Rute Ekstrem Jalan ke B29 Lumajang

jalan menuju b29 lumajang dari malang
Rute jalan menuju ke puncak Negeri Diatas Awan B29 dari Malang melalui Turen – Dampit - Piket Nol – Pasirian – Senduro – Argosari – Puncak B29 Lumajang sudah dilewati. Rute ini merupakan jalur keberangkatan  touring kami menuju puncak B29.  Menempuh jarak sekitar 150 km, dengan memakan waktu sekitar 5 jam.

Secara keseluruhan trek jalan menuju puncak B29 Lumajang dari Malang relatif mudah dilewati. Hanya sekitar 6 km terakhir menjelang puncak B29 yang harus  dilakukan dengan perjuangan. Terutama 2 km terakhir setelah pos penjagaan tiket masuk.

Kelanjutan dari Posting Sebelumnya: Menemukan Serpihan Surga

Sedikit mengulas kembali, seperti apa trek jalan yang harus dilalui pada 6 km terakhir menuju puncak B29 kemarin. Sebagai patokan adalah saat kita memasuki gerbang desa Argosari. Setengah kilo meter dari sini berjumpa dengan pertigaan, jika lurus memasuki jalan desa yang menanjak ekstrem, dengan trek jalan terdiri dari bebatuan amburadul. Sedangkan arah kanan merupakan jalan landai dengan lapisan aspal rusak, tetapi relatif lebih mudah dilewati. Kedua jalur ini sama-sama menuju ke puncak B29, dianjurkan lewat  arah kanan karena lebih landai dan mudah jalannya. Kami sendiri melewati jalan yang lurus, karena belum tahu sebelumnya. Dan benar saja, untuk melewati rute ini membutuhkan ketangkasan dalam berkendara dan harus didukung tenaga motor yang mumpuni.

jalur menuju ke b29 lumajang
Trek Jalan menuju B29 berupa tanjakan berdebu tebal

Tips berkendara  dari pengojek setempat di trek ini, gunakan gigi satu dan jangan memainkan tuas kopling (setengah kopling), biarkan los. Atur tarikan gas sedimikian rupa tetap konstan, sesuai dengan trek yang dilewati.

harga tiket masuk ke b29
Loket Masuk danTempat penitipan Motor B29
setelah portal ini trek semakin sulit

Singkat saja, setelah 4 km dari gerbang desa Argosari, akhirnya kami sampai di loket karcis  masuk puncak B29, ini artinya perjalanan tinggal 2 km lagi. Disebelah loket terdapat parkiran penitipan sepeda motor dan terlihat banyak sepeda motor pengunjung yang terparkir. Kami juga ditawari supaya menitipkan kendaraan yang kami naiki, untuk selanjutnya perjalanan diteruskan dengan mengojek atau mendaki. Penjaga loket dan pengojek setempat mengatakan bahwa jalur yang akan kami lewati jauh lebih sulit dari jalan sebelumnya. Selain menanjak, jalan yang sempit, banyak lobang, kanan kiri jurang, juga debunya sangat tebal. Meski mendapat gambaran trek horor seperti itu, rombongan touring kami sepakat untuk tetap berusaha berkendara hingga puncak B29. Alasannya, kalau orang setempat bisa, kenapa kami tidak.

trek menuju puncak b29

trek berdebu dan lumpur ke b29
Trek yang menguras energi dan emosi

Ujian itupun tiba, kami harus berjibaku dengan trek jalan yang menguras tenaga dan emosi. Entah berapakali kami harus terguling, terperosok lubang, terbenam tebalnya debu, bahkan roboh tertimpa sepeda motor yang kami naiki. Rupanya yang mereka bilang bukan isapan jempol belaka. Setelah 1 jam lebih melibas trek jahanam yang hanya berjarak sekitar 2 km, akhirnya kami tiba di puncak B29.

Rute Pulang; Memacu Adrenalin di Tebing Kaldera Gunung Bromo

peta rute ke b29 dari malang
Warna Biru Rute Berangkat ke Puncak B29 Lumajang
Warna Kuning Rute Pulang dari B29 ke malang

Rute pulang dari puncak B29 menuju Malang, kami putuskan melalui jalur berbeda. Setelah tanya sana-sini kepada pengojek dan warga setempat, didapat informasi bahwa ada jalan pintas ke Malang yang jauh lebih dekat.  Infonya hanya sekitar 50 km, saya coba cek di google map ternyata malah tidak sampai 50 km. Dengan jarak ini, berarti hanya sepertiga dari jarak keberangkatan, yaitu 150 km. Rombongan touring kamipun sepakat melewati jalur ini.

jalan dari b29 lewat dongkal ke malang

rute ke b29 lewat malang dan ranupani
Melewati Jalan Setapak Diatas Tebing Kaldera Gunung Bromo
Atas penampakan Satelit, Bawah trek ditandai dengan panah kuning

Memasuki jalur ini, kami langsung berhadapan dengan tanjakan berdebu, tetapi tidak separah jalan berangkat. Selanjutnya memasuki jalan landai, dengan ruas sangat sempit yang hanya pas roda sepeda motor. Lebar jalan tidak lebih dari 1 meter, berbentuk U dengan kanan dan kiri jurang. Bahkan sisi kanan merupakan jurang terjal kaldera Gunung Bromo setinggi lebih dari 100 m. Bisa dibayangkan jika terperosok, entah seperti apa bentuknya.

jalur ke b29 lewat malang
Menerobos semak belukar dan jalan yang sempit

Selain jurang, jalan juga melewati semak belukar, dimana tak jarang sepeda motor bahkan badan pengendara harus siap menerpa ranting-ranting pohon yang menjulur menghalangi jalan. Semua harus diterabas dengan sigap.

jalur trai ke b29 dari malang
Berhenti saat Berpapasan dengan Rombongan Motor Adventure

Di tengah perjalanan, kami sempat berpapasan dengan rombongan sepeda motor adventure. Semestinya jalur ini memang untuk trek sepeda motor seperti itu. Ada hal unik jika berpapasan sepeda motor di jalur ini, salah satu pengendara harus mengalah. Yaitu dengan berhenti, kemudian merebahkan atau memiringkan sepeda motor. Hal ini dilakukan supaya  sepeda motor yang berpapasan bisa lewat. Ngeri-ngeri sedap, karena saat memiringkan sepeda motor, disebelahnya menganga jurang yang terjal.

Meski rute jalan yang dilewati benar-benar memacu adrenalin,  kami tetap menikmati trek ini. Karena pesona panorama alam Taman Nasional Bromo Tengger Semereu (TNBTS) yang sangat menawan, menjadi hiburan tersendiri. Bahkan untuk melepas penat, beberapa kali kami sempatkan berhenti di spot-spot yang menawarkan pemandangan yang menarik.

trek ke b29
Akhirnya Ketemu Aspal di Pertigaan Dongkal

Setelah 1 jam lebih berkendara, akhirnya kami terbebas dari rute maut sepanjang 5 km. Trek ini berakhir di pertigaan Dongkal, dimana kami berjumpa dengan jalanan aspal kembali. Disini ada semacam pura atau tempat pemujaan kecil yang bisa dijadikan tanda. Sedangkan jalan aspal yang kami jumpai ini, jika kearah kiri menuju ke Ranupani (pintu masuk pendakian Gunung Semeru), sedangkan ke kanan merupakan jalan ke arah Malang melewati jemplang (pertigaan ke Malang dan Ke Gunung Bromo).

personil touring ke b29

Rute dari pertigaan Dongkal menuju Malang hanya menyisakan jarak sekitar 40 km lagi, yaitu melewati Jemplang – Ngadisari – Gubuklakah – Tumpang – Malang. Trek jalan yang di lewati juga sudah mulus dan relatif mudah dilalui. Hanya sekitar 1,5 jam kami sudah tiba di Malang, Alhamdulillah touring berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Sumber:
Rute Jalan ke Puncak B29 Lumajang

110 Komentar untuk "Rute Ekstrem Jalan ke B29 Lumajang"

Benar-benar exstream rute'a, masih belum siap mental saya harus pake motor di tempat begituan

wiiih rute jalannya bener-bener extrem banget mas, ngeliat foto-fotonya aja kayak jaman penjajahan gitu hihihii..... wedi aku mas :D

kalo takut pake motor coba deh naik andong aja mas kalo kagak cobain pake bemo :D

meskipun harus terguling, terperosok lubang, terbenam tebalnya debu, bahkan roboh tertimpa sepeda motor pasti setelah di B29 akan terbayar semua itu :)
mas wong memang hebat lah kalau saya kesana mungkin lebih baik jalan kaki mas,heuheu

Ngeliat rute seperti itu harus ekstra hati-hati mas, jangan sampai gak fokus bisa bahaya....

kalo masih takut, kang marnes siap ngendong :)

saya malah kangen kesana lagi, penginnya pas musim hujan biar beda rasanya :)

betul mas, lengah sedikit, wassalam..

wah kalau ini memang bener2 touring sam,dari aspal yg hotmix sampai aspal kuno(tanah berdebu) semua dilewati sampai ke puncak B29.
alhamdulillah selamat sampe tujuan dan balik lagi

besok lagi ikut toring mas wong uda

Nguji adrenalin banget tuh, Kang :D

Sungguh Extreme ssekali ya Mas Wong.. sangat menantang dan mendebarkan

Busyet segitu nya Mass Wong wow sadis hehehe :D

Nenek nenek ono wedi ono wani. opo yoo..?

Hujan hujanan sambil main kuda kuda an kaya jaman dulu enak ya Mas

Kayak lagi balapan motorcross.. ngeri kalau jatuh bisa masuk jurang T_T

Trek dan jalurnya yang sangat menantang tuh kang, namun harus tetap memperhatikan petunjuk yang dibuat untuk keselamatan

rute jalannya bener2 menantang ya kang,extreme banget

top bgt mas sepertinya motor harus dimodifikasi biar sesuai medanya

Jalannya ekstrim selain motor cross kira-kira bisa masuk ngak ya mas

wah..wah, Mas Wong ternyata Rider sejati yah. jalannya Ekstrim gitu trs saja dilewati...

nek aku ra wani blas, wedi ndak jatuh :D

kalo saya mah pasti gak ada yg ngajak, jauh sih hikhik...

Ternyata Trex jalannya Sangat Ekstrim juga yah untuk menuju B29 Negeri di Atas Awan... :)
sangat sulit dilewati kalo belum berpengalaman dalam menaklukan jalan yg berdebu, licin. itu pulangnya jalannya juga lebih ekstrim lagi ya kang.
mungkin tips2 yang ditulis sangat membantu kalo ada yg ingin mencoba memakai motor menuju B29 ... kalo saya mah gak sanggup ah, mending naik ojeg saja ...

Itu pemandangan di foto pertama keren ya Mas, serius keren bingit mas.. Iya jalannya ekstrim ya Mas, semak belukar diterobos dan juga sempit.. Tapi kalo yang suka tantangan pasti seru dan asyik ya Mas.. :)

tuh rute kalau diamati memang menantang tapi menyenangkan juga gan...masalahnya rutenya juga banyak pemandangan indah dan itu sangat menyegarkan mata....

coba sekali sekali kita kesana ya...kopdar kek ke sana ya...pasti seru tuh...iya gak mas admin?

naik sepeda juga bisa kayaknya...tapi pasti gempor setengah mati deh tuh

selain menantang menyenangkan juga bertualang dengan motor menuju b29...seru pastinya

yup biar selamat dan berjalan lancar menuju b 29

Klo menurut saya treknya berdebu karena musim kemarau kali ya ... harus pake masker biar tidak sesak nafas ... My Trip My Adventure !!

rutenya ngeri gitu ya mas, saya pikir dibromo itu udah paling ngeri, sekalinya ada lagi

kok keren ya, saya malah ngeliatnya serem kwkw

Duh pemandangannya amazing banget :)
Tapi kok extream juga medannya.. hehe

benar-benar perjalanan yang menantang ya mas, harus pinter mengendalikan emosi

Ngeri mang tracknya. Bikin tuur nyorodcod.
G Kbayang brada di atas jurang. Kalo kecemplung giman coba mang

Wuih wisata laki banget ini sih cocok buat orang yang berjiwa adventure medannya menantang banget

sam wong kan nginang karo ngilo :D

serem banget sih jalannya, biasanya kalau lewat kelok 44 yang jalannya bagus aja suka serem, apalagi kayak gini

Jalannya ngeri, tapi emang B29 keren tempatnya. Bisa lihat gunung berjejeran

Wah keren banget kak, petualangannya sudah pasti seru banget, dari foto-fotonya saja bikin merinding. brrrr . keren lah kak.
oh iya salam kenal yak :D

ekstrem juga yamas jalannya.heuheu
kalo jatuh itu bisa bahaya dong mas, harus benar2 ahli atuh yah..

rute nya ngeri banget mas kirain naik gunung ternyata bukan hadeeeeeueh :D

Itu debunya lumayan ngebul y jalannya

Perjalanan yang benar-benar seru nih, ekstrem ya :D

Perlu keberanian juga ya kang :D

jalan ke puncak b29 memang lumayan ekstrem

malah lebih tinggi dari gunung bromo tuh, ada dibawahnya :)

banyak doa, dan mending dirumah aja biar aman :)

salam kenal juga, wah sampe merinding gitu :)

betul mas, pemandangan di b29 bagus banget

nah itu, kelok 44 bikin saya penasaran :)

supaya semakin berasa kelaki-lakiannya :)

klo penikmat alam bilang, sebanding :)

ke bromo masih layak kunjung dengan mobil, beda jauh dengan tetangganya, b29 :)

betul mas, karena lagi kemarau, debu bisa dalemnya setengah meter, masker wajib pakai, kalo hujan kayak sawah

monggo mbah dinan, kulo nderekaken dumugi b29

@Krisna, saya pake motor standar, malah temen saya naik grand jadul bisa ngelibas juga, memang bukan speknya, maksain :)

@mbah dinan, sempet papasan sama pesepeda, tapi banyak nuntunnya

mau dong mbah... kan aman klo sama saya

sekali-kali naik andong kayaknya menarik mbah :)

apalagi kalo tambah sambel sama krupuk

kalo sama ibuke mending dirumah aja

Naik gunung pakai motor bener bener ekstrim banget. Butuh keahlian supaya ngga terjadi musibah dijalan

Tapi herannya rumah-rumah disana tergolong cakep dan kokoh.Itu kalau beli bensin dimana ? kalai pakai motor metic pasti lebih enak karena tidak ribet dengan kopling dan gigi ya ?

ini harus pake masker ya mas, banyak debunya nih :)

Benar sekali gan.... tahun lalu saya dan temen2 berencana mendaki semeru... persiapan cukup untuk sampai puncak... kami berlima dgn 3 spda motor... 1vixion 1vario dan 1mio....
rute yang kmi ambil adalah melalui tumpang-ngadas-ranupani...
sampe di ranupani kmi dikjutkan dgn berita buruk..bhwa pndakian ditutup krna ada pendaki asal tegal yang hilang. dan msi dlm proses pncarian...
ditengah kegalauan ada warga stmpat yg mnawarkan rute mnuju B29..melalui jalur yg agan ceritakan tdi... parahnya speda kmi adalah matic... dan bnyak kendala...mulai gk kuat nanjak krna jalan yg ekstrim sampe slh satu apda vixion khbisan radiator... bruntung prbekalan brupa air minum kmi bawa... sempat brpapasan dgn pnduduk suku tengger pncari edelweis...dan kita ditemani saat mmprbaiki motor
trek tersulit telah dilalui.. trek selanjutnya lebih landai.. bhkan vinish di puncak B29 kita brjalan menurun...artinya kita dtg dri tmpt yg lbih tinggi...so..bnyk yg heran lihat matic nongkrong di warung puncak B29... n pulangnya kita lewat jalur lumajang...brpapasan dgn para pndaki yg jalan maupun yg naik ojek..heran kali mereka...kok bisa ya...mio sampe puncak... hahaha...

sampai di desa terakhir..akomodasi kbutuhan pokok masih bisa d layani dgn angkutan truk.. dan lbih ke atas lagi spda motor pnduduk sana kbanyakan dirubah ukuran gearnya untuk kuat nanjak.. klo matic sama aja bunuh diri

rute yang kmi ambil adalah melalui tumpang-ngadas-ranupani...

gan kalo berangkatnya lewat jalur pulang bisa gak?

bisa banget mas, kalo dari malang malah lebih deket

wah seru mas perjalanannya, betul matic agak maksain, jalurnya keren :)

3 kali saya ke B29 2x kampas kopling NVL saya jebol... 1x berhasil sampe puncak dengan rasa bangga.. untuk rute yg ke malang kayaknya belum pernah nyoba... kapan2 tak coba.. tp skrg B29 udah enak.. jalannya dah paving semua.. ga ada tantangan yg menarik..

Bagus postingan nya. B29 memang menyimpan banyak pesona. Kita harus bangga sebagai orang indonesia. Yang ingin mengetahui tentang trip ke kawah ijen silahkan buka

Kalo naik mobil mentok sampe mana ya.... pingin ngajak keluarga kesana. Seminggu yg lalu ke ranu pane dgn avanza. Naik aman, turun dr ranu pane nyampe pos, istirahat sebentar..... eeeh rem jadi blong. Terpaksa turun hrus pelan2 banget. Alhamdulillah masih selamat

mudahan tahun bisa gowes solo ...surabaya-bromo-b29- lumjang jember-bali-lombok

perjalanan menuju B29 memang sangat extreme jadi tidak disarankan menggunakan motor matic dan saran untuk mengganti ban yang biasa di pakai di motor trail supaya lebih mudah melewati jalan yang berbatu dan berdebu apalagi jika musim hujan tidak disarankan rute yang dilewati tadi mending ambil jalur desa Sumber Anom probolinggo dan selanjutnya melewati desa pakel yang tembus di kecamatan sukapura.

Silahkan komen dengan bijak dan sopan