TEMPAT WISATA DI SURABAYA; TUGU PAHLAWAN

tempat wisata di surabaya
Lokasi Monumen Tugu Pahlawan terletak di pusat kota Surabaya, berada di depan kantor Gubernur Jawa Timur. Posisinya sangat strategis dan mudah dijangkau dari manapun. Dari stasiun kota hanya berjarak setengah kilo meter dan angkutan umum juga banyak yang melewatinya.

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, merupakan bukti sejarah perjuangan heroik arek Surabaya melawan sekutu dan Belanda. Pejuang pada masa dengan gagah berani menghadapi penjajah yang hendak  merebut kembali kota Surabaya pada tanggal 10 November 1945.


tempat wisata di surabaya jawa timur
Patung sang Proklamator di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

monumen tugu pahlawa surabaya, jawa timur
Relief, menggambarkan perjuangan arek Surabaya
mempertahankan kemerdekaan

Memasuki area Tugu Pahlawan, kita akan melewati pintu gerbang dan langsung disambut patung sang Proklamator. Seluruh area dikelilingi pagar, khusus pada bagian depan terdapat relief yang menggambarkan kegigihan perjuangan para pahlawan dalam mempertahan kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah

tempat wisata menarik di surabaya jawa timur
Tugu Pahlawan tahun 1953

diorama di museum tugu pahlawan

diorama museum tugu pahlawan
Diorama para pejuang di ruang bagian bawah museum

Tugu Pahlawan berada ditengah-tengah tanah lapang yang luas, dengan taman di sekitarnya. Tugu pahlawan sendiri mengambil bentuk lingga, dengan ketinggian sekitar 41 meter. Pada bagian dibawah tugu Pahlawan terdapat museum untuk mengenang perjuangan para pahlawan, diantaranya ruang auditorium, patung, aneka senjata perang, koleksi peninggalan Bung Tomo dan beragam benda yang berkaitan dengan tema perjuangan.

angkutan menuju tugu pahlawan surabaya

Tugu Pahlawan sebagai monumen perjuangan pahlawan kemerdekaan, menjadi ikon wisata sejarah Kota Surabaya. Daya tariknya tidak pernah terlewatkan dari wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Selain menjadi ikon wisata sejarah, Tugu pahlawan juga menjadi jujugan warga surabaya untuk menikmati liburan setiap hari Minggu dengan olah raga dan wisata belanja.

wisata belanja di surabaya
Ramai dengan pasar dadakan di seputar Tugu Pahlawan

Khususnya hari Minggu pagi, di seputaran area Tugu pahlawan selalu ramai dengan pasar dadakan. Beragam barang dagangan dijajakan disini, mulai dari yang baru hingga bekas. Tinggal pandai-pandai memilih dan menawar, anda bisa mendapatkan barang istimewa dengan harga terjangkau. Kuliner khas juga banyak dijajakan, mulai dari sate ayam kelapa, soto Madura, aneka pentol dan masih banyak lagi yang bisa memanjakan lidah anda.

Sumber:
Monumen Tugu Pahlawan, tempat wisata sejarah di Surabaya Jawa Timur
Islamireligius
99 Komentar untuk "TEMPAT WISATA DI SURABAYA; TUGU PAHLAWAN"

monumen yang menjadi pengingat tempoe doeloe melawan penjajah yasam.jadi inget kata2 bungtomo untuk menyemangati pemuda soerabaja dan sekitarnya
MERDEKA ATAU MATI!!!

rugi banget kalau main ke suroboyo nggak ngeliat tugu pahlawan dan jembatan merah tentunya

Pentol itu semacem makanan berkuah gitu yo mas

pentol bakso, cuma dicelupin saus, sambel kacang dan kecap..nggak pake kuah

oyi sam..
tas moleh nyambangi tonggoku nang rumah sakit panggung

Pentol bakso?. Wuih makanan saya waktu SD itu mah. Sekarang udah jarang makan mas.. bahkan terakhir ya cuma pas SD. Alias ga pernah makan lagi sejak itu. Tusuknya kadang dikumpulin buat ngitung-itungan dikelas (belajar perkalian).

iya bner Pentol itu klo gak salah bakso mas ary ,,, hehehe

sy blm pernnh liat lngsung tugu pahlawan nih ,,,,, :(

Pantas saja kalau Surabaya di juluki kota pahlawan, ternyata monumen pahlawanya banyak banget....(lebay)

Kalau di Bandung ada namanya Gasibu. Hari minggu juga tempat ini menjadi pasar dadakan juga.

lebih senang ke tempat ini dari pada ke tugu suro dan boyo, tugu pahlawan lebih banyak memberikan pelajaran akan historis bangsa ini..

ketika masuk di area tugu pahlawan, patungnya nyalamin kita gak ya mas? hehee

saya nggak pertamax tapi nggak sombong dong

habis gelap terbitlah terang

rugi maneh nek gak menyang tunjungan
halahh

iya, kalo ke surabaya, ya ini yang jadi langganan foto-fotoan
tapi tetep wae kurang sip nek dibandingno malang sing duwe gunung sekaligus duwe laut

huss, itu petugas yang nagih karcis

seumur umur , saya pergi ke surabaya baru ke makam sunan ampel , ke tugu pahlawannya belom pernah -_-

ndang waras tonggoe..

mas zach memang rendah hati :)

tugu itu icon surabaya ya mas.. saya ga pernah kesurabaya..

Pengen ke situ, Bang.. Belom pernah soalnya :D

belum pernah liat secara langsung Mas tugu pahlawan ini :)

tonggo ku malah bar mati wingi mas

Ternyata diorama perjuangan 10 Nopember yang ada pada buku yang kita baca, berada dalam ruangan monumen tugu pahlawan, ya mas? Wah, ini menambah wawasan pengetahuan sejarah saya mas. Terima kasih sharenya...

Tugu Pahlawan merupakan simbol semangat juang dari perjuangan
Bangsa Indonesia khususnya semangat juang Arek-Arek Suroboyo..

nek arek semarang, tugu muda

makanya ke sana sekarang juga
digratisin mAS Crew tuh

Sama lah kaya di tasik ini mas hehehe

sama , saya juga belum. pngen banget malah mas.

iya mas. kota surabaya terkenal pahlawannya, sprti bung tomo.

Merdeka atau Mati,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,saya pernah mampir kesitu tapi cuma sebentar karena dikejar waktu,,,,tapi kalau ada kesempatan ke Surabaya lagi kepengenya mampir trus foto-foto dech hehehehehe

memangna di Tasik aya kitu Teh Ai ,,,,,

ehhhh ketemu mas BOKU disini,,,apa kabar mas Boku,,,,

nggak cape kang, kejar2an sama waktu :)

mungkin sudah tua mas..kan sudah lama

yaa ampunnnn tugu pahlawan nya men kerennn jadi ingin bekunjung kesana :)

cuma dari TV aja Mas Zach hehehehehe

surabaya memang jadi kota pahlawan, tentunya banyak sejarah dengan kota tsb ya kang, are are suroboyo :D . .

langsung liat gambar pertama tak kiro monas. :p

betul mas mririp, mungkin miniaturnya :)

betul mas, masih bisa kita lihat peninggalannya hingga sekarang

mongo mas, masih berdiri kokoh

monggo mas, langsung meluncur ke surabaya

Masuk nya ga pake mbayar kan mas :)

sangat tidak afdol main ke Surabaya ngga menyempatkan mampir ke Tugu Pahlawan, idiom surabaya kan emang tugu pahlawan itu.

saya belom pernah juga sih ke Tugu Pahlawan Surabaya

innalillahi wa inaillahi roji'un

loh koq mas zach iso ngomong jowo se?

pernah ke surabaya sekali tp ga sempet main ke sana :(

Jadi kangen Surabaya.. pengen ke sana lagi...

Nyimak kak, terimakasih infonya :) bisa jadi referensi kalo pas mampir ke surabaya :)

Nanti kalau main ke Surabaya mampir di sini enak benar nih.

ternyata banyak juga wisata dan peninggalan sejarah di Jawa Timur yang sangat bagus ya mas.. tapi di Padang juga banyak kok mas...hehehehe

Surabaya oh Surabaya
Kota pahlawan untuk Indonesia
Berbukti tugu perkasa
Ada di tepat kota indah menarik wisata

jujur seumur2 saya belum pernah ke sini mas, hehe padahal yo sering dolan nang suroboyo. kapan2 kalau pas liburan lagi tempat ini pasti saya kunjungi

wah surabaya kaya sejarah ya, itu beberapa sering masuk di buku sejarah waktu sma, serabaya memang mantap

kesukaan saya tuh, bagi dong :D

Surabaya memang terkenal dengan sebutan kota pahlawan ya, seumur-umur belum pernah saya mah berkunjung ke Surabaya mas :)

pernah sekali di hari minggu, rame banget suasana sekitar tugu pahlawan, tempat yang paling identik dengan 10 November.

pernah juga sekali ke tugu pahlawan surabaya mas...memang menarik dan bisa banyak belajar sejarah juga....ternyata perang 10 november lebih hebat dibanding yang ditulis di buku yang selama ini saya baca...kebetulan guidenya juga menguasai kisah sejarah, dan menurut cerita perang ini dimulai 29 september tentara sekutu mendarat di beberapa kota jawa dan sumatra, ternyata belanda membonceng dengan tentara sekutu...padahal inggris dan tentara sekutu lainnya ingin memerangi jepang yang masih tersisa di indonesia....nah suasana inilah yang rakyat indonesia marah karena mereka merasa sudah merdeka lalu merekapun melakukan perlawanan sebelum 10 november 1945, namun tentara indonesia terdesak mundur. lalu perjuangan akan dilanjutkan setelah kedatangan kyiai Abbas dari cirebon untuk cerita lengkapnya silahkan baca di https://www.facebook.com/wargaKBGD/posts/436946883029740

padahal kan masih satu tanah jawa mas...Alhamdulillah kalau saya sudah beberapa kali ke surabaya dan memang menarik juga kota dengan sisi kehidupan mansia dan budayanya....

Aku sering ke kota surabaya, tapi belum pernah ke tugu pahlawan, mantab infonya kak ?


Admin : www.sagitasoft.com

kalo gratis saya langsung meluncur mas Zach hehe

wah,,, kalo di tugu pahlawan itu dulu sering kesana. kalo hari minggu banyak pkl di pinggir2nya. tapi nggak tau skrng, masih ada nggak pkl yg jualan disitu..

monasnya surabaya ya :)
saya pernah ke surabaya cuma numpang makan aja, pagi berangkat, sore udah balik lagi ke jakarta

Surabaya memang terkenal dengan kota pahlawan, semoga aja tugunya tetap dilestarikan

taunya tugu muda ama monas, doangs! hehehe

haha kirain dah pernah Kang Lembu,kalau sayamah sering atuh,( sering lewat doang haha )

saya tahunya pentol setelah kerja dipasuruan ,itu kalau di Jakarta disebut cilok mas Budi hehe

do'anya saja semoga saya bisa berwisata ke sana mas ...

lum pernah wisata ke Surabaya, hanya sekali ke suramadu cuma lewat :)
Tugu Pahlawan cuma denger namanya belum melihat fisiknya
nice share gan

Wah, aku belum pernah ke Surabaya, menarik sekali nih :)

nah tugu pahlawan ini sering banget dengar tapi sayang belum pernah liat wujud aslinya kayak gimana hehehe cuma liat dari foto atau buku aja sih :D

Setelah diperhatikan dengan seksama, tugu ini masih sering dikunjungi. Hal ini menandakan bahwa masih ada yang menghargai dan mencintai sejarah bangsa.

Jadikan ini tempat wisata bagi keluarga ketika liburan, tidak melulu harus di mall kan, sesekali bolehlah ke tempat bersejarah

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top