Clean The City oleh Relawan Humanity First Indonesia

relawan membersihkan sampah perayaan tahun baru du monas
Kegembiraan merayakan pergantian tahun baru, dilakukan dengan menggelar pesta rakyat di pusat-pusat kota.  Pertunjukan hiburan dan pesta kembang api menjadi sajian utama. Kemeriahan tersaji sejak sore hingga tengah malam, manusia menyemut datang dari seluruh penjuru pelosok kota. Semua bergembira dan bersukacita menyambut datangnya tahun baru 2015.


Pesta Tahun Baru, Kegembiraan yang Menyisakan Sampah

sampah di tugu monas jakarta setelah perayaan tahun baru 2015

Kemeriahan pesta telah usai, lautan manusia telah surut, yang tersisa sampah berserakan dimana-mana. Nampaknya kegembiraan pesta perayaan, belum bisa sejalan dengan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. Seandainya setiap orang bertanggung jawab pada dirinya masing-masing, dengan tidak meninggalkan sampah miliknya, niscaya kebersihan akan selalu terjaga. Tetapi itu baru sebatas harapan, hanya segelintir orang yang mau melakukannya dengan aksi nyata.

Awali Tahun 2015 dengan Kegiatan Bermakna; Clean The City

aksi sosial relawan humanity first indonesia
Berawal dari sebuah gerakan dari sekelompok pemuda yang tergabung dalam relawan Humanity First Indonesia, sejak beberapa hari lalu mulai mensosialisakan Gerakan Clean The City. Apa gerangan gerakan Clean The City? Ini merupakan aksi nyata untuk mengajak muda-mudi di Jakarta dan sekitar, untuk ikut serta membersihkan sampah sisa pesta perayaan pergantian tahun baru di Tugu Monas Jakarta, pada tanggal 1 Januari 2015.  

Ajakan yang awalnya disuarakan dari anak-anak muda di Jakarta ini, ternyata disambut juga dengan aksi nyata di beberapa kota di Indonesia. Berikut beberapa kota yang terpantau ikut dalam gerakan Clean The City, pasca pesta perayaan pergantian tahun tadi malam. Hari ini, Kamis 1 Januari 2014 mulai pukul 05.00 pagi hingga selesai.

Clean The City di Tugu Monas Jakarta

aksi membersihkan sampah jakarta

Di Tugu Monas Jakarta aksi Clean The City diikuti ratusan orang berasal dari relawan Humanity First Indonesia yang bekerjasama dengan MKA Indonesia. Terlihat tidak hanya anak muda, tetapi dari semua kalangan usia ikut serta bersih-bersih sampah sejak pagi di seputaran Tugu Monas, Jakarta.

Clean The City di Alun-alun Sukabumi

lokasi alun-alun sukabumi tempat dibersihkan dari sampah

Sejak pukul 05.00 wib, ba’da shalat subuh, puluhan orang tua-muda, laki-perempuan bahu membahu membersihkan sampah yang berserakan di alun-alun kota Sukabumi. Aksi yang mereka lakukan juga bagian dari gerakan Clean The City, seperti di Tugu Monas Jakarta.

Clean The City di Alun-alun Garut

relawan humanity first membantu membersihkan sampah di alun-alun garut

Tidak mau ketinggalan muda-mudi di kota Dodol ini, juga antusias ikut dalam gerakan Clean The City. Bahkan disini terlihat lebih di dominasi anak-anak. Rupanya mereka ikut membersihkan sampah yang berserakan di alun-alun Garut, sambil mengisi liburan sekolah dengan aksi positif.

Clean The City di Jalan Dago, Bandung

membersihkan sampah di jalan dago bandung

Beberapa orang terlihat menyisir sepanjang jalan Dago Bandung, memunguti sampah-sampah berserakan. Jalan Dago menjadi sasaran aksi Clean The City, karena semalam lokasi ini menjadi salah satu pusat keramaian malam pergantian tahun baru di kota Bandung.

Clean The City di Alun-alun Cimahi

aksi membersihkan sampah di alun-alun cimahi

Alun-alun Cimahi juga menjadi salah satu sasaran Clean The City. Mulai sejak pagi, beberapa orang bergerak dengan cekatan memunguti sampah-sampah yang berserakan. Sama halnya ditempat lain, disini sampah-sampah juga sisa keramain pesta perayaan pergantian tahun baru tadi malam.

Beberapa kota lain belum terpantau info aksi Clean The City ini, harapannya kedepan gerakan ini bisa lebih memasyarakat dan melibatkan lebih banyak kalangan.

Semoga awal tahun baru anda juga diawali dengan kegiatan bermakna dan positif, bermanfaat untuk khalayak umat. Salam sukses, Happy New Year 2015.

Sumber: Info Relawan Humanity First Indonesia
96 Komentar untuk "Clean The City oleh Relawan Humanity First Indonesia"

Semua orang bergembira dan bersukacita menyambut datangnya tahun baru 2015, namun kesadaran akan kebersihan masih dangkal ya mas, ini lah yang harus bisa di atasi nati di tahun yang akan datang. maksih ya sharingnya

Aktivitas yang patut mendapat apresiasi oleh semua pihak. Setiap ada acara keramaian seperti pesta penyambutan tahun baru, selalu menyisakan banyak sampah. Ternyata kita termasuk masyarakat penghail sampah (an organik) yang cukup banyak, mas Wong...

ide yang sangat briliant "Clean The City " setuju banget dengan adanya ini dipastikan kota-kota yang ada di Indonesia akan bersih ,dan ternyata di Alun-alun Garut sudah ada ,saya bangga,walupun belum sempat pulang ke Garut...

ahaha.. itu bener gambar alun alun cimahi dan jalan dago, bukti nyata dari clean-city pantauan yang luar biasa mas wong.. mas ga ga ikut dipoto?

saya juga lagi gembira nih
makan-makan yuk

organik itu nama Band bukan ya?

ini baru keren
juara banget
ternyata banyak kan generasi yang peduli untuk membersihkan kota,
prihatisn saya sama para pihak yang bisanya cuma nyampah
padahal keren lho kalo yang pada malam tahun baruan sadar sampah, jadi paginya nggak ngerepotin orang lain

keren banget aksinya, bisa ditebak kegiatan "clean the city" ini dilakukan pagi hari, disaat yang lain pulas tertidur usai memeriahkan pesta tahun baru. mereka justru bangun dengan aksi super.

waaa salut buat semangat mereka.. apalagi buat anak-anak yang ikutan di clean the city tersebut.. keren banget..

Jalan Dago Bandung ini sering saya dengar Saya pernah 1 kali aja mengunjungi lokasi wisata ini,. kalau nda salah DAGO PANGKAR ya/ Yang disekitar itu ada Goa Belanda nya? Benar kah?

Selamat Tahun Baru 2015 ya. Semoga di tahun 2015 ini kita semuanya diberikan kemudahan dari Allah SWT dalam mencapai cita cita dan asa yang belum terealisasi di tahun sebelumnya. Amin Amin Ya Robbal Alamin

gerakan dan keterlibatan HFI pada smoment memangpautut diikuti dan di contek nih kang. HFI adalah bagian dari anak bangsa yang keren...gimana kalau mau gabung di HFI kang?

wahhhh busettt gerakan Kebersihannya mantabb patut di jadikan Contoh oleh daerah daerah lainnnya yah mas :) selamat tahun baru yaaahhh moga makin Sukses aje :D

kapan kota malang akan membentuk relawan humanty ini sam?
pasti bermanfaat nih
selamat tahun baru juga sam

gimana kalau mbunyiin mercon ditelen aja,biar ngurangin sampah

akhirnya ada juga gerakan seperti itu. dengan mengadakan gerakan itu maka tempat kita akan bersih .
sudah sepantasnya kita melakukan itu

kalo masalah merayakannya,pasti semua ikut,tapi pas waktu pembersihan,semua kemana ?? salut sama mereka semua diatas...

Wiih jadi bersih kalau melakukan bersih-bersihnya sama-sama iya hehe

cuma mau mengucapkan terima kasih buat HFI...
saya salut!

Sampai setua ini saya belum pernah sekalipun melihat monas secara nyata Mas, mentok juga liat di gambar :(

Gebrakan luar biasa dari clean city, mari yang lain jangan budayakan buang sampah sembarangan. salam sahabat blogger mas

Fenomena tahun baru, malamnya ada yang bergembira berpesta pora, siangnya ada sisipositif yang bisa kita temukan ya kang, mantap sekali

dibatam saya belum tau ada apa ngak, kayaknya paskan kuning yang kerepotan

kegiatan yang positif banget nih, menjaga kebersihan + olahraga hehehe :D

saya juga heran mas...pokoknya setiap ada perayaan besar, pasti ada saja sampah yang besar berserakan ditempat pesta tersebut. termasuk peryaan tahun baru. apa mungkin kita semua sudah lupa dengan kewajiban bersih dan tidak peduli lagi dengan kebersihan.

Kegiatan yang bagus ya, Bang..Rame-rame bersihin lingkungan :D

dijakarta dan bandung aksi clean the city mungkin sudah bisa berjalan, namun pada beberapa kota di luar jawa mungkin aksi ini masih asing dan jarang dilakukan. masalahnya mungkin masyarakat masih berfikir kalau itu adalah tugas dari dinas pendidikan dan juga pemerintah kota. selain itu sangat di sayangkan kalau aksinya masih disadari oleh masyarakat umum. ok makasih info clean the city

kapan yah BFI melakuakn Clean the City di kota Sumedang ya?
eh tapi sumedang mah udah bersih juga sih

Sayangnya dikota saya tidak ada Clean City :(

saya dah bosen dapet pertamax

wah belajar jadi dukun yamas?

.. dimana^ serba banyak sampah berserakan. he..86x. Kayak nya kalo perayaan kayak gitu harus menyediakan tempat sampah yang banyak kale ya?!? Agar smua nya pada sadar dan gak buang sembarangan ..

bukan mas, cuma cenayang kok mas

selamat malam semua... dateng lagi..hehe

baru online nih saya :) ..

kunjungan malam...lama ga maen kesini gan jadi kengen :D

Awal tahun diwarnai dg relawan agar kota jadi bersih
Berarti terus terjaga cinta kasih...

Salam tahun baru
harapan sehat selalu

Ayo bersih-bersih, jangan buang sampah sembarangan.

ini aksi yang patut diapreasi, ditiru, dan dilaksanakan. sudah seharusnya kita sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan. di bandung kayaknya lagi getol2nya ya mas lewat aksi GPS yang dicanangkan pemerintahanya kang emil walkot, masyarakat bandung juga antusias sepertinya

mampir ya mas dipostq yang baru :)

ini baru tahun baru heheheh bersih bersih sekalian bersihin hati juga hadir kungan malam omm

sampahnya lumayan juga buat ngeropotin orang lain ya mas.

mas zach bagian yang foto ya...makanya gak ikut...heheee
@yanto cungkup: untung gak azis gaga...p

@yanto cungkup: sekalian aja kalau bawa jajanan bungkusnya di telan sekalin, terus kalau minum kopi gelasnya langsung di kunyah...hehheee. kuda lumping apa acara taon baruan...?

saya yang jarang pertamaks aja santai mas. heeee

nyangkut BMKG juga pake waktu pagi...ada awan cumolonimbus juga gak di sekitar clean the city mas buret?

walah..kok ada band organik segala

betul mbah...senengnya pada ngerepotin :)

bang toyib rajin pulang tiap hari

ngerti ajah..sering noonton ya..

semoga bisa menginspirasi yg lain

aamiin

wah kalo kberadaan goa belanda kurang tahu kang

Udah biasa yang begitu mah.. masalahnya kadang tempat sampah jauh mas. Coba tiap 10 meter ada. Nggak mungkin buang sampah sembarangan. Misalnya dijalan nih.. gimana ga sembarangan lha wong jarak ke tempat sampah aja bisa 30 m. Kalo saya mah biasanya tak kantungin ato dimasukin ke tas.. nanti kalo ada tempat sampah baru buang.

relawan HFI sifatnya insidental aja, nggak harus terdaftar, yg penting siap dipanggil saat dibutuhkan, seperti saat ada bencana

bisa digerakin ditahun mendatang :)

kalo jadi relawan, yg penting siap dipanggil saat dibutuhkan, karena hanya bersifat insidental saat ada kejadian

betul neng, bersih2 jadi bersih :)

haha..lumayan kan, liat disini

semoga menginspirasi
salam sobat

faktor kebiasaan mbah, jadi susah

nah itu mba..kalo sadar iya, cuma nggak mau bertindak :)

iya mas, semoga masyarakat juga ada kemauan untuk sellu mnjaga kebersihan

semoga mas, hatinya juga terjaga dan selalu bersih

monggo begadang mas

wah teladan neh mas, harusnya meskipun nggak ada tempat sampah ya dibawa atau dikantongin kayak mas ary, kalo semua melakukan hal ini pasti terjaga kebersihannya

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top