Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jawa Timur

air terjun coban tumpak sewu lumajang
Lokasi Air Terjun Coban Tumpak Sewu berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Jarak Air Terjun Tumpak Sewu dari Lumajang sekitar 55 km arah barat, sedangkan jika ditempuh dari Kota Malang sekitar 65 km arah selatan. Letak pintu masuk air terjun Tumpak Sewu sendiri, ada di sisi jalan raya Malang – Lumajang jalur lintas selatan.

Destinasi Menakjubkan di Lumajang Lainnya: Negeri Diatas Awan B29

Rute jalan menuju air terjun Tumpak Sewu dari kota Malang yaitu melewati Pasar gadang – bululawang – Turen – Dampit – Ampel Gading – Gapura Perbatasan – Air terjun Tumpak Sewu. Sedangkan jika di tempuh dari Lumajang maka melewati Pasirian – Jembatan Gladak perak – Piket Nol – Air Terjun Tumpak Sewu.  Akses jalan dari kedua kota tersebut sudah bagus dan mudah dilewati, hanya saja jalurnya berkelok dengan ruas jalan tidak terlalu lebar.

alamat air terjun tumpak sewu di lumajang

Jika kita berangkat dari malang, maka setelah melewati rute jalan diatas, pintu gerbang menuju air terjun Tumpak Sewu dapat kita jumpai ada di sisi kanan Jalan raya Malang – Lumajang. Disini ditandai dengan gerbang dan  banner Air Terjun Tumpak Sewu. Setelah masuk gang sekitar 200 meter, kendaraan bisa diparkir di lokasi yang dikelola oleh warga setempat. Biaya parkir Rp. 5.000,- per kendaraan sepeda motor.

Setelah memarkir kendaraan, dilanjutkan dengan membeli tiket masuk Air Terjun Tumpak Sewu sebesar Rp. 5.000,- per orang, tetapi tiket ini hanya untuk lokasi atas saja. Lokasi ini merupakan tempat untuk melihat panorama Air terjun Tumpak Sewu dari atas tebing. Menjadi spot ideal bagi pengujung yang ingin hunting foto keeksotikan air terjun yang mendapat julukan dari warga setempat sebagai Serpihan Surga. Lokasinya sekitar 400 meter dari loket tiket masuk.

lokasi air terjun tumpak sewu di lumajang
Trek jalan menuju bawah Air Terjun Tumpak Sewu

Jika ingin melihat air Tejun Tumpak Sewu dari dekat atau dari bawah, maka harus melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak disisi tebing. Treknya cukup ektrem dengan meniti tangga dari bambu seadanya dan di beberapa tempat mesti menuruni kecuraman hanya dengan berpegangan seutas tali. Setelah sampai di bawah, dilanjutkan dengan menyusuri tepian sungai dan menyeberanginya. Kira-kira membutuhkan waktu setengah jam untuk sampai di bawah air Terjun tumpak Sewu.

lokasi coban tumpak sewu

letak air terjun tumpak sewu
Pemandangan di dasar Air Terjun Tumpak Sewu

Sebelum masuk ke area bawah air terjun tumpak Sewu, ternyata masih dikenai pungutan lagi sebesar Rp. 5.000,- per orang. Sebenarnya tidak mahal, tetapi karena tidak diberitahukan sebelumnya maka seolah menjadi jebakan. Entahlah, mungkin sudah menjadi kebijakan pengelola Air Terjun Tumpak Sewu.

lokasi air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur
Panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari atas

rute jalan menuju air terjun tumpak sewu
Panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari bawah


Kita abaikan saja pungutan tersebut, lebih baik nikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga dari Lumajang.  Nampak berlebihan julukannya, tetapi jika melihat langsung maka menjadi bukti yang tidak bisa terbantahkan, kalo Serpihan Surga itu memang ada.

Sumber:
Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang
150 Komentar untuk "Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jawa Timur"

posting dulu, maaf belum kunjung balik :)

Gilaaakkk cakep banget airterjunya

wah asyiknya, saya jadi teringat dengan air terjun niagara melihat tumpak sewu dari atas, dengan biaya 5000 ribu tentu sangat murah sekali untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa di tumpak sewu.

ternyata Jawa Timur memiliki sejuta wisata ya mas.. salah satunya terjun tumpak sewu, air terjun coban.. sebagai warga Jawa Timur tidak perlu keluar daerah kalau hanya sekedar berwisata alam..

keren banget ih air terjunnya diliat dr atas

Jadi Pengen ke situ tapi belum ada waktu

Wuidih, yang ini keren juga mas, asli :D

Mantep euy, istlah abege mah keren bingit ntu mas pemandangannya haha..

Sungguh indah dan exotic skali air terjun tumpak sewu itu

Komentar dulu baca nya blakangan mas wong

Sungguh indah dan exotic skali air terjun tumpak sewu itu

indah sekali kang air terjunnya. dilihat dari atas banyak juga air terjunnya. airnya datang dari mana ya ko banyak sekali

subhanallah indahnya, jadi pengen kesana mas, tak apalah bayar 5rb juga :)
apa itu dari 1 sumber mata air mas?

Membayangkan berada di dkt air terjun rasanya adem dan nikmat sekali, apalagi disaat musim kemarau seperti sekarang ini y mas, hehehe

Kalau kebawah bayar ga tuh mas? kan 5000 cuma diatas aja

gila bagus banget ya pak, saya belum pernah lihat air terjun, hiks

pemandangan dari atas dan bawah keren,
itu ambil gambarnya yg dari atas gimana caranya mas? sepertinya viewnya agak jauh

Yang begini nih...bagi yang masih ABG suka banget....soalnya bisa basah-basahan bareng..he...he..he...

Suggeng sonten Mas Wong. sambil santey pulang kerja melihat keindahan pesona air terjun tumpak sewu lumajang. mari sambil ngopi Mas :) *kopi eehh mana smiley kopi nya mana mana?? heheheh :D

Sekarang saya sudah pulang kerumah. baca artikelnya dari A sampai Z. Sekaligus memuaskan pandangan saya dengan pesona exotic Air terjun Tumpak sewu lumajang.. Mana kopinya Mas Awan..?

Ckepan mana sama Mbak Nita coba.?

Saya juga jadi teringat kenangan dulu saat saya masih abegeh, sambil pacaran dekat buih derunya air terjun ckckck ah jadi ngahayal Masa Lalu :D

Tempat obyek wisata di Jawa timur sangat banyak sekali ya Mbak Desy

Ngambil dari tetangga sebelah mas heheheh :D

Kalau di lihat dari namanya air terjun tumpak sewu mungkin memiliki arti tersendiri ya mas..

monggo mas, kalo bisa jangan tidur, simak semua artikel diblog saya ya..

kalo masa sekarang gimana kang, apa masih mesra?

mas Saud berkunjung kesini aja mas Wong.. udah betah kok hihiii..

ini namanya air terjun yang indah pake banget

Air terjunnya kayak yang di Malang itu, ya? Keren banget..

Kapan bisa berwisata ke air terjun seindah itu bener bener indah dipandang mata

Wah keren mas :)
jadi pengen kesana.. kapan kapan ane trip kesana ya..

Wah pas banget nih.. ane juga lagi gencar gencarnya traveling... mungkin bisa jadi salahs atu destinasti pilihan ane bulan ini :D

saya gak mau jadi orang cakep kalo gila mah :D

Luar biasa sekali air terjun tumpak sewu ini ya, pemadangannya bener-bener indah dan mempesona... beuh kalo berduaan aja sama ayang beb pasti suasananya makin makjleb duaaah :D

kapan-kapan juga bisa kang, sing penting panjang umur, panjang alam dan punya duit gitu kan...

Bisa iya bisa juga tidak, silahlan pilih salah satu jawaban yang bener, coret yang tidak perlu :D

saya juga suka lho mbak, suka basah-basahan kalo lagi mandi :D

betul betul betul... saya suka saya suka :D

Sungguh indah panorama di sini ya gan, kayaya dingin banget disitu ya gan

Rasanya ingin sekali ke sana ya gan, tapi kok jauh amat ya, saya di ujung jawa tengah...

Jadi ada rencana nih gan, syukur deh,... selamat berlibur ya gan

Dingin-dingin enaknya ngopi ya Mas Karrysta

Mas Nasirullah pernah ke malang? saya malah belum pernah

Jadi kepengin ke sana ya mas Saud Karysta? Kapan ya bisa kesana

Harus dong, mesranya sampai kakek nenek kalau bisa ya mas Saud

Mba Natalia Dinna pernah kesana apa belum nih! Kalau belum sama dong dengan aku ini! Hihihiiii

Berarti kalau sudah ada wkt longgar Mas Irwin mau kesana doong! Senang nih

Lama-lama jadi ngeres yach, hahahhahaa

Saya juga belum pernah kesana mas Bahrudin Udin! Ternyata kita sama---

Kalau udah ada rezeki sambil berkunjung saudara sambil main kesitu enak ya gan

Kalau dingin bawa jaket dan kopi mas Udin! Biar anget gitu loh

Emangnya ujung mana mas udin, yang jelas bukan ujung kulon kan! Hehehehehhe

Ya gan sambil refreshing biar ga penat pikiran ini

hem memang indah nih air terjun tumpak sewu sam,pantaslah bila disebut serpihan surga

yg aneh saya udah puluhan kali melewati jalur ini tp koq nggak pernah tau tempat ini sih

kepalanya pean mengurangi keindahan air terjun nih sam :D

Kalau lihat air terjun bawaannya pengen mandi disana

meski lumayan dekat dengan daerah saya,, saya belum pernah ke air terjun tumpak sewu ini, dan juga baru tahunya dari blog ini :)

Wuihhh air terjunnya bagus mas, tapi juga rada serem juga ya karena kesuramannya mas,, foto yang pertama mas yang agak seram takut jatuh hehehehehehehehehe :)

monggo, pasti puas menikmati keindahan tumpak sewu

iya tuh mba, ke timur dikit sudah sampe :)

memang serem mas, itu dibibir jurang mas, hanya dibatasi pagar bambu seadanya

kalo nggak liat air terjun, nggak mandi mas :)

itu karya seni fotografi kelas dunia sam, sudut pandangnya mesti geser supaya terlihat keindahannya haha :)

enak gan, jangan lupa bawa bekel, oleh2nya anterin ke rumah saya :)

masih deket itu, kalo diujung jateng mah

tips yang bermanfaat untuk mengatasi dingin :)

Cuma modal 15rb bisa melihat pemandangan yang eksotik sekali... Airterjunnya banyak sekali. mau dilihat dari atas atau bawah, sama sama bagus... Kalau dari bawah saya takut kejatuhan sesuatu dariatas...

Wah, jauh lebih bagus dari air Terjun yang ada di daerah saya mas. Pemandangan alam air terjun di Lumajang terlihat lebih eksotis, mas...

Namanya tumpak sewu... air terjunnya ada seribu?

Hoalah, padahal perjalan menuju air tenjun itu berliku, kl tak sampai ke sana bisa bau tuhuh rupa tuh haha..

Oh, itu artinya ya mas, saya baru tahu kata tumpak sewu itu ada seribu :D

Subhanallah pemandangan Air Terjun Coban Tumpak Sewu ini indah benerr kayak di luar negeri hmmmm .. tapi sayangnya ini Air Terjun jarang di ekpose TV kalo saja di ekspose pastii bakal terkenal ke luar negeri nihhh sayang banget :v

saya kan jenis pria nggak suka tolah toleh :D

Aseli keren bener panorama air terjunnya kang, betah kayanya ngadem di air terjun tumpak sewu lumajang ini,

bersemedi di bawah air terjunnya kayaknya manteb tuh,, soalnya keliatan adem bener,, hehehe

sama ayang istri dong. hehehe

yang bner g pernah tolah toleh mas yanto

adminnya kan potografer kelas dunia

airnya bisa tumpak ke sewuan ya kang..hehe

Air Terjun Coban Tumpak Sewu berada di Desa Sidomulyo kayaknya menarik dan tinggi juga ya gan. pasti udah kepikiran buat mandi dan camping dekat situ...boleh camping gak tuh kang?

iya yang datang demit malah demam in...heeee

jadi kapan saya di ajak ke Air Terjun Coban Tumpak Sewu mas...???

seribu air jatuh kan artinya ya mas?

Malam Ma Wong. kembali hadir di keindahan Air terjun tumpak sewu.. sambil foto foto indah sekali pemandangan nya ya Mas. apalagi kalau bawa Pacar wuiih lebih mantap lagi tuh :)

Mas Wong maksud nya. Bukan Ma Wong loh, jangan salah baca ya Mas..:D

Boleh Mbah,, eeeh tapi kudu Mbayar gimana Mbah mau kah..?

Tega teganya dirimu Mas Wong, saya suruh baca jangan tidur. Apa saya kudu Bertapa di Air terjun tumpak sewu ituh???

Untung saya gak Cakep jadi gak gila, cuma keren dikit doang.. gak tau Mas yang diatas mah tt3tt3 :D

Alhamdulilah harapanya sih pengen selalu Rukun runtut bebarengan sampai ajal menjemput ya Bu Ida. Kemesraan ini janganlah cepat berlalu.. >>> Lanjutkan ........

Mbak Desy jadi ngababita saya aja yang lagi kesengsem Obyek wisata Air terjun tumpak sewu. Pengen bingit sih ke Jatim Mbak+Mas namun sebatas khayalan mung tringgal lamun, sampai sekarang belum kesampaian. kasihan kan?

Gimana kalau kita bersama-sama pergi ke sana Bu Ida.. siap kah..? Mas Wong siap mandu ya Mas..?

Mbak Nathalia, Ibu Ida, Mas Wong boleh saya ngikut penasaran saya sama Obyek wisata Air terjun Tumpak sewu itu :)

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jawa Timur Mang Adul gak pake Banget :D

Sayangnya, lumayan jauh dari sini euy :D

Bahaya lagi kalau tertulis Ma Wo (dibaca Ma Ewo atau Ma Uwo) ya mas haha... Jangan sampai korup huruf ng-nya.

iya mas, masih belum terekspose maksimal

tumpak yo tumpuk, sewu maksude okeh

iya uda, apalagi kalo melihat langsung pasti lebih menarik

siram minyak wangi sekaleng mas :)

itu leher sudah dipasangi sekrup sama beton eser

cocok berarti kalo ada kesamaan

karena banyak air terjunnya dan bertumpuk mas

jadi pengin berendam seharian ya mas

dimakan yg tidak dicoret :)

@awan banyak sumbernya mas

haha, segayung nggak habis-habis

air terjun tumpak sewu di lumajang memang indah dan eksotik

Segarnya alam ini terasa sampai kesini mas:)

yyeyahhh insyaallah mau kesana nih ....
salam kenal ^_^

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top