Penemu Tongsis (Tongkat Narsis) dan Ragam Bentuknya

Siapakah penemu tongsis atau tongkat narsis pertama kali? Ya..tongsis saat ini menjadi senjata paling populer yang selalu dibawa kemana-mana bagi narsis mania. Jika orang jaman kerajaan membawa keris atau tombak, orang masa kini, terutama narsiser tak lepas dari tongsis dalam genggamannya. Tongsis yang sekarang sedang populer ternyata sudah ada dan mulai digunakan sebelum ponsel itu sendiri ada.

Asal usul tongsis atau tongkat narsis bermula dari kisah seorang pendaki bersama teman dekat (calon istri, kalo sekarang sudah punya anak 2), melakukan pendakian di Gunung Sindoro Wonosobo-Temanggung pada medio 1994. Dari pendakian mereka ada satu peristiwa menarik, yang sepertinya menjadi ide awal pembuatan tongsis saat ini. Ceritanya, sejoli ini hanya berdua saja di puncak Gunung Sindoro saat itu, tidak seorangpun selain mereka. Berikut sedikit penggalan kisahnya:


“Tidak ada siapapun, hingga mengambil foto berduapun menggunakan gagang kayu. Maklumlah, saat itu kamera Canon MDL-25 belum dilengkapi dengan timer atau remote”


Bagi yang ingin membaca kisah lengkapnya, silahkan kunjungi blognya sahabat kita, mas Zach di http://zachronisampurno.blogspot.com/
sebagai sumber gambar dan penggalan kisah,
(ngapunten, nyuwun sewu upload gambare njenengan, matur suwun :), ...)

Itulah rupanya kisah dibalik ide pembuatan tongsis yang populer saat ini. Meskipun menurut informasi dari googling, penemu tongsis dengan bentuk sekarang adalah Anindito Respati Giyardani yang biasa di panggil Babab dan sudah dipatenkan pada tahun 2012 di Amerika Serikat. Wah..padahal mas zach sudah menggunakannya pada tahun 1994, meski dari batang kayu, hihi...

Nah dari kisah atau sejarah awal pembuatan tongsis tersebut, memunculkan ide untuk membuat tongsis serupa, dengan bentuk dan fungsi sesuai aktifitas. Menjadikannya lebih praktis dan mudah, dibuat dari bahan yang ada disekitar kita. Berikut gambar tongsisnya:


Gbr. 1, Culsis (Pacul Narsis), tersedia bagi para petani, yang biasa menggunakan pacul untuk pekerjaannya sehari-hari
Gbr. 2, Celsis (Celurit Narsis), langsung siap digunakan oleh pencari rumput yang ingin narsis.


Pusis (Sapu Narsis), Cocok bagi petugas cleaning service yang ingin selalu narsis


Yungsis (Payung Narsis), Nah kalau yang ini pas banget digunakan saat ini, karena sudah memasuki musim penghujan. Dimanapun anda berada, meskipun sedang hujan tetap bisa eksis dan narsis.


Sersis (Serok Narsis), pas banget untuk ibu rumah tangga yang tidak mau ketinggalan updet, sambil memasak masih tetap bisa narsis dan eksis dengan foto terkini.


Pengsis (pengki Narsis), petugas kebersihan juga masih bisa tetap narsis, disela-sela mengumpulkan sampah bisa memanfaatkan pengki sebagai alatnya.


Busis (Bambu Narsis), Kalau yang ini asal nemu saja, tinggal ditempelin hape diujungnya, bisa langsung narsis.

Bagi yang mau menciptakan tongsisnya sendiri, bisa memanfaatkan benda disekitar kita, dari pada beli dan repot membawanya. Cara membuat tongsis pun sangat mudah, bisa berkreasi sendiri. Hayuk narsis...


Sumber:
Kreasi sendiri

111 Komentar untuk "Penemu Tongsis (Tongkat Narsis) dan Ragam Bentuknya"

hahahaaa,,, kreatif untuk bentuk tongsisnya mas, ada penggorengan dijadikan tongsis? bisa meledak itu.. hahahaaa kreatif.. kreatif...

Blm bisa narcis mas
Gak punya hp soalnya

sama saya juga nggak bisa narsisi mas BUDI hehehe

hahaha kau ini membuatku ngguyu terpingkal-pingkal Mas,,ndelok foto-fotone kreatif banget sih hahaha

sumpah lho aku ga nemuin tongsis hehe..
harusnya mas zach juga dapet penghargaan yang nemuin pertama bersama Anindito Respati Giyardani hehe

pada bae karo inyong ora duwe HP, anane HP jadul thok :D

jaman sudah semakin canggih ya mas ampe perabotan dapur ikutan pada narsis kabeh hahahahaa....

Hahaha...lucu banget, mas Wong...Sampai-sampai saringan penggorengan pun bisa narsis bersama ponselnya...Bisa masuk guines book of record nih mas...hehehe..

hehehehe, itu ponselnya mw digoreng yah mas ,,,,,,

hahaha keren keren bentuk tongsis nya kang :v

udah di duga sebelumbuka blog ini,liat judulnya dansekrin sotnya kang zach(padahal itu teh piktur paling pavoritnya beliau itu teh da,

kak adminnya salah minum obat farah banget.
tongsis...tongsis...bikin admin guclek

maka berkreasilah mang...rada kudu gila sedikit supaya kreatifitasnya meningkat kaya kang admin ini kan

sayamah, ngabayangin mindahin terus ngiket-ngiketinHp nya di segala bidang tongsis buatan mamang wong deh....FARAH (baca: parah)

keren dari...hongkong kali mah ah

Hahah aseli. Saya ngakak melihat gambar gambar atau foto nya. Heiheihe Tapi bener ya ada gambarnya Bang Zach flazz sama istrinya waktu mereka masih muda. Sekarang mereka pun masih Muda (ngakunya_ heihiehiee\

Untuk Payung (Umbrella) buat Tong Sis itu memang sudah ada. Ada yang menciptakannya Payung serba guna dan bisa digunakan sebagai TRIPOD dan juga TONGSIS

Harus tongsis mas juga dipatenkan hehe

ketawa sendirian gak berhentihenti pas lihat gambarnya yang lucu-lucu mas. ada-ada saja hahaa

sayangnya mas zach gak langsung mematenkan penemuannya ya, padahal bisa dapat komisi loh hehe

Ajiiiip kreatif banget sih itu orang-orang hahaha kocak :D

kayaknya penemu tongsisnya perlu dirubah yasam
masih duluan mas zach.kwkwkw

Maaf Mas Wong saya gak mau komentar akh mau numpang Tertawa saja disini hkhhh

Kreatif banget ya Mas Wong membuat screshoot pada artikel ini. berarti banyak alat yang di gunakan untuk artikel kali ini.hahahha kira kira bisa melibatkan berapa crew nih Mas dalam tayangan ini? kgkggkgkgkgkk ada ada saja nih

Sayang nya Mas Zchnya belum tau dengan hal ini. kemana ya orangnya. apa lagi ikutan DEMO BBM kah? hhhh :D

tongsis yang di atas itu made in indonesia bukan dari hongkong mang :D

eh itu beneran asal indonesia ya, wah kreeen, super sekali, sekaligus ngakak lihat orang pake sendok pengoreng itu narsis, wakakkaka

Berarti Mas Wong penemu Tongsis ere tahun 2014 an ya Mas Yanto..? :D

saya penasaran juga itu berapa crew, hahahaa

aku ngakak...kak..kak..kak..he..he..he.. kreatif...sekali...

huahahahahaha, saya hebat ya?

mari kita ngomongin Kang Marnes.
Mulai.

iya, keren2 banget ngedannya

itulah hebatnya saya. nggak pengin terkenal

Sampeyan ki pancen iseng banget. gambare ngedan tenaaan.
tapi aku yo dadi terkenal neng kene. suwuuun

hehehe..
kalau dulu sama2 dgn teman di atas gunung juga..pakenya bambu Mas..! tahun 1998-2000 kalau nda salah..

Itu yang pake serok
bikin mataku melorok
kenapa ga sekalian gagang golok

:)

hahaha banyak bentu bentuk kretifnya ya mas :D

ahaha.... macam-macam bentuk tongsis ini ya gan :D

numpang lewat aja kang, soalnya ga tahan mau ketawa.
lanjutd-kan kang kreatifitasnya
hehe

narsinya keren tapi,,hoho,,beda dengan anak2 sekarang,, :D

mbak ana boleh tuh coba sambil goreng2

haha..sudah turun panasnya mang

berkat njenengan..pancen hebaat...nggak ada yg tau tapi :)

kreatif dan ngedan beda2 dikit..

hehehe, mereka jg nggak mau ketinggalan jaman

hehehe..wah uda..seneng liat uda ketawa :)

nah loh..bener mas annul..mang lembu mah suka ngaco

jangan keterusan mas..bahaya, hehe

saya temenin ketawanya neng..:)

orang indonesia memang hebat2 yah..

memang jamannya yah..blom ada timer

iya sam..anak sekarang mah gitu :)

wkakakakakakaka kreasi yang pertama sangat sangat kreatip dan tergolong extrim Mas

hahahah ternyata penumu tongsis itu berawal dari si pendaki gunung dan kekasih hatinya ya.. di lanjutkan baca.. ternyata mas Zach yaa..

itu orang hebat banget mas sambil nyangkol, sekalian selfie dianya.. haha

@Ehwansah Jailani : oya bener bangeds. Bang Zach Flazz memang top 2014 dah. Kreatifitasnya luar biasa. Mungkin penemu Tong Sis itu salah satunya adalah bang Zach Flazz ini.

Suapaya ngga dikira orang stres iya :D

gambar yang cangkul di kasih hp gokil gambarnya mas... tertawa saya liatnya..

jiah gambarnya bikin ngakak mas..hehe... :D

Wkwk... bisa aja kreatifitasnya ini. Bikin ngakak. :D

susah ngitungnya,ada berapa hari tuh selama 2 taun

Lihat gambar-gambarnya bikin ketawa mas, bener-bener kreatif dan lucu haha...

Harus segera di patenkan ya Mbak :D

kasih dukungan, supaya diakui dunia mestinya

tinggal bikin, praktekin..ntar ketawa sendiri :)

wah, saya tak mengira kang. ternyata yg pertama kali menemukan Tongkat Narsis adalah Bang Zach yah xixiii.... saya sudah baca kisahnya Kang ... :D

Hp jadul saya kayaknya pas nih pake tongsis. :D

hahaha, emang betul kreatif super deh,, saya ngakak aja lihatnya,,, keren-keren :D

Kratif banget gan, semuanya bisa rupanya dijadikan Tongsis

yang sersis memang antimainstream mas =))))))

hahah macam macam saja gambarnya , dan salut dg mas zacflaszz beliau udah gaul duluan sebelum tongsis dikenal orang tapi sayangnya beliau udah mundur dari blogging dan sayangnya lagi blognya juga udah dihapus etdah

saya melihat foto tongsisnya jadi ngakak sendiri mas. kreatif dan lumayan fresh juga tuh ide dan akhirnya jadi tongsis seperti sekarang ya....muantab dan jempol deh buat artikel ini.

sekalian aja goreng hp heheheee

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top