Simbol Toleransi di Alun-alun Kota Malang

masjid dan gereja berdampingan di alun alun kota malang
Lokasi alun-alun Kota Malang  berada di pusat kota, menjadi salah satu alternatif tempat wisata di kota Malang.  Alun-alun dengan konsep taman  ini, ditata sedemikian rupa sehingga nampak asri dan nyaman. Pohon-pohon rindang bisa kita jumpai disekeliling kita. Untuk bersantai menikmati suasana alun-alun, disediakan tempat duduk di beberapa tempat. Cocok sekali dimanfaatkan untuk bercengkrama bersama keluarga atau teman.

lokasi alun alun kota malang di pusat kota

Menambah daya tarik alun-alun, dibeberapa titik terdapat sangkar burung merpati. Sangkar-sangkar ini kondisinya terbuka dan berada diatas ketinggian, sehingga burung-burung merpati yang tinggal di dalamnya bisa terbang bebas. Bahkan karena sudah terbiasa dengan pengunjung alun-alun, burung-burung merpati ini tanpa rasa takut mendekati pengunjung yang menebarkan biji-biji jagung. Menjadi atraksi tersendiri bagi anda yang berkunjung disini.

Silahkan Kunjungi juga: EKSOTIKNYA WISATA JAWA TIMUR

Masjid dan Gereja menjadi Simbol Toleransi

gereja dan masjid di alun alun kota malang

Hampir di setiap alun-alun dimanapun berada, pasti di sebelah baratnya terdapat Masjid. Yang sangat jarang di temui adalah keberadaan tempat ibadah lain selain masjid. Nah, yang jarang inilah, bisa kita jumpai di alun-alun kota Malang. Di sisi barat alun-alun terlihat Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat Immanuel Malang, bersebelahan dengan Masjid Agung Jami’ Kota Malang. Keberadaan Masjid dan Gereja dengan lokasi berdekatan di alun-alun ini, menjadi simbol terjaganya toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kota Malang sejak dahulu. Dan terbukti kota Malang mendapat pengakuan dari pemerintah provinsi Jawa Timur, dengan menempati urutan pertama sebagai kota terukun diantara 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur.

spanduk ajakan tidak mengucapkan natal
Meskipun simbol kerukunan antar umat beragama masih kokoh berdiri di alun-alun kota Malang, bukan berarti riak-riak yang mengusik kerukunan lantas sirna begitu saja. Nyatanya sehari menjelang perayaan Natal kemarin, banyak ditemukan spanduk dan banner bertebaran dipinggir jalan kota Malang, yang isinya himbauan supaya umat Islam tidak mengucapkan selamat natal. Namun tidak berapa lama, keberadaan spanduk ini mulai di bersihkan oleh petugas, karena dirasa menggangu.

lokasi tempat wisata alun-alun kota malang

Semoga suasana nyamannya alun-alun dengan keasriannya, berbanding lurus dengan tetap terjaganya toleransi antar umat umat beragama di kota Malang, Jawa Timur.

Sumber:
Tempat Wisata Alun-alun Kota Malang, Jawa Timur
137 Komentar untuk "Simbol Toleransi di Alun-alun Kota Malang"

toleransi beragama di indonesia memang tinggi mas, ditempat saya juga mesjid dan gereja hanya berjarak 300 m dan sangat aman terkendali, himbauan para provokasi syar;i tak mengganggu pelaksanaan natal kemarin..

selamat pgi kota malang ,,,, tunggu aku disitu yah ,,,heheh

Wah... perlu di contoh itu sifat toleransinya yang sangat tinggi... yang bisa memperkuat pancasila no.3.. Salam Blogger

Ah ini ko seperti di di jakarta saja mesjid dan gereja saling berdekatan :)

hihihihi mas burung merpati nya banyak banget ..

itulah yang namanya toleransi beragama :)
nice...

Wah, begitu asri dan indah kota Malang ya mas Wong. Dengan latar belakang tempat ibadah sebagai simbol toleransi....

memang jarang-jarang mas, Masjid bersebelahan dengan gereja. Alun-alun Malang patut dicontoh oleh kota lainnya di Indonesia, agar senantiasa kita hidup tentram dalam toleransi beragama.

mau ngapain kesana mas, oh...iya mau concert ya,,devy ikutan donk..!hehe

luar biasa ya mas wong, memang sangat jarang hal seperti diatas kita temukan, tetapi kalau gak salah event ini sudah booming sejak tahun 2000-an. dan kalau di indonesia mungkin yang devy tahu ya hanya ada dikota malang ini saja, rumah ibadah masjid dan geraja berdiri megah secara berdekatan.

subbahanaallah..

WAHHH KERENN INI patut di contoh oleh daerah lainnya dan burung merpatinya juga keren udah pada jinak jinak yah :)

hampr sama kita Teh cantik..!
di kampung sy.. tempat ibadah semua berdekatan.. vihara, gereja, masjid..

Merpati ya Cinta,,?
Jinak-jinak merpati.. kalw tdk jinak yaa,..namanya kambing..! hehehe

Kerukunan memang harus terus dijaga..ya Mas Wong..!,
seperti merpati.. meski ia hanyalah binatang, tp ia mampu beradaptasi dgn manusia

apa tah lagi kita.. manusia dengan manusia, .seharusnya lebih menjaga kerukunan...
perumpamaan yg indah.. Mas Wong..!, Mba Aldini suka..hehehe

Burung daranya bikin gemes deh

Kapan yah bisa maen ke sana...

kalo di bekasi perayaan natal malah ada pke adat betawi.. yg natalan pada pake peci ma sarung mas

Wah, indah banget.. kapan2 kalo ke malang saya jalan2 ke alun2 malang ah..

yang ane salut sama aktifis gereja dan masjid disana bisa saling kerja sama. Kalau natal ada juga beberapa aktifis masjid yang berjaga dan kalau lagi lebaran beberapa aktifis gereja juga bantu. jadi mereka saling bantu membantu dan saling toleransi. ok makasih infonya. liburan terus ya gan heeee....?

moga trus bisa rukun dan saling menghargai :)

di alun alun magelang malah 4 tempaat ibadah dari 4 agama berjejeran mengitari alun alun mas,hehee

saya malah sudah bosen,soalnya hampir seminggu 3kali melihatnya.kwkwkw

kan memang jakartanya jawatimur

yagitu deh suasana alun-alunnya
malang gituloh..

dulu pas masih kuliah dimalang, kalau abis sholat di masjid jami' cangkrukanya di sekitar alun2, hehe iya disana bagus toleransi beragamanya

mampir ya mas dipostq yg baru :)

tuntunan bertoleransi harus slalu kita terapkan walaupun berbeda keyakinan, , jangan ada perpecahan antar agama ya kang,, smga makin rukun warga untuk kota malang :) ,. merpatinya kalau di ambil gpp kang :D . pada jinak keliatannya hehe

wah indahnya malang... jadi ingin ke malang :)

Sikap toleransi inilah yang membuat negara kita menjadi makin maju dan disegani di mata Dunia ya Mas.

Karena bersam kan gak harus sama

Toleransi itu penting sekali ya kang, namun untuk saat ini, prilaku toleransi lebih mengarah kepada materi yang bermakna ada uang abang sayang, tak ada uang abang ku tendang :D

toleransi beragama di indonesia memang tinggi ya mas

betul mas, meski kadang ada gesekan juga :)

nah itu..toleransi ada maunya..apalagi kalo sudah urusan bisnis

iya..jadi makin berwarna, makin indah ..

smoga begitu mas..rukun selalu

boleh di ambil mas, tapi antar ditangkap satpol :)

asyik mas cangkrik disitu..wah pernah lama brarti dimalang

ok

wah luar biasa mas, pengin mengabadikannya dalam foto...menarik tuh

betul banget mbah..biasa saling bantu

wah iya mbah...sayang kalo nggak dinikmati alam indonesia ini :)

Alun-alun kota Malang Ini adalah salahsatu tempat nongkrong saya dulu ketika baru-barunya hijrah ke jawa Timur,setiap liburan kerja pasti tujuanya Malang Alun-alun dan sekitarnya,,,,

ya pastrilah kan Mas Yanto arek Malang hehe

Wah keren ya, kirain saya di eropa :D

alun-alun kota malang asri banget ya,,toleransi dalam beragama itu sangat penting

Saya belum pernah mampir ke Kota Malang Tapi kalau icip icip Apel Malang sering heiheiheihie. Salut dengan Indonesia, yang memang kaya raya akan keanekaragamannya. Termasuk damainya semua pemeluk agama di Indonesia. Membuat negara lain pada iri kepada bangsa Indonesia. Harus kita pertahankan ciri itu. Indonesia damai bagi seluruh dunia

Tapi lebih asik di jakarta hahaha

juru kunci dan pintunya sekalian bahkan

sebelah selatan kantor pos sebelah timur mall sebelah utara sarinah, lengkap pokoknya ya mas

Toleransi antar umat beragama itu sangat penting, demi terwujudnya stabilitas nasional. owalah, gaya bicara saya sudah seperti politikus saja.. :D selamat siang saja mas..

Indah banget ya, seperti yang kita tahu semua. Indonesia adalah salah satu negara yang masyarakatnya memeluk agama yang berbeda-beda. Walaupun agama Islam mendominasi, cuma bisa kita lihat toleransinya.

kapan2 jalan ke malang ah..
kota malang memang melambangkan kebudayaan islami yang kental..

nah iki sing mbau rekso karo juru kunci pisan...onok kabeh

betul uda..jadi betah tinggal di malang :)

betul mas, umumnya kan mesjid ajah..

betul mba..saya juga baru ketemu disini

wah si mbah...matur suwun wejangannya :)

wah..asyik tuh, seneng dengernya :)

monggo mas aldi...skarang malah sedang direnovasi, mungkin hasilnya lebih bagus

seneng cangkruk disini juga kang, kapan neh cangkruk lagi ?

apelnya sudah mulai habis :)
salam damai kang

monggo mas..ntar bisa ngopi2 bareng :)

Toleransi beragama
Berarti tidak memaksa
Pihak mana-mana percaya

Semoga kota malang asri terjaga
Meski spanduk bertebar dimana-mana

Memang seharusnya gitu, antar umat beragama bisa toleran. Lha ini kadang yang agamanya sama aja sering berantem -_-

asyiiik, saya pernah becakan jaman dulu keliling laun2 malang
jaman dulu banget
saat masih muda
walaupun sekarang ya masih muda juga

nah ini bener banget
mari kita damai sentosa yuk

ahh Kang Asep belum pernah ke malang pasti
kalo udah kesana, nggak mau pulang pasti

doa`in aja mas biar niat ke malang cepet kesampean...

mampir lagi mas, hehe
iya mas lumayan lama, sekarang balik ke bojonegoro kerja sambil kuliah.

Semoga toleransi antar umat beragam ini terus meningkatkan persatuan rakyat Indonesia yaaa :D

itu banyak burung merpati dijalan, kaya di eropa mas :D

tuh burung merpatinya juga dekat dengan anak kecil. coba bisa dekat juga ya antara elemen masyarakat semua. pasti damai yang indah ada di indonesia.

Semoga saja kehadiran merpati bisa memperkuat symbol toleransi yang ada.,,,sehingga kedamaian bisa terwujud dalam bentuk yg nyata…bukan hanya sebatas symbol belaka
keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

betul, bentuk nyata dari toleransi lebih diperlukan daripada sekedar simbol
salam dari malang

bisa diambil filosofinya ya mbah..:)

Benar mas, sebaiknya toleransi itu lahir dari kesadaran ya :D

keren ada burungnya ky di luar negeri :)

gimana sam tahun baru acaranya ke alun2 nggak?

hahaha mas al ada ada aja ah :v

burungnya, ibadahnya,, mantap mas.... tapi banner peringatan itu memang agak menganggu ya

Ini jelas habis wisata nih mas..
Keren bisa bersebelahan masjid dengan gereja mas,, seperti didaerah saya, tapi mushola sama gereja.

warna warni kayak pelangi hehehehehe :D

moga ngga cuman jadi perlambang doang ya kang

Saya jadi ingat kalau masjid alun-alun kota Bandung baru diresmikan hari ini untuk bagian taman di luarnya.

mas kalo saya kesitu boleh ngambil burung merpatinya kagak , buat saya pelihara

jelas ga boleh sam khoirun burungnya diambil,,kalo mau ambil singa aja di Taman Rekreasi Sengkaling Wkwkwk

jelas ga boleh sam khoirun burungnya diambil,,kalo mau ambil singa aja di Taman Rekreasi Sengkaling Wkwkwk

kirain gitu boleh hehehe , waduh singa ??? gak deh itu mah , susah diternak

ko ga jelas yaa mas zach flazz :D

kota orang lain indah juga yaa, apalagi seperti hal di atas , memebuat suasana indah walau banyk perbedaan .

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top