Gunung Putri Tidur (Sleeping Beauty Mountain) Malang

lokasi gunung putri tidur sleeping beauty princess di malang
Lokasi Gunung Putri Tidur (Sleeping Beauty Mountain) membentang antara kabupaten Malang dan Kota Batu. Sekitar 30 km arah barat Kota Malang. Gunung Putri Tidur merupakan deretan pegunungan, diantaranya Gunung Panderman (kaki), Gunung Kawi (dada) dan Gunung Butak (kepala). Bentuk gunung putri tidur hanya bisa dilihat dari jarak jauh, umumnya bisa nampak dari Kota Malang.  


lokasi gunung putri tidur di malang
Tempat paling ideal untuk melihat Gunung Putri Tidur terlihat sempurna tanpa halangan, ada di Jalan Bamban, Pakis, Kabupaten Malang. Lokasinya merupakan jalan raya berada di pinggir sawah. Dari alun-alun kota Malang sekitar 8 km arah timur laut, bisa di cek dari screenshoot google map di sebelah.

Dari lokasi ini kita bisa menyaksikan sang putri sedang tidur nyenyak dengan posisi terlentang. Rambutnya yang panjang terurai indah, paras wajahnya yang cantik menghadap keatas, nampak tenang terlelap, bagian ini merupakan Gunung Butak. Kemudian sebelahnya merupakan Gunung Kawi yang menjadi bagian dada sang putri. Untuk bagian ujung kaki adalah Gunung Panderman. Nampak sempurna, sang putri cantik sedang tidur nyenyak.

lokasi melihat gunung putri tidur malang
Citra Satelit dan Sketsa Gunung Putri Tidur

Waktu paling pas untuk bisa menyaksikan panorama eksotik Gunung Putri Tidur adalah di waktu pagi sekitar pukul 06.00 wib dan sore hari sekitar pukul 16.00 wib.  Akan terlihat sempurna jika cuaca sedang cerah, sehingga tidak tertutup awan. Dijamin anda bisa menyaksikan keajaiban alam seperti di kisahkan pada cerita dongeng, Sang Putri Tidur menunggu pangeran datang untuk membangunkannya.

Nah bagi anda yang hobi mendaki gunung, Gunung Putri Tidur bisa didaki hingga puncaknya. Bagian dari Gunung Putri Tidur yang paling sering menjadi tujuan pendakian adalah Gunung Panderman yang ada di Kota Batu. Gunung Panderman merupakan bagian kaki dari Gunung Putri Tidur, lokasinya tidak jauh dari kota batu, hanya sekitar 6 km arah barat daya. Untuk mendaki hingga puncak Gunung Panderman hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari titik awal pendakian, jadi sangat cocok bagi pendaki pemula.

lokasi gunung panderman
Di Puncak Gunung Panderman, membangunkan Sang Putri Tidur
Digelitik kakinya tidak mau bangun, apa harus dikecup basah..?

Sesampainya di puncak Gunung Panderman, kita dapat memegang langsung bagian ujung kaki dari sang Putri Tidur. Sempatkan untuk menggelitiknya, siapa tahu bisa bangun...:) .

Sumber:
Lokasi  Jalan Bamban, Pakis, Malang
Puncak Gunung Panderman, Kota Batu
127 Komentar untuk "Gunung Putri Tidur (Sleeping Beauty Mountain) Malang"

tidak perlu ada sketsa putri tidurnya juga udah terlihat benjolannya kang. hehee

kalau mendaki bagian kaki gunung kayaknya kurang seru deh, andai saja bisa mendaki sampai yang paling atas bakalan...

Hihi, ternyata sleeping beauty juga ada di Indonesia, ya :)

masya Allah indah banget pemandangannya,,
hahaha tapi sketsanya ga nahan itu :P

masa gitu citra satelitnya mas...sumpeh gak nyambung tuh...

iya benar mirip seperti putri tidur

jalan jalan teruuuss Pak...

wah kayaknya saya pelu lebih tahu lebih nih sejarah dari gunung putri di malang ini, kayaknya keren sekali pemandangannya

yang enak jalan2 mas, bisa menghilangkan stres, hahahaha

oalah saya tadi penasaran dengan gunung putri tidur ini sam.
ternyata rangkaian gunung panderman,kawi sama butak toh

apanya yang dielus mas...? gunungnya :)

disengaja biar nggak nyambung

tapi jalannya jangan dipinggir jalan raya

putri yang sedemikiannya nyenyaknya tidur, malah diinjek-injek...ngga sopan

putri yang cantik....mirip kak Imerlina kan

Boleh juga nih kang, naik ke gunung putri yang sedang tidur itu. Nanti kalau sudah sampai di ujung puncak kakinya bisa dikelitik biar bangun dan bebangkis ha,, ha,, ha,,

Inilah 4 kesatria yang selalu berpetualang di puncak gunung wkwk

sketsanya mirip banget, pantes aja dinamain gunung putri tidur.. :)

Kota Malang memang banyak sekali akan panorama alam yang begitu indah , selain itu tempat wisatanya banyak bener,
Sekilas memang nampak seperti Putri yang sedang tertudir nyenyak ya kang :D,

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Jatim memang kaya tempat wisata

saya tau ada gunung ini Mas, cuma belum pernah naik.
kapan ya bisa kesana? sekarang susah ngejadwalinnya deh

walahhh, ini lagi
orang sana belum pernah kesana
huhh

Tambahan informasi buat rekan-rekan,
gunung putri tidur adalah gunung tertinggi di dunia

indah sekali ya mas,, udaranya pasti sejuk apalagi kalo di pagi hari... wewrrrrrrrrr

wah keren... jd kepingin liat sendiri :D

Pantesan aja disebut gunung putri tidur, bentuknya aja emang mirip si.
Biar cepet bangun gelitik bagian mananya Bang? Yang kira-kira bikin dia geli terus cepet bangunnya.

Wuih bagus nih buat terapi stres pak, kalau saya berkunjung ke malang pasti bakal mampir kesana, makasih inspirasinya. ^.^

oke, ishmah baru mengerti satu hal sekarang...
*tobecontinued

*btw folllowed :D

Iya ya, kayak seorang wanita yang sedang tidur :D

aku aja yg tinggal di malang belum pernah kesana :3

Kalau di Kudus cuma ada Gunung murria sob?

sekilas memang terlihat seperti putri tidur ya gunungnya ... :)

Jika diamati memang seperti putri tertidur pulas,
Karena cinta nya telah terbalas,
Dari langit sebagai pria tegas,
Menyelimutinya dg kasih yang ikhlas...

Iya ya, benar mirip putri tidur..

pantesan disebut gunung putri tidur ternyata emang seperti menyerupai wanita yang sedang tidur ya :)

tuh kan yang orang malang aja belum pernah kesana, gimana dengan saya coba? :D

Terserah mas haris aja, gunung putrinya udah pasrah koq

itu baru ngeliat gambarnya, gimana kalo ngeliat gunung putri aslinya ya

kalo di cilegon ada gunung krakatau juga mas :D

Ini putri pules banget tidurnya di kilikin di injek injek tiap hari ga kunjung bangun juga. tapi kalau benar benar bangun apa jadinya coba

betul banget, kalo bangun dan berdiri :)

haha..bener tuh, kalo bangun pasti keren

nunggu pangeran mbangunin mas..

sering sih mas ke gunung kawi cuman namanya itu yg baru tau

disetrap aja apa gimana enaknya?

namanya berubah jadi putri bangun

keren nih gan gunung nya bener bener mirip orang wanita lagi tiduran yak :D untung aja bukan gunung kembar yak :D

kalau iya kenapa.....? terus masalah biat loe.. :)

ini nama terbaru mas.. tren 2015

saya aikut meramaikan adja mas :)

apalagi jateng, JAWA TENGAH gituch :) basisnya tempat wisata

ihh, gunung kembar kan sindoro sumbing dan merapi merbabu

saya nggak ngantuk nih Mas, keren nggak?

Emang mirip lagi berbaring haaaaa
Keren mas

owh modelnya kayak putri tidur makanya di bilang gunung putri tidur ya, kalau kayak buaya jadi gunung buaya. tapi mirip lho sketsanya
di daerah saya kayaknya ngak ada gunung

di daerah saya ada gunung yang bentuknya mirip itu

penasaran deh pengen liat asli nya, sama pengen ke pucaknya biar bisa tau kaki nya si putri hehe

bakalan kelenyer berasa anginnya mbk..

apa perlu saya jawab sekalian nih..

Gunung Putri Tidur kirain saya satu gunung, gak taunya gabungan dari beberapa pegunungan toh... Saya kira Gunung Putri yg ada di Bogor.. ternyata Gunung Putri Tidur di malang. aneh aneh aja namanya :)

Memang bener mirip putri tidur yah .. kerenn inih pemandangannya

kalau di ukir memang seperti orang tidur ya mas :D

cie yang dari Jawa tengah :)

pengen naik lalu melihat pemandangan yang indah dari puncak nya

Gunung selalu mendapatkan perhatian dari orang sebagai tempat melepaskan penat

nangdi meneh sam
koq ngilang suwe

rumah joglo rumah khas mana coba?

wah mkin keren dan rame aja kang blognya

Mengamati kembali
Sang putri
sedang bermimpi
tersenyum ke langit tinggi

iya mbak, nggak perlu jauh2 ke luar negeri

ke gunung kawi paling ke makamnya mbah jugo

iya bang, pengin tau klo berdiri setinggi apa :)

ntar saya ubek2 wisata di jawa tengah

monggo dikunjungi mas, biar berasa nyata

monggo teh, sebelum bangun putrinya :)

yo bener mas, kita tunggu ajah :)

pules nyenya, di gelitik juga ngga kerasa

datengin langsung kerumah sam, kan deket :)

Beeerrrrrr......bisa aja mas....

di malang banyak banget gunung :)

baru tau kalau ada gunung putri tidur,,hehe duh jadi penasaran nih pengen lihat langsung beneran kayak putri tidur gak ya?? :D

pengen numpang ngopi disini ah sambil ngucapin
salam sehat dan ceria selalu buat mamang admin

Sy pernah kesana (pandermannya)pd th 93...dan pengen rasanya ksn lg...mudah2an

oalaah gitu toh maksudnya gunung putri tidur itu haha. aku orang malang tapi engga pecaya kalau gunung ini benar adanya ._.

malang memang ruarrr... biasaĆ ..

Artikelnya sangat menarik.
jadi nostalgia pengen ke malang lagi, teringat waktu kuliah.
hahaha

saya pernah mendaki panderman, tetapi menurut saya yang jadi puncak deretan pegunungan putri tidur itu bukan puncak panderman. tetapi Gunung Butak. Rutenya bisa lewat wlingi (blitar) atau arah panderman tapi ambil jalur yang kanan.

nice post & info kk

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top