Masjid Tiban Turen, Malang, Jawa Timur

lokasi masjid tiban turen malang
Lokasi Masjid Tiban atau Masjid Ajaib terletak di desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Masjid Tiban Turen sekitar 25 km dari Kota Malang arah ke selatan, dapat ditempuh selama kurang lebih 45 menit. Rutenya dari kota Malang lewat pasar Gadang – Bululawang – Desa Sananrejo – Masjid Tiban Turen.


Dijuluki Masjid tiban karena menurut mitos yang berkembang di masyarakat, bangunan ini dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam. Dan tanpa sepengetahuan warga sekitar, tiba-tiba muncul begitu saja. Tetapi yang sebenarnya, Masjid Tiban ini merupakan bangunan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Dan bangunan megah tersebut dibangun seperti pada umumnya membangun sebuah gedung. Bahkan jangka waktu pembangunanya memakan waktu yang cukup lama.

Terkesan muncul secara tiba-tiba dan dianggap ajaib adalah karena warga sekitar tidak tahu tahap pembangunan bangunan megah tersebut. Ini dikarenakan proses pembangunannya dilakukan oleh para santri di lingkungan pondok. Jadi wajar jika masyarakat tidak mengetahui dan menganggapnya sebagi Masjid Tiban atau Masjid Jin atau Masjid Ajaib, karena tiba-tiba sudah berdiri megah.

masjid tiban ajaib di turen malang

Alamat masjid Tiban Turen atau Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) tepatnya berada di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur No. 10, RT 07 / RW 06, Sananrejo, Turen, Malang 65175. Didirikan oleh Romo Kyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kyai Ahmad, yang mulai dirintis sejak tahun 1963. Nama Pondok Pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) memiliki arti, Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat.  

Terlepas dari mitos Masjid Tiban atau Masjid Jin, sekarang Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) telah menjadi salah satu tujuan wisata religi di Malang dan sekitar. Bahkan sudah banyak orang yang datang dari berbagai penjuru nusantara, hampir setiap saat ada yang berziarah ketempat ini.

fasilitas masjid tiban turen malang
Pusat perbelanjaan, terkesan seperti sebuah mall

Bangunan pesantren yang memiliki 10 lantai ini, tidak hanya difungsikan untuk keperluan ibadah saja. Tetapi berfungsi juga sebagai sarana hajat hidup warga sekitar, bahkan disediakan fasilitas layaknya tempat wisata dan pusat perbelanjaan bagi pengunjung. Seperti di bagian lantai dasar terdapat aquarium dengan beragam spesies ikan, di pelihara juga berbagai jenis binatang.

bentuk unik masjid tiban turen

gambar masjid tiban turen malang
Beberapa ornamen pada bagian Masjid Tiban

Sedang di bagian lantai yang lain dibuat stand-stand untuk menjual beragam aneka souvenir dan kebutuhan rumah tangga. Yang paling menarik dari pondok pesantren ini sudah tentu seni arsiteksturnya. Secara kasat mata bangunan megah ini merupakan perpaduan seni arsitekstur dari berbagai negara, seperti Arab, China, India dan lainnya. Terdapat kubah-kubah berukir kaligrafi Arab dengan warna mencolok dominan biru, nampak begitu indah.

keunikan masjid tiban turen malang
Terdapat stalaktit dilangit-langit, serasa di dalam goa

Ornamen lain pada setiap ruang juga sangat unik dan tidak biasa. Hampir setiap bagian memiliki desain yang berbeda. Ada bagian yang layaknya ruang kerajaan lengkap dengan singgasanya, bahkan kita bisa menyaksikan stalaktit seperti di gua-gua di rungan lainnya. Bagian atas bangunan dibuat mirip sebuah bukit, dari atas ketinggian ini kita bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar ponpes menjadi semakin eksotik.

Bermainat dan tertarik? Silahkan Kunjungi Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah), bukan Masjid Tiban atau Masjid Jin.

Sumber:
Masjid Tiban Turen Malang
89 Komentar untuk "Masjid Tiban Turen, Malang, Jawa Timur"

Melihat ornamen Masjid Tiban di Turen Malang ini, budaya Islam tidak terlepas dari budaya Arab, Cina, dan India, mas Wong...

Subhanallah indah sekali masjid dan ornamen yang ada di dalamnya mas..

Masjidnya keren dan indah banget mas wong, udah gitu langit-langit masjidnya kayak bentuk goa yah...

mas stalaktit dilangit-langit ga jatuh ke kepala kah itu.

hebat juga membangunnya sampai tidak diketahui warga sekitar. memang bener di bangun jin kali mas. hehehehe

waaahh masjidnya bagus ya mas hehe hebat juga sampe ada mitos dibangun semalam gitu

www.sabrinamaida.com
@sabesabrina

pengen deh berkunjung kesana, soalnya sempet denger dari para ibu2 katanya ada mesjid jin, ternyata ini ya, megah banget

Padahal pengen banget kesini, tapi belum pernah sempat -_-

memang mantab di masjid tiban ini mas, alhamdulillah tahun kemarin saya sudah studitour sama anak-anak kesana

masjidnya megah bgt ya sob, saya pertama kali lihat di youtube, memang bener2 bagunanya besar dan megah, jadi pengen kesana :D

Masjid yang mengagumkan, kapan bisa kesana yah ????

Masjid yang memuat banyak sejarah keislaman ya...mas ..siiplah

sungguh indah banget...pilar pilarnya artistik

saya bingun kenapa pembangunan mesjid segede itu masyarakat tidak ada yang tau. kan mungkin lama juga selesainya ya. pada tiduran mungkin ya selama pembangunannya

keren langit-langitnya kaya di goa

Masjidnya megah sekali ya, akapan bisa ke situ yah!

mempesona sekali,,kalau kesana mau ngampirin enggak sam ? :D

mitos yg berkembang dan juga saya denger memang masjid ini dibikin dalam 1 malem loh sam.

Salah satu tempat wisata di Malang mas ya...

jadi pengen juga mengunjunginya

bentar mas jawabannya, orangnya lagi kebalakang dulu

makanya pake kupluk, nggak takut kejatuhan kepalanya

ya mungkin supaya memiliki daya tarik, kenyataan sekarang jadi rame banget

silahkan mba defa, supaya nggak penasara dengan masjid jin :)

wah sudah mengad=gumi keindahannya langsung ya kang, cocok buat study tour anak-anak sekolah

silahkan mas, pasti menarik, banyak hal yg diluar perkiraan

namany juga masjid jin mba ... :)

masyarakat dalam radius tertentu mas, klo yg sekitar ya pasti tau

boleh mas, kalo lewat jakarta ya :)

iyo, namanya juga mi tos :)
di pakis malah ada mi setan

betul mas.. dan masih banyak lagi yang lain

monggo mas, kan deket dari temanggung :)

Kena harga tiket masuk kagak ? masji tiban, seperti nama dikampungku. Dikira jin yang buat :)
Tapi ornamennya mirip atau niru gaya tiongkok ya ?
Pengen mondok disana, biar tambah ilmu agamanya.

Kena harga tiket masuk kagak ? masji tiban, seperti nama dikampungku. Dikira jin yang buat :)
Tapi ornamennya mirip atau niru gaya tiongkok ya ?
Pengen mondok disana, biar tambah ilmu agamanya.

Memeng Fewnomenal ini masjid Kemahzuranya sudah lumayan lama mengema sampai tempat saya Masjid tiban yang sak dek saknyet dadi layknya Nabi Sauleman membangun majid. begitu yang sering di bicarakan Wong-wong Nang Ngon kue

Budaya Jawa malah tak terlihat apa ya?

Itu Langit langit Asli Stalaktit loh Suer ewerewer

Arsiteknya siapa ya Kang ? ... bagus dan unik sekali bentuk Masjid nya, ternyata yg membuat adalah Para Santri yah.. keren Kang, jadi ingin kesana melihat langsung kemegahan Masjid Tiren Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah :)

Baru tau saya mas wong kalo ada masjid tiban seperti ini.. Allohu akbar..

tiket gratis mas, bebas masuk
ornamen perpaduan berbagai budaya nampaknya
boleh juga tuh mas mondok disana, cuma kalo saya perhatikan kayaknya santrinya sedikit

mesjid nya unik juga mas, kalo ditempat saya belum ada yang seunik ini, boleh juga nih saya kunjungi kalo liburan ke kota malang :)

Ornamennya benar-benar indah di masjid ini, mas

Unik sekali ya mas mesjidnya, di batam ada juga namanya tiban, tak kiraen mas kebatam, hahahahha
eh ternyata di malang

Masha Alloh indahnya rumah Alloh banyak pernak-pernik di setiap dinding mesjidnya :G

bukan sembarang kupluk gitu mas? :)

masa sih mas 10 lantai warga tidak mengetahuinya?
mungkin bener juga ada bantuan dari alam ghaib :)

Mesjidnya unik.. Jadi pengen kesana..Mesjidnya unik.. Jadi pengen kesana..

Ini pernah masuk acara tv siraman rohani mas :D
waktu itu juga dibahas mitos mitos dan kebenarannya...
memang sangat unik tak kalah dengan masjid Agung yg ada di Semarang :D

Megah dan unik ya mas, rasanya kalau ada kesempatan pengen berkunjung kesana :D

Kupluk sakti kayaknya cuma satu, yang diatas tuh yang punya haha..

Saya kapan ya, jadi benar-benar nambah penasaran untuk dapat mengunjunginya euy :D

saya yg di malang bahkan belum pernah ke sini mas wong... hiks hiks

mas yanto pernah ke sana ta?

Mitos itu berkembang saking megahnya bangunan masjid itu kayaknya mas ya.. Iya ornamennya syarat dengan banyak budaya ya arab, gujarat, cina.. Sangat tertarik sekali ya untuk pergi ziarah ke sana, atau untuk sekedar liat ornamen-ornamen yang tingkat seninya bagus ya... Selain wedang, malang juga punya masjid yang history ya hehe yaitu masjid jin hehehehehehehehehehehehehehehe :)

kapan neh mas diar ziarah kemari, ntar disuguhin wedang ronde

silahkan mas, supaya nggak penasaran dengan masjid ajaib, mampir juga boleh :)

nah jadi penasaran dengan masjid agung semarang.. yo opo mas

silahkan kesana... silahkan kesana.. mas :)

ya mitos seperti itu, klo sekitar ya pasti tau, paling tetangga jauh :)

jadi penasaran mesjid tiban di batam

silahkan mas, sekarang aja liburannya :)

nggak sempet nanya ke pengelola pondoknya :)

iyo mas, jadi mitos dikalangan masyarakat

heu, kalau gx semegah itu sih saya juga percaya mas kalau warga sekitar tidak mengetahui waktu dibangun. :)

Subhanallah indah banget masjidnya

Seru mitosnya hihihi... waa lengkap ya fasilitasnya...

unik bangunannya... saya baru sekali kesana
Yang mantap jajanan Jemblem-nya gueede banget

Kesan pas kesini, mlongo, cengo, takjub, dan... aahhh gatau lagi musti diungkapkan pakai apa, sungguh indah rumah Allah yang satu ini,bikin ketagihan pengen kesana terus deh

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top