Danau Ranupani, Lumajang, Jawa Timur

Letak danau Ranupani berada di Desa Ranu Pani, kecamatan Senduro, kabupaten Lumajang, Jawa Timur.  Masuk dalam area konservasi TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Ranu Pani merupakan danau seluas 5,6 ha, berada di lereng gunung tertinggi di pulau Jawa, Gunung Semeru. Lokasinya terletak pada ketinggian 2.100 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Hardtop 4 wd, kendaraan angkutan pendaki gunung Semeru, tangguh melahap rute ekstrem jalur Malang-Ranupani. Nampak turis asingpun bergelantungan di angkutan.

Danau Ranupani dapat dijangkau melalui kota Lumajang atau Kota Malang. Jika ditempuh dari Kota Malang, jaraknya sekitar 56 km. Dari Kota Malang rutenya melalui  Pasar Tumpang - Gubuk klakah- Ngadisari - Pertigaan Jemplang ambil kanan (ke Kiri Gunung Bromo), terus sampai Desa Ranu Pani.  Bisa menggunakan sepeda motor atau mobil, jika menggunakan mobil sebaiknya yang 4 wd, karena jalur yang dilalui cukup ekstrem. Kendaraan umum hanya ada di pasar tumpang, dengan sistim sewa sekali jalan Rp. 500rb, mungkin sekarang tarifnya sudah naik setelah BBM naik.

Danau Ranupane, Lumajang, Jawa Timur


Asrinya alam desa Ranupani, oksigen murni tanpa campuran BBM

Suasana alam disekitar danau Ranupani masih sangat segar dengan udara bersih dan hawanya yang sejuk. Menjelang sore hawa disini akan terasa semakin dingin, bahkan dimusim tertentu bisa mencapai titik minus dibawah 0 derajat.

Basecamp Ranupani, pos awal pendakian Gunung Semeru. Suasana persiapan para pendaki, sebelum melahap trek pendakian Gunung Semeru.

Di sekitar area danau Ranupani, juga menjadi pos atau base camp awal pendakian menuju Gunung Semeru. Bagi para pendaki yang akan menuju Gunung Semeru, disini merupakan tempat terakhir untuk  mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mendaki. 

Pintu gerbang jalur pendakian Gunung Semeru di desa Ranu Pani

Lets go broo

Sumber: Lokasi Danau Ranupani, Lumajang, Jawa Timur
138 Komentar untuk "Danau Ranupani, Lumajang, Jawa Timur"

Ada wong londo nya juga ya mas

Panorama yg sayang utk tdk diabadikan... Lebih indah lagi kalo adminnya juga selfie neh hehe...

mas ikut ke danau Ranupani, tapi ga mau naik mobil itu, atau aku duduknya aku didepan..

Pemandngan danau nya sangat indah sekali ya Mas, alam desa Ranupani nya pun masih terlihat asri dan jauh dari polusi.
Keren keren.

Indah bgt pemandangannya, kalau misalnya saya ikutan naik gunung pasti udah nyerah duluan wkwk

Boleh dong si Neng maen ke Lumajang mampir di tempat Wong Criwil...

Bukan LOndo itu Bang, tapi BULE...

indahnya alam desa ranupani ...

Salam pagi Mas Wong. Daftar hadir dalam nuansa keindahan danau Ranupani Di Kota Lumjang ini.. Indah sekali ya Mas Pemandanganya. seger buat ngadem sama keluarga mah :)

Saya nikmati Keindahan Danau Ranu pani nya disini biar terasa keindahanya dekat di hati ya Mas Wong :)

Betul ya Teh Hajah Nenk. yu jalan jalan kesana bareng Teh..?

Mari Teh ngebonceng saya aja kebetulan saya juga penasaran dengan Keindahan Danau, Ranupani itu tapi niknya pakai sepedah Ontel Teteh nya Gengsi gak..? soale motor atau Mobil saya randue Teh. sekalian mampir ke rumahnya Saudara saya di Malang Mas Wong +Mas Yanto :)

Gimana Mbak Ai kalau kita nanti Liburan saya ajak Mbak Ke tepian Danau Ranupani yang Indah itu.. Mau kah..?

subhanallah pemandangan nya men indah banget sakin indahnya bule pun ada yang kepincut :)

TeH Neng Liburan sama sama ke Danau Ranupani yu.?

Termasuk saya kepencut dengan keindahan danau ranupani yang elok dan lestari itu Mas Ainnul

bascampnya sudah demikian bagus ya mas padahal dulu masih terbuat dari papan kayu

jangan jalan mas naik saja, jauh terjal jalan mendaki soalnya :-)

Jawa Timur banyak sekali memiliki tempat wisata alam ya mas.. Danaunya bagus mas, tapi sepertinya kurang terawat ya mas??

wah jadi pengin kesana nih mas, enak banget tempatnya

weeeh itu gunungnya kreen kali kang, kenapa di kepri ngak ada yang begituan ya

bener-bener keren sam tempatnya.kelihatan damai dan tentram suasana danau ranupani

eh itu yg gambar terakhir koq kayak mau perang ya

iya mas.setahun naik ontel pasti nyampe

Itu bule nya ramai-ramai ya gan naik mobil nya hehe
kayaknya seruu nihh

pemandangannya bagus banget di sekitar danau itu ya mas... kalau ke ranupani ini harus berangkat pagi ya mas?

beginilah indahnya Indonesia, yang patut untuk di nikmati keindahannya. hamparan yang hijau membuat suasana hati yang melihatnya bisa tenang apalagi udara yang sejuk tanpa campuran BBM [kata mas wong].

itu lagi kumpul mau camping ya mas..?? mas wong yang mana ne??

Danau ranupani lumajang Jawa Timur terkenal dengan ke eksotisan pemandangan alamnya, bila kita mengunjungi kawasan wisata ini tentu tidak akan pernah rugi dan terus mau datang kembali ke tempat wisata yang indah ini.

baru bisa nikmatin indahnya Ranu Padi dari postingan ini aja :))

Lunjungan pagi yang indah.. kembali nikmati keindahan Danau RANUPANINYA

Masih kerenan juga Adminya ya Kan Mas..?

Sambil nyimak artikel ini sambil ngopi aja yu dari pada ngomong gak nyambung hheheheeh

Nanti saya Berubah deh Mas Arif, jadi ULTRAMEN LEO...SSSRRUUUTTT..Berubah doarrrrr gkgkk

ngopi tambah nggak nyambung mas saud

wah ada Bule juga kesana yah,,,Asri banget kadi kepengen bertandang kesana ,,,tapi kapan yah,,,,,,

ikutan dong kang INDRA hehehe,,,,

sepertinya danau Ranupani ini memang mengasyikan sekali ya mas, senang sekali kalau bisa jalan jalan berkunjung dan bisa menikmati keindahannya di daerah ini

sawah didesa Ranupani itu koq kayak digaris yasam?
indah banget

syapa hayo yang gari.......................s hehehehe

saya pasti kesini gan suatu saat nanti hahaa

Wihh bule aja seneng banget ya jalan-jalan kesana...nyewa kendaraannya mahal bgt ...

;K;unjungan Malam Mas Wong nikmati lagi keindahan danau ranupaninya.. ngopi yu mas?

Saya habis kehujanan di jalan Mas Wong. boleh nambah ngopinya emenge mas wong..? nambah deh

Saya dengar kota Lumajang ini banyak pengrajin atau pembuat Jenang Gulo. Benar kah?

Seru ya naik angkutannya sampai gelantungan, hihihi. Pemandangannya indah sekali :)

Pak le ikut serta tidak itu ya? Istrinya ada di rombongan pendaki Mahameru.
Begitu indah ini telaga begitu asri desanya.
Saat suhu mencapai O dc ini saat puncak mesim kenarau nusim bedideng itu ya?

Wauuuu danaunya
Dan sekitarnya
Bagai air suci hilangkan dahaga
Sejuk dan seindah desiran syairnya
Sang pujangga - pujangga...

kalo dulu londo kan njajah kita

Kang Saud mungkin sedang kebanyakan minum obat

Halahh tenan saya jadi kangen banget sama Semeru nih. Wahhh jan, tenan, kangeeeeen

jadi Mbak Anis sedang dahaga

diprint trus dimakan biar lebih nikmat mas.kwkwk

iyaa bener kang dan jujur saya juga kepincut :) kapan yah saya bisa maun ke danau ranupani itu :)

yaudah kita balik jjajah londo aja biar adil :D

Iyah nih Mas Wong, gara gara ngikutin saranya Mas Zach jadi deh, saya nyaris mirip kaya Mas Zach nya hh

Mas Adminya gak berani menampakan diri, kata nya takut terkenal Mas Abu? narsis itu sejenis makanan apa sih Mas Wong

Mas Yanto+Mas Wong ngiri kan pengen naik Onthel saya? nanti mas tahun depan, kalau gak lupa :)

Paling paling Mas Yanto pengen di bayarin jajanya Mas Arie

Kembali saya nikmati keindahan dan ke elokanya Danau Ranupani Mas Wong?

Mas Wong ngupi yu sambil nongkrong di pinggir danau ranupani it u:)

Wah asyik banget yah mas kalau hobby mendaki gunung, banyak pengalaman seru dan menantang :)

iya mas..banyak hal menarik di alam

hayu mas saud, baru bisa ngopi bareng pagi ini :)

ikut to mas mus :D

yo mas, skitaran juli agustus biasanya

kalo banyaknya kurang tau kang, tapi memang ada makanan sejenis jenang

banyak bule disana mas
memang mahal, lumayan jauh dan jalurnya sulit
ada alternatif murah, naik truk sayur, saya pernah cuma 35 rb

nggak ahh, takut nggak iso ngempani

maksudnya naik kendaraan saja mas dari pada capek jalan kaki hehe

tanya ke saya saja mas kalau lumajang

cukup satu saja
di sini satu, di sana satu, di sana -di sini satu

indah juga ya pemandangan nya, perjalanan nya lumayan jauh seperti nya

Wow, rasanya pengen menghirup udara segar di tempat itu...

hehehe, memang disana (bromo) gudangnya hartop ya sam,,, terutama di terminal atau tempat parkir paling ujung sebelum masuk zona bromo (desa apa kuwi jenengne lali aku seng okeh wit kol sawi)

artikelnya sangat menginspirasi sam, jadi pingin kesana lagi

wah keren emang pemandanganya, pengen kesana belum kesampean

seharusnya mas wongnya itu lah yang di tampilankan mas.. selfie mas selfie... hehe

Wah saya belum pernah sama sekali menginjakkan tapak kesana mas... hanya sebatas nonton film 5cm di bioskop... :D

loh koq tau sih mas?
padahal mah enggak koq
enggak salah

Belum pernah saya ke gunung semeru mas apalagi ke danau ranupani, kapan yah saya bisa ke sana hehe...

hayoo..mas ainnul paling depan ya..

kapan mas ainnul sempet lah :)

tahun kapan mas itu yg dari kayu?

memang perlu pembenahan supaya lebih menarik

diusulin aja mas, supaya dibuatkan danau :)

kalo ini setuju banget mas saud

iya mas, lokasi favorite bule juga

enakan malem sam, sampe langsung tidur :)

iya mbak ana, enakan pagi, masih segerr dan waktunya panjang

tau ajah mas yanto ini

mas jai, saya agak alergi selfie :)

kapan dateng langsung ke tkp mba? :)

betul bang..selalu ingin kesana lagi :)

nah ini maksudnya...tepat sekali mas arif

nggak kerasa mba, banyak yang menarik diperjalanan

monggo mas..bebas sepuasnya :)

klo saya film 5cm nya yang nggak nonton mas :)

pasti berkesan mas kalo bisa kesana

Aku pengen liburan ke dufan mas saud :D

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top