Kuliner Lezat di Bali

sate ayam lilit khas bali
Tempat wisata kuliner di Bali yang menawarkan hidangan lezat banyak dan mudah ditemukan. Hampir di sepanjang jalan beragam jenis kuliner tersedia. Ada satu jenis kuliner yang pengin banget dinikmati, yaitu sate ayam lilit khas Bali, sayang keinginan tersebut belum sempat terpenuhi. Selain waktu yang tidak ada, juga kebanyakan kuliner yang ditemukan umumnya berbahan dasar babi. Meski ada juga beberapa warung atau restaurant yang membubuhkan muslim atau halal sebagai pembeda. Jadi selama di Bali merasa lebih nyaman makan makanan rumahan saja. Lain kali mesti cari referensi tempat wisata kuliner halal di Bali saat berkunjung kesana.

kuliner khas bali

kuliner khas bali
Bakso Celeng 100% Haram

Saat perjalanan pulang, sempat tertarik warung bakso di pinggir jalan. Lokasi sekitar 200 meter sebelum Kebun Raya Eka Karya. Maklum kalau di Malang bakso sudah jadi santapan harian, jadi saat di kota lain selalu ingin merasakan citarasa khas baksonya. Nah saat mendekati warung bakso tersebut dan melambatkan mobil yang kami kendarai, baru jelas menu bakso seperti apa yang disajikan. Niat untuk turun akhirnya kami batalkan, karena dari papan iklan warung menyolok tertulis:  ‘JANGAN TENGOK KE KIRI, BAKSO CELENG 100% HARAM’. Haha, unik banget papan iklan warungnya, kalau di di tempat saya halal yang di tonjolkan, disini malah sebaliknya.

warung babi di malang
Warung Anugrah dengan Gambar Babinya

Bagaimana sobat, masih tertarik menikmati kuliner unik diatas? Jadi teringat saat berkunjung di salah satu desa bagian selatan Malang. Karena lapar sebuah warung di pinggir langsung saja kami samperin. Dari nama warungnya tidak ada yang aneh ‘WARUNG ANUGRAH’, nah saat diperhatikan lebih dekat ternyata terpampang gambar babi juga dipapan nama warung. Batalah niat untuk makandi warung tersebut.

kuliner khas bali
Sate ikan laut khas Penyabangan

Sate ayam lilit khas Bali belum sempat merasakan di tempat asalnya, menikmati bakso citarasa Bali juga tidak jadi. Untuk mengobati lidah yang merana, sate ikan laut khas Penyabangan solusinya. Sate ikan laut ini rekomendasi dari teman, yang menyarankan supaya mampir kerumahnya. Jadi menu sate ikan laut ini tidak bisa ditemukan diwarung-warung pinggir jalan, karena hanya disediakan oleh teman sebagai hidangan rumahan.  Hehe, gratis tinggal makan.

Sumber:
Lokasi wisata kuliner di Bali
Gambar 1 screenshoot google page one
106 Komentar untuk "Kuliner Lezat di Bali"

Ini kayaknya saya pertamax mas, witwiw, hehehehehe :)

Lezatnya kuliner pertamax di Bali. hehe

Haha luput pertamax saya, beda di menit doank. :D

Aduh kasihan gak sempet nyoba sate ayam lilit khas bali ya mas, sama dong saya juga, wkwkwkw, weiss tapi dapet makan gratisan tuh ya sate ikan laut... kalo sate celeng mendengarnya juga rada mual nih ya,,,, :)

waduh itu kok papan ilkannya unik ya mas, baru denger dan liat nih yang kek ginian... hehehe..
sesekali datang dong ke kota Padang mas, banyak juga yang buat disantap enak2 mas,,...

Salut buat apa yang sudah dilakukan pedagang pertama diatas yang menjelaskan bahwa bahan baku bakso nya terbuat dari bahan baku yang tidak dikonsumsi saudara nya yang muslim. Jadi tidak hanya berorientasi mendapat untung yang sebesar-besar nya saja, namun lebih kepada saling menghormati dan menghargai antar umat beragama. Dua jempol buat pedagang nya :D

dapat hadiah piring cantik dari museum inggris

gelasnya sekalian diambil, sendokanya nunggu dibawah saya yang bawa

yang gratisan lebih menarik :)

asyik neh sudah disiapkan kuliner khas padang, klo disini seringnya ke rumah makan padang, nikmatin rendangnya

betul mas, jadi jelas statusnya :)

Kalau sudahnyoba sate lilit khas Bali yang halal enak bener tuh kasng. Apalag i dengan kuliner lezat di bali lainnya, tentunya di sana juga banyak ko kuliner yang halal dan lezat asalkan kita tahu tempatnya, kalau sembarangn ya resikonya Celeng deh. ha,, ha,, ha,

ihh sepanduknya lucu ya mas, tanpa orang berfikir celeng itu halal atau haram sudah di jelaskan di sepanduknya bahwa daging celeng 100% Haram ya mas...
jadi penasaran sama sate ayam lilitnya mas, rasanya seperti apa ya?? baru dengar saya ada sate ayam lilit.. hehehehe... di Bekasi ada yang jual ga ya???

besok aja sam sama saya niat ke bali untuk mencoba sate lilitnya ya

saya yang belum pernah coba khas kuliner bali ini adalah sate ikan lautnya mas, kayaknya enak tuh

sam itu temannya ya mas yanto

memang walaupun di bali punya kebudayaan khas hindu, tapi rata-rata masakan mereka juga halal lo buat orang islam, saya salut pada orang bali

Yeyy...!! Aku waktu kesana sudah cobain sate lilit, ayam betutu, etc #pamer.. :-)

Iya memang disana muslim tidak bisa sembarangan beli makanan. Soalnya banyak hidangan yang pake babi dan disiram pake darah..

Kalau warung-warung yang tadi bertuliskan haram dan ada gambar babinya jarang banget di kunjungi dong atau hanya orang-orang turis aja yang mampir dan makan disana? hmmm

saya belum pernah kebali mas, gimana mas, kepingin merasakan kuliner khas bali ga ada yang ngajak :(

penasaran sama baksonya mas, seperti apa sih rasanya ?

iya dunk mbak wida, itu khusus buat selain muslim sepertinya

saya nya kenapa ga diajak mbak arum

begitu juga saya, jangankan mencuim aroma pigi pun belum:)

Ia mas memang itu sudah banyak diterapkan para pedagang sekarang. 'Jangan tengok kiri! Jangan lihat kanan! Ada toko blalbla' semacam ilmu psikologi, semakin dilarang orang semakin penasaran... terbukti dikampung saya laris metode ini

Kapan-kapan nyobain bakso ikan ditempat saya mas....mantaps

beneran mas, mesti nyobain citarasa bakso ikannya

di bali banyak juga ya kuliner nya, semakin ga boleh di tengkok semakin bikin penasaran pelanggan biasanya hehe

malah jadi tambah penasaran dan semakin kuat keinginan untuk mencoba

kalo minat langsung cobain aja mas :)

bali k ke rumah aja mas, nikmatin kuliner di meja makan

Wah ada yang begitu ya, bisanya kan 100% Halal ini haram, hebat juga

wah saya mah blom pernah nyobain kuliner khas Bali mas, btw itu papan reklamenya unik juga ya beda dari yang biasanya

gak boleh tengok ke kiri dan ke kanan takut kesandung kali mbak :D

enak kui kang,,biasane akeh sek muni celeng tapi rung tau ngrasakke daginge hhh

sendoknya lagi dipakai buat aduk kopi :)

yang gratis emang selalu lebih menarik ya kang.

"DIJAMIN 100% HARAM"
haha, ngakak bacanya :)

tapi salut dech sama penjualnya soalnya memberitahukan bahan yang dipakainya.

Sate ikan laut khas Penyabangan boleh tuh mas ,,,hehe lezat bgt...

clegukan gegara ada Nandira ya mang?

Banyak warung yang dari babi ya mas di Bali
mau makan disana harus liat-liat dulu warung'a pake daging babi atau bukan

pastinya lebih menghemat pahlawan di dompet :D

Pa dadang deket rumahnya dengan saya

Heu sepanduknya itu lhooo, hebat dah dengan sepertoi itu sebagai seorang muslim tidak salah pilih makanan.
kalau yang gratisan itu memang selalu enak biasanya ya mas wong? :D

saya belumpernah kesana mas, tapi dengan membaca tulisan ini, saya bisa jadi tahu, meskipun belum pernah kesana

ditunggu kopinya mba nandira :)

Kalau sate ikan lautnya boleh, deh. Tapi kalau daging yang lain aku gak bisa, soalnya pesco-vegetarian, hihihi :)

saya dong yang belum pernah ke Bali,,
kerenkan saya ?

bukan padang arafah mas Awan :v

siapa yang carnivora coba ?

kalo ngomongin yang gratisan saya ikut

wah yang jualan jujur ya, ngaku kalau 100% haram...banyak sekali pedagang yg tdk jujur kayak gitu, ngakunya halal ternyata haram...salut deh sama penjualnyaa :D

Sate lilit sepertinya enak. Saya cuma bisa lihat gambarnya doang tanpa bisa nyicipin :D

ayam betutu juga mantab itu mas ::)

Aku tertarik sate ayam lilit
Bikin perut menjerit

:)

ada-ada saja ya kuliner di Indonesia ini!

kalo gini cara pasti abis bnyk nih mas. secara abis liat lita makanan yang g boleh semuanya pas dihidangkan grtis lagi

brarti di bali susah juga ya cari tempat makan

wah,saya gak mau coba. Tp bagus papannya, bisa membedakan mana yang halal dan haram.

kalo enak dan gratis pasti lahap mas :)

iya kang, patut diacungi jempol

kalo ragu dicicipin dulu, babi atau bukan :)

mesti sampeyan yo sering muni celeng yo ... :)

sebenarnya memang mudah mendapatkan makanan halal disana

Wahhh..untung ada plangnya..klo gak bisa langsung masuk saking pengen ngebakso..hehe

mantep bgt tuh satenya... ya enak ya gratis pula :D

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top