Oro-Oro Ombo Gunung Semeru

jalur pendakian gunung semeru oro-oro ombo
Jalur pendakian Gunung Semeru banyak memiliki spot menarik untuk dinikmati oleh pendaki. Salah satunya  adalah hamparan sabana luas yang dikenal dengan sebutan Oro-oro Ombo. Oro-oro Ombo lokasinya terletak  setelah Danau Ranu Kumbolo dan Tanjakan Cinta, atau sebelum Cemoro Kandang. Kira-kira 11 km dari Ranu Pani, pintu masuk jalur pendakian Gunung Semeru. Dengan menempuh waktu sekitar 5 jam perjalanan trekking jalan kaki.

jalan menuju oro-oro ombo
Lokasi Oro-Oro Ombo setelah Ranu Kumbolo dan Tanjakan Cinta

jalan ke danau ranu kumbolo
Danau Ranu Kumbolo dilihat dari puncak Tanjakan Cinta

Kawasan sabana Oro-oro Ombo menyajikan panorama menakjubkan, terutama saat bunga Verbena Brasiliensis Vell mekar. Pohon bunga setinggi dua meter ini, terhampar menutupi sebagian area Oro-oro Ombo. Banyak pendaki yang menyangka bunga ini adalah unga lavender, karena bentuk dan warnanya yang mirip. Jika sedang berbunga, warna ungu akan mendominasi kawasan Oro-oro Ombo. Saat berada disini serasa sedang berada di sebuah taman bunga yang hanya ada di Eropa.

lokasi oro-oro ombo gunung semeru
Oro-oro Ombo Jalur Pendakian Gunung Semeru

trek pendakian gunung semeru melewati oro-oro ombo
Trek Pendakian Menyisir sisi Perbukitan Oro-oro Ombo

lokasi bunga lavender di gunung semeru
Bunga Verbena Brasiliensis Vell yang mirip Lavender

Memandang hamparan bunga berwarna ungu di Oro-oro Ombo, seolah menjadi obat penawar lelah setelah mendaki tanjakan cinta yang menguras tenaga. Siapapun saat tiba disini, pasti akan betah berlama-lama menikmati karya Tuhan yang tiada duanya. Bagi bro & sis yang mau eksis dan narsis dengan tongsis, tempat ini top abis.

Sumber:
Oro-Oro ombo Gunung Semeru, lumajang, Jawa Timur
91 Komentar untuk "Oro-Oro Ombo Gunung Semeru"

indahnya danau rambu kumbolo, bunga bunganya bagus mas, kirain lavender, ternyata Verbena Brasiliensis tumbuhan asli amerika itu ya mas wong..

betul teh, kata mbah google dari amerika :)

woow saya juga mengira itu buinga lavender mas, ternyata bukan ya? :D
panas-panas gini enak kayanya kalau cuci muka di ranu kumbolo..heu kapan ya bisa ke semeru..huft

Saya selalu bermimpi bisa kesana mas, tapi sampai sekarang belum kelakon juga mimpinya hehe
Melihat foto-fotonya sepertinya objek disana indah banget. Benar sekali kalau dikatakan seperti taman yang hanya ada di Eropa :)

Ms kabarny ada satu spot yg angker y di situ di ranu kumbolo ap y

aku kira dulu juga bunga lavender kayak di tv itu mas, ternyata bukan to

Mask sih Asli Amerika sana Katanya itu di Semeru Jadi bingung aku jadinya. gunung Semeru ada juga di amerika gitu ya?

Namanya Oro-oro Ombo tapi di gambar kok SakKilan Raono yo Cak yo?

bunga Verbena Brasiliensis maksudnya mas, aslinya dari sana, katanya dibawa masa kolonial dan di biakkan disekitar semeru

Gampang Mass Sebelum Tidur Bayangin Terus Keidahanya Nati Bakal kesampain Mimpi Kesana

Ow begitu ya ngrti sekarang saya maksudnya

wah mau dong jalan" ke semeru

Yuhuy.... !! Aku sudah pernah mendaki ke semeru.. waktu baca ini jadi ada kebanggaan tersendiri.. hahaha..
Iya banyak yang bilang itu lavender padahal kan di bungkusannya obat nyamuk jelas beda ya... sayangnya kemarin waktu kesana warna bunga coklat jadi kurang berasa wow gitu...

BTW baru tau kalo itu namanya oro oro ombo.. hehehe

wah terpesona sama danau ranu waktu liat di TV..

hmm indah banget nih oro2 ombo ini buat narsis sam.
kapan ya saya bisa berkunjung kesana

oro oro ombo yg saya tau cuman daerah utaranya stasiun kota baru ngalam sam :D

saya terpesona liat mbak fitri

kalau sama mbak pratiwi mana ada tempat angker coba?

Jadi ingat film 5 cm nih pemerannya herjunot ali yang ganteng bingitsssss :D

subhanallah sangat wonderful mas, begitulah keistimewaan yang allah berikan :)

sebenarnya masih banyak ya mas keindahan alam indonesia yang tak kalah dengan negara-negara lain didunia

aduh aku sudah ga aktif lagi untuk mendaki kayak gini, sudah ga kuat lagi mas kaki kiri saya.hehe

jalur pendakian tidak terlalu extream seperti pendakian gunung biasa'a :D

itu tuh namanya bunga Verbena Brasiliensis Vell baru tau sayah.
indah ya pemandangannya.
di tanjakan cinta ada apa kang

Ada tanjakan cinta juga,,,,tikungan sayang ada gak mas,,,,

indahnya pemandangannya mas the best memang pang Indonesia nih

Lama-lama ada turunan kenangan mantan....
wkwkwkw

kalau ke semeru ajak ajak saya mas, saya ingin ikut dong :(

Hehehe, iya tempatnya setuju top abis mas.. denger-denger pas tanjakan cinta gak noleh ke belakang ada maknanya ya mas.. tapi saya lupa lagi, tau di film 5 cm, ada adegan jangan noleh ke belakang biar cintanya gimana gitu, lupa lagi beneran... Iya indah panoramanya ya.. :)

Habis di gunung kelud kembali lagi ke gunung semeru kayaknya admin blog ini tinggalnya di gunung semeru soalnya setelah saya perhatikan yang di share kebanyakan dari gunung semeru :D.

Gunung semeru semakin terangkat namanya setelah film 5 cm kemarin mendulang sukses ya mas...

haha, emang ada yah gojek yang kesana?

Memandang danau nan cantik
Banyak yang bisa dipetik
Keindahan yang menarik
Kawasannya juga unik...

makanya tugas para seni tulis dan seni-seni lainnya untuk mengenalkan negeri tercinta ini

Bang Zafran!
adeh jadi pngen kesana, uda lama banget enggak mendaki gunung melewati lembah sungai-sungai yang indah bersamudera....

mas itu beneran kalau tanjakan cinta enggak boleh liat kebelakang kalau dipanggil ya?

Biasanya bunga Verbena Brasiliensis Vell itu mekarnya di saat kapan, Mas?

gunung semeru malah rute paling ekstrem loh

kayaknya cuma gue yang belum pernah mendaki *sedih*

jalan2 mulu, Sammm ... uhuyyy

Oro-oro itu danau yang serem kalau istilah orang jogja.

Film itu benar-benar menginspirasi ya mbak. Saya suka film itu hehe

Weh pemandanganya sunguh menakjubkan, sangat indah dan menawan ya, rasanya pengen saya kesana.

dulu sering banget denger cerita ttg ranu kumbolo dan sekitarnya dari temen2 pecinta alam.. bagus ya ternyata

indah banget ya kang pemadangan di sekitar Oro-oro Ombo gunung semeru... serasa berada dimana gitu klo lewat Oro-oro ombo...

Dari dulu pengen muncak tapi belum pernah kesampaian :-/

Keren, mas rajin banget jalan-jalannya :D

saya pasti terkesan dan sangat takjub jika urusan dengan pendakian, apalagi pendakian ke Gunung Semeru, tahun 1995 pernah mencoba tapi ngga pernah sampe, dan tak pernah berani untuk kembali mencoba, jadi mana tau saya ada oro-oro ombo tea atuh kang

hahahaha, jadi kebayang film 5cm aku mas.
dilihat dari penampakan foto nya indah banget ya mas pemandangan disana, jadi pengen kesana tapi ga ada temen yang punya pengalaman mendaki gunung.

Danau nya asyik banget kalau buat bikin kemah memangnya bisa mas menginap didanau tersebut? Tuh digambarnya banyak kemah

Gak bosen2 baca cerita keindahan Semeru.

Eah menarik ceritanya mas, ttp disini saya menemukan kok ada tanjakan cinta , sayA sempat berpikir tanjakan cinta? Maksudnya apa ini, hi...hi.hi.. Jadi kemana2 ni mikirnya....

Keren mas Wong, ingat Semeru, ingat waktu zaman sekolah dulu..
berkemah dekat ranu kumbolo, menikmati kabut dan mentari pagi..

pernah ngecamp juga di Ranu Kumbolo mas boku... top

itu tanjakan setelah Ranu kumbolo
mitosnya klo sedang mendaki tanjakan tersebut tidak boleh menoleh kebelakang, sambil neriakin pasangannya, maka ia akan jadi jodohnya..
makanya dinamakan tanjakan cinta

makanya dijadwalin tiap hari kunjung kesini ya :)

nah itu banyak banget yg kemah disitu, lokasi ini justru paling favorit bagi pendaki untuk ngecamp

jauh lebih asyik dari yg terlihat di film 5 cm

tiap hari jalan-jalan mas, minimal di depan rumah :)

cape mas, enakan dirumah aja :)

tempatnya selalu bikin kangen untuk dikunjungi lagi

saben dino jalan-jalan mas, minimal meto seko omah :)

mendaki tangga dirumah aja mas :)

bukan kalo dipanggil
kalo mendaki tanjakan cinta nggak boleh nengok kebelakang sambil teriakin sang kekasih, mitosnya akan berjodoh

wah top, cewek petualang keren
sampe mahameru mba arum?

mangkane kesono lagi aja mang, supya tau oro-oro ombo :)

prikitiewww inget anak dirumah kang

kayaknya nggak bakalan kesana sam :)

halah, itu mah tiap hari dilewatin

herjunot kembaran saya neng ai :)

jadi harus kita syukuri dan nikmati ya mas

betul mas pon, ribuan destinasi masih blom tereksplorasi

nah itu tukang gojeknya lagi berangan2

mesti ditelusuri semua kayaknya

iya mas, nanti saya kirim telegram :)

biar jodoh dan langgeng mitosnya

berarti saya termasuk ya mang, mestinya dikasih penghargaan :)

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top