JAMBANGAN; Jalur Pendakian Gunung Semeru

jalur pendakian ke gunung semeru
Lokasi Jambangan terletak di jalur pendakian ke Gunung Semeru, tepatnya setelah Cemoro kandang dan sebelum kalimati. Jambangan berada pada ketinggian 2600 meter diatas permukaan laut. Untuk dapat mencapai Jambangan, kita harus berjalan kaki dari Desa Ranupani sejauh 18 km, dengan waktu tempuh sekitar 8 hingga 10 jam. Jadi sangat mudah dijangkau bagi anda, yang hobi trekking. :)  

jalur pendakian gunung semeru di jambangan
Jambangan (tanda panah) terlihat dari citra satelit

Jambangan merupakan area padang rumput landai, dikelilingi pohon cemara dan beberapa pepohonan jenis lain. Diantaranya terdapat pohon edelweis yang tumbuh subur, dengan bunganya merekah indah. Area ini biasanya menjadi lokasi istirahat yang cukup nyaman bagi pendaki Gunung Semeru. Beristirahat melepas lelah dibawah pohon yang rindang dengan hawanya yang sejuk, dapat memulihkan energi setelah menempuh perjalanan jauh.

bunga edelweis di gunung semeru

Edelweis dan vegetasi lain yang tumbuh di Jambangan

Puncak Gunung Semeru yang gagah, dengan guratan aliran laharnya, sudah terlihat jelas dari Jambangan. Seolah menyambut kedatangan para pendaki, menjadi suntikan motivasi menambah semangat melanjutkan pendakian. Untuk mencapai puncak Gunung Semeru dari Jambangan, masih sekitar 3 km lagi. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 hingga 7 jam bahkan lebih, tergantung kemampuan fisik pendaki.

jalur pendakian ke gunung semeru

pos pendakian di gunung semeru

Bagi anda yang ingin berwisata (baca: mendaki) ke Jambangan, silahkan membawa serta keluarga anda (tidak disarankan, pen.). Lokasinya yang mudah dijangkau (menurut pendaki) dan dekat (kata penduduk sekitar), cocok sekali menjadi destinasi wisata anda disaat liburan atau hari kerja (kalau ingin dipecat boss).

Sumber:
Lokasi Jambangan, Jalur pendakian Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.
70 Komentar untuk "JAMBANGAN; Jalur Pendakian Gunung Semeru"

di Jambangan ini dengan background puncak mahameru, cocok sekali buat selfie dulu mas, haha...
dengan trek landai kita bisa menikmati keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa di Jambangan ini.

wah bisa teolen mas saya kalau harus berjalan kaki sampai 18km, langsung glundung jatuh & gak bisa ngeblog lagi. hehee

mas wong yang mana sih, kok punggungnya aja yang diphoto .. pemandangannya bagus mas..

Masih lumayan pegel tuh jalan dari Jambangan ke puncak Semeru, 4-7 jam. Tapi buat yang cinta pendakian enteng kali ya..

jalan kaki 10 jam capek banget pasti, tapi terbayar dengan indahnya pesona alam di puncak :)

wah, kalau saya jalan kaki sampai memakan waktu 8-10 jam pastinya akan tepar langsung kang :D, , saluttt buat kang Wong, semuanya terbayar dengan pemandangan yang indah gunung semeru ini :)

saya belum pernah kesemeru nih sam,apalagi melewati jambangan.
menarik nih apalagi ada banyak edelweis yg konon menjadi lambang cinta abadi

pertanyaannya kapan kita kesana mas?

pertanyaannya kapan kita kesana mas?

ini memang khusus yg suka mendaki mas

Mendaki pegunungan perlu persiapan matang ya mas. waktu tepuh yang lumayan lama, butuh tenaga yang ekstra... kalo saya sepertinya perlu petunjuk arah, supaya gak nyasar...

lobi ke bos biar dapet bisa cuti :)

Aku jadi berminat ke semeru
Bikin video klip lagu rindu
Karena suasananya syahdu
Bikin hati merindu-rindu

jangan merokok itu rumputnya pada kering bahaya ;)

wiiiih seru kayanya iya mendaki gunung :)

Oh, indahnya gunung semeru di pandang dari jauh...Namun kalau ditempuh melalui jalur pendakian jambangan bakal enggak sanggup saya mas...

Ntar kalo dah gak musim ujan Mas Yan :)

Insyalloh kalau mendaki gunung kaki saya jadi lebih besar betisnya hadeeeeh

Rasa lelah dan capek sepertinya terbayar sudah, dengan pemandangan yang begitu mempesona....

tuh kan, isine provokasi tok wae koq
nggawe aku pengen banget munggah semeru maneh
mosok saya selama hidup baru naik semeru dua kali, kebangeten nggak??

dan tambah gemuk dong nantinya
fotonya jadi ganti deh

apalagi istri ikut serta kan

hari geneeee orang malang belum naik semeru?
lha wong saya yang dari cilacap saja udah dua kali lho yaaaa

pemandangan gambar punggung yang dibilang bagus?

semua hal yang berbau adrenaline selalu membawa keasikan tersendiri ya mas.. mantappp

Pemandangannya kalau keren pasti gak akan terasa capeknya Mas.

Siap-siap ke Semeru ah.. Harus banyak olahraga biar nafasnya kuat :D

ya kang yanto, benar banget.

tenaga harus maksimal kang, biar gak tumbang nanti.

justru punggungnya yang bikin bagus :v

kang hary kalah sama saya dong kalau baru segitu udah tepar mah.
saya lebih dari itu, kalau urusan naik gunung saya ahlinya kang.

gunung Semeru gituh

dari jaman semeru masih anak'an, cita2 gue mau ke situ belum kesampean .... :(

Luarbiasa Indonesia tidak kalah dengan negara lain untuk Pemandangan alamnya begitu Indah mempesona,seperti Gunung Semeru ini,menakjubkan,,

dilarang merokok ,bukan jangan merokok hahahaha

besar berarti kuat dong hehehe

pertanyaan yang harus anda jawab

mas Zach udah siap tuch mas...

pokoknya tidak boleh mas.. kalau bisa rokok diharamkan untuk segala rokok disaina.. apalagi membuang puntung rokok sembarangan..

mas Wong sudah menjelajah kesana ya mas? saya masih belum, hanya sampai di bromo.. :)

bener apanya
lawong nggak dapet point koq

wouw.. Mas Wong Jempol..!
Start - Desa Ranupani - jambangan - puncak semeru..

Dekat di mata jauh di kaki..!

berarti jambangan trek bonus ya Mas Wong..hehehe..
yaa lumayan urut2 betis biyar tidak meletus ya Mas Wong..!

bagus buat buka warung kopi di jambangan inih Mas Wong.. yaa sekalian menyediakan jasa ojek kuda.. hehehe.. pasti laris tuh Mas

sama mas, kengen euy.... baru sekali ke mahameru...

busetttt itu waktu yang ditempuh jalan kaki nya ekstreem juga yah ternyata :V hmmmm .. tapi kayak nya seru soalnya aktifitas nya dibarengi temen temen :D

pemandangannya memang bagus dan menarik...makanya banyak juga orang yang mendaki semeru...oh ya ini pos dua ya gan? tinggal dikit lagi arcopodo dan kalau kita udah melihat batas vegetasi...nah tuh semangat deh mau mencapai puncaknya....#menyenangkan sekali...makasih infonya.

ingin rasanya seperti mereka naik turun gunung...., tapi bagaimana mungkin.?

pemandangan dari puncak memang indah sekali, pingin ke sana ...

ajak skalian bossnya, biar bisa lama2 disana

betul, sering kejadian akibat rokok

harus ditelan puntungnya, itu aturannya haha

Mendaki gunung kelihatannya seru, walaupun bukan hobi ku, tapi udah kebayang asiknya mendaki....kalau saya hobinya berburu....masuk hutan juga sih, cuma sekarang udah tobat, tinggal blogging aja lagi nih yang bisa dilakukan.

Salam

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top