Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

alamat kebun raya purwodadi pasuruan jawa timur
Lokasi Kebun Raya Purwodadi berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Posisinya berada di pinggir jalur utama Malang - Surabaya. Jika ditempuh kota Malang jaraknya sekitar 25 km kearah utara, sedangkan dari Kota Surabaya sekitar 65 km. Sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Kebun Raya Purwodadi berfungsi sebagai tempat pelestarian dan konservasi bermacam tumbuhan. Termasuk di dalamnya terdapat tanaman langka yang sudah sulit ditemui. Selain sebagai tempat konservasi, Kebun Raya purwodadi juga dimanfaatkan untuk tempat wisata alam. Sehingga siapapun bisa mengunjungi dan berwisata di tempat ini.

Jika berkunjung ke kebun raya purwodadi, wisatawan bisa menyusuri areal dengan berjalan kaki. Bagi yang enggan berjalan kaki, disediakan sepeda sewaan yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling. Atau menaiki kereta mini, yang disediakan pengelola.

lokasi kebun raya purwodadi pasuruan

fasilitas di kebun raya purwodadi pasuruan

harga tiket masuk kebun raya purwodadi

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, kebun raya purwodadi sudah menyediakan beragam fasilitas. Diantaranya area bermain anak, kolam perahu, kolam renang anak, lapangan sepak bola, gazebo, area camping ground, gedung serbaguna, penginapan, cottage dan lain-lain. Penginapan di Kebun Raya Purwodadi ada 10 kamar dengan tarif mulai 175.000-300.000 per kamar per malam, sedangkan cottage ada 2 rumah, masing-masing sewanya 800.000 per malam.

fasilitas penginapan di kebun raya purwodadi pasuruan
Komplek Gedung Serbaguna dan Penginapan

Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi sebesar Rp. 6.000,- per orang. Sedangkan jam kunjungan di buka mulai pukul 07.00 wib sampai pukul 16.00 wib. Bagi yang ingin camping atau sewa kamar untuk menginap, harus booking langsung di kantor Kebun Raya Purwodadi yang terletak di sisi selatannya.

alamat air terjun coban baung pasuruan
Air Terjun Coban Baung

Dibelakang Kebun Raya juga terdapat wisata alam Air terjun Coban Baung, akses masuknya melalui samping kebun raya. Air terjun ini masih sangat alami, dengan debit air yang cukup besar. Yang penasaran bisa cek Air Terjun COBAN BAUNG.

Sedikit menyimak sejarah Kebun Raya Purwodadi.  Kebun Raya yang memiliki luas sekitar 85 ha, dengan koleksi tumbuhan sekitar 10.000 jenis ini, didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking. Atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten, sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor.  Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas  dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga  Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Sumber:
-Lokasi Kebun Raya Purwodadi
-http://www.krpurwodadi.lipi.go.id
-http://islamireligius.blogspot.com
102 Komentar untuk "Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur"

Kebun raya menjadi salah satu alternatif wisata alam yang patut dikunjungi. Hawa yang sejuk tentu saja dapat menyegarkan pikiran setelah sekian hari bergelut dengan aktivitas rutin. So, it'is nice post, mas...

Betul uda klo mau fikirannya fresh kembali harus back to nature...

Air terjun nya itu lho yang bikin seger...

Fasilitasnya lengkap juga ya di Kebun Raya Purwodadi, kalau kebetulan tiba di Pasuruan, saya ingin main kesana juga tuh.

saya kira kolam yang warna hijau itu kang

yang pasti masih sejuk adem ya..
bisa nginep lagi. kalo nginep di alam bebas tanpa menyewa kamar boleh ga

Ternyata banyak sekali potensi wisata di indonesia, mantap gan, artikel agan keren.

jadi pengen berkunjung ke kebun raya purwodadi kayanya adem banget suasana nya

air terjunnya aga aga ada hawa keramatnya ya mas...tp ini recomended abis buat dijajahi

kalau ngeliat di foto, kayanya udaranya sejuk ya... jd ga usah nyewa kereta mini, jalan kaki kayanya asyik :)

Ya ampun, indah sekali ya kang, luar biasa

tuh Kebun Raya Purwodadi ada ari terjunnya juga ya mas....akan bagus kalau bawa keluarga atas sambil bawa pacar yang ingin lebih rapat hubungannya...heee

hubungi mas wong aja kan bisa minta temanin ke Kebun Raya Purwodadinya...jadi ramai dan meriah pastinya...ajak juga yanto cungkup biar geerrrr suasanya... :D

kalau ada camping groundnya biasanya boleh tapi kalau gak itu tidak diperbolehkan untuk menjaga kemungkinan tangan gatal dari pengunjung yang bisa merusak Kebun Raya Purwodadi itu sendiri....

Indah dan sejuk sekali ya Mas Wong Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur itu.. gak kalah sama taman safari Mas :)

Kalau buat tempat pertemuan KOPDAR Blogging mantep nih Mas.. nuansa alam nya sangat asri adem dan sejuk kelihatanya :)

Yu mandi sama sama di air terjun itu Mas..?

Bayar nya ke saya saja ya Mas.?

Yu kapan kapan main ke sana Mbak Dev..?

Yu Mbah bawa pacar nya ke Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur itu

bisa buat arena joget juga gak tuh...kan kita kalau kopdar mas saud mau nyumbang dangdutan biar heboh...

yang bikin seger itu kalau mandi di sana hab...kalau ngeliatin doang mah kayaknya sama aja...heeee

seram euyyy....pake di jajahi...
dijadikan tempat buat asik sambil santai cocok kali mbak...

yang jelas gak kalah dengan tempat lainnya yang serupa, apalagi kalau admin ngajak kita semua ke sana....gimana min?

di kampung saya juga ada water fall seperti gambar di atas, ko' mirip yaa?? :D

Wuiihhh indah sekali tempatnya Mas... Sejuk... Foto jalannya bagus, salut sama ya foto.. hehe :)

sejuk sekali ya kebun raya nya ya kang, cocok sekali buat yg ingin rekreasi sambil menikmati udara yg sejuk hehehe

hehehehe, iya ya Mbah, gak bisa ngerasain secara langsung

ternyata di Pasuruan ada Kebun Raya nya ya Kang. dilihat dari banyaknya Pepohonan, taman dan air terjun yg ada masih Asri sekali suasananya. cocok sekali kalo buat Kemping ya kang, apalagi ada fasilitas penginapannya juga. Tiket masuknya pun terjangkau. Kalau deket siswaku pasti aku ajak ke Kebun Raya Purwodadi kang... sejuk sekali suasananya... :)

monggo agan blogger semua, kita ngumpul di kebun raya purwodadi :)

mangkanye hayok kesana aja langsung :)

salah satu tempat favorit saya bersama keluarga.. sebagai tempat refreshing.. pokoknya temna-teman yang belum pernah ke kebun raya purwo ini rugi loh.. :)

Memang enak wisata kekebun raya suasananya asri apalagi sambil menginap dijamain betah deh

air terjunnya mantab sekali kang. airnya pasti seger banget ya..

nah itu datang burur-bruru kesana ya mbah

kapn ya bisa kesana buat jalan - jln endah sekali

Mantep air terjun'a
pasti seger tuh mandi disana :D

wow daerah pasuruan ada tempat indah seperti itu juga ya ....
kalo lagi jalan kesana wajib mampir ke tempat wisata itu nih :) hehe

cakep euy,,sejuk bener tempatnya,,

kalau gitu tunggu di depan gang mas...saya datang sekalian bawa pancingan...pasti seru sensasi mancing di air terjun. pada gak pernah kan?

yups jalan kaki...apalagi kalau dengan pasangan bagi yang masih bujangan...tuh mas yanto cungkup kan masih bujangan kalau di luar...iya gak mas admin? heee

yaah malah salut sama yang memfoto. kapan kita ke Kebun Raya Purwodadinya

di pasuruan masih banyak kebun yang lain mas....tapi spot mancingnya dimana ya mas admin?

eh sejak kapan artikel ini dipublish coba?
koq saya bisa ketinggalan jauh gini coba?

untung saya udah tau kebun raya purwodadi.
walau cuman mapir dipinggiran doang untuk melepas lelah perjalanan sam
:D

boleh camping tapi sangat dibatasi untuk aktifitas campingnya, seperti harus diareal tertentu dan sama sekali tidak boleh bakar2, kurang sipp krn nggak bisa buat api unggun

Weh baru tahu saya saya pikir kebun raya cuma ada di Bogor saja ternyata ada juga Kebun Raya Purwodadi, maaf mas disitu ada bunga bangkai juga ga ya?

Taris sewa kamarnya lumayan juga ya ? Cuma ada pohon kah ? binatang seperti kijang atau yang lain belum ada atau memang tidak ada ?
Sayang sekali jika cuma untuk konservatif tumbuhan saja.

Salam malam Mas Wong. mampir lagi dan menikmati lagi asrinya Kebun raya Puirwodadi Jatim.. Kapan Mas Wong ke situ lagi saya ikut boleh kan..?

Di jawa timur sekarang ini segala ada Mbak.. nahh kalau yang berhubungan dengan Bangkai biar Mas Wong aja pakar nya heheh Salam kenal ya Mbak Ani..??

Makanya Mas Yan,, jangan Malakin orang mulu,, gini deh jadi nya..?

Cuma singgah kepanasan aja di pamerin di sinih ora hebat lah Mas hehhehe

Blangkon nya di copot ya Mangs biar gak rusak,

Deketan di galian Lapindo lho Mas.?

Kapan Ma - Kapan Mas..? ayoo saya siappp

Saya bawa Gitar sama Gendang koplo gak Mas+Mbah+Pak...?

nah boleh juga tuh Kang, sekalian refresing liburan kalo bisa mah yah hehee

boleh pak, kan sekalian joged hehehe

Lapindo kan di Sidoarjo Pak, emannya deket yah Purwadadi sama Sidoarjo hehehe, blm pernah kesana soalnya

kebetulan banget kang, membaca kebun raya Purwodadi, jadi inget hari Jumat saya rapat dinas dengan PU Cipta Karya Kabupaten Bogor di Gedung Konservasi yang ada di komplek Kebun Raya Bogor, yang merencanakan penambahan gedung Bank Biji....
kebun raya...oh kebun raya....
kebun raya Bogor dan kebun raya Purwodadi ku nan indah permai

wah kebetulan nih saya punya jadwal ke pasuruan minggu depan tepatnya ke sidogiri mau nganter ponaan mondok. mampir ah

kalau mau refresing ke kebun raya purwodadi..saya ikut ya mang

besok berangkat mang, bareng ya

nah sudah lengkap, tinggal berangkat

hanya kupluknya sam yanto kang

betul mas, banyak destinasi bahkan belum tereksplorrr

mbah dinan yang nyangoni aja mbah :)

maunya kapan mbah, saya tunggu kepastiannya ya :)

ayo kang saud dan mbah dinan, langsung aja kemari

maklum mbah dinan, yg mfoto memang keren :)
paling lupa pean sam

jangan lupa bawa pasangan, supaya nggak bosen :)

apalagi kalo di kasih es, tambah seger, iya nggak kang

bunga bangkai blom pernah denger sih ada disana..
kang saud paling seneng menghirup baunya :)
salam kenal juga kang

cuma pepohonan aja mas
nginep kalo dicottage memang mahal

besok mau kang, saya tunggu di rumah ya

adem ayem mang, kalo berkunjung ke kebun raya, pernah kekebun raya bogor sekitar 12 tahun yg lalu :)

pas banget tuh, tinggal geser dikit sudah sampe

Kangen ke Kebon Raya Purwodadi lagi nih mas

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top