Tempat Wisata di Nganjuk; Air Terjun Sedudo

lokasi wisata air terjun sedudo nganjuk
Lokasi wisata Air Terjun Sedudo, berada di selatan kota Nganjuk, tepatnya di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jarak tempuhnya sekitar 30 km dari Kota Nganjuk, bisa dijangkau menggunakan mobil atau sepeda motor. Akses jalan sudah cukup bagus, hanya saja di beberapa bagian terdapat tanjakan ekstrim, sehingga perlu diperhatikan kemampuan kendaraan saat melibasnya.

Air terjun Sedudo memiliki ketinggian sekitar 105 meter, menyuguhkan panorama alam yang mempesona. Airnya bersumber dari aliran air yang mengalir di bawah lereng gunung Wilis, sehingga masih sangat jernih dan segar. Suasana alamnya juga masih alami, dikelilingi dengan rimbunnya pepohonan yang rindang.


Letak air terjun Sedudo berada dibawah, jadi untuk sampai disana kita harus melewati tangga turun yang lumayan panjang mulai dari lokasi parkir kendaraan.  Dibeberapa titik anak tangga ada warung-warung yang menjual makanan dan minuman, jadi jika lelah bisa istirahat sambil menikmati kuliner yang ditawarkan. Untuk Harga tiket masuk Air terjun Sedudo terbilang sangat murah, hanya Rp. 3.000/orang.

lokasi wisata air terjun sedudo nganjuk

Khasiyat Air Terjun Sedudo, supaya Awet Muda

khasiyat air terjun sedudo supaya awet muda

Air terjun sedudo ternyata tidak hanya menawarkan keindahan wisata alam saja, karena ternyata ada mitos yang sangat masyhur disini. Air Terjun  Sedudo dipercaya membawa berkah awet muda bagi siapa saja yang mandi di bawah guyuran air terjun  tersebut. Bahkan disaat tertentu bisa dijumpai upacara ritual, karena sudah menjadi kepercayaan yang melegenda sejak dahulu bahwa air Terjun Sedudo mempunyai kekuatan supranatural. Disini biasa diadakan acara ritual, seperti yang rutin digelar setiap tahun pada tanggal 1 Suro (penanggalan Jawa), yaitu ritual Mandi Sedudo yang dihadiri ribuan pengunjung yang datang dari penjuru pelosok negeri. 

Dari antara pengunjung yang datang ke Air Terjun Sedudo selain untuk mandi, biasanya mereka juga membawa pulang air terjun tersebut menggunakan wadah. Sedangkan bagi  mereka yang tidak sempat membawa wadah, bisa membeli jerigen yang banyak dijual diwarung-warung.

tempat wisata di nganjuk air terjun sedudo

Nah bagi anda yang percaya dan ingin awet muda, langsung kunjungi tempat wisata air terjun Sedudo Nganjuk, Jawa Timur.

Sumber:
Tempat Wisata Air Terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur
112 Komentar untuk "Tempat Wisata di Nganjuk; Air Terjun Sedudo"

satu lagi nih tempat wisata yg belum pernah kukunjungi sam.
tinggi juga ya ternyata air terjun sedudo ini.
wah mitosnya sangar,bisa membuat awet muda trus kalau yang mandi masih muda jadi gimana dong?

tiket masuknya cukup murah untuk keadaan yg serba mahal seperti sekarang ini

saya juga baru tahu kalau ada air terjun setinggi itu dan memiliki pemandangan yang sangat indah.. kalau dibandingkan dengan air terjun madakaripura kira-kira indah mana ya mas?

dan mungkin objek wisata air terjun ini yang paling murah mas Yan..

Alam Indonesia ini memang sangat cantik yah,ribuan tempat indah ada di negeri ini,tinggal kita sebagai penghuninya wajib memelihara kelestarianya,
Nganjuk hanya bisa melewatinya saja hampir setiap bulan,belum sempat menyelusuri tempat-tempat wisatanya seperti air terjun SEDUDO dan lainya,,,

Inget-inet lupa pernah ke sini gak yah???

105 Meter, tinggi sekali ya mas. Saya lihat rame sekali wisatanya..

Wah.. jadi pengen berwisata kesana nih :D

waaahh,, keren mas Wong tempat wisatanya,, pake aer terjun awet muda lagi...

air terjun yang pernah saya kungjungi hanya disekitar medan saja kang, kalau untuk darerah lain belum tu, hmmm mungkin kalau ada rejeki, nanti mau ke nganjuk deh :D

Yaampun itu pengunjungnya rame banget mas @_@

Air terjunnya tinggi bangeeeet.. :O

yuk lebileh ajalen kasah yu'
mbi' engkoq

saya juga belum tau air terjun itu sih mbak
jadinya nggak bisa mbandingin.hehehe

ya awet muda..justru klo yg tua mandi jadi awet tua :)

belum dua2nya sam ? :)

kayaknya madakaripura lebih eksotik lokasi

coba duduk sambil ngopi dulu..biar inget

wah pengennya kesana mas, biar awet muda tapi jauh banget :)

itu pas lagi ada yang ritual mas, mereka mandi berjamaah dibawah air terjun sambil melempar uang receh, entah apa nama ritualnya, cuma menyaksikan :)

buruan mas...mumpung masih muda

semoga bang...bisa kunjung dimari

Wah... indah sekali gan... dan tinggi sekali air terjunnya.. kapan bisa berkunjung kesana...

105 meter? wowww mantep banget tinginya. keren.

tapi koq kerumunannya begitu ya Mas? kebayang berebut buat dapet airnya deh

murah dong
apalagi kalo kita kesana dibayarin Mas Crew kan

lebih asyik air terjun di kamar mandi saya. bikin sendiri sama gayung air

diluk nek pacitane seger pol dadi suwi mengko

saya usul,
sambil makan nasi bakar.

wahh saya komen sama jadinya. tadi nggak tau kalo ada komen ini

deket apanya, kalo saya ya harus mimpi dulu

saya yang awet muda begini, kalo bawa jerigen kesana tambah muda nggak ya?

Hahaha... ups, xixixi.. aduh mules, hihi..

kalau ditempat saya nganjuk itu artinya ngutang mas, ada juga toh nama wisata air terjunnya, tinggi pula..

weh mitosnya hebat, air terjun bisa awet muda, eh tapi katanya kalau ke tempat yang fresh begitu memang bisa bikin awet muda

tingginya air terjun sedudo, 105 meter, mungkin ini salah satu air terjun tertinggi di Indonesia ya mas??

Oohh.... Mandi berjamaah mas? itu kegunaannya apa mas, maksudnya untuk ritual apa??

Tinggi banget air terjunnya..
tapi enak sih kalau bisa dijangkau pakai kendaraan kendaraan bermotor gitu. Ga usah capek2 jalan kaki.
Itu bener bisa bikin awet muda? Busyet.. aya2 wae

Pegang bendera apa pegangan tiang?
nanti kayak film India

Sekalian mau ngucapkan Selamat Tahun Baru 2014. Semoga di tahun 2014 ini kita semua mendapatkan kesuksesan yang lebih fenomenal lagi. Kesuksesan yang tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk seluruh anggota keluarga, saudara, kerabat dan handai taulan. Semoga tahun 2015 ini bangsa Indonesia menjadi lebih sukses, aman damai tidak
ada lagi KORUPSI. Heihiehieeiiee

waw pas banget ni ya Mas tempat wisata di nganjuk ini untuk tempat berlibur akhir tahun bersama keluarga tercinta Kita

selain tempatnya indah sekali airnya juga berkhasiat buat obat awet muda... jadi kepengen berkunjung kesana nih

Air terjun di nganjuk
Tampak indah dan sejuk
Banyak yang menjenguk

satu lagi tambahan referensi tempat wisata dari blog ini, thanks mas. ini keren juga tempatnya juga deket dengan kota saya bojonegoro. kapan2 mampir, hehe

Whew.. keren juga ternyata, dulu 2012 pernah ke Nganjuk tapi sayang gak mampir ke tempat ini....

berarti temen pernah cerita... pas sama mas wong yang jelasin di atas

Ini yang bawa oleh-oleh air dari tempat air terjun ini buat apa yah

monggo mas, mumpung masih muda :)

nah itu, mungkin buat yg dirumah mas, spya kbagian berkahnya :)

wah sayang yah, kesana lagi ajah :)

silahkan menikmati sambil duduk

segera bawa keluarga kesana mas

selamta tahun baru juga kang asep, smoga tambah sukses.
untuk masalh korupsi semoga parfa pengemban amanah membacanya :)

bisa dicoba sendiri mas, langsung mandi disana :)

mungkin mas, yg jelas memang tinggi, saya njangkau puncaknya juga nggak nyampe :)

bener mas, yg jelas berasa muda, bisa cuci mata lihat yg muda2 juga :)

nah itu teh, kenanpa jadu ngutang gitu yah..

cepetan ke WC teh, mumpung kosong..buruan

klo bawa jerigen yg pasti kayak tukang minyak mas

spya dapet berkah mas...berkah air :)

bisa kirim via paket mas airnya :)

di kamar mandinya mas Zach ada air terjunnya juga? wow..

pake sambel sama krupuk, jangan lupa

bruan tidur mas, biar cepet mimpi

malam mas...tapi ini sudah pagi :)

selamat pagi mas..
Tutup tahun ini dengan senyuman dan sambut tahun baru dengan semangat, hari baru, tahun baru, semangat baru, Selamat tahun Baru 2015 !!!

mari melangkah dengan langkah baru

mntab bener kang tempat pariwisatanyaaa, , suguhan alamnya juga sangat adem kelihatannya hee

enak juga buat keramas langsung :)

lebih adem kalo sudah dilokasi mas :)

hmm enak kayanya berendam di air terjun hehe

gila...tinggi juga air terjun ya gan...mana uang masuknya murah lagi. menarik dan patut dikunjungi.

sebenernya maunya si gitu Mas, tapi mau gimana lagi Mas, berat di ongkos masih :D

wah keren-keren mas tempat wisatanya, ditempat saya juga banyak tempat wisatanya karena saya tinggal didaerah pegunungan ... :)

Kalau melihat air terjun seperti itu lalu berendam disana kek ngerasa bidadari deh wkwk

Yeah, Sedudo memang menjadi daya tarik utama pariwisata Nganjuk, dan di deket situ ada juga air terjun singokromo yang nggak kalah keren lho. promosi warga Nganjuk haha

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top