Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan, Pasuruan

Lokasi masjid cheng hoo di Pasuruan, Indonesia
Lokasi Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan, terletak di sisi jalan raya Malang – Surabaya, tidak jauh dari terminal Pandaan. Letaknya sangat strategis, jadi mudah ditemukan dijangkau. Lebih jelasnya bisa lihat citra satelit dibawah ini.

lokasi masjid cheng hoo indonesia
Citra satelit, Masjid Muhammad Cheng Hoo, di Jalan Raya Malang - Surabaya

Sejarah Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan mulai dibangun sejak tahun 2003 dan baru diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Pasuruan kala itu, H. Jusbakir Aldjufri, SH. MM. Nama Muhammad Cheng Hoo sendiri merupakan nama dari seorang laksamana terkenal asal Tiongkok yang pernah melakukan ekspedisi bersejarah pada pada masa lampau. Ekspedisi beliau menjangkau hingga timur tengah, Afrika dan Asia. Salah satunya Indonesia menjadi tempat singgah  Laksama Cheng Hoo. Dalam misi pelayarannya, Laksamana Cheng Hoo juga menyebarkan agama Islam kepada penduduk setempat dimana dikunjungi.

asal mula masjid cheng hoo indonesia

seni arsitekstur masjid cheng hoo
Ornamen Masjid Muhammad Cheng Hoo

Menilik Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan terlihat unik. Nampak dari desain arsitekturnya meski dominan dengan ciri budaya Cina, tetapi masih ada unsur Jawa dan Islam. Masjid ini terlihat mencolok dengan warnanya yang cerah, merah, kuning dan hijau, identik sekali dengan bangunan khas Cina. Sedangkan bentuk dan ornamen atap merupakan perbaduan budaya Cina dan Jawa. Nuansa Islami  ada pada kaligrafi lafadz Allah dan kalimat Tauhid yang terukir pada dinding Masjid.


Bagi anda yang sedang melintas jalur Malang – Surabaya, ada baiknya berhenti sejenak mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan. Selain untuk ibadah, bisa sambil melepas penat selama perjalanan dan juga menikmati kemegahan bangunan masjid unik ini.

Sumber:
Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

70 Komentar untuk "Masjid Muhammad Cheng Hoo Pandaan, Pasuruan"

pertamax. juara pertamax sayanya

OK, mumpung belum ada orang

jadi di bawah tulisan Pandaan-Pasuruannya ada nama Mas Crew? sungguh ajaib
ehh

kalo bicara Pandaan jadi ingat Elpamas

Cheng Ho memang ada di mana-mana ya..
di Semarang, di Pandaan, terus di mana lagi ya? saya lupa

Hampir mirip dengan yang di Semarang :-)

kalo berkunjung ke mesjid ceng ho serasa lagi di cina ya :D

Masjid Muhammad Cheng Hoo keren banget ya, Pandaan terkenal dan saya sering baca pas lagi haus... dari mata air pandaan jawa timur :)

bujubuneng... nyebut mas nyebut.... :D

woo masjidnya keren banget ya

pasti kerjaannya si sotoshop kali tuh :D

terus..terus... iya...iya.. dikit lagi mas....
yah masa lupa sih?

halah... blom minum obat itu :)

Hanya bisa berkata subhanallah...indahnya

Saya baru tau nih ada mesjid namanya Cheng Hoo :)
kayaknya Orang china semua tuh :D

Paduan ornamen jawa, chinese dan islamnya jd ciri khas.

Laksamana Cheng Hoo itu beragama Isalam ya. Ketauan jarang baca sejarah sayah. lagi lagi sayah melek sejarah...hatur nuhun kang

sepertinya isinya banyaknya orang pasuruan deh :D

etnik dan berciri khas ya, pastinya ngebikin penunjung pingin foto foto

unik dan membuat saya merasa ngeliat klenteng heuheu ^__^

aku taunya cheng ho ya di semarang doang
jangan jangan di cilebut ada juga tuh
go cheng...

tapi pantes juga masjid cheng hoo ada dimana mana
orang dia seorang pelaut ya...

keren! koyo kuile wong cino //

Ada di Pasuruan? Kirain cuma ada di Semarang. :o *aku kurang jalan-jalan*

Subhanallah ternyata orang China yang melegenda itu, sekarang jelas ini toh masjid kenangannya. Pasti bersejarah banget kalau shalat disana. Jadi pengen juga mengunjunginya.

Alamat lengkapnya dimana ya?

itu masjidnya sudah lama dibangun dan termasuk masjid bersejarah ya mas di Sana :D

bangunan masjidnya kental akan budaya china ya mas, Saya baru pertama nih lihat bangunan masjid seperti ini. Dibangun sejak tahun 2003, knpa peresmiaannya lama bner ya hmpir 5 tahuns sejak berdirinya .

aku pernah kesana nih,, masjidnya penuh dengan kebudayaan China. keren2 ornamennya.

Masjid Cheng Hoo di daaerah Pandaan ini, tempat saya transit Mang. Apalagi warung yang ada di sekitar masjid di san aada yang jual makanan enak tuh. Jadi kangen balik ke sana.

Warna masjidnya terasa China
Sesuai sejarah namanya
Cheng Hoo asal mana
Sungguh indah nyaman pastinya...

ini percampuran budaya ya mas antara china dengan Islam

kalo konsep masjidnya spti itu

langsung dikunjungi
berasa nyamanya

wah pernah singgah juga bang...pasti berkesan

mudah dijangkau, enak buat istirahat sejenak

mungkin masih proses pembangunannya

blom begitu lama sebenarnya, cuma arsiteksturnya aja yang menarik

kalo alamat lengkap taunya jalan raya malang-surabaya, deket terminal pandaan, sekitar 200 meteran aja...jadi mudah banget ketemunya

dari luarnya, dalamnya masjid :)

haha.. itu paling terkenal, mata airnya

mungkin juga, yang pasti bisa shalat :)

haha..
goceng mah bakso semangkok

wah.. beda generasi jadi nggak paham :)

masjidnya unik ya mas,dulu sempat liat juga mesjid muhammad cheng-hoo ini di acara televisi pas bulan ramadhan :)

Dear all. Ada yg tau alamat lengkap nya mesjid cheng ho nya? Thx..

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top