Pengalaman Pertama Menggunakan GrabTaxi

cara memesan taxi menggunakan grabtaxi
Mencari dan menggunakan taxi yang aman di Jakarta menjadi pertimbangan, terlebih bagi pendatang yang hanya sesekali  berkunjung ke Ibu Kota. Kurangnya pengalaman, ditambah berita-berita negatif di media kerap menjadi sumber kekhawatiran. Selain itu, permainan tarif argo yang bisa selangit juga menjadi momok tersendiri. Namun semua kesulitan itu rupanya tidak perlu saya khawatirkan, saat ini ada aplikasi di smartphone yang memudahkan kita untuk memesan taxi yang aman dan nyaman.

Berawal dari kesulitan dan kekhawatiran untuk memesan taxi dengan alasan-alasan diatas, saya mencoba aplikasi pemesanan taxi melalui smartphone.  GrabTaxi menjadi pilihan untuk diunduh dari sekian aplikasi yang ada di playstore. Tidak banyak pertimbangan, maklum saat itu posisi saya sedang di Bekasi pada pukul 04.00 wib (pagi) dan sangat butuh layanan taxi untuk mengejar penerbangan pagi di Bandara Halim  Perdana Kusuma Jakarta menuju Malang.

cara memesan taxi melalui hp smartphone
Jika dilihat dari tampilan antar muka, aplikasi GrabTaxi nampak simple dan mudah digunakan.  Langkah awal untuk mengoperasikannya, klik ikon GrabTaxi, selanjutnya saya diminta melakukan registrasi dengan memasukkan nomor telepon dan alamat e-mail. Sesaat kemudian kita akan dikirim sms verifikasi berupa 4 digit nomer kode TAC (Taxi Activation Code). Setelah sms verifikasi terkonfirmasi, kita bisa mengatur alamat keberangkatan dan tujuan, kemudian tekan tombol “Atur Lokasi”. Maka aplikasi akan menampilkan estimasi jarak, biaya dan jumlah taksi yang tersedia disekitar anda.

pengalaman menggunakan grabtaxi
Gambar 1; Konfirmasi Pesanan dan Kode Promosi
Gambar 2; Tidak ada taxi yang merespon
Gambar 3; Ada taxi yang merespon setelah konfirmasi ke 2

Langkah berikutnya tekan tombol “selanjutnya”, maka akan masuk kehalaman konfirmasi pesanan taxi. Dihalaman ini juga bisa memasukkan kode promosi, beruntung saat itu GrabTaxy sedang ultah, ada bonus potongan biaya taxi sebesar Rp. 15.000,- . Supaya mendapat bonus, saat booking cukup memasukkan kode promosi. Tekan “Konfirmasi Pesanan” untuk booking taxi, maka kita akan dihubungkan ke pengemudi taxi yang juga menggunakan aplikasi GrabTaxi untuk pengemudi. Booking pertama saya ternyata gagal, karena tidak ada sopir yang merespon. Aplikasi akan menampilkan  pemberitahuan langsung di layar dan notifikasi email.

cara memesan taxi online
Semenit kemudian saya mencoba konfirmasi lagi pemesanan, untuk kali ini ada pengemudi taxi yang mersepon. Aplikasi menampilkan ikon yang menunjukkan pemesananan saya diterima, disitu juga lengkap terdapat keterangan mengenai nama pengemudi, nomor telpon, nopol taxi dan jarak taxi dengan posisi kita, serta berapa lama bisa menjemput kita. Jika melihat keterangan tersebut, nampaknya taxi yang akan saya gunakan sangat aman, karena semua data ada disebutkan.

memesan taxi di jakarta yang aman
Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menekan tombol menghubungi pengemudi atau membatalkan. Jika menekan tombol menghubungi maka akan muncul tombol pop up yang menampilkan nama pengemudi dan nomor telponnya. Selanjutnya kita tinggal menelpon pengemudi untuk memastikan pesanan, hanya butuh waktu kurang dari 10 menit, taxi sudah menunggu di depan hotel tempat menginap.

Ketemu dengan pengemudi langsung bisa menyapa namanya, karena kita sudah tau dari data di aplikasi. Kebetulan taxi yang kita pesan, pengemudinya ramah banget. Selama perjalanan ke Bandara, pak Wanwan (nama pengemudi) banyak cerita tentang aplikasi yang sudah setahun digunakan di Indonesia ini. Banyak kemudahan dan dan keuntungan yang bisa didapatkan, baik pengguna maupun pengemudi. Dengan aplikasi ini pengemudi mendapatkan bonus dari GrabTaxi, begitu pula  dengan pengguna, selain kemudahan pemesanan adakalanya tersedia promo bonus potongan seperti yang saya dapatkan, yaitu bonus potongan argo meter sebesa Rp. 15.000,-, lumayan bisa untuk ganti bayar tol dan parkir. Perkiraan biaya taxi juga suda diperlihatkan diawal perjalanan, jadi kita bisa mempertimbangkan budget kita. Dan terbukti antara perkiraan aplikasi Grabtaxi dengan argo taxi ternyata sama, bisa dilihat pada perbandingan gambar diatas.

taxi aman di jakarta

Pak Wanwan pengemudi taxi express yang saya tumpangi, juga sempat memperlihatkan jumlah komisi dari GrabTaxi yang terkumpul. Komisi ini ia dapatkan diluar biaya taxi dari penumpang, jadi sepenuhnya merupakan bonus tambahan. Menurut beliau bonus ini menjadi penghasilan tambahan yang tidak terasa, tau-tau sudah terkumpul di saldo rekeningnya, karena komisi di kirim langsung oleh pihak Grabtaxi melalui transfer.

cara memesan taxi menggunakan hp
Biaya yang tertera di argo taxi dengan notifikasi email nilainya sama persis

Saat membandingkan biaya perjalan taxi dengan jarak yang sama, antara memesan konvensional (menyetop langsung taxi) dan melalui Grabtaxi ternyata jauh berbeda. Seperti saat berangkat dari Bandara Halim ke Hotel di Bekasi, dengan menggunakan taxi konvensional biayanya lebih dari Rp. 150.000,-. Sedangkan menggunakan aplikasi GrabTaxi dengan rute perjalanan sebaliknya hanya butuh biaya Rp. 78.700,- masih dipotong bonus Rp. 15.000,-, murah banget ya.. Dengan aplikasi ini, biaya argo taxi juga tidak mungkin dipermainkan, karena kita juga mendapat notifikasi biaya taxi melalui email. Jumlahnyapun sama persis yang tertulis di argo taxi. Bisa di cek pada gambar diatas.

Jadi kesimpulannya saya puas menggunakan aplikasi ini, atas kepuasan ini saya dengan sukarela menuliskan testimoni panjang yang sebelumnya malas saya lakukan untuk pihak lain (pengiklan, dll), meski dibayar.  Selain puas karena kemudahan aplikasi dan layanan taxi express oleh pak Wanwan (terima kasih pak), juga bonus potongan harganya. Syukur-syukur ada tambahan bonus dari GrabTaxi setelah membaca testimoni ini...haha. ngarep.com .
108 Komentar untuk "Pengalaman Pertama Menggunakan GrabTaxi"

Kok murah gitu ya mas....biasanya kalau ditempat saya bisa 100ribu....

Wah membantu sekali ya mas, semoga aja yang book taxi melalui grab taxi tidak di php kan, tiwas nunggu lama ndak datang-datang. hehehehe

berarti bener2 memuaskan nih layanan dari grabtaxi sam.
sampe2 pean rela membuat testimoninya

jangan lupa bawa oleh2nya juga ya mas XD

wah bagus nih g bisa ada tipu - tipu lagi kalo ginih. mantep ini.

Enak juga ya mesen taxi pakai aplikasi, jadi ga perlu nunggu lama di pinggir jalan, apalagi kalau pulang dari rs kalau mau nyetop taxi susahnya minta ampun, taxinya banyak tapi penuh terus, kapan2 saya juga mau coba ah..

jauh benget ya murahnya dengan grab taxi..

Wih murah sekali, Jam 4 subuh butuh kendaraan itu memang sulit, tapi kalau ada alternatif seperti taxi grab ini, pasti membantu sekali. Pengalaman yang menarik, bisa di tiru saat saya membutuhkan nanti...

iya itu bang, lumayan murah, plus dapet bonus potongan harga

Sangat membantu sekali aplikasi smartphone sehingga memudahkan kita untuk mencari transportasi di kota yang belum dikuasai medannya...

kalo pengalaman pertama saya cukup memuaskan, nggak tau apa yg lain ada yg di php :)

hehe.. yo kalo dikasih reward mau banget

monggo sam, masih banyak dirumah :)

Lagi musim gini-gini, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk angkutan umum. Dan rata-rata lebih murah, dan aman :D

dijak kopdar ambek sam thanjawa arif losam

ternyata ada Aplikasi Khusus untuk memesan Taksi ya Kang, saya malah baru tau hehehe, apalagi dilihat dari penjelasan kang Sam, selain murah tetapi ada feedback balik dari Gabtaxi untuk supir taksinya.. :)

wuih ci mamang keren naek grab taxi, mahal ngga mang argonya?

Alhamdulillah, sopirnya dapat tambahan penghasilan dari grabtaxi ya mas

met puasa, selamat menahan hungry, angry and bird

iya mas, banyak kemudahan sekarang, dg perkembangan teknologi, nggak kebayang waktu itu klo nggak ada aplikasi ini

mungkin karena sesuai tarif dasar dan ada bonus, kalo taxi biasa kadang mainin argo

Keren haaaa, bisa tuh diterapkan dimanapun :-)

Sepertinya di malang juga sudah waktunya ada

Uwes di keki Ojir Molas Ewu mau Sam...

Melok aku, Mas Arif Sehat kah ?

Keren setelah ada gojek sekarang ada grabtaxi bakal mengancam taxi konvensional nih tarfnya saja murah dan keamanannya lebih terjamin

Wah ini Gojek versi taksi nih, besok" abang tukang becak juga ikutan nih :D

wah bagus jadi semakin mudah ya untuk naik taxi, Grabtaxi bener2 mengluarkan fasilitas yang luar biasa, kayanya kalo udah ada di daerah saya mending naik Grabtaxi dari pada naik taxi biasa suka mahal banget tarif nya

udah pada canggih juga sekarang ya...aplikasi taxi udah ada di smartphono...kemarin heboh juga gojek di jakarta yang bisa mengantar penumpangnya dengen cepat dibanding taxi dan bisa mengantar barang kemanapun yang kita inginkan di wilayah jakarta....efisien dan banyak masyarakat terbantu dengan aplikasi grab taxi atau gojek....ok kang makasih infonya.

itulah serba mudah dan kayaknya efisien juga menggunakan aplikasi seperti ini.

iya mas...lebih mudah dan lebih efisien kayaknya...selain itu murah juga kan?

ini lebih diutamakan seharusnya ya kang,lebih aman,nyaman dan tidak desel deselan :D

Penumpang sama supir sama2 untung

Murah ya..?
Tapi kenapa aku masih saja ragu ragu kalo ga pake burung biru ya..?

alhamdulillah ya, menguntungkan baik utk supir taksi maupun utk pengguna

wah, ini aplikasi ya mas jenisnya, jadi kita dipermudah ya jadinya :D

Keren nih ada temennya Gojek :D

layanan dari grabtaxi sangat memuaskan

Kemarin rilis Gojek sekarang rilis lagi Grab taksi uhuy indonesia semkain asik :D

itu pasti sering di kerjain orang kali....banyak dipesan tapi gak ada orangnya alias ngumpet mas. heeee

semua serba online ya.
kemarin saja baca ojek online. sekarang taxi online. semuanya jadi online

grab taxi....sayang aku ga punya ponsel pintar buat bookingnya

murah banget tarif nya, jadi pengen nyobain grab taxi

Wah pengalaman baru buat saya nh Mas Wong... apa kabarnya Mas

Selain murah, manfaatnya juga banyak lohh, Buruan di coba semua guys, Ini buktinya saya uda pernah nyobain SBOBET

Wah keren banget nih mas, bisa saya coba nanti kalo sesekali berkunjung ke ibukota, trims infonya mas.....

ini solusi yang bagus mas, apalagi di Jakarta. Tapi di Medan belum ada, saya pesan taxi ya konvensional,

Lebih murah dan lebih cepat daripada pesan taksi via telepon, ya? Wah, aku belum pernah pakai grabtaxi, padahal dulu kemana-mana pakai taksi, hihihi. Sepertinya kapan-kapan harus dicoba :)

weh, mantap. Aku umumnya masih manual. dan biaya masih nego kadang karena supir tidak mau mengaktifkan argonya. Murah dan nyaman, pasti diminati orang banyak.

monggo mas sau, wah lama nggak nongol, kemana aja neh

iyo mas, sayang belum ada yang pake

kalo ketemu jadi tahu kondisinya, pasti seru

okeh, ijik bongkahan ndek gunung semeru :)

betul mas, yang pasti sangat membantu

Pastinya ini tak lepas dari berkembangnya teknologi ya mas... untuk perjalanan jauh bisa pakai grabtaxi, tapi untuk perjalanan dekat bisa pakai goojek

Beneran nie, oke saya download dulu aplikasinya. Semoga di area Solo ada grap taxi spt ini .. makasih mas pengalamannya

wah di solo sudah ada belum ya...
di malang malah belum ada taxi yg pake aplikasi ini

lumayan mas, dari pada pake cara konvensional

Kerenn yahh ,,,, oiya itu bayar nya cash atau credit card ?

ohya jangan lupa ingetin supirnya, misal ada promo, lumayan ngurangin tarif, klo nggak diingetin kadang ada yang diem aja

murah banget mas, kemarin pake lagi cuma bayar 15 rb pdahal jarak ada 5 kiloan plus rada macet

klo telpon justru lebih lama bisa lebih dari 30 menit

lebih praktis pake aplikasi dan murah

iya mas, baru di jakarta dan sekitar yang sudah merata

monggo mas, lebih murah dan praktis

gojek sudah nyobain juga, lumayan membantu bisa nembus kemacetan

betul banget uda, orang luar daerah jadi lebih mudah mendapatkan transportasi terpercaya

baik mas, di subang ada nggak?

sudah jamannya menjadi smart city

gojek sekarang banyak temennya

"Hi!..
Greetings everyone, my name Angel of Jakarta. during my
visiting this website, I found a lot of useful articles, which indeed I was looking earlier. Thanks admin, and everything."
Ejurnalism

Kalau di Yogya ssh bisa blm?

hari ini saya baru pasang aplikasinya, mau coba pakai Grab Taxi, selama ini saya pakai taxi B.., kalau lebih aman dan pasti harganya selama 5 hari liburan bersama keluarga saya akan pakai Grab Taxi dan merekomendasikan ke teman saya juga.

Bng sya rumamya dikramatjati jaktim nah sya mau pergi ke cibubur watersplash kira kira tarifnyaa brp ya bang mohon dibls

Kalau 40.17k itu brpa rupiah ya? 40.170 apa gmna?

k itu ribuan
klo 40k berarti 40rb

bisa cek langsung diaplikasi mas, langsung kelihatan kok jumlah biayanya

Bisa kah pesan grabtaxi dari bandara soetta untuk antar pulang ke rumah? Bagaimana cara dan tips nya ya?

Jadi tertarik bisa dapat kesempatan kerjasama di Wilayah Semarang........Mohon Info....Terima Kasih

kalo dari bandara nggak bisa, klo sebaliknya mau ke bandara bisa

Itu bayarnya pake rek apa cash?

Wahh iki osi gae referensi sesuk mudik atrakaj sam :)

Bener bangettt mas. Saya dijakarta selalu pake taxi online. Karna lebih murah dan Enak juga orangnya. Kalau taxi online itu murah beda dengan tax biasa yg mahal banget. Sangat membantu sekali untuk saya dn teman2

Huhuhu belum aa taksi di kampungku :)

Alhamdulilah ya mas selain ramah, baik juga pengemudinya.. Pengalaman saya sama mas gampir sama. Smoga grab terus maju

Belajar yang paling baik ya dari pengalaman, seperti belajat di blog ini yang berisi pengalaman pribadi,..

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top