Air Terjun Coban Grojogan Sewu Pujon Malang

lokasi air terjun coban grojogan sewu di malang
Lokasi air terjun coban Grojogan Sewu berada di  desa Bendosari, Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya terletak di sisi kiri jalan raya Malang – Kediri, sekitar 37 km dari Kota Malang. Mudah sekali ditemukan, karena terlihat dari jalan raya. Dan bisa dijangkau oleh pengendara kendaraan pribadi maupun umum.


Rute jalan menuju air terjun coban Grojogan Sewu dari kota Malang yaitu, melewati Kota Batu –  Coban Rondo - Pasar Pujon – Coban Grojogan Sewu. Dari Pasar Pujon sekitar 11 km lagi, atau 1 km setelah rest area.  Sebaliknya jika ditempuh dari kediri maka melewati kota Pare – Kandangan – Kasembon – Ngantang – Coban Grojogan Sewu.

jembatan menuju coban grojogan sewu
Jembatan Menuju Air Terjun Coban Grojogan Sewu

Air terjun coban Grojogan Sewu lokasinya sekitar 200 meter dari jalan raya Malang – Kediri. Ditandai dengan sebuah jembatan yang melintang diatas sungai Konto. Jembatan ini hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki, karena itu para pengunjung air terjun coban Grojogan Sewu bisa menitipkan kendaraan di parkiran rumah warga setempat.

alamat coban grojogan sewu pujon malang

tempat ibadah di grojogan sewu malang

Setelah melintasi jembatan dengan panjang sekitar 30 meter ini, jalanan menuju lokasi berupa jalan setapak cor di pinggiran sawah. Jalan setapak ini sedikit menanjak, tapi tidak seberapa, masih mudah untuk dilalui. Hanya membutuhkan waktu kurang dari sepuluh menit sudah tiba di depan pintu masuk area air terjun coban Grojogan Sewu.

Memasuki area air terjun coban Grojogan Sewu, terdapat bangunan semacam pendopo dengan arsitekstur mirip bangunan klenteng. Pendopo atau balai ini berada dibawah pohon beringin besar yang rindang, bisa dimanfaatkan untuk bersantai bagi pengunjung.

lokasi air terjun malang kediri

Dibawah pohon beringin juga terdapat tempat yang biasa digunakan untuk persembahan sebagai bagian ritual peribadatan. Saat berkunjung kesana, disitu terlihat masih ada bebarapa jenis sesajian yang masih tersisa.

Selain pendopo dan tempat ritual persembahan, diarea ini juga terdapat musholla untuk ibadah penunjung yang beragama Islam. Dengan adanya musholla ini, toleransi umat beragama terasa begitu kental disini. Sepertinya jika ibadah disini akan terasa begitu tenang dan bisa menyatu dengan alam, tentunya jika sedang tidak ramai pengunjung.

alamat grojogan sewu malang

Secara keseluruhan, panorama air terjun coban Grojogan Sewu masih alami dan indah. Suasana sekitar masih berupa persawahan di pinggiran sungai. Belum banyak dieksplorasi sebagai tempat wisata, meski sudah disediakan beberapa fasilitas. Bahkan untuk menikmati keindahan Grojogan Sewu tidak dikenakan tiket masuk, hanya sumbangan seikhlasnya yang bisa dimasukkan ke kotak amal.

Meski tidak dikenakan tiket masuk, area coban Grojogan Sewu cukup  bersih dan terawat. Rupanya ada yang selalu menjaga dan memelihara keasrian tempat ini. Beliau adalah mbah Sarno (kalau tidak salah ingat namanya), yang selalu ada disini. Beliau dengan senang hati jika diajak ngobrol dan menceritakan seputar air terjun Grojogan Sewu. Titip salam untuk beliau jika sobat berkunjung kesana, jangan lupa sisihkan bunga-bunga sosial anda untuk mendukung kelestarian alam coban Grojogan Sewu.

penjaga coban grojogan sewu
Mbah Sarno, Penjaga Air Terjun Coban Grojogan Sewu

Sedikit menyinggung namanya, Air terjun Coban Grojogan Sewu, seolah doble istilah. Kalau dilihat dari maknanya, antara Air terjun, Coban dan grojogan memiliki arti yang sama. Ditulis seperti itu supaya bisa mewakili istilah yang sudah umum di kenal, baik di Malang atau orang pada umumnya.

Sumber:
Air terjun Coban Grojogan Sewu, pujon, Malang
120 Komentar untuk "Air Terjun Coban Grojogan Sewu Pujon Malang"

saya suka pemandangannya mas.. tapi serem ya, pohon beringinnya dijadikan tempat pemujaan..

berarti harus malam ya tuk dapat komen didepan..

Asli keren banget ini, di Malang mah kayaknya banyak banget tempat wisatanya ya? Sayangnya jauh dari daerah saya, coba kalo deket pengen deh bisa jalan-jalan ke Malang

pindah aja kang rumahnya ke malang :)

wuih masih alami banget nih grojogan sewunya sam.sayang saya cuman ngelihat dari jalan raya belum pernah masuk di lokasi

kalau kesana akan saya sampein salamnya ke mbah sarno sam
kalau inget tapi

hari gini masih ada ya tempat wisata yang masih gratis bukti masih banyak tempat wisata yang belum dikelola maskimal

sholat dengan suasana alam rasanya nyesss.... sejuk pasti hawanya...

Masyaa Allah yaa.... masih banyak surga dunia yg belum saya ketahui....
Punya rencana pengen k malang ketemu saudara smga bisa di ajak kesini
Salam santun dari Sulawesi

Saya lihat videonya saja sudah senang. biarpun cuma 36 detik saja. ngomong-ngomong kok sepi pengunjung ya mas ?

Seru ini, mas. Selain melihat keindahan alam, di sana juga ada ritual yang cukup melekat di kalangan warga setempat. Semoga pengunjung tidak mengusik kegiatan ritual yang dilakukan warga setempat :-)

pas kesana hari senin mas, itu juga sambil lewat, kalo akhir pekan cukup rame

betul mas, saling menghargai keyakinan masing-masing dan tidak mengusiknya

betul mbah, kreasi Nya luar biasa, hanya setitik yang kita tau.
semoga bisa ke malang

semakin khusyu dan menyatu dengan Tuhan

banyak potensi, hanya butuh sentuhan pengelolaan dg serius

Sambil bawa pacar ke tmpt air terjun asyik nih

tempatnya asik-asik tuh buat lokasi selfie-selfie. mbah Sarno maksih ya sudah menjaga air terjun cobannya :D

Indah sekali air terjun coban grojogan sewu itu ya Mas Wong

jadi jln masuknya itu berup jembatan ya. itu sasajennya masih ada kang apa g sekalian di cicipi kang

Indah sekali tempatnya mas ya. Kebetulan saya paling suka dengan alam seperti ini mas. Kapan-kapan kesana yak:)

wah mantab sekali mas pemandangannya di air terjun coban grojogan sewu ini, disini juga ada lo mas grojogan sewu tapi di kendal adanya, mantab deh

ayuk kalau mau kesana mas, kabar kabar ya

pasti indah mbah, kan kekayaan alam indonesia

beum pernah ke siniii.. paling di cuban rondo aja..

oh grojogan artinya sama dengan air terjun ya mas wong

oh gitu ya mas kalau hari biasa mah kurang rame mas?
enak juga kayanya kalau kebeneran leewat sana tidak perlu waktu lama untuk mencari, dari jalan raya pun sudah terlihat :)

nah itu poinnya mas, padahal begitu banyak tempat-tempat wisata diberbagai daerah di Indonesia ini, cuma sayanya terkadang masalah pengelolaannya doang yang masih kurang maksimal

Menikmati wisata lama itu memang indah ya mas, apalgi kalau bisa datang di tempat wisata air terjun grojogan sewu ini, rasanya memang yang hut deh Indonesia.

Bentar-bentar tempat ini pernah masuk ke acara tv kalau ga salah jejak petualang atau masih dunia lain apa ya lupa lagi. Emang bener gitu mas tempat ini angker? :)

Aksesnya jalan menuju air terjunnya cukup bagus, karena jalannya sudah di cor... toleransi agama disana sangat luarbiasa sekali... Kalau bayar seikhlasnya pasti banyak yang mengunjunginya tuh...

Banyak sesajen...enak tuh mas buat makan...hehehhe

bukan lemot, kan keong rumahnya dibawa kemana" :D

ya baru diikutin sama yang punya sesajen wkwk

ini deket ga si ya sama coban rondo, arek malang ga tau wisata ya gini sudah wkw

sayang sekali pohon beringinnya jadi tempat "cari wangsit" padahal keren tuh pemandangannya

air terjunnya indah namun kalau melihat pohon beringin dan patungnya kok jadi serem ya..

deket sam, sekitar 11 km arah kediri

Selain indah, ternyata bersejarah juga ya kang :D

makanya sekarang bayar ajah
kesaya

Seumur-umur saya belum pernah mandi di air terjun, gimana donk mas?

Kabupaten Malang tepatnya desa bendosari punya air terjun yang mantep ya mas, pemandangannya juga indah.. terus ada sisi religinya juga.. foto yang ketiga seperti di film rambo mas seperti di alam pedesaan di vietnam.. :) Siiipppp Mas... hehehehe :)

Saya sudah nonton Videonya Mas, subhanallah memang, kapan saya bisa ke sana? *ihik nangis bombay*

jadi pengin liat film rambo nya... :)

cari pancuran mas, atau bikin pake selang, sudah mirip air terjun :)

iya mas, jadi nambah wawasan sejarah

saya malah seneng mba dibawah pohon beringin, adem dan seger :)
patungnya malah bisa jadi temen kalo kunjung sendirian

Didaerah saya sebenarnya ada juga air terjun, tapi belum banyak di ketahui orang, karena lokasinya sulit dijangkau dengan kendaraan.

ya mungkin bagian dari ritual ibadah mereka :)

ramenya kalo akhir pekan aja biasanya mas

kalo lihat lokasi memang terlihat angker, apalagi pohon beringinnya juga masih di gunakan untuk menaruh sesaji persembahan, aroma dupa semerbak

wisata alam selalu menyenangkan buat saya, daripada yg buatan atau modern

ramenya memang akhir pekan aja, mudah banget diakses

podo mba :)
kalo di jawa barat curug

coban rondo memang paling dikenal

ada juga ya grojogan sewu, saya malah taunya yang di tawangmangu

jembatan mas sebagai akses masuk..
lha sesajennya kembang doang :)

mandi dulu mas, supaya kelihatan ganteng

saya kira ada kelapa mudanya. lumayan kan haus - haus minum kelapa muda. hahahaha

ini nih gaya si bolang. atau mungkin guru si bolang : viss

woah . itu kalo saya 11 km jauh bener wkwk

Boleh berenang gak tuh disana?

Pemandangannya keren Mas, buat relaksasi keren tuh.

Waaa......!! Pengen pengen banget kesini....

Iya mas nonton film Rambo rame.. kalo gak salah Rambo yang pertama yang misi penyelamatan tawanan perang di vietnam... hehehehehehehehehehehehehehe :) itu mau endingnya dikejar-kejar tentara vietnam rambonya menyusuri persawahan sementara di tanah lapang sudah menunggu helikopter milik amerika... hehehehehehehe :)

berdiri di bawah air terjun it tuh yang relaksasi

itu di ola oleh pemda atau warga sekitar

jgn mang saud bisa biahaya. bisa di tengelemin tuh di air

kalo bearad di bawah air ternjun itu wenak rasanya sambil ngasah kekuatan

Setuju, mas. Bagus banget ini ulasannya, akrena ada unsur budayanya juga di sini.

Ada juga pinsil euy, gmn dong :D

Jangan kang, kalau dibayar ke Mas Yanto mah gawat haha...

Perasaan saya dah mampir dan komen dimari terkait postingan pesona alam yang indah ini mas. Kok ra ono yak, selain komentar asal yang barusan :D

indah banget pemandangan nya ya mas :) cocok banget untuk berteduh

Hmm bisa-bisa merinding kalau berkunjung kesana hihi

lha istri mau dikemanain tuh kang saud

kayaknya banyak komennya mas diatas :)

komen di sini bebas kok, bebas moderasi dan nggak pernah dicek isi komennya, apapun isinya dibiarin aja

tambahin aja lagi mas komennya :))

kayaknya masih dikelola warga aja

cari wangsit apa cari nomor buntut

boleh mas, tapi keliatan udelnya :)

bisa jadi potensi wisata jika ada perhatian pemerintah

oh ya inget sekarang, pernah nonton beberapa kali di tv yg banyak iklannya :)

coba jalan kaki mas, pasti kerasa deketnya :)

kalo wisata alam modalnya dikit mas, malah banyak yg gratis ... hehe

ituh kalau mandi disana kayaknya seger.... terus foto - foto sama bebeb ,,,, :D

kalau gak salah judul filmnya tuh first blood 3

Besok siapin barang - barang kamu,,, ok,, kita pergi kesana,,, :D

Sepertinya sangat mudah diakses ya.

nice post is shared above know about our http://sunrisenaturopathy.com/Water-Park.html
http://sunrisenaturopathy.com
http://www.sunriseayurvadic.com/
http://www.allrajasthan.com
http://www.allrajasthan.com/2015/02/best-seo-training-institute-in-jaipur.html
http://sunrisenaturopathy.com/Health-Spa.html
http://www.sunriseayurvadic.com/shirodhara.html
http://www.sunriseayurvadic.com/Panchakarma.html
http://www.sunrisenaturopathy.com/Yoga-Meditation.html
http://khatushyambabamandir.blogspot.in
http://www.allrajasthan.com/2015/10/salasar-balaji-hanuman-temple.html

itu namanya mbah sarlan
juru kunci coban sewu
tepat setelah jembatan itu sawah saya

itu namanya mbah sarlan
juru kunci coban sewu
tepat setelah jembatan itu sawah saya

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top