Kalimati Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur

jalur pendakian gunung semeru
Lokasi Kalimati berada di lereng Gunung Semeru, ada pada ketinggian 2.700 mdpl. Dari pintu masuk pendakian di Ranupani jaraknya sekitar 18 km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 8 jam jalan kaki. Kalimati merupakan salah satu titik pos pendakian, yang ada di jalur pendakian Gunung Semeru. Pos terdekat sebelum Kalimati adalah Jambangan sekitar 2 km, sedangkan setelahnya yaitu Pos Arcopodo.

Ingin tau serunya mendaki Gunung Semeru? Langsung aja klik, PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

Kalimati sendiri sebenarnya merupakan batas akhir pendakian yang diijinkan oleh pengelola TNBTS, pendakian setelah pos ini tidak direkomendasikan. Hal ini berkaitan dengan kondisi Gunung Semeru yang masih dalam status waspada level 2. Sehingga apabila ada pendaki yang nekat melewati batas ini, maka tanggung jawab keselamatan ditanggung sendiri.

jalur pendakian gunung semeru

Pos Kalimati selain sebagai batas terakhir pendakian, juga sebagai area camping bagi pendaki. Lahan camping yang ada cukup luas, bisa menampung ribuan pendaki. Bagi pendaki yang akan melanjutkan pendakian ke puncak gunung Semeru, lokasi ini  biasanya menjadi titik awal summit attack. Dimana barang bawaan pendaki, seperti tenda dan logistik lainnya akan ditinggalkan disini.

bunga edelweis abadi di gunung semeru

pos terakhir pendakian semeru
Panorama gunung Semeru dengan hamparan edelweisnya

Menilik dari sisi panoramanya, Kalimati sungguh mempesona. Deretan bunga abadi atau edelweis yang terhampar luas bak taman surga. Bertambah sempurna, landscape Gunung Semeru yang gagah menjadi latarnya. Bahkan dari sini puncak Gunung Semeru bisa terlihat jelas, guratan-guratan aliran lahar menghias di setiap sisi, sedangkan bagian lereng diselimuti dengan rimbunnya hutan cemara. Sangat menakjubkan.

upacara kemerdekaan di gunung semeru
Pendaki sedang melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih

Saat ini berada disini, anda akan merasakan seolah sedang menikmati lukisan kanvas dalam bentuk riil. Nggak percaya? Mending kesono aja...

Sumber:
Kalimati, Gunung Semeru
106 Komentar untuk "Kalimati Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur"

Sudah lama belum mendaki gunung lagi kang, jadi kangen naik lagi kalo lihat Gunung Semeru hikhikhik..

banyak sekali ya mas wisata dan pemandangan yang indah di jawa timur,termasuk kalimati gunung semeru ini, jadi pengen kesana nih

dah lama gak kesini mas, mf ya ge sibuk sekali,sukses selalu mas

Indah banget panorama Kalimati dengan hamparan panorama alam terutama hamparan bunga edelweisnya...

serius banget yah mau agustusannya di gunung.hehehe
itu foto bunga hasil jepretan mas yah? keren mas memfokus..
gunung semeru ini terkenal banget loh sampai saya yg bukan pendaki saja tau sama gunung semeru ini :D

mending gunung yang pendek aja mas, nggak cape

betul mas, banyak banget, silahkan dikunjungi, pasti menarik

Mendaki gunung memang hobi yang menyenangkan ya mas apalagi lihat puncak gunung langsung merinding pokoknya

banya kesibukan offline ya mas.. moga lancar

kalo sudah disana betah banget uda :)

tujuh belasan besok, penginnya juga ke puncak gunung lagi, sambil ngibarin sang saka :)

njepret sendiri mas, masih jauh dari bagus, sebenarnya objek fotonya aja yg memang keren

betul mas, kalo sekarang banyak kendalanya, nggak kayak jaman muda, soale sudah merasa tua :)

saya nunggu mas zach aja kesananya trus bisa mendaki dan kemping dikalimati baren pean sam

loh bukannya masih umur 17 lebih dikit?

saya besok juga mau naik gunung ah

yg mendaki nggak sampe sejam bisa naik turun itu saya suka

rame yoo,,dodolan es payu kui

iya objeknya bagus itu mas, kalo disini agak susah nyari bunga yang bagus makanya males motret.hihi
ga kerasa udah mau agustusan lagi nih :D

wah, jadi ngiri yang udah mendaki kesana. Pengen segera ngejar daki juga.

saya sudah lama sekali tidak mendaki gunung. rasanya sekarang lemes mendaki gunung kaya gini. lutut tak mengijinkan lagi

Baru tau saya Mas Wong, kalau Kalimati ada di Lereng Gunung Semuru. Keren ya Mas Wong Pendaki yang handal.. kapan kapan saya boleh ikut Mas..?

Kalau saya sih naik Gunung yang bisa saya lalui saja Mas. gak neko neko. biar cepat asal slamat hehheh :D

Gunung semeru itu, termasuk Gunung kembar bukan ya Mas..?

Gimana kalau nanti malam pada naik gunung spakat kah..?

Apalagi kalau sambil Bawa Pacar. pasti lebih Makjlebb suasananya..

Kemarin saya baru naik Gunung Mas.. tar malem gak tau deh gimana sikon saja deh heheh :D

Bukanya Mas Mas dan Mang Mang sudah pada tuwa? saya yang abegeh biasa aja lho

Sampai kuda gigit jari pun gak bakalan kelaksanaan kalau begitu mah Mas Yan heheh :D

Emang ada tukang Es cream juga di lereng gunung Mas Rip..?

Mendingan mendaki Gunung yang agak dataran dikit Mangs, biar gak terlalu menguras Stamina.. Mamangkan sudah tuwa jadi harus sadar diri, hgeheh kalau sayah yang masih abegeh baru boleh pilih pilih gunung yg lebih Indah hehheh :D

Yu Mas kita cari Gunung yang lebih indah dan mempesona buat di daki. kali aja ada remember lain pada gunung tersebut..

Sungguh lukisan nyata yang mengagumkan begitu indah bak di syurga saja.
Kalimati jadi batas terakhir ini setiap saat atau saat saat tertentu mana kala Wukir Semeru meningkat aktivitas saja ya?

Pasti Disini Tak ada air yang mengalirinya.
Ya iyalah namanya juga kali mati kalau ingin air ya di Kali mili

Wow, saya naksir edelweisnya sob..

Sangat eksotis pemandangannya mas...kayak pengen kapan2 ngedaki kesana....

ini gunung fenomenal sekali ya, terkenal sekali, sangat eksotis dan bagus, rasanya mau kesana saya

wih pada naik gunung nih. aku mah naek tangga aja deh.hehehe

abegeh tua... sambil goyang pantura

maka dari itu,,ini peluang namanya wkwkwk

sayang seklai yah mas gunung semeru masih dalam siaga 2 hmmm moga gunungnya kembali normal agar para pendaki bisa menikmati keindahan gunung smeru ini lebih dekat lagi :)

Subhanallah... Apik banget pemandangannya, Mas. Kapan ya saya bisa melihat langsung ke sana? Pengen banget! Itu yang jadi lokasi syuting film 5cm itu ya, Mas?

Kalau sudah di bilang batas akhir pendakian yang diijinkan, ya ngga boleh di teruskan kembali ya mendaki gunungnya,..saya dulu naik gunung sesuai petunjuk arah aja, ngga berani keluar jalur...

aturannya begitu kang Fazri, tapi prakteknya hampir semua pendaki gunung semeru pasti melewati batas di kalimati, untuk bisa ke puncak

butul mas yg jadi lokasi film 5cm, skarang rame banyak yg penasaran kesana

sudah bertahun-tahun mas ada dilevel, siaga 2, kalo dipuncak tiap 15-30 menit kita bisa menyaksikan letusan kecil dg wedus gembelnya.
tapi kebanyakan pendaki tetep nekat kepuncak

harus kesana mas, supaya lega :)

silahkan mas, siap menjamu anda dengan keindahan

hehe, ngerti ae sampean
kali urip mas nek mili :)

klo status levelnya turun dibuka mas, cuma itu sudah pada level 2 sudah bertahun2, kayaknya nggak bakal turun, memang karakter gunungnya spti itu, tapi tetep bisa kepuncak, modal nekad :)

Kalau melihat panoramanya, pengen sih kesana kang. Tapi kuat ga ya kalau kami mendaki gunung seperti itu..

saya ingin kesana pengen moto bunganya. hahahaha

Iya kalau mendaki gunung belum sampai puncaknya, Namanya belum naik gunung... Banyak yang tertantang. mangkannya banyak yang hilang pula :D

Wah hamparan edelweisnya membuat orang gatal untuk memetiknya yah.

Kira-kira menghabiskan badget berapa ya mas?

serem juga yah mas :( tapi pemandangannya indah banget sangat menggoda untuk dikunjungi

berapa kali ekspedisi mapala kampus saya dulu ke Gunung Semeru ,tapi saya gak pernah ikut. habis datang mereka menceritakan perjalanan seru dan cerita yang kadang mengharu biru, bikin ngiri aja. eeehh giliran saya dapat tugas ekspedisi saya malah dapat tugas penelitian budaya kuda kosong di daerah jabar....makanya kalau mendengar cerita masalah gunung semeru kadang bisa sedih sendiri karena gak pernah kesana.

dilindungi tuh mas...dan sebaiknya jangan dipetik, mendirng biarkan mereka tumbuh dengan bahagia di sana....gimana? udah kayak mario teguh gak saya ngomongnya?

kalau saya mau camping dan menikmati semuanya...bakar ubi cilembu kayaknya enak tuh di sana....apa lagi kalau uda bawa rendang pada buat makan malam, pasti lebih bergairah tuh campingnya...

saya dunk mas gak penah nyampai puncak sama sekali, udah berapa gunung di daerah jawa saya daki tapi gak pernah sampai puncak. waktu saya jadi ketua mapala dulu, saya hanya nyuruh mereka yang naik sampai puncak, dan bikin laporannya. karena saya kan termasuk tim hura-hura atau tim penggembira yang memberi semangan dan pasti lucu. heheheeee

tapi saya gak pernah naik semeru, nunggu mas admin aja ngajak mendaki semeru atau kopdar di sana muantab kali ya?

wah nampaknya saya malah gaptek film...sampai film 5cm aja masih gak engeh kalau syutingnya di sana....kapan mas admin ngajak saya syuting di sana. saya bagian peran makan atau ahli kuliner ya mas ceritanya. boleh kan? gak bayar loh ini....

banyu urip tuh banyak airnya kan mas...?

pengen nyoba kang saya mendaki gunung semeru. hmmm tapi kapan ya. seru petualangannya

Itu foto pertama cengkeh ya mas? Jadi inget di kampung
*ketahuan nek wong nggunung

mumpung masih muda mas, klo sudah tua banyak kendalanya :)

biar semakin sedih mbah, makanya mau saya banyakin posting semeru :)

ntar dari sisi lain.. hehe

kalo berangkatnya dari malang sekitar 500rb/org (include akomadasi), tergantung angkutan dan jumlah personil tim, semakin banyak org, biaya bisa lebih murah, terutama untuk angkutan, karena adanya carter. PP skitar 1,2-1,5jt bisa diisi 10 org. tiket masuk gunung semeru 17.500/org/hari.

pp skitar 1,2jt

sekarang mbah...hahaha
lagi rame-ramenya orang mendaki kesana

dijamin kuat mas, banyak orang tua dan perempuan juga yg kesana

Sugeng daluh Mas Wong. simak lagi keindaanh Gunung nya yang seakan saya gak ada Bosen nya lihat Gunung. malah tambah ketagihan :)

Selain tukang naiki Gunung Mas Wong pengamat Bunga bunga an juga Toh..?

Saya masih Abegeh berarti pas ya Mas Kalau naiki gunung gunung yang itu tuhhhh :D

Apa mesti harus malem aja naik gunung nya Mas..?

Mas Wong sudah Positif kerasukan Mas Yan hahaha

Waduhhh lebih berbahaya lagi naik gung tetangga lho Mas Hendry,, sok ge tanyain Mas Wong..?

Kalau abegeh tua Mas Yan itu mah atuh Mas Wong.. saya mah abegeh muda unyu unyu lagi :D

Oooooh begitu rupanya.. Gimana kalau ambil nangkep Burung Mas Rip.. siap kan..? heheh :D

Apa coba..Mas Rip ? sok atuh utarakan kalau emang iya tau mah.. heheh

ehh maaf gunung semeru maksudnya. Mas Yan nya ganggu mulu sih.. nulis nya sampe salah deh hhh :D

Gimana kalau kita semua pada kemping naik gunung semeru bersama sama.. pasti gak pada mau deh :D

Semoga gak ada yang bandel melewati batas aman, ya. Kan demi keselamatan juga. Serunya pengibaran bendera di sana. Pemandangannya indah :)

saya ngikuti mbah aja ah kayanya ga akan kelaparan

Seru banget naik gunung +camping euy, apalagi kalau panoramanya yang mantep kayak Kalimati Gunung Semeru ini.

selain hamparan padang pasir di bromo, salah satu tempat favorit lainnya adalh Kalimati ini karena disana memang menjadi pusatnya edelweis.. in memories saya disana.. :)

pengen deh mendaki guning semeru, belum kesampaian mulu :(

saya ajakin dong mas ke gunung semerunya.kasih ongkos dulu dong.hihi

Indah banget pemandangannya, cantik bunga edelweisnya

wah jadi pengen, se umur2 belum pernah naik gunung saya mas. yang sering masuk ke gua sama temen2 paling 2-3 setahun

Iya. Cuman yah gitu, banyak orang yang kurang paham soal lingkungan hidup, sering gatal untuk memetik ini.

Pemandangannya bagus banget mas :D
sayang ane belum pernah muncak sama sekali...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top