Monumen Korban Keganasan PKI 1948 di Madiun, Jawa Timur

monumen keganasan pki di madiun
Lokasi Monumen Korban Keganasan PKI 1948 atau biasa dikenal sebagi Monumen Kresek berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Sekitar 8 km arah timur dari pusat kota Madiun. Untuk menjangkau sampai lokasi monumen, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, untuk angkutan umum masih sangat terbatas. Sedangkan kondisi jalan menuju lokasi sudah cukup nyaman, meskipun sempit dan agak berkelok.

Diorama peristiwa yang menggambarkan Keganasan PKI 1948

Monumen Kresek merupakan lokasi wisata sejarah di Madiun paling populer. Monumen ini menampilkan gambaran sejarah keganasan PKI pada tahun 1948. Pada bangunan utama paling atas terdapat patung dan diorama yang menceritakan urutan momen kejadian dimasa itu. Disisi lain bagian bawah terdapat prasasti, mencantumkan nama-nama korban yang meninggal akibat kebrutalan PKI. Kebanyakan merupakan tokoh-tokoh masyarakat berpengaruh dan ternama.



Monumen seluas 2 HA ini, selain menjadi lokasi wisata sejarah, juga bisa dimanfaatkan untuk wisata keluarga atau kegiatan bersama. Disini disediakan fasilitas pendopo yang cukup luas dan nyaman. Untuk masuk lokasi monumen hanya ditarik karcis masuk yang sangat murah, bahkan di hari biasa bisa leluasa masuk tanpa bayar karcis.



Wisata sejarah Monumen Korban Keganasan PKI 1948 atau monumen Kresek Madiun, jangan sampai anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Madiun, Jawa Timur.

Sumber: Lokasi Wisata Sejarah Monumen Korban Keganasan PKI 1948, Kreasek, Madiun, Jawa Timur
63 Komentar untuk "Monumen Korban Keganasan PKI 1948 di Madiun, Jawa Timur"

Sebuah monuman yang sangat bersejarah sekali ni Mas bagi kita bangsa Indoesia

Tumben Saya dapat Pertamax, ada yang mau tukar dengan premium gak ni ?

Saya hanya bisa diam mas. Saya sangat sedih jika ingat film keganasan PKI. Kiranya monumen ini menjadi monumen yang bersejarah dan selalu di kenang...

wah say itu hari keponorogo mampir kemadiun juga sam.
tp nggak tau kalau ada monumen ini.
nama monumennya apa ya?
masak kresek gitu kayak nama desanya

saya memang ngasih kesempatan mas arie koq.kwkwk

ayo bangkit,jangan diam saja
isi kemerdekaan ini dengan hal berguna
semangat!!

jadi bisa mengingatkan kita yang nggak pernah merasakan kejadian itu yamas

tragedi madiun memang terkenal mas, tapi kalau monumen kresek itu seperti nama asal asalan, pasti ada sejarahnya pemberian nama seperti itu ya mas..

Sebagai bukti kekejaman PKI yang harus diwaspadai oleh generasi muda kita

Kisah sedih yang terpendam oleh sebuah TUGU SEJARAH...

wah saya suka banget nie mas kalo dah ngebahas yang berbau sejarah seperti ini, apalagi kalo saya bisa mengunjungi tempat museum bersejarah seperti yang ada di Madiun, wah pasti seneng banget deh... saya pernahnya berkunjung ke museum Lobang Buaya dulu waktu masih SMA, suasananya rada-rada gimane gitu, ditambah lagi kalo dengerin rekaman pas lagi penyiksaan para Jenderal...

Betul tuh apa kata juragan Mas Yanto, toh itu cuma film...yang saya salut si pembuat filmnya itu lho keren banget, jaman masih blom canggih tapi sudah mampu membuat sebuah film yang dahsyat, denger iringan musiknya aja dah serem banget :)

untungnya skarang sudah merdeka ya mas.. perlu ditiru tuh, wisata bersejarah tanpa dipungut biaya..supaya pada tau arti sejarah yang sebenarnya..

kalo nama monumennya 'Monumen Korban Keganasan PKI 1948 '

cuma lebih dikenal sebagai monumen kresek, ya itu desane

deket dari kota

kresek itu nama desanya, orang sana biar lebih mudah nyebutinnya kayaknya.
kalo nama aslinya 'Monumen Korban Keganasan PKI 1948 '

betul mas, yg laten ideologinya

Kapan-kapan kalau ke Madiun saya mau mampir ke monumen tersebut mas, makasih sharingnya :)

wah itu nyambung juga ya kisahnya dg yang di lobang buaya

mestinya seperti itu, supaya semua bisa menikmati

harus mas, kalo kemadiun mesti kunjung

Monumen yang bernilai sejarah sekaligus menjadi aset pariwisata kab madiun ya mas?

1948 selalu terkait sosok Muso

jangan sampai Mas ckakakakakakakaka

serem juga ya dulu pemberontokan PKI, semoga aja sekarang nggak ada partai komunis itu lagi ,soalya meresahkan masyarakat indonesia ;)

daerah yang banyak pohon pasti saya suka mas apa lagi disekitar monumen PKI di madiun, selain udaranya bersih lingkungannya juga bersih. Suasananya sepertinya sangat enak dikunjungi mas

jadi ke inget pelajaran pspb..masih ada gak sekrng

Suatu saat Jika aku ke madiun
aku pengen mampir dimonumen itu

tempatnya kelihatan asri banget mas. btw itu wongcrechildnya kok nempel di bawah patung ya. hehee

mudah2n sy bsa berkunjung ke madiun suatu saat nanti ,,, :)

nyari doraemon yuk
pinjam mesin pemutar waktu.kwkwk

itu bacanya kresek plastik yasam?

fotokopi pertanyaanku nih teteh

bukan kisah sedih dihari minggu ya

Pengen deh kesana hehe...
PKI ganas banget,

wah mas Yanto ada-ada saja kresek plastik,bukan Mas itu Ransel ,,,,,

Termpatnya terlihat sangat asri,,,namun sayang jauh sekali dari tempat saya,,kalaupun ke MADIUN itu hanya lewat saja ketika hendak mudik,,,,,,,

Bisa menjadi pelajaran untuk anak-anak jamna sekarang, agar tidak melupakan sejarah Indonesia.
Masuk aja gratis, kurang enak apa coba.
Oh ya, kemarin bingung nyari link blognya. Akhirnya ketemu juga, biar gak bingung lagi aku follow blognya. Okeh...

wah saya kapan ke madiun lagi ya mas hehehe soalnya sudah gag lagi keliling indo nih :d
mudah mudahan dilestarikan sama generasi muda nya

monumen yang sebenarnya mengerikan ya Mas, tapi jadi indah sekarang. wisata sejarah yang top buat dikenang. Indonesia memang kaya sejarah ya. tapi kenapa bolanya kalah terus ya sekarang.. ehhh

kresek itu bunyi sprei kalo tersingkap

laten itu nama orang bukan sih

tulisan mas...tulisan laten temennya kapital

nah antara pki dg bola apa ada kolerasinya..:)

membaca sejarah dan dioramanya bikin saya ingin mengheningkan cipta untuk para korban keganasan PKI itu kang.

Alfatehah....

duduk disini juga ah, biar lebih deket sama neng Santika

Meskipun belum tau jalan cerita tragedi monumen keganasan pki tapi boleh dong aku menyimak dan mempelajari lebih dalam tentang sejah biar tambah tau tentang sejarah :)

langsung terinngat kekejaman PKI seperti dalam film G30 S... semoga bangsa kita terhindar dari hal seperti itu kembali..

Yuk belajar tentang Museum di: letsgo2museum.blogspot.co.id

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top