Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

lokasi dana ranu kumbolo gunung semeru
Lokasi danau Ranu Kumbolo terletak di jalur pendakian Gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur.  Rute menuju danau Ranu Kumbolo dapat dicapai dengan trekking atau jalan kaki dari Desa Ranupani, desa terakhir yang bisa diakses kendaraan.  Dari desa Ranupani menuju Danau Ranu Kumbolo hanya menempuh jarak sekitar 11 km saja, biasanya membutuhkan waktu antara 4 sampai 5 jam perjalanan. Sangat dekat dan mudah bukan...

Kunjungi juga: Ragam Wisata Jawa Timur

Selama melintasi jalur pendakian menuju danau Ranu Kumbolo, kita akan disuguhi pemandangan alam yang memikat, dengan hawa udaranya yang segar. Sehingga meskipun membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama, kita tidak akan merasa bosan.

rute ke danau ranu kumbolo

jalur menuju danau ranu kumbolo
Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Danau seluas 15 hektar ini menjadi lokasi transit favorit bagi pendaki Gunung Semeru. Disini para pendaki biasanya mendirikan tenda dan bermalam sambil istirahat untuk melanjutkan pendakiaan keesokan harinya. Satu hal yang perlu dipersiapkan saat bermalam di Ranu Kumbolo adalah harus membawa tenda yang memadai, sleepingbag tebal, dan jaket tahan dinging, semuanya untuk mengatasi hawanya yang cukup dingin. Meskipun hanya berada pada ketinggian 2400 mdpl, suhunya bisa mencapai di bawah nol derajat celcius di musim tertentu. Saat menjelang pagi hari sangat mudah di temukan butiran es dari embun yang membeku di hamparan rumput atau atap tenda.

matahari terbit di ranu kumbolo

lokasi camping di ranu kumbolo
Sunrise at Ranu Kumbolo

Salah satu moment yang paling di tunggu para pendaki Gunung Semeru di danu Ranu Kumbolo adalah disaat sun rise. Sun Rise di danau Ranu Kumbolo sangat istimewa, karena matahari muncul di antara dua buah bukit, memancarkan cahaya yang berpendar di permukaan air danau. Menakjubkan, serasa sedang berada di danaunya negeri kahyangan, tempat para bidadari mandi di balik batu kali.

Sumber:
Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur
136 Komentar untuk "Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru"

Subhanallahu betapa Indah semua ciptaan Allah SWT untuk manusia, lalu nikmat yang mana lagi yang kita dustakan

Indahnya ya kang Pemandangan di sekitar danau Ranu kumbolo ... :)

Enak ya bisa berkemah disana bangun pagi-pagi pasti seger deh tuh :D

mantap pemandangannya bikin tentram

Subhanallah....pemandangan yang indah dan eksotis banget nie mas, sejuk banget kayaknya :)

iya kang, saya langsung menghayal kalo lagi ada disitu sambil duduk santai terus seruput kopi deh, beuh makjleb banget duaaah...

melihat sunrise dari danau ranu kumbolo ternyata nggak kalah indahnya sama dipuncak yasam

eh lokasi wongcrewchild deng

tentremnya tuh disini ya mbak

Indah pemandanganya, kapan ya bisa kesana?:D
oh ya, blog anda sudah saya follow, mohon follow juga blog saya ya :)

indah pemandangannya mas wong :)

pindah juga nggak jauh dari ngalam

sambil ngisep sebatang rokok kang :)

saat pagi hari sepertinya indah mas ya pemandangannya disekitar danau kumbolo ini?

Mantaps pemandangannya mas....

Beuhh, sukses bikin ngiri! :))

pengen banget kesana, berenang di tempat saya sama dengan Saykoji tidur di tendanya pevita

keren juga ya gan ada danau nya di gunung semeru, ane belum pernah kesana, kapan kapan boleh juga :)

Sunrise nya indah bener kang, pastinya camping disana sangatlah betah ya ? disuguhi pemandangan yang sangat eksotis :D

wah, kbetulan tmenku bnyak skali yang ksana. cuman aq aja yg blum pernah ksana...
:3

sangat mas, pasti terpesona klo disana

pertamaxnya dari waduk karang kates

indah dan menarik untuk dikunjungi ya

namanya adja yanto cungkup ya jelas tau dong

banyak sekali mas wisata di jawa timur, jadi pengen tahu danau ranu kumbolo gunung semeru, kapan ya bisa kesana

4-5 jam perjalanan dengan jarak tempuh 11 km jalan kaki, wah bukan hal yang mudah mas wong itu mah, jalan kaki 1 km aja sudah mau patah neh kaki, apalagi sampai 11km gak kebayang dech..!! hehe..

tetapi demi melihat keindahan danau ranu kumbolo devy akan tempuh jarak itu, walau mas wong jadi taruhannya, hehe..!!

Nenk Devy gak biasa jalan kaki sih...apa perlu saya gendong... :)

Wah mantab tuh sunrise-nya. ini yang menjadi inspirasi lukisan melegenda di anak SD. yaitu sinrise diantara 2 gunung

Wah baru tadi bgt aku ngrengek pingin ke sini....

nggak usah nyari dah dikasih mas yanto

apa sich nikmatnya rokok....?? cobalah berhenti merokok

"PERINGATAN PEMERINTAH"

ngakam apa itu mas...?? ngalam gaib :)

ya tau lah.... itu tampak jelas dibawah tulisan ANDA BERADA DI LOKASI

kalau bareng saya gimana mas,

tak gendong kemana-mana... tak gendong kemana-mana...

baru tau ada Danau Ranu Kumbolo, tapi perjalanannya jauh banget 11 km

indah sekali ya mas danau nya,, kapan ya bisa kesana,, hehe

indah sekali gambarnya, kebetulan di jawa timur, mungkin dekat, hehe..

mau bilang di hati saya saja gitu?

Sampeyan ki tenan maraih aku mumet koq Mas.
ngene iki kan dadine aku pengin banget mrana maneh. jal sapa sing tanggung jawab nek ngene iki.

keren yah, apa lagi pas sun rise nya, kemarin temen ku juga ke bromo, katanya berangkat mendaki subuh sampai ke atas sore2, mantep perjalanan nya

Ranu Kumbolo menjadi salah satu destinasi yg diincar saat tidak semua kuat naik sampai ke Mahameru

pengen sih mas tapi iya gimana belum ada dana nya :D

Subhanallahh sungguh indah sekali pemandangan di danau ranu kumbolo inii beuuuhhh jadi pen main kesana tapi kap[an yah :v

Sambil Ngopi, gelar tiker, dengerin musik... mantap kayaknya ... kapan yah bisa kesana lagi xixiii ...

Pemandangannya mirip dengan gambar waktu kecil... Ada matahari di tengah tengah gunung/bukit... Pasti dingin banget, embun aja jadi butiran es... kyaknya gak butuh lagi kulkas ya mas

Hayo sama saya saja ke Sananya.. saya yg tanggung jawab, Tapi sampeyan sing bayar yo mas

indah dan alami banget ya sob kondisi disana, tapi udara nya kayaknya dingin yak, ane kebetulan kagak betah kalau tinggal di tempat yang dingin, soale ane tinggal di dekat pesisir yang panassss hhhh

Wah, harus dikunjungi nih kalau ada kesempatan :)

barengan aja sama kita2 ya kang Marnes :D

keindahan gunung semeru tidak diragukan lagu, gambarnya aja membuat saya kagum dan mau ke sana :D

danau danauan saya selalu suka pasti indah dan biasanya dapat dilalui sama kendaraan, berbeda dengan pegunungannya yang selalu saja jalan kaki..

Di Kota saya gak ada danau , adanya cuma empang.

Sungguh sangat indah dan mempesona ya Mas ciptaan NYA.
Sugeng dalu dan sugeng sugengan Mas, ma'af baru bisa berkunjung.

Pemandangan alam danu aranu yang indah nan eksotis

Begitu luas Indonesia dan dengan pemandangan serta sumber daya alam yang melimpah

subhanallah... keren banget... pengen deh ngerasain sunrise di ranu kumbolo...

Ngapain ke sana bikin capek saja.

kalau melihat danau ranu kumbolo jadi ingat waktu di mapala dulu. jadi lupa misi, kerjaannya cuma nongkrong dan bermalas-malasan dekat danau ranu kumbolo. akhirnya misinya lupa, diganti jadi long time picnic....hehehee...ok mas makasin.

biar capek asal asik....akan jadi moment yang indah dalam hidup dan petualangan gan di ranu kumbolo.

kalau sunrise di sana gak kelihat, ketutupan gunungnya. tapi tetap asik kalau pagi pemandangan dari danau ranu kumbolo....muantab dech...coba aja rasakan sensasinya....

udah kayak marketing gak ane komennya?

so pasti...sayangnya hal seperti ini tidak digarap secara maksimal oleh pemerintah.

bikin danau sendiri aja biar enak kalau mau rekreasi mbak...heee

pemandangannya keren sekali, subhanallah. teman2 saya sudah pada sampai sini, saya belum.

Pemandangan dobel nih, keindahan danau + bisa melihat sunrise :')

betul mbah, itulah nikmatnya hidup.
kalo nggak ingin capek mending baring di kasur, nggak usah bangun2

disitu kadang saya merasa sedih

disitu kadang saya merasa sedih

sugeng sedang keluar kota mas :)

biar sehat teh, jalan kaki :)

monggo mas ibrahim, langsung mendaki kegunung semeru, bisa dapat banyak keindahan :)

monggo mba dara, lumayan deket dan mudah dijangkau :)

kan bisa ngadem mas :)
ane malah nggak betah klo ditempat panas :)

iya waktu SD paling seneng nggambar begitu, kesampaian juga ke alam nyata

Monggo mas Ainnul, ntar saya anterin, dengan doa :)

betul banget, banyak pendaki yang justru tujuan utamany ke Ranukumbolo, kemudian balik

wah mau kesana mba...sayang saat ini blom boleh dikunjungi

ehh iya tuh mas Rachmat, klo nginget jaman sd dulu demen banget bikin gambar dua gunung, terus nyembul matahari ditengahnya :)

sama saya ajah, sudah tau jalurnya :)

padahal pevitanya numpang tidur ditenda saya mas :)

hayo mas, tapi saiki mahal biayane..

indah kang pemandangannya,kalo saya mah diem di rumah aja kerjaannya..

Luas banget sampai 15 hektar danaunya mas.....pasti banyak pengunjungnya kan.....o iya ada ikannya nggak ni?

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top