Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri, Jawa Timur

lokasi monumen slg simpang lima gumul kediri
Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa  Timur. Jaraknya sekitar 6 km arah timur dari Kota Kediri atau searah dengan jalan raya menuju kota Pare.

alamat slg kediri
Monumen Simpang Lima Gumul Nampak siang dan malam

Monumen Simpang Lima Gumul memiliki luas 804 m2 dan tinggi 25 m. Berada di tengah-tengah jalur jalan melingkar, yang merupakan persimpangan jalan menuju lima arah berbeda. Arah selatan menuju ke Wates/Gunung Kelud, Timur Ke Gurah, Utara ke Pagu, Timur laut ke Pare, dan arat Barat ke Kota Kediri.

alamat simpang lima gumul kediri
Lorong bawah tanah menuju Monumen SLG
Pintu Masuk dari Lokasi Parkir Kendaraan

relief sejarah kediri di monumen simpang lima gumul
Ukiran relief dan patung di beberapa titik

Wisata unik di Kediri: GUA MENGGANTUNG DI KARANG

makanan yang dijual di simpang lima gumul kediri
Pasar Minggu Monumen Simpang Lima Gumul,
ramai pengunjung di akhir pekan

Monumen yang pembangunannya digagas oleh Bapak Sutrisno, bupati Kediri saat itu, menjadi ikon dan gerbang wisata menuju kabupaten Kediri. Selain itu juga menjadi sentra perekonomian untuk kemajuan wilayah Kediri. Seperti terlihat setiap akhir pekan, di sekitar area Monumen Simpang Lima Gumul, terdapat pasar minggu yang selalu rame dengan pengunjung.

Arc de triomphe nya Indonesia

Anda pernah ke Kota Paris? Di kota Paris terdapat monumen yang sangat terkenal, yaitu Arc de triomphe atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Gapura Kemenangan. Monumen Arc de triomphe terletak di bukit Chaillot dan berdiri di tengah area Place de I'Etoile, di ujung barat wilayah Champs-Elysees. Posisinya berada di tengah konfigurasi persimpangan jalan raya berbentuk bintang lima. Dibangun atas  perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya.

arc de triomphe dan slg
Arc de Triomphe Paris dan Simpang Lima Gumul Kediri
Posisinya jika dilihat dari citra satelit

Nah untuk dapat menyaksikan keindahan dan kemegahan monumen Arc de triomphe dari dekat, sepertinya anda tidak perlu jauh-jauh ke Paris. Coba anda perhatikan bentuk dan posisi Monumen simpang lima gumul Kediri, sangat mirip. Saat anda berada disana, akan berasa sedang di Arc de triomphe Paris. Tak perlu ongkos mahal dan perjalan jauh, sudah bisa menikmati kemegahan dan keindahan  Arc de Triomphe dari dekat, ala Kediri. 

kesamaan simpang lima gumul dan arc de triomphe paris
Arc de Triomphe Paris dan Simpang Lima Gumul Kediri

Seperti gambar diatas, dari bentuk dan posisinya bisa dibilang memiliki citarasa seni serupa. Istilah kata “Tak lihat Arc de Triomphe, Simpang Lima Gumul pun jadi”, miripkan? Buruan yang ingin berwisata ke Paris lewat Kediri.

Sumber:
Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
127 Komentar untuk "Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri, Jawa Timur "

saya ambil PERTAMAX dulu ya mas..

wah keren ya.. saya belum pernah kesana mas,ke Kediri...
monumen Arc antara di Paris dan Kediri mirip banget ya mas..

suasananya lebih indah di malem hari

sangat menawan dan menarik untuk di kunjungi

ahh kalo ke Paris sih yang penting ke Louvre aja deh.

ingat Kediri, jadi inget Persik
lah malah bubar to kesebelasan fenomenal itu

hehe, iya, pas sampeyan bikin pembandingnya.
mirip gerbang arc. jangan2 prancis niru Mpu Sindok nih

padahal saya udah incer
tapi sengaja biar yang lain keduman

sangatlah mirip mas monumen simpang lima (y)

keren banget mas... ngeliat gambar-gambarnya kayak di luar negeri aja...

Persik Kediri apa Dewi Persik tuh?

aiih..monumen simpang lima gumul mirip dengan monumen yang ada di eropah ya kang, siapa yang memirip-miripkannya,coba?

Simpang lima
Apa ada rute lima
Untuk tujuan kemana
Jawablah penasaran saya
Sebelum disana

Jadi pengen ke KEDIRI deh
Eh iya namanya SIMPANG LIMA ya. Mirip nama kawasan yang ada di Semarang. Ada juga Simpang Lima Semarang

Bagus banget lokasi monumen simpang lima ini, mas...Ada lorong bawah tanah dan pasar minggu dengan los pasar yang unik...

“Tak lihat Arc de Triomphe, Simpang Lima Gumul pun jadi" mantap mas... gak usah jauh-jauh ke eropa ya mas buat liat menumen yang indah seperti ini...

kalau monumen Simpang Lima Gumul ini saya sering melewati sam.memang bagus monumennya gede banget.
kalau nggak salah orang daerah sana menyebutnya proliman ya

wah simpang lima ini memang bener2 mirip Arc de Triomphe Paris sam

saya sudah bosen dapet pertamax mulu

kalau nggak lg ngalong ya tidur

mungkinkan masih keturunan airlangga?

wah mirip yah... itu sengaja atau kebetulan?

apa sich bedanya PERTAMAX dengan PREMIUM??
jawab dong!!

menarik ya... ada Lorong bawah tanah juga, jadi penasaran ingin mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Semarang, Simpang Lima Purwodadi juga ada :)

iya mbak.... ada lima
pertigaan ada 3 (pertelon)
perempatan 4 (prapatan)
simpang lima ya ada 5 :D

beberapa arsitektur memang mirip paris ya gan....dan kayaknya menarik kalau dikunjungi waktu malam hari...lebih merih dengan lampunya...makasih infonya ya sob.

wah saya orang jawa tapi belum pernah berkunjung ke jawa timur nih,jadi malu

Mantap lokasinya ketika dilihat dari atas, baru kali ini liatnya...simpang 5 lagi...kalau di tempat saya baru ada simpang 4...

Indah benar ya mas monumennya, hmmm pasti menyenangkan bisa berkunjung ke sana :D

andaikan aku deket kang, aku sudah ingin sekali lihat Monumen Simpang Lima Gumul ini, bentuk monumennya menarik dan Unik untuk wisata pendidikan ya kang...

silahkan ditarik dan dikunjungi mas.. :)

Woe gak ijin kalo mau posting daerah kekuasaan saya waktu zaman masih muda dulu hehe...

@mbak anisayu: diatas dah dicantumin tuh tujuannya, tinggal berangkat (dibaca) :)

@mbak Imer: klo menyimpang?

xixixii.. mas Zach dan mas Yanto ngapusi padahal pingin dapet tuch.. :P

Saya pikir lokasinya di daerah Jawa Timur, ternyata di Paris toh ? he,, he, he,,,

edunnn monumennya mirip dengan yang ada di paris :v dan baik siang maupun malam monumen simpang ini enak dilihat yah mas :)

wah unik ya.... kapan-kapan bisa mampir kalau ke jawa timur :)

mantab benar ya ada Lorong bawah tanah menuju Monumen SLG....terus ada Pasar Minggu Monumen Simpang Lima Gumul juga...jadi ngiler mau ke sana....huaaaaaa....#kapan?

lah koq sampe ngiler
ini botol orson mau buat wadah?

Simpang Lima Gumul Kediri ini memang memiliki kemiripan yang amat tinggi dengan Arc de Triomphe Paris

suasananya kayanya enak dimalam hari ya kang utk main ke Monumen Simpang Lima Gumul ini :D ,

Sama dong dengan saya mas @EKA

nalik sini lagi liat monumen simpang lima, sambil nawarin Ubi Cilembu

keren banget ya.....
pingin ke sana :)

Wuih megahnya Ya mas Wong..?
Kediri terkenal dengan Getuk pisangnya ya mas Wong?

Happy Blogging!

Saya nggak pakai pertamax dan premium, karena saya jalan kaki dan ngonthel... :)

Iya, kalau siang hari panas, hehhehhhe...

hahaha cicipin donk mas wong :v

Wahh.. keren banget.. mungkin bakal kesana kalo lagi jalan-jalan ke kediri..

Bisa hampir mirip gituh ya monumennya.. Yang duluan dibangun monumen mana dulu tuh mas...

saya jarang mengunjungi tempat beginian nih mas, harus berkunjung nih, ngikut jejaj mas wong.

iya kayak Arc de Triomphe Paris, dan namanya kayak simpang lima Semarang. hehehe ...

Arc de Triomphe Paris dan Simpang Lima Gumul Kediri jika dilihat dari satelit kayaknya lebih mistis simpang lima gumul ya kang...coba korek ketengan orang setempat, mungkin ada cerita mistik di balik simpang lima tersebut....kali aja kang heeee

gapuranya dinamakan gapura kemenangan oleh masyarakat perancis dan dibangun oleh napoleon bonaparte tahun 1806 dengan arsitek chalgrin yang meninggal tahun 1811....kebetulan ane penggemar chalgrin karena mengagumi bangunannya....heheheee.

kalau kesana sama aja ke perancis mas...kalau gak sama yang dibayangkan aja sama kayak di perancis...kalau masih gak sama juga, ulang lagi bayangan di perancisnya...heeeee

sudah sepantasnya mas YANTO itu dapet award untuk Pertamaxnya,cuma yang jadi pertanyaan siapa yang membuatnya Award tersebut huahahaha

Keren juga yah Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri, Jawa Timur,padahal saya sering lewat kalau pulang kampung,,,tapi keberadaan Monumenya baru tahu sekarang

Keren, Bang.. Apalagi ada lorongnya gitu :D

Persis, sama bentuknya. Jadi kalau ke Kediri, ini tempat wajib dikunjungi ya..

Asyik ya, mirip di Paris, hihihi :)

betul mba..lorong bawah tananhnya berada dibawah jalan raya

harusnya turun dulu kang, biarin keretenya jalan :)

mbah dinan rupanya penerawangannya tajam...perlu di cek ke tkp lagi :)

jadinya mirip paris dan serupa semarang mas :)

betul mas, enak getuk pisangnya, klo kesana mesti beli buat oleh2

dingin kalo dalem kulkas mas :)

meski jauh tapi terlihat dekat dari sini monumennya..

dekat di hati maksudnya?
kalo ginjal bagaimana?

berarti perlimaan ya? abang ijone akeh

wihh mas yang satu ini hobinya wisata ke tempat yang keren-keren, sekali2 ajak dong :D

pake bus saja biar lebih cepet sekarang kan zaman modern bukan zaman kolonial masa pake dokar sih wkwk

mulai kapan bus bisa ditarik coba?

wih mbah dinan tau aja sejarah jaman dulu..

boleh juga tuh replikanya paris ada di kediri.
kalo udah punya istri kesana ahh
mas wong mau ikut ? haha

langsung dari cilembu...cuma seribu #sule

ke semarang pernah, kalo purwodadi belum

betul uda, jadi lengkap, memanjakan pengunjujng

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top