Alun-alun Pasuruan, Jawa Timur

alamat lokasi alun-alun pasuruan
Alun-alun Pasuruan berada di pusat kota, ditandai dengan dua buah gapura berwarna hijau yang terletak disisi timur dan barat alun-alun. Alun-alun kota Pasuruan secara geografis, berjarak hanya sekitar 3 km dari pantai utara Jawa. Karena lokasi yang dekat dengan bibir pantai, hawa udara di kota pasuruan pada umumnya cukup panas.

Yang di kunjungi:  Wisata di JATIM

Melihat lebih dekat alun-alun kota Pasuruan, dibuat dengan konsep taman kota. Deretan tanaman hias tertata rapi diantara hamparan rerumputan yang hijau.  Di bagian tengah terdapat air mancur, melengkapi keasrian taman.

lokasi alun-alun pasuruan

taman alun-alun pasuruan

Di sebelah barat  alun-alun berdiri megah Masjid Jami’ Al Anwar, yang merupakan bangunan bersejarah. Telah berdiri sejak lebih dari lima abad yang lalu, meski telah mengalami beberapa kali pemugaran. Masjid Jami’ Al Anwar saat ini menjadi salah satu tempat pusat kegiatan keagamaan bagi umat Islam di kota Pasuruan.

masjid jami pasuaruan
Masjid Jami’ Al Anwar, Kota Pasuruan

Di bagian belakang Masjid Jami’ Al Anwar terdapat makam ulama dan para tokoh penting, diantaranya makam KH. Abdul Hamid.  KH. Abdul Hamid yang dilahirkan di Lasem, Rembang, Jawa Tengah ini dikenal sebagai seorang ulama besar kharismatik, tokoh pendiri Pondok Pesantren Salafiyah. Makam beliau tidak pernah sepi dari peziarah yang datang dari berbagai daerah.

Sedangkan di bagian timur  alun-alun terdapat pemukiman penduduk, dibagian selatan merupakan deretan pertokoan, dan di bagian utara terdapat kantor pos serta tower PDAM.

Alun-alun Kota Pasuruan biasanya ramai diakhir pekan, menjadi alternatif wisata keluarga yang murah meriah.

Sumber: Alun-alun kota Pasuruan Jawa Timur.
92 Komentar untuk "Alun-alun Pasuruan, Jawa Timur"

Jadi kangen Kota Pasuruan nih Kang, tempatnya indah dan nyaman banget, apalagi kalau nongkrong di alun-alunnya.

Wah suasananya ijo ijo bikin mata adeem... :-)

Sam, knp ya kalo masjid di deket alun-alun namanya mesti Masjid Jami? Trus deket masjid jami ada kampung namanya kauman. hehehe

Kampung ku juga ada Masjid di deket alun-alun, tapi namanya Masjid Agung sam, di sebelahnya juga ada desa yang namanya desa kauman.
knp bisa sama ya ??

Alun-alun pasuruan, kota yang indah ya mas terlihat dari gambar fotonya, dedaunan yang hijau lebat membuat suasana alun-alun menjadi indah. dan yang saya herankan setiap akhir pekan pasti alun-alun ramai dikunjungi orang-orang ya mas.

Asri sekali tenpatnya, nyaman dan bikin betah berlama-lama di sana kayaknya. Tapi alun-alun itu yang umum adalah tanah lapang terbuka dan alun-alun Pasuruan ini lebih besar porsi taman kotanya ya? Kok ndak nampak lokasi tanah lapangnya

Kagen pasuruan apa kangen Siapa hayo... Ngaku saja.

Ijo royo-royo sedikit menenangkan hati yang lagi galau

wah tata letak alun2 pasuruan ternyata indah banget sam.
memang cocok juga untuk destinasi wisata akhir pekan

saya kalau ngeliat mbak arum juga jadi adem loh

karena kita sama sama endonesa :D

soalnya nyari wisata gratisan mas

Suggeng Siang Mas Wong :)
Ckckckck Subhanallah Alun-alun Pasuruan Jawa Timur itu sangat megah dan menajubkan ya Mas Wong :)

Baru tau ya Mas Yanto, Kalau Alun-alun Pasuruan Jawa Tiomur itu indah dan mempesona.. Makanya jangan di Rumah aja kaya sayah dong berexpedisi ke jawa timur/barat/tengah. coba ge main ke Jawa Timur Mas Yan kali kali :)

Berapa Centimeter alun alun pasuruan Jatim, dari tempat nya Mas Mus Djono coba...? Mas Mus masih di karang anyar kan..?

Kaya Mas Yanto kan contoh model nya..?

Sayah malah merasa risih kalau ada Mas Yanto hahah kaburrrr :D

Sayah malah terfocus dengan Kotak hijau/kuning yang ada di bawah pohon. kotak/box apaan coba Mas.?

Jadi pengen jalan2 ke Pasuruan..

Akhir tahun insya Allah saya ingin ke Jawa Timur Mas Wong. sekalian mampir memandangi Keindahan pesona yang Exotic Alun alun Pasuruan Jawa Timur. Mas Wong siap gak mandu team sayah coba.?

Yu Neng Fitri jalan jalan ke Pasuruan Jatim mau kan.?

Mas klo k jatim, yg plg oke kmna y, lg nyari destinasi keren di jatim

bersih ya mas alun - alunnya
nuansa hijau

itu kotak amal mas. hehehehehe

seperti haama rumah mas saud ya mas :D

Indah sekali pemandangannya.....selain itu bersih dan nampak tertata dengan rapi lagi....hebat

Tata kota Pasuruan memang patut di acungi jempol ya Mas Wong, kondisi jalan yang relatif bersih dan hijau dengan banyak pohon di samping kiri dan kanan jalan, sampai alun-alun Pasuruan juga terlihat asri dan nyaman di buat jalan-jalan pagi atau sore hari.

Dan tidak lupa kemegahan Masjid Jami' Al Anwar yang sudah berusia lebih dari 5 abad, menjadi ikon tersendiri bagi umat Muslim di Kota Pasuruan Jawa Timur.

Bravo Pasuruan, Bravo Mas Wong, Bravo Mas Yanto. :D

Tergantung tujuannya dalam rangka apa Mbak Gustyanita Pratiwi, misalkan jika kita ingin berwisata religi, maka Destinasi yang pas adalah berziarah ke 5 Wali yang terdapat di Jatim.

1. Sunan Ampel - Surabaya Jatim.
2. Sunan Drajat - Paciran-Lamongan.
3. Sunan Giri - Gresik.
4. Maulana Malik Ibrahim - Gresik.
5. dan Sunan Bonang

Kalau untuk tujuan lainnya kelihatannya Mas Yanto dan Mas Wong yang tahu Destinasi keren di Jatim Mbak Gustyanita. :D

belom pernah ke alun-alun ini sih aku hehe, tapi kayanyaknya mesti masuk list juag kalau seandainya nanti ke pasuruan.

ngomong-ngomong itu pintu gerbangnya tulisan "wongcrewchild" whehehe

Alun-alun Kota Pasuruan sangat sejuk di pandang mata, warna hijau warna kesukaan saya sangat mendominasi alun-alun ini..
nggak kalah kerennya itu..tuh masjid Jamie nya sungguh keren, dan kiranya patut untuk sholat berjamaah di sini jika kebetulan ke Alun-alun pasuruan

Belum sempat menginjakan kaki disana euy, cukup menarik hati untuk berkunjung, apalagi ke area pantai hanya berjarak 3 km jadi bisa sekalian :-D

Banget mang bersihnya, mudah-mudah real-nya sama dengan yang hasil jepretan @MasWong ya. Traktir saya ajak kesana dong mang :-D

tapi...jujur lebih adem liat dik Arum.
sayangnya begitu kebawah sedikit ada mang yanto sama kang Saud...saya langsung mules.

pulang ah

wah ini nih tempat saya dulu waktu tinggal di pasuruan 11 tahun

kalo lagi ke jawa timur langsung mas, tapi jangan meluncur ya

jadi apal banget ya dengan kota pasuruan

silahkan di list mba :)
numpang eksis itu..

betul mas Dory, pengelolaannya bagus, jadi nyaman untuk dikunjungi

ok mas kips, tapi kerja bakti dulu nyapu-nyapu di alun-alun pasuruan ya

betul kata mas dory, tergantung tujuannya, kalo wisata ziarah wali seperti yg sudah disebutkan.

Untuk wisata alam malang dsk sangat banyak dari gunung sampe laut ada,
wisata modern dan alam sangat lengkap di kota batu,

kalo rekom saya jika ingin wisata di jatim dan waktunya panjang bisa ke malang atau batu. bisa dapet banyak destinasi

seperti antara yang sejuk dan gersang

monggo mang lembu, merasakan kekhusyuan shalat di masjid jami pasuruan

Masjidnya umurnya sudah lama banget mas besar dan megah,,,

Siap @MasWong, upetinya dikirim duluan yak haha...

Kala sudah 11 tahun pastinya melotok sudah ya :-D

indahnya tempat ini ya mas. kapan ya bisa ke jawa timur :)

hahahaha kerja bakti dulu sekalinya.

melihat dari foto-foto diatas, bisa diketahui alun-alun kota pasuruan sangat indah dan menarik, jadi pengen kesana, tapi kapan ya...?

saya balik sini lagi ahh
kemarin sendalnya ketinggalan

Nyimak aja dulu... kalau ada rejeki kapan2 saya main ke Pasuruan.

Alun alunnya cantik.. pasti ramai ya kalau akhir pekan ke situ

Alun-alun Pasuruan Jawa Timur menawan ya Mas,,, suasananya asri masjidnya megah,,, tempatnya bersih enak liatnya... :)

okeh...tapi kang wong jangan deket-deket saya sholatnya yah....suka jahil colak-colek...sih

sendal beda warna ajah juga ih

beda kan...yang nasionalis sama yang nggak mah

cuma sudah beberapakali pemugaran

kalo jalan-jalan ke alun2 pasuruan kayanya seru ya, adem suasana nya

Semoga bisa ke arah Jatim, jadi biar bisa melihat dan menulis tempat-tempat di sana.

lalu saya kudu bilang wow gitu?

itu juga kreditan
kasian kan sayah

saya siap mandu mbak pratiwi deh

Kalau malam-malam alun-alaun ini suka dibuat jadi tempat pacaran gak sih. hihihihi

Wah alun alunya mantap gan :D
semoga tetap terjaga keindahanya dan kebersihanya ya..

Jadi pengen liaht tempat ane tinggal tertata indah, ada taman kota tempat santai buat keluarga....

Belum pernah ke Jawa Timur. Jadi pengin ke sana :)

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top