan lama yang ada disebelahnya sudah tidak dipergunakan lagi, karena sudah tidak layak untuk dilintasi kendaraan. Bahkan jembatan awal yang masih berupa jembatan gantung sudah tidak ada lagi. Seperti gambar dibawah, berurut perubahan jembatan Gladak Perak dari pertama kali dibangun hingga kondisi saat ini.


Jembatan sepanjang 130 meter ini juga cukup fenomenal, dengan berbagai kisahnya yang menyertainya.
-Dimulai dari keberadaannya yang sudah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda.
-Penamaan Gladak Perak yang menurut cerita, salah satu versinya karena pondasi jembatan diberi tumbal gelang perak milik seorang penari ledek cantik. Sedang versi lainnya, disebut Gladak Perak karena jembatan ini dicat dengan warna perak.
-Tempat pembuangan mayat, ini terjadi sekitar tahun 80 an, saat petrus (penembak misterius) merajalela. Bahkan beberapa bulan lalu ada seorang pemuda warga malang, yang menjadi korban kriminal  tewas dibuang hidup-hidup di lokasi ini.
-Penampakan orang melintas di jembatan, hal ini menurut cerita pernah dialami beberapa pengendara yang melewati jembatan ini. Kejadian ini mitosnya menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.



Atas: Sungai Besuk Sat, 
Bawah: Jembatan Gladak Perak Lama dan Baru

Update Ngopi dapet penampakan

Ngopi di warung sekitar Jembatan Gladak Perak sambil menikmati panorama Sungai Besuk Sat tiada duanya. Jeprat-jepret menggunakan kamera ponsel juga pas banget buat update status. Nah pas update aktifitas ngopi, ada dua foto yang menarik perhatian temen2 medsos. Kalo dilihat sekilas sama saja, karena dua foto ini objeknya sama dan diambil sepersekian detik saja beda waktunya. Silahkan perhatikan sendiri, asli tanpa rekayasa kamera ponsel. Coba apa bedanya antara gambar 1 dan gambar 2 gan..?

Penampakan di jembatan Gladak Perak, Lumajang

Sumber: Lokasi
81 Komentar untuk "Penampakan di Jembatan Gladak Perak, Lumajang"

wah, serem juga kalo baca kisah jembatan Gladak Perak ini ya kang, sampai merinding bacanya juga hehehe, untungnya sudah pagi :D

habis baca biasanya dapat penampakan..haha :D

Jembatan Gladak Perak ekstrim sekali... untungnya sudah dibuat jembatan baru ya... kalau emang disana tmpat pembuangan mayat hasil petrus. wah jadi angker banget ya kang tempatnya O_0"

Ngeliat gambarnya sepertinya jembatan itu rada-rada serem gitu ya...

ah pagi-pagi dah nakut-nakutin orang mas ini, untung bacanya dah siang coba kalo malem rada-rada gimana gituh hehehe....

Hiiii... serem juga yah jadi begidik Neng

Penampakan itu muncul menurut sudut pandsng msding2... kalo yakin pasti ngeliat... kalo kagak y gak juga hehe

aduuh simas nakut nakutin aku aja, untung ga pernah lewat sana..

ihh serem banget mas, berbeda banget mas itu fhoto, fhoto yang nomor 1 di deket motornya engga ada apa-apa, ko di fhoto nomor 2 deket motornya ada misterius sungguh mengejutkan mas hehehe

Iya mas sudah jadi rajasia umum kalau dulu ketika zaman revolusi tempat ini menjadi kuburan masal, ngeri ya menemui penampakan

bah itu benerankah, org kali

EDUNN jembatan Gladak Perak generasi pertama sangat exstream yah beda jauh ama generasi ke tiganya :D

Keliatan angker gitu tempatnya juga hihi

Selamat siang Mas Wong/Mas Sam. Jembatan Galadak perak saya belum tau nih Mas..? Kok aneh ya Mas siang bolong gitu ada Penampakan, yang jelas bukan hasil foto rekayasa Kan Mas Sam? ngeri juga kapan kapan lewat situ mesti hati hati nih. makasih Mas Sam atas info menarik yang serem inih * salam santun dan ceria selalu :)

Seluruh bulu bagian tubuh saya turut merinding, sambil baca artikele Mas Sam ini, Lha Sampean Moto in nya takut gak Mas, sepertinya tempate angker ya Mas..? itu foto penampakanya hantu cowok apa cewek ya Mas..?

kalau kelumajang saya mah suka berhenti disini sam

sekedar menghilangkan penat

perasaan aq dah follow blog ini sam tp koq profilku nggak ada yah?
coba kufollow lagi

benern bersejarah ini mah, kliatan dari segi Arsitektur dan struktur dari jembatan Gladak Perak ini sungguh Belanda banget.
Gambar ke 2 jepretnya dari atas apaan ya?

Jembatannya hampir sama dg jembatan cisomang ya mas :)

sebenernya saya seneng kalo bisa berpetualang ke zona2 horor ky gini, terimakasih sharenya mungkin kapan2 saya bisa coba kesana, selain nuansa horornya kayaknya pemandanganya asik dan cocok buat ngopi.. hehe

di buat background foto narsis keren nih....

numpang numpang lewat sini ehhh ada penampakan mas Budi hehe

kalau nggak kuat lambaikan tangan ke kamera yah mas Yanto ihhhh serem dahh

berarti sama dong perasaanya ane juga merasa begitu tuh haha

beneran mas, tuh dibelakang ada siapa..

@IQROZEN: saya suka nggak yakin :)

@Mang Lembu: sama dari atas meja kopi

sampe bulu dalem2nya yah..hehe
nggak sempat kenalan mas, jadi nggak tau cowok apa cewek

semakin menambah sensasi kalo lewat tempat ini :)

serem sih nggak, cuma menakutkan saja..hehe

ntar malem lewat dalam mimpi mba..haha

kayaknya itu penampakannya, ntar kebawa mimpi lho.. :)

kalo penampakannya cewek sexy asyik juga mas :)

jadi penasaran lewatin jembatan generasi pertama yah..

nampak mas budi dan kang dede :)

semakin serem semakin menarik

salam santun dan ceria selalu juga :)

@mas yanto, plus ngopi, syukur2 dapat penampakan juga :)
@kang dede, cut

maaf mas bro, kayaknya diblog yg lama, ini beda url
monggo di follow lagi :)

penasaran dg jembatan cisomang, ada penampakan jugakah?

ngopi bareng penampakan mas..hehe

Bukan penampakannya mas, tapi model jembatannya mirip sama

keren jembatannya, asyik dong bisa narsis bareng penampakan
tuh kayak mau minta kopi, hehehe

hehe, seru Mas Crew, itu si mbak hitam manis (ehh mbak apa mas ya) muncul tiba-tiba. pasti cakep tuh, hehe.

minta disuapin kopi sama mas Crew

oo...pantesan

wes tak follow ulang sam

penampakan di jembatan gladak itu sebenernya mah, saya itu teh lagi nyamar...:D

Ga.ti penampakannya yang takut mas :-)

Minta dikenalkan sama mas Zach

Jembatannya aja kelihatan udah serem kang, apalagi penampakannya.....hiii atutttt.....

monggo mas budi jangan lupa bawa oleh oleh ya nanti.. hehe

Neng mah kagak takut gituan, paling kabur aza kalo ada beneran hik...

saya paling takut klo masalah ginian, mas. serem..

Keren mas jembatannya, pemandangannya juga indah. Terus yang foto itu sapa mas? Ngomong2 itu d foto kayaknya pemilik motor yang lagi mau ngambil motornya. Kenapa hitam soalnya teman-temannya habis nyiram dia pake kopi soalnya lagi ultah jadi dikerjain :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Jadi memiliki kisah mistis ya mas. Jadi merinding saya mas.. :)

wahaha ga maslah mas, asal om jinya mau bayarin.. hehehe...

pantesan posturnya sama mang Lembu :)

mereka baik lho mas Budy

tenang mba..ini ada mas wong :)

nggak usah kabur neng, kan ada aa :D

padahal cewek cantik itu mas :)

gak kuaaaaaat..!, sepertinya mau minta kopi ituh Mas..!

bener mas, ternyata cewek cantik pengin ngopi bareng..haha

Janagn-jangan cerita mistis jembatan ini bisa-bisa diangkat jadi film lagi sama sutradara Indonesia.

ahhhh nyesel baca malam2 giniiii -__-... itu beneran mas?

Wah ane demen banget motret tempat tempat / bangunan jadul dan klasik ( walaupun angker ) asal enggak malam malam aja,, kenapa? ya karena kamera ane kalau malem hasilnya kurang maksimal. Hahaha

aduh jembatnx ada yng nikung ada yng gak...

wah penampakannya hehehe item serem hehe... ternyata ini namanya jembatan piket yah ms kece dah....

Walah serem juga ya kalau begitu.. Mending gakan main ksnalah.. Serem tkt sampe kebawa mimpi y mas

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top