Candi Kidal Tumpang, Malang, Jawa Timur

lokasi candi kidal malang berada di
Lokasi Candi Kidal terletak di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Dari kota malang jaraknya sekitar 15 km arah tenggara, berada di pinggir jalan raya Tumpang ke Tajinan. Untuk menuju ke Candi Kidal bisa menggunakan kendaraan pribadi hingga lokasi candi.

Kunjungi juga: CANDI JAGO

Candi Kidal berada di kawasan pemukiman penduduk, hanya dibatasi dengan pagar pemisah. Masuk kedalam area candi Kidal nampak terpelihara, suasananya asri dan bersih. Di bagian depan terdapat pos penjaga dan tempat parkir sepeda motor. Disediakan juga fasilitas WC dan ruang informasi.

candi kidal tumpang malang

Untuk masuk area candi kidal tidak dipungut biaya, tetapi bagi pengunjung yang ingin membantu perawatan Candi, bisa menyisihkan sumbangan sukarela. Selain itu pengunjung yang datang juga diminta mengisi buku tamu, sebagai data.

Sedikit mengulas sejarah keberadaan Candi Kidal. Candi Kidal merupakan peninggalan Kerajaan Singosari, sebagai tempat pendharmaan (persemayaman abu jenazah) Raja Anusapati yang meninggal pada tahun 1248 M. Anusapati adalah raja kedua dari Kerajaan Singhasari, yang memerintah selama 20 tahun (1227 - 1248). Candi ini selesai dibangun diperkiraan pada tahun 1260 M, yaitu pada saat upacara sradha yang dilakukan 12 tahun setelah Anusapati wafat.

sejarah candi kidal di malang

sejarah yang ada di candi kidal malang
Relief Candi Kidal

Arsitektur Candi Kidal memiliki bentuk khas budaya Jawa Timuran, dengan latar belangkang candi Hindu. Candi ini dibuat menggunakan batu andesit dengan dimensi geometris vertikal. Bagian dindingnya dipenuhi dengan relief, seperti diatas pintu masuk nampak menonjol pahatan kepala kala, nampak menyeramkan dengan mulut  bertaringnya menganga dan mata besarnya melotot tajam, seolah mengawasi setiap orang yang datang dan siap menjaga bangunan candi. Pada sisi luarnya yaitu timur, utara dan selatan terdapat pahatan relief kepala garuda, relief ini menggambarkan cerita garudeya.

Secara keseluruhan bangunan candi memiliki ukuran panjang 10,8 meter, lebar 8,36 meter dan tinggi 12,26 meter. Bagian dalam candi merupakan ruangan kosong yang dulunya terdapat arca Dewa Siwa, sayangnya arca setinggi 1,23 meter tersebut diduga saat ini berada Royal Tripical Institute, Amsterdam.

Bagi anda yang berkunjung ke Malang, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk berwisata sejarah ke Candi Kidal, Tumpang, Malang.

Sumber:
Lokasi candi Kidal, Tumpang, Malang
85 Komentar untuk "Candi Kidal Tumpang, Malang, Jawa Timur"

Saya hanya tau sejarah candi kidal dari buku sejarah waktu SMP mas hehe
Mudah-mudahan nanti bisa berkunjung kesana :)

Di Indonesia banyak banget candi candi peninggalan sejarah ya gan..
Seharusnya candi candi ini kalau dikembangkan lagi bisa jadi potensi wisata yang bagus dan membantu perekonomian warga sekitarnya...

Di jatim ternyata bertebaran candi2 jugavya mas, salah satunya ya candi ini..,
Artistik

Tanpa pungutan reribusi pun bangunan betsejarah ini tetap asri terpelihara. Salut buat yang bertangungjawab disana. Ba de wae ini candi malu malu gimana gtuh kalau di ajak makan bersama, makan pake tangan kiri masalahna

Salut sama pengelolanya keliatan begitu asri dan bersih banget sekitar candi kidal tersebut

mas tulisan yang di kasih panah di foto itu apa mas bacaannya

Sudah tempatnya Keren asri bersih GRATIS lagi wahhhh wajib nih kayaknya dateng ke ni tempat :)

adem ya... biasanya klo main ke candi, gersang...

Jadi pengen kecandi itu aja deh, pake kendaraan pribadi :D

ga ada gumbar relif bunga ya di sana. :D

Meskipun gratis tapi besih juga, mungkin karena keberadaannya di dekat pemukliman penduduk ya mas?
sip lah ntar kalau ke malangngissi daftar kunjungan kesana deh :)

sebenarnya banyak candi di pulau jawa ini, dan banyak juga yang belum dikenal oleh orang, selain itu banyak juga candi yang sudah rusak,

kalau saya amati Arsitektur Candi Kidal memiliki bentuk khas budaya Jawa Timuran, dengan latar belangkang candi Hindu memang perlu di tinjau kesana....

ada makam abu juga ya mas?
Btw

"....Secara keseluruhan bangunan candi memiliki ukuran panjang 10,8 meter, lebar 8,36 meter dan tinggi 12,26 meter. Bagian dalam candi merupakan ruangan kosong yang dulunya terdapat arca Dewa Siwa, sayangnya arca setinggi 1,23 meter tersebut diduga saat ini berada Royal Tripical Institute, Amsterdam..."

kok arcanya bisa nyasar kesana ya mas???

pas nih kapan-kapan saya mau main ke candi kidal setelah itu mampir ke asrikaton

sebetulnya aku baru tau mas kalo dimalang juga ada candi, boleh juga nih dimasukin list kalo-kalo nanti kemalang lagi hehe

Iya kayaknya kalo ke malang perlu tuh ya mengunjungi Candi Kindal.. Kalau secara historynya dulu, berarti fungsinya rada mirip dengan Piramida di mesir ya mas.. ? :)

Usianya sudah 8 abad ya, Pak.
Pengen juga sesekali ke candi tapi di daerah saya tidak ada. Dulu pernah ke candi Borobudur tapi sudah lama sekali.

Di Kota MALANG Ternyata ada Candi juga ya Mas Wong? baru tau saya Mas sueer :)

Kapan sayah bisa melancong ke Kota Malang itu ya ..?

Betul ya Mas, terutama di pulau Jawa bagian timur, candi masih banyak

iya sudah lama benget, candi borobudur paling terkenal

ya mirip-mirip gitu dari fungsinya,
kalo mas diar mirip siapa? :)

banyak mba candi dimalang, kan dulu pusat kerajaan juga

tepat sekali mas :)
khas jawatimuran

ada yang jaganya dan raji ngerawat
silahkan dikunjungi mas kalo ke malang

silahkan mas, pake jet pribadi juga boleh :)

kalo kadal kan jadi nama binatang, nggak enak kedengerennya :)

tempat pendarmaan / makam abu jenazah raja anusopati

mas marnes kalo mau bantu silahkan, bisa ngambil sift pagi :)

lagian nggak ada tangannya mas mus :)

banyak mba, meski nggak sebanyak dan sebesar di jateng

Banyak banget yang membuat penasaran untuk dikunjungi euy, salah-satunya peninggalan sejarah kebudayaan hindu diatas yang cukup menarik untuk dikunjungi :D

Haha.. malah mirip-miripan ini toh

Untuk sekali ini, setuju deh. Setrap aja haha..

Aq lho asline deket sam, tp kok malah belum pernah ke sana.hiks

begitu toh tulisannya saya kira sumbangan begitu

Ternyata banyak juga Candi di Indonesia yah, nggak cuman Candi Borobudur

kalau dari posisi gresik ke Malang tempat wisatanya masih jauh mas

Mantap banget tempatnya. Jadi pengen kesana nih :)

Dari namanya ada kidal dicandi
Apa pembuatnya tangan kiri

Tapi tempatnya asri
Walau ada mata melototi...

ternyata ada juga candi yang kidal, menurut mitos kalau orang kidal biasanya pinter berhitung loch...jadi...gimana. coba?

Mirip bapak saya dong hahahahahahahaha wkwkwkwkwkwkw :)

Wah, paling senang kalau lihat candi yang terawat baik, bikin betah. Semoga semakin banyak tempat-tempat bersejarah lain yang terawat, ya. Oh, iya kenapa ya namanya candi Kidal? Hihihi :)

aq komen dibawah kelihatan nggak ya

Lha Cus Yang Kidal apanya hahahaha

Kalau Orang Cedal Agak susah Berbicara

Ah ga semua candi Gersang Mbak Pita, Candi di Tempat Saya Adem Semua. Di kaki gunung masalahnya

Waduh Di Plototi
Idih.. Aku Ngeri
Aku dadi wedhi

Semoga saja Sebagaimana Harapannya Situs-situs bersejarah Terjaga Semua tanpa ada tangan Jahil Mengusiknya

Yang Mana Saya ndak lihat Tuh..

@Indi, mungkin karena berada di desa rejo kidal
@masmus, smoga, mari kita lestarikan

silahkan dikunjungi candi kidal malang ini

deket mas, paling 4 jam perjalanan :)

betul mas, di jawa timur termasuk banyak candi

lha kok iso sam, kapan budal.. :)

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top