Sepeda Onthel Antik dan Unik

gambar sepeda onthel antik dan unik
Gambar sepeda onthel antik dan unik ini saya dapatkan di gelaran Parade Bunga dan Budaya 2015 di Surabaya. Setiap personil yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Onthel Bambu Runcing Surabaya atau biasa disingkat KSOBRIS, mendandani sepedanya masing-masing sedemikian unik. Tidak hanya sepedanya, siempunya sepeda juga berdandan nyentrik. Sehingga keberadaan mereka menjadi pusat perhatian penonton parade. 



KSOBRIS sendiri merupakan komunitas pemilik sepeda yang terdiri dari beragam jenis sepeda. Mulai dari sepeda kuno, antik, baru, rakitan bahkan hasil modifikasi. Mereka biasa berkumpul di monumen Bambu Runcing setiap minggu pagi, dilanjutkan dengan bersepeda keliling kota Surabaya.

kumpulan sepeda ontel antik di surabaya

komunitas sepeda onthel surabaya

Rombongan komunitas sepeda onthel antik dan unik ini, berbeda dari peserta lain yang umumnya merupakan mobil hias bunga.  Selain menggunakan sarana sepeda sebagai kendaraan, personil mereka rata-rata juga dari kalangan orang tua, bahkan beberapa sudah berusia lanjut. Yang saya salut adalah antusiasnya mereka bersepeda dan mengikuti parade, seolah menggambarkan kilas semangat perjuangan para pejuang di masa lampau. Seperti salah satu simbol khas mereka adalah bambu runcing, yang bermakna sebagai ageman/semboyan hidup merdeka atau mati, maju catu, mundur ajur, dimana bambu runcing adalah senjata yang digunakan para pejuang jaman dulu saat melawan penjajah, agar kita selalu ingat jasa-jasa para pahlawan tersebut.
Merdeka atau Mati, maju Rek!!

Sumber:
Lokasi Parade Bunga dan Budaya Surabaya 2015
KSOBRIS      
92 Komentar untuk "Sepeda Onthel Antik dan Unik"

Wah, memang sepeda onthel yang unik dan menarik mas Wong...Sampai tahun 70-an saya masih melihat sepeda kayak gini dipakai oleh orang di desa saya. Namun sejak era motor berkembang, sepeda onthel ini mulai hilang dari peredaran...

bentuknya unik2 ya mas...jadi makin berharga sepeda ontel ini tentunya

Itu sepedanya dihias apa dimodif sih?
Nggak jelas diliat di hp... Hahaha

Btw salut sama surabaya. Ulang tahun aja sampe acaranya sebulan... Gilakkk

Itu sepedanya dihias apa dimodif sih?
Nggak jelas diliat di hp... Hahaha

Btw salut sama surabaya. Ulang tahun aja sampe acaranya sebulan... Gilakkk

Unik sih unik mas tapi ko ada yang serem ya dari gambarnya :D

ternyata tidak hanya motor sama mobil saja yang bisa di modif sepeda ontel juga kelihatannya unik banget kalo di modifnya seperti gambar yang di atas.. sepeda ontel yang di rumah juga baru di modif pinggir nya di pasang tas, belum yang lainnya :) sepeda ontel unik banget (y)

pahlawan dari surabaya memang sangat hebat, sampai sekarang surabaya masih jadi kota yang rakyat nya berani mempertahankan tanah air :)

Angkat topi untuk mereka, keren-keren sepedanya :-)

Wao sepedanya bener antik
Didandani asesoris unik
Pemiliknya gaya nyentrik
Yang lihat tertarik

Ambil camera... Klik...

namanya ajah udah ontel antik pasti keren dan umurnya udah tuwa, tidk lebih tuwa dari adminnya sih

bonjeng saya dong dengan sepedanya. tapi takut di gigit deh :)

Dahsyat foto-fotonya... sepedanya keren-keren banget.. salut!

lagi nyari sepeda onthel seperti ini tapi sepertinya di kampung saya sudah mulai punah alias jarang,

Enak naik speda onthel antik bersama komunitas yang keren dan antik.

Seru banget acara seperti ini sepeda jadul pada show on mantap pokok nya

sepeda onthel antik dijamin jadi pusat perhatian

jadi terlihat nyentrik ya bang :)

sudah jarang banget sepeda antik kita temui di masyarakat, kebanyakan sudah jadi barang kolektor

iya saya juga demen banget ngamatin bentuknya

saya juga kagum, terutama personelnya yang sudah berusia

betul mas, 10 november sbagai hari pahlawan juga untuk mengenang pejuang di surabaya

pasti keren tuh neng sepeda onthelnya

Emang biasanya beliau-beliau yg sudah berumur malah semangat mas :-)

saya setujuh, surabaya memang kota pahlawan. :)

kamera saya suaranya malah #jepret mba

Inget mantan klo liat ontel.....mas

Unik-unik sepeda ontelnya :D

Sepeda onthel uda jadi trend. Semakin unik dan antik, makin keren

mirip dengan acara malang tempoe doeloe yg biasanya ngumpul dijalan ijen nih sam

jadi mantannya sebuah onthel yamas

ngobong pasar jg pusat perhatian

saya bingung dengan bentuknya

unik banget tema hiasan sepeda ontelnya. Kalo di kotaku sini, yang dihias begitu biasanya becak.

Kreatif, mas.
Di tempatku ga ada acara kayak gini :/

keren-keren eh kreatif modifikasinya

bener uda, mulai jarang ditemui, skarang malah jadi barang mahal

betul kang, jaman sekarang semakin tua semakin mahal... kecuali manusia :)

modifan mas, yang bentuknya unik itu :)

pergelaran sepeda ontelnya keren-keren ouy,,,tetapi itu disurabaya toh, bukannya sepeda ontel ini khasnya dari djogya ya mas wong.?

Komunitas sepeda onthelnya sangat kreatif, tapi apa ngga berat jika di gowes...

oh sekarang saya jadi tau... siapa bekas pacarnya sepeda onthel...

Sepedanya dihias menjadi keren mas......lagi ada pawai begini sayang banget ga diabadikan ya....mantap

Keren ini mah, ada komunitasnya :)

sepeda onthek memang top bgt meski antik tapi nyentrik

ini ngomongin gigit menggigit nih. apa yng di gigit nih

Anak saya kalo di kasih sepeda kaya ginih seneng banget kayanya

keinget jaman masi di desa, klo sekolah aku ngontel

Iya kang, apalagi kalau naik sepeda onthelnya sama yayang, lebih nyentrik lagi kan.... ? he,, he, he,,

ada ya komunitas kayak itu, sesusatu sekali
sedikit oot ada award di blog saya : http://www.albarnation.com/2015/05/saya-dapat-liebster-award-kamu.html

wah unik sekali yah, di daerah saya sepertinya belum ada deh komunitasnya

Sepeda Onthel unik dan antik ya :)

pengen deh berada di komunitas sepeda onthel sepertinya seru

di tempat saya letaknya di lapanagan meredeka di medan, tu sepeda ontel sudah menjamur mas, dan luar biasa kreasi dan uniknya :D

kurang kenceng mencetnya mas..biar jeprot

ente mah kagak percayaan orangnya.. :)

dipegang sam, biar kagak bingung

yayang kagak demen naik onthel bang...hehe

koyoe pean ta
senenge ngobong pasar...haha

rupanya pada pinter beropini :)

iyo mas, kreatif para pemiliknya

harganya juga menjadi melangit mas

taun ini nggak ada kayaknya neh

wah jadi penasaran bentuknya kalo becak dihias

adain mas, klo perlu usulin ke pemdanya :))

betul mas, hasilnya juga menarik

skarang hampir tiap kota pasti ada komunitas onthel mba..

makanya nggak bosen mantengin acaranya daripagi mas

yoi mba..asyik kalo sudah ngumpul

Sepeda onthelnya malah jadi sangar mas hehe

Lah kok malah kobong-kobongan? :D

mas wahab waktu pacarannya naik ontel iya :D

hahaha....waduh bahayani....awas ke gigit

asalkan ada yang dorong ya mas....

meskipun udah tua, tp msh pd semangat ya :)

soal sepeda antik dan unik, didaerah saya ada sepedaontel unik tersebut, yaitu sepeda ontel dari bambu, karya bapak Singgih susilo kartolo, info lengkap bisa di cari di google

Waah unik2 sepedanya.. mampir jg yuk di http://elementmtb.com/sepeda-limited-editon-dilapisi-emas-dan-kristal-asli-harganya-nda-disangka/

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top