Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu

lokasi pemandian air panas cangar batu
Lokasi pemandian air panas Cangar terletak di desa Sumber Brantas, kecamatan Bumiaji, kota Batu, Jawa Timur. Atau sekitar 20 km arah utara Kota Batu. Pemandian air panas Cangar berada dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) R. Soerjo. Posisinya tepat berada di sebelah pintu gerbang Taman hutan Rakyat R. Soerjo.

rute jalan menuju cangar, batu
Panorama sepanjang jalan menuju Cangar

Rute jalan menuju pemandian air panas Cangar, harus melewati medan berkelok, bahkan di beberapa titik cukup curam dengan tanjakan atau turunan ekstrem. Meskipun begitu, sepanjang jalan kita akan disuguhi panorama alam yang mempesona, sehingga tidak akan terasa membosankan perjalanan hingga lokasi.

tempat pemandian air panas cangar di hutan r. soerjo
Pintu Gerbang Taman Hutan Rakyat R. Soerjo

Pintu gerbang Tahura R. Soerjo bisa dijadikan penanda bahwa kita sudah sampai di pemandian air panas Cangar, karena lokasinya tepat berada disebelahnya. Gerbang Tahura R. Soerjo sendiri merupakan pintu masuk menuju kawasan hutan R. Soerjo. Jalan yang melintas di kawasan hutan ini, menghubungankan  kota Pacet, Mojokerto. Tetapi perlu diperhatikan, jalur ini lebih ekstrem dari jalur sebelum cangar. Kemampuan kendaraan harus benar-benar prima untuk mampu melibas tanjakan dan rem juga harus pakem, karena beberapa kejadian terjadi kecelakaan rem blong.

lokasi pemandian air panas cangar

Pemandian air panas, disediakan beberapa kolam, mulai dari kolam yang cukup besar dengan air hangat, kemudian dua kolam yang lebih kecil dengan airnya yang lebih hangat. Bagi kaum wanita disediakan pemandian khusus yang tertutup. Ada juga pemandian yang lebih privasi, khusus untuk satu orang berupa kamar semacam sauna. Pemandian air panas ini juga biasa dimanfaatkan untuk terapi pengobatan kulit. Beberpa pengunjung meyakini dengan berendam beberapa penyakit bisa sembuh. Hal ini dimungkinkan karena adanya kandungan belerang pada air panas.

harga tiket pemandian air panas cangar

Taman Bermain, berupa taman dengan beberapa fasilitas mainan untuk anak-anak, disediakan juga saung-saung untuk istirahat atau bersantai.

tempat camping di cangar

Camping Ground, areanya cukup nyaman untuk mendirikan tenda-tenda, disediakan juga aula terbuka yang cukup besar di area ini. Untuk menggunakan fasilitas ini kita tidak bisa hanya ijin ke petugas setempat, tetapi harus kekantor perhutani yang ada di kota Malang.

Villa dan Aula, ditempat ini tersedia villa, ada dua villa yang bisa disewa dengan harga sewa cukup murah. Disamping lokasi villa terdapat aula yang bisa digunakan untuk sarana pertemuan, memiliki daya tampung sekitar 350 orang. Fasilitas wc, kamar mandi dan mushola juga tersedia. Untuk menyewa fasilitas ini prosedurnya seperti jika menggunakan camping ground.

lokasi goa jepang di cangar batu

Goa Jepang, letaknya tidak jauh dari lokasi pemandian, bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak, jaraknya sekitar 600 meter.

tape ketan hitam di cangar

Kuliner, banyak jajanan yang bisa dinikmati, mulai dari makan berat atau hanya sekedar camilan, tetapi ada yang paling khas yaitu tape beras ketan hitam. Kuliner ini sangat cocok dinikmati disini, karena bisa menghangatkan badan.

Harga tiket masuk pemandian air panas Cangar juga sangat terjangkau, jadi tidak akan menguras kantong anda.

Sumber:
Pemandian Air Panas Cangar
91 Komentar untuk "Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu"

Rame banget pemandiannya..
Ada yang kencing sambil berendam ga ada yang tau tuh. Sama-sama anget, gitu. Haha.

Weleh keren banget neh tempat wisatanya kluarga, eh di goa Jepang bisa ketemu orang Jepang gak yah di dalam, terutama cewe Jepang yang baik dan murah senyum hehe

pemandian air panas Cangar ini dekat selecta sama sengkaling ndak mas. Kalau dekat kan bisa sekalian mampir nanti kalau liburan cuti sama keluarga. Lumayan sambil menyelam minum air panas gitu jerrr. :D

Sampeyan layak dapat penghargaan pariwisata dari pak gubernur deh Mas

pengalaman bagus, Mas Renggo.

to the point aja dong
pengen ketemu Mbak Miyabi disana ya?
sana ke Hiroshima

jerr itu bunyi balon meletus bukan?

Aksesnya cukup ekstrim juga yah, berarti kendaraanya harus di service dulu... bisa jadi alternatif nih mas buat terapi kulit...

Tumben Mas Wong gak ngambil pertamaxnya :D

wuiih keren pisan obyek wisatanya mas, suasananya adem banget kayaknya

@Renggo: ini yang saya malas mandi bersama baik dikolam renang maupun dipemandian....ada yang iseng, berendam sambil kencing...

Air panas alam
Pasti rasanya tentram
Biasanya hapus noda hitam
Dikulit yang tadinya seram

@Renggo: ini yang saya malas mandi bersama baik dikolam renang maupun dipemandian....ada yang iseng, berendam sambil kencing...

suasananya sepertinya cocok untuk berendam ya mas wong....kang emang pemandian ya udah pasti berendam...nanya sendiri jawab sendiri...parah kan?

dah lama banget rasanya gak mandi air panas setelah kolam pemandian air panas di daerah saya ditutup oleh pemda setempat mas... kalau ke Cangar yang terletak di desa Sumber Brantas, kecamatan Bumiaji, kota Batu, Jawa Timur,,kapan bisa kesana ya mas ???

coba saya pikir dulu !!! (lirik dengkul)

cocok untuk liburan keluarga pastinya

haduuuuuh kapan saya bisa liburan kaya gitu :(

Menarik untuk dikunjungi nih,,,makasih info gan :)

Hormat Saya : Roli Supiawan

saya membaca saja serasa sudah main kecangar sam.hehehe
pernah sih kedaerah bumiaji tp belum pernah masuk wisata ini.

ini niat komen apa nyepam sih mas?
dimana2 komentarnya koq sama

lalu saya harus bilang wow gitu??

Fasilitasnya cukup lengkap untuk tempat wisata, dan untungnya tempat pemandiannya di pisah. Yang laki-laki dan perempuan gak jadi satu, bisa bahaya tu.

Seumur-umur saya malah belum pernah mandi di kolam air panas kek gini. Ditempat tinggal saya gak ada wisata kolam air panas. Kalaupun ada juga di luar kabupaten.

pemandian air panas tentui akan sangat dicari orang uintuk menikmatinya pemandian air panas tersebut dengan cagar kota batu nan elok

Njirr rame bener pemandiannya, apa emang pas lagi masa liburan? Haha, kalau gue ajak temen temen kesitu, pasti bakalan lebih suka sama pemandangannya daripada pemandiannya.... Hahaha

Salam kenal yaak, kunjungan balik :))

Kayanya seru juga untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga nih kang. indah bener panorama alamnya menuju air panas cangar .
ada GOA jepang juga ya kang ? saya kira cuma ada di pantai pangandaran saja tepatnya di Cagar alam untuk Goa Jepang hehehe

wahhh tempat wisata pemandian air panasnya ke nya seru banget tuhh apalagi ada fasilitas taman bermain + villa beuhhh engkap bener :D

Tape ketan itemnya enak bingit di cocol sama uli

kalai saya kebetulan belum pernah kesana mas, kalau di batu yang pernah, pernah dulu maen ke jatimpark tapi mau mampir kesana waktunya sudah tidak ada, kapan2 aja deh mas tak mampir ke pemaindaian air panas cangar kota batu

Foto Goa Jepangnya kok agak buram ya mas?.. hehe.

Seneng buuanget tuh bisa jalan-jalan terus ^^. Cuma pesen dari pemerintah.. saat jalan-jalan jangan buang sampah sembarangan. Buanglah ditong sampah. Kalo ga nemu masukin kantong celana aja.^^

MIYABI?. Itu pemain sinetron es, ce, te, pe bukan ya?. ^^ Orang jepang mah itu yang anggota JKT patang puloh wolu. Haruka ama satu lagi tuh yang suka dikuncir rambutnya.. itu cakep.

nggak usah, mangap aja juga boleh :)

@Mas Dory kalo di selecta sudah dekat, skitar 7 km

jerr itu majikjer

@Mas Dory kalo di selecta sudah dekat, skitar 7 km

jerr itu majikjer

nah pesan bermanfaat, harus dilaksanakan

kameranya jelek :)

monggo mas, lainkali mampir juga kerumah :)

goa jepang mah dimana-mana, sisa jaman penjajahan kali..

liatin yang mandi ya gan...

salam kenal juga..ok

klo jadi satu malah betah mas, ada pemandangan menarik..haha

sering2 baca artikel saya sam, biar berasa piknik terus :)

saya ikut nyoblos
pake KTP sini boleh?

saya tetep: wonder woman neper dai

salah tuh tulisannya
uintuk emang artinya apaan?

kalo sampahnya seember, masuk kantong nggak?

saya jadi ngeliat foto kaki jenjang disini

wah bisa berjam-berjam mandinya saya kalau nemuin kolam air panas kayak gini mas...kalau pulang ke brebes seering ke kolam air panas seperti ini di guci tegal...

Nuansa pemandian air panas yang berkabut membuat suasana lebih romantis kayaknya mas....

saya sedang berfikir untuk masa depan kita nih

lawong ditempatku juga gitu koq sam

Ya Allah mau banget kesitu buat ngilangin stres. :((

monggo mba, dijamin stress ilang :)

kelamaan berendam bisa mendo mba :)

bawa pacar kayaknya cocok, uda :)

he..he..he...pada dasarnya berfungsi ngilangin bolot di tubuh.. :)

Menarik sangat tempat ini.. nampak meriah dengan pengunjung

WAHAHAHA Jadi ingat masa lalu pernah ke cangar malam-malam sama si Dia ,,,

iya Pak UDA saya juga dulu kesana bawa ( P ) haha asyikkk dachhh

Silahkan mengunjungi tempat wisatanya mba... mumpung harga tiketnya masih terjangkau

Kalau lagi ke lokasi tempat wisata pemandian air panas seperti cagar kota baru seperti ini, saya mah hanya snang jalan-jalannya saja kang, sama ambl gambar, kalau ikut berendam mending pas waktu sepi aja, kalau terlalu rame malah cadi campur airnya. he,, he, he,,

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top