Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur

lokasi jembatan suramadu di surabaya
Lokasi Jembatan Suramadu terletak disebelah utara Kota Surabaya, sekitar 8 km dari Tugu Pahlawan. Jembatan Suramadu menghubungkan pulau Jawa dan Pulau Madura, tepatnya antara Kota Surabaya dan Kota Bangkalan. Saat ini, jembatan sepanjang 5.438 meter ini, menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Dibangun selama 6 tahun, yaitu sejak tahun 2003 hingga tahun 2009. Dan pada tahun 2009 itulah, Jembatan Suramadu resmi dibuka untuk umum. Peresmiannya sendiri langsung dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

cara menuju jembatan suramadu surabaya

Bagi warga Surabaya, Jembatan Suramadu merupakan ikon dan tempat wisata di Surabaya yang bisa dibanggakan. Meskipun jembatan Suramadu sebenarnya diperuntukan sebagai fasilitas jalan umum, khususnya bertujuan untuk percepatan pertumbuhan pembangunan berbagai bidang di Pulau Madura, kenyataannya banyak wisatawan yang menjadikan Jembatan Suramadu sebagai destinasi utama saat berkunjung ke Surabaya, bahkan Jawa Timur. Sayang rasanya jika ke Surabaya tidak melihat dan merasakan langsung sensasi melewati jembatan Suramadu yang fenomenal.

Kunjungi juga bukti semangat juang arek Surabaya mempertahankan kemerdekaan di:

akses menuju jembatana suramadu dan harga tiket
Untuk melintasi Jembatan Suramadu, kita dapat menggunakan mobil atau sepeda motor. Masing-masing moda transportasi tersebut, disediakan jalur tersendiri. Sebelum masuk ke Jembatan, kita harus melalui gerbang tol untuk membeli karcis masuk. Kendaraan roda empat dikenakan tarif teket masuk jembatan Suramadu sebesar Rp. 30.000,-, sedangkan roda dua Rp. 3.000,-

tempat foto di jembatan suramadu

Saat melintasi Jembatan Suramadu harus ekstra waspada dan hati-hati, karena cuaca kadang tidak bersahabat, terutama bagi pengendara roda dua.  Hembusan angin terasa kencang ketika berada ditengah jembatan, sehingga mempengaruhi kestabilan dalam berkendara. Terlebih jika hujan deras, bahkan badai disertai petir, akan sangat berbahaya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi kendaraan harus dalam keadaan prima. Coba anda bayangkan, misalkan mesin mogok atau ban kempis ditengah jembatan, maka motor harus anda tuntun setidaknya sejauh 2,5 km.

tempat bagus mengambil foto jembatan suramadu

tempat melihat jembatan suramadu

Bagi wisatawan yang ingin narsis di Jembatan Suramadu harus pandai-pandai mengambil kesempatan. Karena di sepanjang jalur jembatan Suramadu, kendaraan dilarang berhenti. View dari tengah jembatan memang sangat menarik, selain bisa mengabadikan jembatannya, kita juga bisa melihat panorama laut yang mempesona. Tidak hanya ditengah jembatan, di sisi pantai Surabaya sebelah kiri jembatan, merupakan spot menarik untuk hunting foto Jembatan Suramadu. Kita bisa mengabadikan jembatan Suramadu secara utuh, dari ujung ke ujung.

Sumber:
Lokasi Wisata Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur
92 Komentar untuk "Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur"

Lagi keliling ya Kang, wah jadi pengen muda lagi trus ama temen-temen nyebrang jemabatan suramadu bolek-balik abisin bensin doang hehe

jembatan laut lintas pulau paling keren di Indonesia, pengen sekali aku melintas disini, tapi kemana ya.. riskan juga jika mamakai roda dua disamping cuaca tak bersahabat kalau ban kempes masih jarang kayaknya jasa tambal ban..

enakan lari maraton mas abu, irit bensin..

Mantab. ane belum pernah kesana gan. kapan kapan kesana ahh, numpang lewat

memang jembatan suramadu menjadi salah satu ikon surabaya pada khususnya dan jatim pada umumnya yasam.
jadi nggak repot nunggu kapal bila mau menyeberang kemadura

berenang sekalian.. bisa nambah stamina..:)

yg jelas jasa tukang tambal nggak tersedia ditengah jembatan teh

sudah 6 tahun ya Mas Wong..? jembatannya..!
dgn adanya sarana penghubung seperti inih aktifiti perekonomian antar dua daerah dpt cepat berkembang .. betul kan Mas..? hehehe

betul ituh teh apa kata Mas yanto..!
kalu kempes yaa.. motornya dipikul saja..!

tadi aku baca khusus mobil dan motor awalnya aku blingin bertanya sepeda boleh gak?untuk belajar sepeda balap mau jadi sprinter. termyata sudah dapat jawaban dari pictur yang ada tulisan awas angin kencang, angin adalah musuh terbesat pengendara sepeda karena todak bisa melawan angin

Keren jembatannya. Semoga baut-bautnya ga dicuri trus diringsokin ya..

ini nih, jembatan yg gak kalah ama di luar negeri :D

kapan2 ah mau nyebrang lwt jembatan ini

ini ni, sebuah icon yang sangat membanggakan dari negeri kita ya Mas

kebetulan juga pernah sekali melewati jembata suramadu pas mau ke bangkalan dengan rombongan...tapi gak singgah mas....tapi kata orang-orang sih sebenarnya memang bukan untuk wisata, dan judulunya sebelum dibuka sempat menjadi tempat pemancingan dan orang pacaran juga katanya....kalau mancing asik kali ya mas....mungkin aja bisa dapaet ikan gede...heeee....#love-mancing

klo ban bocor di tengah jembatan juga olahraga tuh...

cuma bisa liat kemegahan Suramadu dari internet doang, pengen kesana tapi ga ada temen yang ngajakin, haha

pernah lewat jembatan suramadu tapi tidak boleh berhenti

Sayangnya jembatan suramadu dikenakan tarif ya mas, Coba kalo gak di tarifin, pasti banyak yang nongkrong di pinggir jembatan #orang pacaran

Alhamdulillah sampai sekarang belum terlaksana kepengen ke Suramadu hehehe,,dulu pernah ke Bangkalan naik Kapal ,karena waktu itu jembatanya belum selesai pembangunanya hehehe

ikutan dong mas kalau nyebrang jembatan Suramadu yah hehehe

saya belum pernah ke suramadu nih kang, nanti kalau ke surabaya pasti saya mau melewatinya. hehe

Mengagumkan banget jembatan Suramadu ini, mas...Jembatan yang menghubungkan dua pulau dengan jarak cukup jauh...

seminggu yang lalu saya ke jembatan suramadu mang, merhatiin konstruksinya keren banget ya, ngga nyangka salah satu temen saya yang bikin perencanaannya itu emang keren sejak kecil sih...kokoh dan berseni, patut jadi kebanggaan bangsa Indonesia tuh jembatan suramadu teh ya

Wah kudu waspada ya mas, takutnya ada yang "ngempos" dari samping dan bikin kita terbang. He, saya malah jadi keinget angin topan diluar negri mas. Jadi pas kejadian, ada mobil yang kebawa angin mas.. serem. Mudah2an di Suramadu tidak ada yang begitu. Amin.

saya juga kepengen TEH SANTI tapi nggak ada temenya untuk kesana,mau nggak TEH nemenin saya kesanan hahaha

ohhhhh perancangnya itu ternyata temenya Mang Lembu toh,huebat tenan rek,,,,

ini lah salah satu jembatan favorit Indonesia, SuraMadu - Surabaya Madura
eman-eman kalau jembatan ini tidak di rawat dengan baik...
di Jakarta tidak ada seperti itu..
jembatan kebanggaan oreng Madureh... :)

Saya belum pernah melintasi jembatan ini, mungkin suatu saat saya akan melintasinya...

menarik sekali jembatan ini, dulu sebelum ada jembatan, orang-orang dari surabaya dan madura harus menggunakan feri di pelabuhan perak ya mas.

mantab bener emang akan jembatan suramadu ini, , jadi pngen nginjakin kaki kesana :D

Yang bikin menarik untuk pengguna sepeda motor bisa juga melintas dan murah tarif masuknya :)

Indah kali ya kalau malam hari?....kalau masih muda dulu bisa bawa pacar sambil nongrong nih....

hadeeeeuuh pengen dong narsis di jembatan suramadu hehe

Ga nyangka ane Mang Lembu, ternyata temennya ya? Kenapa ga bilang dari dulu sih....kan biar di kenalin juga ama kita2

saya belum pernah ke suramadu
kayaknya enak nih bawa mobil pelan pelan di tengah jembatan

oh ya mas...mau nanya...kasus jembatan suramadu yang kemarin pernah di cabutin besi dan beberapa pasak besinya gimana ya? pengaruh gak ama ketahanan dan kokoh atau tidaknya jembatan suramadunya mas...? jang juga gara-gara kasus tersebut malah banyak yang jadi korban nantinya....

naqh kalau itu sih bisa kena omelan orang mas...kan jembatannya diperuntukkan untuk memperlancar perjalanan orang, malah jadi numpuk nanti mas....apa lagi kalau sikomo yang lewat kan jadi macet mas. hehehee

iya mas...pasti asik kalau gak ketangkap satpam heheeeee

sehat dan bahagia kalo lewat sini sih

sini ikut saya ke jembatan di ancol

saya familiar banget sama nama jembatan ini
bahkan saya tau persis berapa dana yang diperlukan buat bangun jembatan ini
satu lagi, saya tau kalo proyek suramadu ini pinjaman dari bank di cina
tapi saya nggak pernah lewat di atasnya
kasihan nggak?

baru tau kalau jembatan ini yang terpanjang di indonesia.. bayangin aja kalo bbm nya habis pas ditengah jembatan...hehehe

Kondisinya masih bagus kan, Sam? Kapan2 gue mampir ... :)

itu intinya
cadangannya jadi tempat wisata mas

trus saya harus bilang wow gitu??

ga bisa selfie dong hihihi... bahaya yah...

nah itu mas, kemarin2 banyak yg ilang

monggo mas, bisa narsis disini :)

betul mas, saya juga ikut bangga

nah itu...kita mancing aja mbah, tapi jangan ditengah jembatan ya... :)

hayo mas, sama saya, saya tunggu di lokasi ya.. :)

lha ditarifin aja, maunya pada nongkrong disna :)

wah mesti kesana kang, kan udah lama di jatim ya.. :)

itu yang disini juga temennya :)

anginnya memang kenceng, paling kerasa kalo pake motor

yoi..mesti dirawat, jangan diambilin baut2nya :)

betul banget mba, selain lebih lama, biayanya juga tidak murah

monggo mas, diinjakkan kakinya disana :)

murah meriah, nah ini yg saya suka :)

kayaknya dulu pernah ketangkap satpam mbah..?

haha, biarin orang ngomel mbah, malah klo bisa berhenti skalian biar bisa narsis ya mas sucipto :)

betul mbah sempet kjadian spti itu, cuma skarang sudah ada perbaikan nampaknya, dan penjagaan jg lebih ketat

mas zach ini ada namanya disitu....

sehat mas, bisa nuntun sampe 3 km

bisa teh, nyuri2 kesempatan :)

di deket toilet?
itu nama yang jaga

Jadi ingat waktu melintas di atas jembatan Suramdu ini, yang buat eksotis pemandangannya waktu melintas dan malam hari di lokasi ini Mang. he, he, he,,

Jembatannya kokoh ya, Bang.. Pengen liat pas malem.. Pasti indah :D

Kalau ketangkap si belum tapi kalau nongrong di pinggir jembatan udah kebayang asiknya berduaan....

Jujur saya ga berani nongkrong di jembatan takut ketinggian soalnya

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top