GERAK JALAN PERJUANGAN MOJOKERTO-SURABAYA 2014

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Surabaya atau GJPMS, merupakan agenda kegiatan rutin tahunan untuk memperingati hari pahlawan. GJPMS diselenggarakan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga. Melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari TNI, POLRI, PNS, swasta, organisasi kepemudaan, komunitas, pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum.  Untuk Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro tahun ini dilaksanakan pada hari sabtu-minggu, 22-23 November 2014.

Peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 55 km

GJPMS mengambil rute mulai dari kota Mojokerto dan berakhir di Tugu Pahlawan kota Surabaya, dengan menempuh jarak 55 km. Merupakan jalur napak tilas para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Jalur ini menjadi rute heroik bagi para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan pada masa itu. Inilah yang menjadi salah satu alasan jalur Mojokerto-Surabaya menjadi rute Gerak Jalan Perjuangan. Rute tersebut dimulai dari Alun-alun Mojokerto – Jl. Majapahit-Jl. Bhayangkara – Jl. Gajahmada – Jl. Ajinomoto – Depan Pabrik Ciwi – Krian (Pos I : Pasar Krian) Pasar Krian – Jl. Raya Trosobo – Jl. Raya Kletek – Sepanjang (Pos II), Sepanjang – Karang Pilang – Jl. Gunung Sari (Yani Golf) – Terminal Joyoboyo – Kebun Binantang Surabaya – Jl. Diponegoro – Jl. Pasar Kembang – Jl. Kedung Doro – Jl. Blauran – Jl. Bubutan – Jl. Pahlawan – Jl. Kebun Rojo dan berakhir di Tugu Pahlawan di depan Kantor Gubernur Propinsi Jawa Timur.

Sepanjang jalur GJPMS masyarakat antusias menyambut peserta

Untuk Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya tahun ini, saya tidak berkesempatan mengikutinya karena sesuatu hal. Hanya bisa mengenang keikut sertaan saya pada GJPMS tahun kemarin (2013) yang berjalan lancar dari start hingga finish. Sebenarnya tahun ini juga sangat berharap bisa mengikutinya kembali, supaya bisa merasakan langsung rute pejuang dimasa  lampau, meski kondisinya sudah jauh berbeda. Jika dulu berjuang melawan serdadu kompeni, sekarang berjuang dan bersaing dengan kendaraan yang berseliweran sepanjang jalur GJPMS.

Perjalanan hingga dini hari (pagi)

Peserta GJPMS biasanya memiliki kekhasan masing-masing, seperti seragam unik, pakaian aneh bahkan menyeramkan, hingga adu yel-yel yang dipersiapkan secara khusus, meramaikan suasana gerak jalan. Sepanjang rute ribuan warga masyarakat juga antusias menyaksikan dan mensuport peserta gerak jalan. Ada sebagian warga dengan inisiatif sendiri menyediakan air mineral gratis.

Bahagia dan bangga; Saat tiba di garis finish

Tahun lalu saya bersama team, ikut sebagai peserta beregu dengan nomer urut ke 452, berangkat dari alun-alun Kota Mojokerto pada hari sabtu 16 November 2013 pukul 17.00 dan tiba di garis Finish Tugu Pahlawan Kota Surabaya pada hari Minggu, 17 november 2013 pukul 03.00. Sebagai penghargaan dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur, setiap peserta mendapatkan sertifikat bukti telah mengikuti Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya sejauh 55 km. Semoga dengan mengikuti gerak jalan ini, seluruh peserta dapat meresapi semangat pejuang dimasa lampau, untuk dituangkan dalam membangun negeri ini, aamiin.

Sumber: Mengenang Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Surabaya 55 km 2013

75 Komentar untuk "GERAK JALAN PERJUANGAN MOJOKERTO-SURABAYA 2014"

wah keren dan seru banget pastinya ya mas, bisa dijadikan contoh nie buat daerah laennya

Iyesss...akhirnya dapet pertamax juga disini :D

GJPMS termasuk salah satu upaya untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan RI ya mas?

smoga mas..mengenang pejuang masa lampau

Salam pagi Mas Wong. wuihh mantap acara gerak jalanya ayik dan menyehatkan. sayang Mas gak ngasih tau saya. jadi saya gak bisa ikutan.. ikut seneng saja ya saya Mas :)

Daerah saya patut niru nih. Sangat anthosias masyarakat menyambut acara gerak jalan Perjuangan Mojokerto itu ya Mas Wong?

Yes yes yeeeeeeees.. !!! Dapat Dua Tamx juga yang dapat Pertamax harus lomba Gerak jalan dulu Mas Marnes gak jauh rutenya. Antara jakarta ke mojokerto deh.. siapkan..? hkhkhkh :D

Koq saya gak lihat foto Mas Wong di acara gerak jalan itu.. yang mana coba?

cape mas wong, tapi banyak manfaat ya badan sehat jantungpung sehat terus jalinan kebersamaan sangat terpelihara..

pastinya seru banget nih ngikuti gerak jalan ini yasam.
walau setelah selesai kaki kram.hehehe

iyeess...pertamax saya diembat

ada tuh
diantara gambar nomer 2 mas

Wah rame dan ramah
gerak jalan sehat tp murah
sayang di daerahKU cuma yang masih sekolah...

Alhamdulillah...setelah perjalanan yang melelahkan dalam perlombaan Gerak jalan Perjuangan Mojokerto...akhirnya sampai juga di finish

cuman 8 jaman kang...yang 2 jam nya saya bawa pulang

Saya pernah ikutan gerak Jalan berhadiah beberapa waktu yang lalu,. Rame juga. Uniknya tidak pake sistim UNDIAN tapi penilaian. Adu ketepatan waktu sampai dgaris FINISH. Hiehiehiehiee kami waktu itu nyaris tepat waktu. Ujung ujungnya jadi juara III hahahahahahahahhahaa

Meriah sekali ya kang Kegiatan Gerak Jalan Perjuanga Mojokerto - Surabaya nya. Apalagi jaraknya 55 km, jauh juga ya kang. Tapi kalo di liat fotonya, Pesertanya tetap pada Semangat walau jauh juga :)
semangaaatttt ... :)

Pengen banget nih ikutan gerak jalan seperti ini, tapi dari dulu nggak pernah kesampaian :)

yang ikut sangat bersemangat dan ulet ya, kalau saya jalan sejauh gitu ya uda males, hehehe *contoh yg gak baik...
tapi kemeriahan dan semangat teman pasti menjadi faktor sesuatu ya om...

55km? apa ga capek mas? hehe, tapi kayaknya seru mas, walaupun capek tapi kalau rame rame pasti jadi seru :D

Sanagat meriah sekali ya Mas acara gerak jalannya, walaupun menempuh jarak 55 km tapi para pesertanya tetap semangat dan penuh antusias.

Salam mlam Mas Wong. kembali simak dan baca acara jalan santey nya
Pasti acar nya ramai dan meriah sekali ya Mas..? salam sukses :)

Silahkan Mang LEMBU Minum dulu biar fresh cakap cakap nya :)

Gak apa apa wew..? yang penting saya bisa Ngobrol sama Mas Wong bener gak Mas Wong? hhh :D

Yo pasti Seru Mas Yanto Kan Mas Wong yang jadi Jagoan nya hhkhhk

monggo mas saud, usulkan aja ke pemda...misal gerak jalan subang-indramayu :)

betul banget uda, salah satu usaha

ya silahkan dibagi2...biar enteng :)

salam pagi
ngasih tau juga paling mas saud lagi sibuk konser...iya to..:)

cermat sekali sam, hadiahnya ambil di ruimah ya..

mending kesini aja mas yanto dan mas saud, nanti tak ceritain

wah lumayan dapet juara, saya blom pernah...biasanya jadi penggira kang :)

betul mas...capek tapi ttep semangat

sedikit merasakan mnjdi pejuang #sedikit ajah :)

iya mas, seama peserta jadi penyemangat

monggo mas saud, pagi2 baru menyapa
iya mas, rame dan meriah

Semoga sehat selalu ya mas, lanjutken gerak jalannya...

jadi, juara berapa nih?
ya sudah, juara tidak juara, kita tetap makan-makan kan?

aamiin.
gerak jalannya belum selesai juga to?

pantang menyerah, mari kita rebut pialanya.
pialanya yang dari timbel ada nggak?

siapa yang masuk finish? enak aja

wah seru abis mas acaranya pasti panitia kerja keras nih salut buat acara yg nge liput dan buat mojokerto-surabaya mantap abiss

bandung - jakarta keknya lebih mantep

mana?o yang pakai putih abu?
ya tepat sekali

kalau dibatam untuk memperingati hari pahlawan apa ya, saya kurang tau juga, entah sayanya aja yang kurang informasi, hahaha

mantap sekali kang, mau ikut tahun depanlah sayanya

GERAK JALAN nya kayaknya rame banget yah kang dan buset jarak tempuhnya mantab haha 55 KM MEn :v

wah jauh juga ya mas...55 km gitu gerak jalannya... langsung langsing mendadak saya kalu ikutan nih :D

mantep tuh, saya mau...naik ojek

nah itu salah satu alasan saya ikut, lumayan turun beberapa kilo lah :)

Gerak jalan yang memakan waktu cuman 10 jam hingga dini hari, kayanya seru juga tuh. Bisa ngurusin badan juga nih... he,, he,, he,,

nah lohh knapa jadi pada Men :v

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top