Goa Tetes, Lumajang, Jawa Timur

lokasi goa tetes lumajang jawa timur
Goa tetes merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Lumajang. Lokasi Goa Tetes berada di desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, tidak jauh dari perbatasan Malang dan Lumajang.  Dari pusat kota Lumajang jaraknya sekitar 53 km, sedangkan jika di tempuh dari kota malang sekitar 68 km. Akses jalan ke Goa Tetes dari kedua kota tersebut relatif sangat mudah, yaitu melewati jalur lintas selatan Malang – Lumajang.


Memasuki area wisata Goa Tetes, kita melewati gerbang masuk yang hanya bisa diakses dengan sepeda motor atau jalan kaki. Untuk mobil di parkir didekat perumahan penduduk sekitar jalan raya Malang-Lumajang. Dari gerbang masuk di pinggir jalan raya ke pos tiket masuk jaraknya sekitar 500 meter. Dari sini perjalanan hanya bisa dilakukan dengan trekking jalan kaki. Untuk sampai ke Goa Tetes masih menempuh jarak  tidak kurang dari 2 km lagi.

gerbang menuju goa tetes
Gerbang Masuk dari Jalan Raya dan Loket Tiket Goa Tetes


Trek jalan yang dilewati berupa jalan setapak landai, selanjutnya berganti dengan tangga berundak dengan kemiringan yang cukup curam. Mendekati Goa Tetes, jalan semakin sulit, karena harus meniti tebing karang yang selalu dialiri air. Lintasan yang dilewati menjadi lumayan licin, jadi mesti melangkahkan kaki dengan sangat hati-hati.

panorama goa tetes lumajang

stalaktit goa tetes

Sampai di areal wisata Goa Tetes, langsung terhampar panorama eksotik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Disini terlihat aliran air dari atas mengaliri areal tebing,  dengan deretan goanya. Mungkin inilah yang menjadikan tempat ini dinamakan Goa Tetes. Goa yang ada disini memang selalu meneteskan air dari atas, sehingga untuk memasukinya pengunjung harus berbasah-basahan. Di dalam Goa Tetes bisa kita temukan stalaktit dan stalagmit unik dengan ragam warnanya.

Untuk menikmati panorama Goa Tetes, pengunjung dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Sedangkan biaya parkir sepeda motor juga sama Rp. 5.000, per sepeda motor.

trek dari goa tetes ke tumpak sewu

jalur ke tumpak sewu dari goa tetes
Jalan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu
Menuruni Tebing Goa Tetes dan Menysuri Sungai

Kawasan wisata Goa tetes sangat menjanjikan bisa dijadikan sebagai lokasi wisata unggulan jika dikembangkan potensinya lebih maksimal lagi. Seperti perbaikan akses dan pembangunan fasilitas pendukung lainnya. Bahkan dari Goa tetes ini sebenarnya terdapat jalan akses ke Air terjun Coban Tumpak Sewu, yaitu dengan menuruni tebing yang ada dibawah Goa Tetes. Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri aliran sungai kearah hulu sejauh 1 km. Memang lumayan ekstrem jalurnya, tetapi akan sangat menarik bagi penikmat alam.

Sumber: Goa Tetes Lumajang, Jawa Timur
87 Komentar untuk "Goa Tetes, Lumajang, Jawa Timur"

keren gan, banyak sekali pemandangan alam yang bisa dinikmati disana

Memang sih ada baiknya tempat wisata itu harus memperhatikan juga fasilitas dan akses jalannya agar menambah daya minat pengunjung juga.
kayanya kalau ingin berkunjung kesana meski bawa baju salin biar gx masuk angin karna basah"n ya mas? :)

saya mau bilang serem apa indah ya mas. guanya itu loh bercucurkan air terjun. kaya di tv.
bagus nih buat suting flm subata dari gua hantu 2015

ya harus bawa obat herbal mas yang anti angin itu

Seru ni tempatnya mas. Penasaran bangat saya.
Pintu gerbangnya siapa yang bikin mas? ada namanya wongcrewchild di situ ya :)

Masya Allah, itu daleman goanya cakep bener mas...

Ini yang saya liat di acara tv kemarin...mantap emang tempatnya

Bih! Sumpita keren banget..

Emang kayaknya di sekitar malang-lumajang banyak banget wisata alamnya.. Subhanallah..

Keren banget
Kapan ya bisa ke situ :(

Baru tau saya Mas Wong kalau di Lumajang ada Goa Tetes itu..

Betul ya Mas Poniran,, dan saya Paling suka sekali dengan Keindahan Goa apalagi pemandangan di sekitar goa nya yang sangat Fantastic :)

Gimana kalau kita ke Goa Tetes sambil Foto-foto... sambil bawa pacar lebih asyik lagi tuh Mas+Mas

Mas Kamera sampean di bawa gak? Fotoin saya di Bibir Goa Tete s itu siap gak?

Aapa sayah harus ngaku disini ya Mas.? ah malu ah sama Mas Wong heheheh

Semoga kapan kapan Mas Suhendri bisa berdarmawisata ke Goa Tetes itu ya Mas amin :)

Cantik ya Mbak Arum Goa nya.. bisa foto bareng saya mau gak Mbak? buat kenang kenangan :)

Masa Sih Mas Wahab?. koq saya gak lihat sih..?

Goa apaan tuh Mas maksud nya.? hhh :D

mulai deh, awas jangan macem-macem ta' bilangin ibu'e baru tau rasa deh :D

Padahal tetesan airnya banyak ya, mustinya jangan goa tetes atuh kalo netesnya dikit baru pas dinamakan goa tetes heheeee...

gak gaul sih :D kan dirumah juga ada goa tetes mah :D

emang gak takut mas? ntar dicipok basah sama ntu bibir goa tetes gimana coba?

jalan-jalan terus,makin mantab travel blogger nya kang :D

hmm...indah banget panorama goa tetesnya sam.
cocok buat semedi

test test test
jadinya goa tetes

walaupun menempuh perjalanan yg lama dari Gerbang masuk menuju ke Goa Tetes Lumajang pasti akan terobati dengan pemandangan dan panorama yg indah dari Goa tetes ini ya Kang .. :)

Iya liat foto-fotonya bikin jadi menyebut asma Allah mas, bener indah ya Goa tetes.. tiket masuk sama biaya parkirnya sama ya 5000, jadi motor sama manusia disamakan aja ya, hehehehehehehe :) Goa tetes di kabupaten lumajang mantabs... :)

Gua yang indah apalagi ada air terjunnya memang bener eksotis banget

Pengin main ke Goa Lumajang saya nih Kang, anterin ya. Tapi baru rencana sih.

Makanya bawa handuk untuk lap nanti

Lumayan mas kalau buat pengakuan di sini mumpung gratis

memang tahu dalemnya goa itu mas....

pemandangan nya sangat indah ya mas apalagi dengan air terjun nya indah banget ...

Wong crewchild ini penjelajah sejati hampir setiap kota di jawa timur sudah pernah di jelajahi. jadi kalau ingin berwisata blog wongcrewchild menjadi informasi pemandu wisata di jawa timur asik sekali lanjutkan gan

jgn ah mas bahaya nanti kepeleset. atao ksurupan nanti

saya ga di bawa mas. di cuekin di pintu gerbang asungnya doang. hahaha

kalo cor cor namya goa cor cor

bagus bagus eh mas :D. mau liat didalam goanya eh :D. btw itu di tempat pendaftaran ada tulisan wongchild, kayanya mas wongyang punya ini

Tempat wisata yang dapat dijadikan pilihan utama untuk berekreasi bersama keluarga, mas...

Mantap tempat wisatanya, sangat cocok nih buat menghilangkan penat dan kebisingan kota

Wah ini tempat usahanya mas Wong ya.. Itu di tempat karcisnya ada nama wongcrewchild...sangat indah sekali pemandangan gua tetesnya, karena Di dalam Goa Tetes terdapat stalaktit dan stalagmit yang unik...

Ya blog mas wong ini menjadi salah satu inspiratif Destinasi Wisata Terindah Indonesia

cocok uda, bawa keluarga siapin bekel nasi makan bersama :)

makasih mas, biasanya sambi lewat.. :)
monggo kalo ke jatim siap nemenin

iya neng, hati menjadi bahagia kalo disana :)

siap bang Indra,
kabarin ya kalo beneran mau kesana, mas yanto juga mau tuh :)

kalo masuk goa jadi lebih adem :)

doain bisa ke luar negeri mas :)

biarin aja mas, biar seneng kang saudnya

iya silahkan, sepuasnya gratis ngaku

pengalaman masuk goa rupanya, apa becek juga seperti goa tetes?

kayanya patut di Coba wat Backpacker :D

saya ma jomloh mas, mas saud kan abegeh pasti punya banyak kenalan yaa? minta atuh :)

perjalannannya cukup jauh ya mas, tapi kepuasan pas sudah sampenya itu gk sebanding capenya mungkin. mungkin bisa masuk daftas wisata kalau liburan

Wah mantep bangey nih gan, Lihat airnya biru gitu pasti sueger deh kayaknya .. Tunggu ya gan suatu saat ane bakalan ngetrip kesono :D

Lihat gambarnya asyik, apalagi jika langsung kesana bisa menikmati pemandangan, kayaknya fresh banget

Butuh referensi lain, kunjungi blog saya gan... makasih

http://sahabatarjun.blogspot.co.id/2016/08/petualangan-ke-goa-tetes-dan-tumpak-sewu.html?m=1

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top