Negeri Diatas Awan Puncak B29, Lumajang

negeri diatas awan puncak b29 lumajang
Lokasi puncak B29 atau yang masyhur dengan sebutan Negeri Diatas Awan, berada di tepi tertinggi desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Sekitar 40 km sebelah barat Kota Lumajang dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan. Dari kota Lumajang rute jalan ke B29, melewati Senduro – Argosari – Puncak B29.

negeri diatas awan lumajang
Puncak B29 terlihat dari puncak B30

pemandangan awan di puncak b29
Negeri Diatas Awan puncak B29

Jalan menuju puncak B29 sudah merupakan jalan yang bagus, hanya mulai menjelang desa Argosari saja kontur jalan rusak. Terdiri dari jalan aspal yang sudah mengelupas, makadam, serta jalan yang masih berupa tanah. Ruas jalan juga sempit serta berkelok dengan tanjakan-tanjakan ekstrim, sehingga harus ekstra hati-hati melalui jalur ini. Untuk kondisi jalan ke puncak B29, selengkapnya silahkan baca: Rute Ekstrem ke B29

Negeri Diatas Awan puncak B29 merupakan nama sebuah bukit yang masih berada dalam deretan pegunungan Bromo Tengger Semeru. Tepatnya berada di sisi sebelah timur Gunung Bromo atau berada diatas tebing kaldera Gunung Bromo. B29 sendiri artinya bukit dengan ketinggian 2900 meter diatas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian ini, puncak B29 jauh lebih tinggi dari Gunung Bromo yang hanya 2.329 mdpl. Sehingga jika kita berada di puncak B29, Gunung Bromo akan berada dibawah kita dan sangat mempesona.

pengibaran bendera merah putih di b29
Mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak B29

Dari puncak B29 kita bisa menikmati panorama alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan lebih leluasa. Deretan Gunung Bromo, gunung Batok, Gunung Penanjakan dan hamparan kaldera Gunung Bromo nampak jelas disisi sebelah Barat. Sangat eksotik saat diselimuti awan putih yang menghampar di seluruh area. Moment seperti inilah yang menjadikan puncak B29 disebut dengan Negeri Diatas Awan. Moment lain yang special di puncak B29 adalah disaat sunrise dan sunset.

panorama puncak b29
Puncak Gunung Semeru terlihat dari B29

Jika kita mengarahkan pandangan kearah selatan, Mahameru sang puncak Gunung Semeru terlihat kokoh, sambil sesekali meletupkan wedus gembel dari dalam kawah Jonggring Saloko. Seolah memanggil untuk bersua kembali.

Panorama dari Puncak B30 Lebih Eksotik

lokasi camping di b29

panorama b29
Panorama dari puncak B30

Bagi pengunjung puncak B29, biasanya penasaran dengan puncak lain yang lebih tinggi, yaitu puncak B30. Puncak B30 juga merupakan nama dari sebuah bukit yang masih dalam deretan bukit B29. Letak B30 berada disebelah utara, sekitar 1 km dari puncak B29. Untuk menuju ke puncak B30 dari B29 harus melewati jalan setapak yang lebarnya hanya sekitar 1 meter. Bisa detempuh dengan jalan kaki atau mengendarai sepeda motor. Tetapi harus hati-hati, karena di kedua sisinya terdapat jurang yang terjal.

waktu sunrise di b29
Sunrise dari puncak B30 Lumajang

Di puncak B30 kita bisa melihat panorama alam Gunung Bromo dari sisi yang berbeda. Dari sini Gunung Bromo dan kalderanya terlihat lebih dekat dan tentunya lebih indah. Jadi jika anda berkunjung ke Negeri Diatas Awan puncak B29, jangan lewatkan puncak B30 yang lebih eksotik.

Kunjungi juga primadona wisata baru di Lumajang dan Jawa Timur, Serpihan Surga dari Lumajang.

Sumber:
Lokasi negeri diatas Awan puncak B29, Lumajang
133 Komentar untuk "Negeri Diatas Awan Puncak B29, Lumajang"

Duh senangnya jln 2 ke gunung mulu ni

waah keren ya mas. Jadi keliatan bener-bener eksotik saat puncaknya dikelilingi awan.

kok langsung ke B29 mas. Emang puncak B28 nya ada dimana?

Benar-benar menakjubkan karena berada seolah-olah di atas awan seperti ditunjukkan oleh gambar 1 dan 3 mas Wong...Tapi panorama lain serti Puncak B30 tak kalah menariknya...

kalo sudah di gunung betah banget mba :)

shugoiiii
kali-kali mesti dicoba juga nih ke puncak bawa motor,heu
kalau boleh tau ngekem berapa hari mas?

kereennn, sumpah mungkin sibuk selfie sama foto" wkwk. apa lagi pas diatas awan keren bingit........

om wong ada yang gombal ini. harus diapakan yang enak wkwk

itulah uda, makanya dijuluki negeri diatas awan :)

semalem aja mas, bwa bekelnya sedikit :)

Indah bener mas pemandangannya... Pendakian gak sia-sia deh kalo gini

pecahin aja gelasnya biar rame,, ;)

pantas saja disebut negri diatas awan, pemandangannya memang sangat keren sekali yamas, pasti suatu kebanggaan jika bisa sampai ke puncaknya..

sampe juga dipuncak setelah saya liat perjalanan pake motor trial sepertinya terbayar segala capek nya ya

Puncak gunung yang di selimuti awan. pantas saja seperti negeri awan ya Mas Wong..?

Paling seneeeeeeeng sekali saya teh kalau sudah di atas Gunung Mas Wong... suerrr :D

Pesona puncak Gunung kalah deh sama dengan ada nya Mas Dobel Wong disini :D

Sungguh memang indah puncak Gunung itu ya Mas + Pak

Puncak gunung di Selimuti awan. Berarti Mas Awan ada di situ ya Mas..? hahha :D

Selamat ya Mbak sampai ke puncak B29 Yang mempesona itu.. kapan coba saya bisa treking ke puncak B 29..kaya jenis sabun colek jaman dulu Mas B29 Ekonomi hehehe :D

Jieeeehh BESAN Mas Wong Versus Mas Wong lagi Serius Transaki tt3tt3tt34 :D

Gara gara Mas Wong posting artikel ini. naaah tuh Mas Awan nya sampe kesini Mas Hendri hehheh :D

begitu juga dengan saya mas, ngademin soalnya :D

pemandangan yang indah dan mempesona banget mas wong, ngeliat pemandangannya kayak di luar negeri sono....

Subhanallah, indah sekali ya mas
Letihnya perjuangan mendaki pasti terbayar sudah saat berada pas di puncaknya :)

hem jadi kepengen kesana nih sam.
koq B30 kurang familiar dibanding B29 ya?
padahal pemandangannya nggak kalah bagus

emang pernah keluar negeri gitu?

saya juga baru naik kepuncak gunung

Iya jadi ngiri nih Mas.. Lihat pemandangannya indah-indah soalnya ya.. setelah melewati rute ekstrem keindahan inilah yang kemudian didapatkan ya Mas... hehehehe :)

mungkin karena sulit dijangkau dan lebih jauh

iya mas, butuh perjuangan dulu, tapi puas :)

Emang bener-bener sedap pemandangannya mas.

kejem bener disurah loncat mas :((, eh iya b29 itu apa ya, mulai kemarin ga ngerti" sama b29

negeri awan ? udah kaya dragon ball dong haha

Wah bagus banget gan :D
Mau dong kapan kapan diajak..

udah lah, sering malahan eh gak taunya itu cuma dalam mimpi :D

kalo gak ngutang sih ya terbayar tuntas mbak :D

Lihat gambar gambarnya jadi pengin naik gunung nih...cakep banget pemandangannya

luar biasa sekali pemandangan pegunungannya, suasana yang sejuk dan alami seperti ini sangat diidam idamkan oleh penduduk kota :)

wah pastinya berasa seperti di dunia lain ya mas..hehe...

hmm itu ma gunung kembar ya mas yan? :)

heuheu itu ma bawahan saya mas, awan kinton :)
makanya saya sering berkunjung kesini juga apa mau liat hasil jepretannya mas,heuehu

saya juga lagi diatas awan lagi dijodang sama mang awan :D

syangnya sejak kena asma jadi jarang naik gunung ni bro?

diatas gimana komennya juga dibawah :p

Akhirnya nyampe juga ke Puncak B29....

coba dibaca lagi mas, diurut pelan2 :)

B29 (Bukit 2.900 mdpl/meter diatas permukaan laut)

jadi bukitnya jauh lebih tinggi dari Gunung Bromo yg hanya 2.300 mdpl

wah iya, klo penderita asma memang tdk disarankan...
jadi nikmatin disini aja :)

Saya paham maksud Mas mas soal Gunung yg sejengkal itu?

Bilang kaya gitu aja Cemburu Mas Yanto mah tt4tt4tt4 :D

Gunung kembar juga boleh, atau biar yang di bawah saya aja yang lebih jujur jawab nya hhh :D

Tuh apa kata sayah juga? pasti Mas Awan nya kemari deh hh3hh3 :D

Saya malah bingung koq mereka kompak ya?

Tinggian mana sama gunung yang 5 jari Mas Wong?

Sugeng Daluh Mas Wong. mau nikmatin ke indahan pesona yang Exotic Gunung lagi ah Mas.. sambil ngombe Kopi yo Mas?

Lumayan juga Cape nya setelah bersusah payah ingin ke puncak gunung yang paling tertinggi itu ya Mas.?

Apa hubungan nya Penderita asmi eeh asma sama Puncak B29..?

Berarti masuk Uka Uka dong Kang..?

Dengan ketinggian 2900 meter kenapa masih disebut bukit yah, kenapa ngga disebut G29. yang berarti gunung, bukan bukit... :D

Kan film Dragon Bool shooting nya di sini Mas Wong ke: 2

Kok ga ada yang nanya saya ke luar negeri belum sih..?

Emang nya Mas Mar tukang ngutang.?

wah pemandangannya sangat bagus ya.. meski dekat dengan saya, namun saya tidak datang ke lokasi itu pak..

kan disitu ga dijelasin dari permukaan laut :p. bener" awam sama mas haha.

kayanya tinggi jari mas wong

Aq kepingin ke bukit teletubies Sam :)

berasa terbang di atas awan ya sob? cakep bgt pemandangannya itu.

emang kalau udh di atas gunung tuh gimana sih perasaannya ? seneng apagimana ? kok saya ga dikasih perasaan pengen ke gunung .. takut jatoh :D

Keren pemandangannya
itu pasti dipuncak gunung'a gak bakal ada hujan :D

wah kepingin juga pergi ke puncak lumajang ini, pasti jika lebih menyasikkan yaa,, salam knal vist back. acselkita.com

pemandaganya keren banget,
sunrisenya bikin iri ya mas,,,

haha curiga kang saud ikutan :p

Kayanya seneng banget jika bisa ke daerah itu, indah sekali awannya

cocok banget nih yang suka mendaki bisa mencoba ke negeri di atas awan lumajang ini, menambah pengalaman tersendiri nih mas

hem ayo pada kesana bareng-bareng buat para blogger

duh, liat fotonya aja merinding... gmn liat secara langsung... indah bgt ya...

ngeri diatas awan.. aku takut ketinggian mas..

Di sekitar puncak B29 ada suku Tenggernya juga nggak, Mas?

Suggeng Daluh Mas Wong. simak lagi ketinggian puncak b29 nya

Kalau agak sulit dijangkau, lebih menantang pastinya ya :-D

Kalau melihat jejak seperti ini, ingin rasanya ada yang ngajak haha..

B29 macem nama merk sabu jaman dulu..

keren nih,, indah sekali.. jadi pengen kesana :D

Indah banget, kayak di dongeng-dongeng.

Seger dan fres rasanya jika main kesana, pikiran jadi fes lagi dan banyak ide bermunculan tentunya sehabis dari sana ya gan!

jadi inget film dragon ball. di atas awan.
kayanya walau lemes untuk sampai ke puncak. sudah d puncak bisa terobati kayanya nih. endah sekali pemandangannya

wah keren banget, negeri di atas awan, sering banget denger kata orang, ternyata ini ya gambarnya, pengen deh bisa kesana, tapi perjalanan nya jauh banget

itu puncak memang indah ya...seakan berada dalam istana awan dan kita akan sadar akan kebesaran Tuhan

kalau kopdar di sana seru kali ya mas pur?

udah pasti...apalagi kalau buat orang-orang yang berjiwa petualang

hujan sih pasti ada, namun jarang gan...
yang menarik itu pemandangan di atas dan di bawahnya yang berselimut kabut awan, seakan membuat kita berada dalam cerita dongeng...heee

ternyata puncak B29 lumajang mempunyai keindahan dan menyimpan misteri tersendiri dari keberadaan dan ketegarannya...sungguh keindahan yang luar biasa...

oh ya mas...maaf baru bisa berkunjung karena masih sibuk tugas ke beberapa daerah, namun saya akan tetap menjaga tali silaturrahmi sesama blogger. salam sahabat blogger selalau dari mbah dinan.

Kapan saya bisa main kesana yach !

ketahuan nih kalau orang jadul :D

sekarang saya tanyain deh
nanya apa dong

Wah mantap banget gan pemandangannya :D

mas wong kaya apa rasanya brada di atas

Karena pas bumbunya, jadi ada rasa ingin ke sana :-D

indah sekali tempatnya, cocok banget bauat yang hoby manjat. salam kenal sob :D

panoramanya sungguh keren dan luar biasa

pemandangannya sungguh menakjubkan ya

mang saya pengen ikut ketempat itu mang.

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top