Gunung Kelud Kediri, Mengenang Sebelum Meletus

wisata gunung kelud pasca erupsi
Tepat setahun lalu (10 Februari 2014) saya posting tempat wisata Gunung Kelud di Kediri. Saat itu gunung Kelud masih dalam status waspada dan belum ada tanda-tanda akan segera meletus. Ternyata kehendak Tuhan berkata lain, tiga hari kemudian, tepatnya hari Kamis, 13 Februari 2014 sekitar pukul 23.00 wib Gunung Kelud meletus.

Postingan setahun lalu: Wisata Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud saat itu sangat dahsyat, mengguncang kota-kota disekitarnya. Bahkan materialnya terlontar setinggi 17 km dan tersebar hingga mencapai ratusan kilometer. Untuk lokasi dalam radius 50 km dampaknya sangat parah, seperti kota Kediri nyaris seluruh kota tertutup pasir tebal. Banyak diantaranya atap-atap rumah runtuh, tidak kuat menahan beban material pasir yang begitu banyak. Lebih parah lagi rumah-rumah penduduk yang berada pada radius sekitar sepuluh kilometer, atap rumah penduduk tidak ada yang utuh. Pada umumnya hancur dihujani lontaran batu dengan ukuran cukup besar.

rumah korban gunung kelud
Salah satu rumah korban letusan Gunung Kelud radius 10 km

batas wisata gunung kelud pasca meletus
Pengunjung dibatasi dalam radius 3 km dari Gunung Kelud

Akibat letusan Gunung Kelud setahun lalu, kita sudah tidak bisa menikmati keindahan panorama Gunung Kelud lagi. Baiklah untuk bernostalgia, berikut saya postingkan kembali keindahan alam Gunung Kelud sebelum meletus.

Lokasi Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi aktif, dengan ketinggian 1.731 mdpl. Terletak diantara kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar.  Untuk menuju ke Gunung Kelud bisa melalui dua kabupaten tersebut, tetapi lebih mudah melewati jalur kediri. Dari Kota Kediri jaraknya sekitar 40 km arah selatan.

area letusan gunung kelud
Terowongan menuju Gunung Kelud, saat ini tertimbun

lahar letusan gunung kelud
Pos Pantau Puncak gunung Kelud

batas wisata gunung kelud
Anak tangga panjang berkelok

tempat wisata gunung kelud kediri

gunung kelud sekarang
Panorama dari atas Gunung Kelud

Mysterious Road yang Fenomenal Masih Ada

wisata gunung kelud sekarang

Mysterious Road atau Jalan Misteri sepanjang kurang lebih 100 m, sekitar 4 km sebelum Gunung Kelud. Apa sebenarnya keistimewaan jalan ini? Dilokasi ini kendaraan roda empat atau roda dua, jika mesin dimatikan dan gigi dalam posisi netral akan berjalan sendiri, meskipun  secara kasat mata jalan menanjak. Konon Mysterious road mirip jalan  jabal Magnet di Arab sana. Walaupun banyak kalangan memiliki pendapat berbeda, diantaranya mengatakan karena ada jin yang menariknya, ada juga yang berpendapat karena pengaruh grafitasi, ada juga pendapat lebih rasional, bahwa ini hanya merupakan ilusi mata, yaitu jalan yang secara kasat mata menanjak sebenarnya menurun. Tapi entahlah, apapun itu, justru inilah yang menjadi daya tarik dan ketika saya melihat dari dekat memang jalannya tampak menanjak dan ketika mencoba memang benar-benar bisa berjalan sendiri, meskipun mesin dalam kondisi mati. Silahkan anda perhatikan gambar yang ada, atau jika sangat penasaran datang langsung kelokasi dan  saksikan fenomena yang jarang ada di tempat lain.

Sumber:
-Lokasi Gunung Kelud, Kediri
66 Komentar untuk "Gunung Kelud Kediri, Mengenang Sebelum Meletus "

Subhanallah...betapa indahnya pemandangan gunung kelud itu mas...
Butuh waktu yang cukup lama kali ya mas supaya gunung kelud menjadi indah lagi...

Sungguh menakjubkan pemandangan alam gunung Kelud sebelum terjadinya letusan...

hanya dapat mengenang tidak hanya sekedar Gunung Kelud sebelum meletus, tapi bagi saya naik gunung manapun hanya tinggal dapat mengenangkan, telah lama tak lagi dapat menikmati puncak gunung...hadeuh

sungguh indah dan asri bener kang pemandangan alamnya, , harus masuk terowongan dulu ya mas jika ingin masuk ke gunung keludnya ?

keindahan yang tinggal kenangan yasam.
tragedi meletusnya gunung kelud tersebut pada malam hari itu juga terdengar dari tempat saya mirip mercon dari kejauhan

emang dah nggak kuat naik gunung yakang?

pastinya apa mas yan ? heheh

Sampa hari ini saya belum ke lokasi daerah Gunung Kelud lagi mas, semenjak peristiwa meletus kemarin. jadi pengin lihat langsung dari dekat, sepertinya bisa dijakan tempat wisata seperti merapi juga tuh ya….

sangat indah ya pemandangannya, ada terowongannya juga

Mungkin masih menunggu waktu agar tempatnya pulih kembali seperti semula ya mas. saya jadi penasaran sama Mysterious Road . oya mas, kenapa blog ini kalo di tinggal 10 menit akan beralih ke blog kang mousir??? padahal lagi enak enak baca, eh malah refresh ke blog tersebut..

Bagus tempatnya, cuma sayangnya jauh dari lokasi saya mas jadi mesti nabung dulu dan perlu wkt yg cukup :)

pulihnya lama gunungnya mas

redirect ke blog kang mousir ya? wah saya blom tau neh problemnya, padahal kredit siempunya template masih ada, saya coba cek, makasih mas infonya

nabung yang banyak gan, ntar skalian ngajak saya kalo sudah banyak tabungannya :)

itu yang Mysterious Road sebenarnya gejala wajar bukan?
karena soal gravitasi yang nggak rata di bumi dan pas di situ ada megnet bumi yang baik. ya sudah pada meluncur jadinya.

masih soal Mysterious Road, saya juga pernah ngalamin koq sepeda sama motor yang ada pengemudinya, juga orang yang jalan koq pada kenceng gitu.
usut punya usut, ternyata di depan ada warung tegal, dan ini semua orang lagi pada lapar. jadi logis kan?

nabung ke rekening saya mau?

pastinya saya hadir disini kalo soal gunung mah

ya iyyaalahh, kepala lima gitu loh dari hongkongnya

yang mana, foto saya? emang!

kenapa warung tegal banyak dikejar?

katanya wanita tegal juga terkenal logis ya?

ya, saya sudah membuktikannya

indah dan menakjubkan ya...., belum pernah merasakan naik turun gunung :)

weladalah, dawa temen mas, ora logis :)

masa pemandangan orang, ora logis

nggak tau kapan lagi uda, untuk bisa menyaksikannya

yaa ampunnn indah sekali pemandangan di gunung kelud kediri ini saya jadi merinding :3

yang mantub tuh kalau menuju ke gunung kelud jalannya berkelok dan disampingnya terdapat beberapa perbukitan, jadi kayak saling mengisi dan berbandengan...trus kalau di jalan misteri, sampai sekarang masih penasaran mas...padahal jalankan naik, kok bisa ya mobil yang mati dan netral bisa naik sendiri...dulu sih kawan kasih tau kalau ada yang dorong...yah kita yang rada bego percaya juga...

sebenarnya tanjakan aneh ini bukan hanya di gunungkelud aja mas...
Di tenggara kota Jinan Waihuan Street, juga terdapat seruas tanjakan aneh. ada yang mengemudikan mobil dimana ketika melewati sebuah tanjakan turun sekitar 1.5 km di selatan lembaga ekonomi Waihuan Street, mobil tersebut tiba-tiba mati, dan di luar dugaan mobil itu perlahan-lahan berjalan sendiri naik ke atas tanjakan.

aneh ya mas? memang dunia ini banyak semakin aneh-aneh....

Indah banget ya..
Menarik tuh, Misterious Road. Bisa gitu ya, 'ngglondor' di tanjakan..

kalau dilihat dari atas, tanjakan ke gunung kelud itu mirip tembok china, apakah sekarang tanjakan itu juga sudah rusak mas?

terlihat begitu indah ya mas gunung kelutnya, sayang udah meletus (kayak balon aja)

indonesia memang kaya akan tempat wisata dan inilah salah satunya gunung kelud semoga saja letusanya tidak merusak keindahanya

ternyata pemandangan gunung kelud indah juga ya mas sebelum meletus...

ada juga misteri jalannya ni....sayang semua sudah sirna sepertinya....mungkin ga keindahannya kembali gan?

wah kalau gunung sudah batuk, hmmm susah dihentikan ya kang, untungnya batuk gunung di dunia ini tidak bersamaan, kalau bersamaan, hmmm hancur sepertinya dunia :D

Anak tangganya berkelok, kayak tembok cina

terbatas hanya mampu mendaki gunung dirumah sajah....maklumlah, saya kan orang desa

Subhanallah, itu panorama dari atas gunung Keludnya indah sekali :)

oh iya, visit back ya, terima kasih :)

iyo iyo logis nya log selebor kan

peringatan pas setahun kelut meletus dari tahun kemarin...kayaknya meletusnya kelut setahun yang lalu adalah sebagai peringatan dari kesalahan persepsi menganai perayaan valentine day....kita seharusnya ingat dan mau belajar dibalik semua kejadian, karena itu untuk kita belajar mengeti akan kehidupan ini....udah kayak mario teguh gak komennya?

sebenarnya anak tangga yang ada di tembok cina itu seperti anak tangga di gunung kelud kali ya...heeee

masih tetap indah sih gan...karena sewaktu saya dimapala dulu pernah juga ke kelud...kayaknya masih indah...tergantung kita melihat keindahan itu dari mana...heeee

jangan khawatir li...karena gunung meletus itu sebenarnya evolusi ketahap pembaruan atau kelahiran kembali dari gunung tersebut...sekaligus sebagai peringata kepada masyarakatnya akan kelahiran kembali kepada yang lebih baik...jadi kayak filsuf...heeee

justru gunung kalau udah meletus itu memberi kesuburan dan keindahan baru bud

lho kok merinding sih....sebenarnya malah harus menjadi senang dan terang benderang...semangatnya maksudnya

logis mas...logis record...rock pokoke

aduh rol cuma singkat banget ya...sama di blog kawan-kawan juga singkat...kalau gitu makasih rol..heeeeee

hahahaaa...pas banget kayak mercon ma pistol...
abunya sempat nimbun rumah abang ipar saya juga mas...sempat khawatir juga sih...tapi kayaknya tulung agung sih aman dan Alhamdulillah tidak berdampak terlalu buruk...tapi gak tau juga wilayah sekitar selain tulung agung.

Malah saya belum pernah ke sana mba setelah meletus, kondisi jalan itu masih sama atau pun dengan sebelumnya jadi belum tahu….
Apalagi dengan tanjakan yang aneh seperti itu, tapi yang namanya di alam sperti di pegunungan yang ada di wilayah Indonesia lokasi seperti itu memang ada sh Mbah. Hm,,, ntahlah logis atau bagaimana...

semoga gunung berapi di tempat tinggal saya aman-aman aja, jangan sampai meletus, pasti gak bisa pulang kampung. Di balik semua tragedi memang harus ada perenungan ya mas.

Keindahan pasti kembali cantik
walau parnah terusik
Oleh letusan vulkanik
Dan bikin hati panik

Keren banget yang anak tangganya.. :D

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top