Candi Jago Malang, Jawa Timur

lokasi candi jago di tumpang malang
Lokasi Candi Jago berada di desa Tumpang, kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Jika ditempuh dari Kota Malang jaraknya sekitar 22 km ke arah timur. Tepatnya berada di sebelah utara Pasar Tumpang, hanya sekitar 200 meter saja jaraknya.

Akses angkutan umum menuju Candi Jago sangat mudah. Jika dari terminal Arjosari Kota Malang, hanya sekali naik angkutan kota TA (Warna Putih). Turun di pasar Tumpang, selanjutnya jalan kaki sudah dekat. Sedangkan kendaraan pribadi bisa mengakses langsung ke lokasi.

Menilik sedikit sejarah Candi Jago, bisa di temukan dalam Kitab Negarakertagama. Dalam kitab ini ada disebutkan mengenai situs dengan nama Jajagu, yang diperkirakan mengacu pada Candi Jago ini. Candi Jajagu merupakan pendharmaan raja Wisnuwardhana dari Kerajaan Singosari yang meninggal pada tahun 1268 M.    

sejarah candi jago malang
Candi Jago Tampak dari Atas

alamat candi jago tumpang malang
Candi Jago Tampak dari Depan

Candi jago sendiri memiliki bentuk empat persegi panjang, dengan posisi menghadap kearah barat. Bangunannya didirikan diatas batur berteras tiga semakin kecil keatas, sehingga masing-masing teras terdapat selasar untuk mengelilingi candi. Teras ketiga agak bergeser kebelakang merupakan teras tersuci. Susunan bangunannya yang berteras-teras dan bertitik sakral di belakang mengingatkan pada bangunan punden berundak zaman Megalitikum sebagai tempat pemujaan awah leluhur.

sejarah candi jago tumpang
Relief Candi Jago Malang

Sesuai agama Wisnuwardhana yaitu Siwa Budha, dicandi jago dipahatkan relief cerita Siwaistis dan Budhistis. Relief Budhistis yang dipahatkan adalah relief cerita tantri/Pancatantra dan Kunjarakarna. Sedangkan relief hinuistis yaitu relief cerita Partayajna dan Arjunawiwaha serta relief tentang Krisna.

Relief cerita Tantri dipahatkan pada bingkai atas teras pertama berisi cerita-cerita binatang, dilanjutkan relief kunjarakarna bersambung ke bingkai bawah teras kedua, menceritakan perjalan Kunjarakarna murid Budha Wairocana ke neraka tempat penyikasaan sahabatnya Purnawijaya. Setelah kembali kedunia mengajak Purwawijaya belajar agama Budha sehingga dosa-dosanya diampuni.

Dengan mengunjungi situs Candi Jago di Tumpang Malang ini, kita bisa melihat langsung perjalanan sejarah kerajaan di masa lampau. Dan menjadi motivasi bagi kita untuk berperan menjaga kelestarian situs-situs bersejarah ini, sebagai warisan nenek moyang yang tak ternilai harganya.

Sumber:
Dari Lokasi Candi Jago, Tumpang Malang
Islamireligius
67 Komentar untuk "Candi Jago Malang, Jawa Timur"

Bagi anak sekolah, berkunjung ke Candi Jago akan menjadi kunjungan wisata sejarah. Dapat melihat langsung peninggalan sejarah Singosari...

iya benar Mas uda Awak, saya dulu waktu masih sekolah juga sering mengunjungi tempat bersejarah baik didalam daerah maupun diluar daerah, Kalau Untuk Candi Jago saya belum pernah mengunjunginya....

candi jago sama candi prambanan lebih duluan yang mana ya kang ?

Sugeng Enjing Mas Wong :)
Nama nya sudah lama saya dengar tentang Candi Jago itu Mas Wong. namun sampai kini saya belum pernah lihat asli dari dekat nya Candi jago itu. kapan bisa berwisata ke Candi jago ya Mas?

Candi Jago itu berada di Kota Malang ya Mas.. sebuah peninggalan bersejarah. Semoga masyarakat sekitarnya. bisa menjaga dan melindungi peninggalan tersebut

Gimana Mas kalau kita sama sama pihnik ke Candi Jago itu. biar nanti ongkos nya di tanggung sama Mas Wong siap kan Mas.? :D

Coba tebak kalau jawabanya bener berhadiah 1 piring imut Mas heheheh :D

Nilai sejarahnya cukup tinggi ya mas, sudah itu untuk wisata memang candi jago adalah jagonya keindahan

kalau dilihat dari fotonya terajga sekali ya mas kebersihannya,penataan tamannya juga rapi memberi nilai tambah tersendiri bagi sebuah situs yang wajib dikunjungi.

saya belum pernah ke candi jago, dari dulu sejak SMP sampe lulus kuliah pasti aja wisata itu ke candi borobudur, padahal di indonesia candi itu banyak ya

tempatnya rindang banget yamas ini candi jago ini, kalo ke candi saya baru borobudur sama prambanan saja. itupun perjalanannya lama banget ngabisin 8jam untuk kesana.heuheu

wah keren banget nih mas tempatnya di candi jago, banyak sekali pariwisata yang dikembangkan di jawa timur, makanya jawa timur salah satu propinsi yang mempunyai wisata yang unik dan menarik pantas untuk dikunjungi

ayo buruan kesana mbak defa

hem tapi kan enak mas untuk refresing bisa nambah pengetahuan baru

begitu banyak peninggalan sejarah yg mempunyai nilai seni yg tinggi seperti candi jago ini yasam

kemarin saya juga lewat depannya sam waktu dari bromo tp berhubung waktunya mepet nggak sempet mampir ketempat pean.
kapan2 insya allah akan ke perumahan asrikaton

banyak malah.
seperti candi jago dn kidal

jadi taman nan elok ya kang,ditempat saya banyak candi-candi juga lho :D

tepatnya di kabupaten malang kang

siap mas, langsung kesini aja, ongkos nggak usah dipikirin :)

mesti baca buku sejarah lagi neh ... :)

sugeng enjing kang, monggo kang saud, tindak mriki, ing tlatah malang :)

monggo rame-rame ke candi jago

silahkan di kunjungi semua destinasi wisata di jawa timur mas :)

nanti kita kunjungi sat-satu sam :)

betul, saya juga pengin buat candi, tapi susah ternyata :)

nek mepet kan iso nginep pisan sam

pernah ke borobudur sekali mas, jaman dulu banget :)

Indonesia memang kaya akan Peninggalan Sejarahnya ya gan, terukti banyak Candi

Saya aja orang malang belum kesana mas kayaknya asik deh tempatnya thank for share

candinya sekarang ada tulisan wongcrewchild ya. hehehehehe

Beruntung banget nih mas daerahnya dekat dengan situs bersejarah seperti candi jago bisa berwisata sambil menyalurkan hobi menulis

candi jago memilihi pesona wisata yang menarik sekali. kalau pergi ke Malang bisa dicoba nih mampir.

wah saya suka banget tuh mas kalo berkunjung ke tempat-tempat bersejarah seperti ini, tapi saya mah belom pernah ke candi jago malang mah... baru pernah ke prambanan sama borobudur thok :)

Belum pernah mengunjunginya euy, tempat sejarah memang musti dilestarikan :-D

Kalau nginep bayar nda tuh mase? :-D

mas pur kmna aja yah, perasaan baru ketemu lagi.heuheu
mbak elsa sama saya, mas yanto saya pohon beringin aja deh jalannya.heuheu

Teras tersucinya gak ada gambarnya nih. Pengin lihat bagian teras ke tiga.

lalu saya kudu bilang wow gitu?

sama ebes sih sam,blionya mau acara.
malah dibayarin loh mas kips

dikira saya cuma ada candi yang di Jawa Tengah seperti borobudur sama candi prambanan ternyata ada candi juga di Jawa Timur boleh suatu saat kesana :)

dimalang malah banyak banget situs candi

mending nengok langsung mas Ridha :)

sambil melestarikan sejarah, setidaknya tau peninggalannya

berarti mesti kesini mas marnes

mungkin bagian dari sejarah :)

iya mas, jadi ada bahan tulisan :)

betul sekali, banyak tersebar diseluruh penjuru nusantara

wah, candi-nya deket rumah2 penduduk?

Wah ane baru tau kalau disana ada candinya gan ?? :-O

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top