Tempat Wisata di Kediri; Gua Selomangleng

wisata gua selomangleng kediri, jawa timur
Lokasi Gua Selomangleng terletak di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto, sekitar 4 Km bagian barat laut kota Kediri, Jawa Timur.  Posisinya berada pada perbukitan batu padas di kaki Gunung Klothok. Gua Selomangleng merupakan situs wisata sejarah yang sangat populer di Kediri. Gua ini sangat unik sesuai dengan namanya Selomangleng. Selomangleng berasal dari kata Selo artinya “Batu” dan mangleng artinya “Menggantung”. Jadi Selomangleng artinya batu yang menggantung.
                                                                                                 
lokasi gua selomangleng kediri jawa timur
Di bagian dalam gua terdapat altar ritual
tempat pembakaran dupa dan sesajen

Menurut penuturan sejarah, Gua Selomangleng diyakini merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci. Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Airlangga, yang memilik nama asli Sanggramawijaya. Dewi Kilisuci menolak tahta kerajaan dan menjauhkan diri dari kehidupan keduniawian. Di Gua Selomangleng inilah Dewi Kilisuci menjalani pertapaan hingga tidak diketahui keberadaannya, dianggap muksa oleh sebagian orang.

tempat wisata di kediri gua selomangleng
Arca Dwarapala dan Relief Kepala Kala
di Gua Selomangleng

asal kata selomangleng
Ukiran Relief di Bagian dalam Gua Selomangleng

Di bagian luar Gua Selomangleng atau di kaki bukit, terdapat beberapa tumpukan batu dan arca dwarapala yang kondisinya rusak dibagian kepala. Masuk kedalam Gua, disambut dengan aroma menyengat sisa pembakaran dupa. Nampaknya Gua Slomangleng masih digunakan untuk aktifitas ritual. Di dalam gua terlihat pahatan ukiran relief pada bagian dinding. Diantaranya ada relief bentuk manusia dan gunung-gunung. Di salah satu sudut, terdapat semacam altar untuk pembakaran dupa.


lokasi gua selomangleng kediri

Suasana alam di sekitar Gua Selomangleng cukup nyaman, banyak terdapat pepohonan rindang. Bagi pengunjung yang ingin bersantai, juga disediakan saung. Tidak jauh dari Gua Selomangleng terdapat Museum Airlangga, di museum ini banyak terdapat benda-benda peninggalan masa lampau yang bisa dijadikan studi sejarah.

gua selomangleng kediri, jawa timur

Jika melihat maket proyek pengembangan wisata di gua selomangleng, nampaknya akan menjadi tempat wisata yang cukup potensial. Pengunjung akan dimanjakan beragam fasilitas yang bisa dinikmati. Gua Selomangleng bisa menjadi tempat wisata di Kota Kediri yang menarik untuk dikunjungi.

Sumber:
Lokasi wisata Gua selomangleng, Kediri, Jawa Timur

129 Komentar untuk "Tempat Wisata di Kediri; Gua Selomangleng"

besar ya kayaknya goa selomangleng ini sam,berapa ya kira2 ukurannya

mau juga nih jalan-jalan kesana.padahal nggak jauh -jauh amat dari tempat saya .tp kenapa saya belum pernah kesana coba?

haaa ini dia dekat tempat istri ane gan...tempatnya memang nyaman untuk santai dan menenangkan pikiran. terus biayanya juga gak terlalu mahal untuk akses goa tersebut. muantab pokoknya.

wah kalau masalah itu sih anda sendiri yang ngerti gan...yang lain sih anteng aja gitu. heeee

mau bikin usaha ya di sana mas yan...memang kalau jiwa bisnis kumat...apa aja mau dibisnis.

Di depan alter ritual itu pada ngapain yah

keren banget mas gua nya... di daerah saya juga ada banyak gua mas...

baru denger Gua Selomangleng, unik juga ada arcanya juga

saya apalagi,
anteng kitiran

jadi kalo saya berdiam di atas pohon, bisa disebut sebagai Ksatria Selomangleng ya Mas?

hebat ya bisa kumat jiwa bisnisnya

wah asyik deh kayaknya kalau masuk di gua slomangleng, bisa bikin geleng-geleng. hahaa

Hiiiyy aku paling ogah masuk goa, serem kayaknya..

kalo saya paling demen nengok goa teh.. :)

Belajar kelompok mengenai gimana caranya mendapatkan pengunjung blog yang banyak yah. wkwkwkw

wahhh kerennn suasana tempat wisatanya unix saya mas apalagi ukiran patung nya :)

Saya ada teman dari Kediri. Naanya Ririn Pudya. Dia dahulu mantan Penyiar Radio Bonanza FM Kediri. Sekarang dia aktif sebagai Musisi KEdiri. Rocker KEdiri. Dia pernah cerita tentang Obyek Wisata religi yang ada di KEdiri, salah satunya adalah Gua Selomangleng ini. Sekarang saya bisa baca ulasannya lebih rinci hari ini di sini. TErima Kasih

Mungkin kapan2 kalo jalan2 ke kediri saya akan berkunjung kesana..

bagus guanya, jadi pengen kesana :)

saya sering ke kediri tapi masih belum pernah kesana
kapan-kapan mampir ah...

saya sering ke kediri tapi masih belum pernah kesana
kapan-kapan mampir ah...

istrinya darimana mbah?
wah bisa sowan kalo lagi di mertua

haha..ngerjain PR pak guru, besok dikumpulin

ada yg mangleng nggak mas?...nggantung maksudnya :)

tapi penulisnya bukan arca lho..

bisa mas, lebih mirip lutung kasarung

bisa mas, apalagi setel musik koplo :)

wah bisa numpang kenalan nih sama rocker kediri :)

monggo mas, sapa tau dapat wangsit juga :)

monggo mas...kan deket dari cirebon :)

wangsit tuh yg suka ngsih kartu merah + kuning dalam permainan sepak bola kang ? :D

menakjubkan sekali wisata dari kota kediri ya kang,, apalgi gua Selomangleng . kalau foto2 didalam gua nya aman mas ? :D

kalau normal biasanya kuat 2-3 hari

aman mas, penampakannya bersabat, mau coba?

wah tumben sam sekarang online
kuotanya baru nambah ya

Arca sama relif nya awet sampe sekarang

jadi penasaran pengenjuga jalan kesono

tempatnya serem kayaknya ya,unsur mistisnya kental

Wah, gua Selomangleng cocok juga buat wisata sekaligus belajar sejarah buat anak sekolah ya mas?

masih banyak relief peninggalan sejarah ya mas

rajin banget, belajar kelompok nya sampai ke Kediri

mesti promosi gencar agar wisata Gua Selomangleng di Kediri ini semakin terkenal, justru yang saya tau museum Airlangga nya mas

belum terkenal goanya hanya sebatas orang sekitar saja yang tandang
kebanyakan ya dari mahasiswa UNIK yang nongkrong di sana karena letaknya memang dekat dengan universitas itu

hebatnya peninggalan jaman dulu kwalitasnya bertahan lama

aura mistisnya kental mas, kenceng bau dupanya

betul uda, selain wisata dapat pelajaran sejara, didekatnya juga ada museum sejrah

betul mas, tinggal dilestarikan dari kepunahan

nah itu disebelahnya mas, cuma 200 meteran

Saya ikut bangga menjadi keturunan warga Kediri hehhe

wah keren nih makasih ya infonya mas

unik arcanya dikit banyak penulisnya

serasa dikampung sendiri ya mas :)

yuk kita belajar kelompok sekarang?

memanggleng nasib artinya apa hayo?

yang nulis di blog ini bukan arca lho

nggak papa, yang penting dapet Dewi Sekartaji, heeee

Suaminya orang Belanda
HIehiiehiheieee

kalau jaman sekarang ada orang yang seperti Dewi Kilisuci menolak tahta yang diberikan,hebat kali yah,,,sekarangmah malah sebaliknya,pada berburu tahta /kursi,demi mencapai cita-citanya,tidak perduli menggulingkan orang demi tahta ,hadeuhhhh

ada quota juga percuma kalau signalnya lelet,seperti yang sedang saya alami sekarang,,kuesel tenanan,,,,

baru denger kalo di kediri ada gua,nya.. tapi sepertinya keren ini.. banyak sejarahnya.. :D

sudah lama ngak kesini, masih sehat semua ?

kang, kayaknya saya sumumur hidup belum pernah masuk goa deh, masuk terowongan jalan pernah

bagian wisata sejarah, tidak hanya sekedar piknik

disini banyak goa mas...kalo saya sering nengok 'goa' :)

hahaha...jalan kaki juga nyampe

angker gak gan?
di dalam gua ada uka-uka gak? hehe

2015 apa masih pada ngasih makan makhluk kastral apa ya,bukannya mereka juga sudah main gadget ;)

di tulung agung...terus di kediri juga masih banyak keluarga dari sebelah istri....

buar belajar kelompok apa cari bocoran GA...
bagi yang belum doanya biar cepat diterima yaaa...sapa tau aja bisa muantab...

oh ya sekalian buat optimasi artikel...bis kali yaa...muantab pastinya nih pake "browser solomangleng". firefox aja kalau gak dulu bisa lewat juga

terus terang mas...masalah rekreasi itu hobi...tapi kadang kudu diljalani dengan beberapa kawan-kawan biar ramai...dan dari jauh hari kudu nabung dulu. apalagi sekarang udah ada anak bini, makanya kalau mau wisata harus jauh hari merencanakannya. makanya kata istri saya, boleh sekali-sekali ke selomangleng kalau balik kampung ke tulung agung atau kediri...semoga aja bisa terwujud.

sepertinya asik juga ya Mas kala bisa berwisata ke gua selomangleng ini, suasanya terlihat sejuk dan nyaman buat santai.

bdw, kayaknya ada yang baru ni dengan tampilan blog nya :)

Saya ngikut di belakang aja ah hehehehe

ngikut bertapa juga ah, syapa tau bisa pintar kayak Mas Zach hahahahaha

hati-hati aja mask gua mas. di dalam penuh misteri dan kegelapan. Tempat saya ada juga tempat wisata gua, namanya gua tujuh.

jadi mau jalan-jalan nih mas, mungkin tempat ini bisa dijadikan rekomendasi nanti jika berencana untuk wisata ....

Goa Selomagleng
indah nan anteng

wah pulang kampung sekalian wisata, semoga terwujud mbah Dinan

leng koq pake teng
nggak sama ponic-nya kan Mbak?

ya, keluarga berencana juga ada

baru tapi lama, itu semboyan kami

Terkesan mistis ya, Bang.. Syereeem.. :(

klo sudah masuk nggak serem mba...hanya menakutkan :)

hawanya lumayan...bau dupanya yg menyengat

bentar itu..masih belum 1000 bulan

mas zach pinternya itu dapet di gunung lawu...bertapa 7 hari

Agak serem juga iya tempatnya hehehe

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top