Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

kolam alam pantai kedung tumpang
Lokasi Pantai Kedung Tumpang berada di desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jika ditempuh dari Kota Tulungagung jaraknya sekitar 30 km, dengan arah menuju ke pertigaan pasar Ngunut kemudian belok kanan menuju bukit kelok sembilan-pasar puser-terus ikuti petunjuk jalan ke pantai Molang. Pantai Molang dan pantai Kedung Tumpang jalannya searah. Sampai di desa Pucang Laban terdapat gapura, dari sini sudah dekat dengan lokasi masuk ke pantai Kedung Tumpang.

Mau lihat Serpihan Surga juga? Kunjungi Tumpak Sewu

Jalan masuk menuju pantai kedung tumpang ditandai dengan adanya area parkir mobil, dimana mobil harus diparkir disini. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek.  Tarif ojek dari lokasi parkir mobil menuju pantai kedung Tumpang Rp. 15.000,- dengan menempuh jarak sekitar 3-4 km.Untuk sepeda motor bisa langsung menuju tempat parkir yang ada di dekat pantai. Jalan masuk memang hanya bisa dilalui sepeda motor, karena trek jalan berupa bebatuan dan melintasi jalan setapak tanah disisi tebing pantai. Untuk masuk ke pantai Kedung Tumpang, kita hanya perlu membayar parkir sepeda motor saja, tarifnya Rp. 5.000,- per sepeda motor.

trek jalan menuju pantai kedung tumpang

lokasi pantai kedung tumpang
Jalan menuju Pantai Kedung Tumpang dari tempat parkir sepeda motor

lokasi pantai kedung tumpang
Menyusuri tebing hanya berpegangan seutas tali dan akar pohon

Pantai Kedung Tumpang letaknya berada di bawah area parkir sepeda motor, kira-kira masih 1 km lagi jaraknya dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Diberapa tempat bahkan mesti menuruni tebing, dengan berpegangan pada tali tambang yang sudah disediakan. Treknya lumayan ekstrem, jadi tidak direkomendasikan jika membawa anak kecil.

kolam di pantai kedung tumpang

Tiba di lokasi pantai Kedung Tumpang, kita hanya akan melihat gugusan batu karang, bukan hamparan pasir putih seperti pantai pada umumnya. Tapi inilah yang menjadi daya tarik utama wisata di pantai Kedung Tumpang, karena gugusan karang disini bukanlah karang biasa. Diantara karang-karang tersebut terdapat kolam-kolam eksotic yang terbentuk secara alami, akibat hempasan ombak laut. Kolam-kolam di karang akan nampak disaat air laut sedang surut, bisa dimanfaatkan untuk mandi dan berenang. Ada sensasi tersendiri saat mandi disini, karena berbeda dengan mandi dipantai pada umumnya.

Satu hal yang harus diperhatikan saat mandi di kolam-kolam karang pantai kedung Tumpang adalah ombak lautnya. Jangan sekali-kali mandi disaat air laut sedang pasang, karena ombak pantai selatan dikenal ganas. Dan juga karakter ombaknya juga bisa berubah sewaktu-waktu dari kecil, bisa tiba-tiba datang ombak besar. Pengalaman saat disana, mengalami peristiwa yang sangat mengerikan dimana tiba-tiba datang ombak besar yang menghempas melewati karang hingga menjangkau posisi kita. Hampir jadi korban terseret arus balik, masih beruntung tertahan karang, hanya saja barang-barang seperti hp, kamera dan lainnya lenyap terbawa arus. Dari kejadian tersebut, siapapun yang berkunjung kesana harus benar-benar waspada dan perhatikan jarak aman dengan tepian pantai.

lokasi pantai kedung tumpang tulungagung

area pantai kedung tumpang

Fasilitas di pantai kedung Tumpang masih sangat sederhana, tapi sudah disediakan kamar mandi. Warung-warung banyak bertebaran mulai dari tempat parkir sepeda motor, hingga mendekati area tepian pantai. Jadi tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal makanan. Bagi yang ingin camping di pantai Kedung Tumpang bisa memanfaatkan area disekitar tempat parkir sepdea motor. Tetapi harus hati-hati karena disisi tebing laut yang curam.

Nah bagaimana sobat, pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini benar-benar menawarkan panorama pantai yang tidak biasa.  Kalo di Bali ada kolam renang alam Angel’s Billabong, maka Kedung Tumpang menjadi kolam renang alamnya Jawa Timur.  

Sumber:
Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung, Jawa Timur

104 Komentar untuk "Pantai Kedung Tumpang Tulungagung"

waw...
amazing banget gan pemandanganya :D
btw itu yg bawah bener org pelukan gan ?? Hahaha

Mantap mas pantai kedung tumpang ini. Tapi untuk kesana treknya lumayan sulit juga ya :)

Begitu indah
Kedung tumpang pandang terarah
Terbuang rasa resah
Tidak jadi jika tadi mau marah
Terhapus suara ombaknya ramah..

Desa Pucanglaban memang persis diwilayah pantai kedung tumpang dan wilayah ini masuk ke kabupaten Tulung agung, emang indah banget tuh pantai, makanya saya suka banget nyantey kaya di pantey

gugusan karangnya indah banget ini harus ad yang buat jalan yang bagus nih ke tujuan supaya makin rame.

betul sekali harus ada yang bikin jln

betul itu...hrus dikelola dng baik

pastinya mbak...apalagi kalau ada dawet...wess..hilang lelahnya

Kalo menurut saya sih orang lagi foto selpih mas

Pemandangan pantai kedung tumpang indah sekali ya mas??
kayaknya walaupun menempuh jalan yang jauh dengan berjalan kaki, rasa cape akan hilang jika melihat keindahan kedung tumpang ya mas...

perlu adanya pembengunan itu mas, biar wisatawan lebih betah

oh ya... itu kalo musim hujan gak becek ya

Kameranya sangat bening ya mas, terlihat dari gambar fotonya. hehehe...
tebing laut yang curam?? wah bararti harus berhati-hati ya mas saat di sana, nampak dari foto terakhir itu tebing karang yang curam ya mas??

Luar biasa bagus Pantai Kedung Tumpang ini, mas. Cocok menjadi pilihan tempat berlibur anggota keluarga bagi yang menggemari wisata pantai...

Bener bener jd pingin ke jatim deh liat peta wisatanya byk giniie

ini berhadapan langsung dengan samudra ya mas,,,,

Jalan untuk menuju kesana masih terjal iya mas, dan kalau para ibu yang membawa anak-anaknya mesti super hati-haji juga :)

memang pemandangan yang amazing sekali mas :)

Aku ora ngerti......kuwi omongan opo...?

Sepertnya pada gambar yg paling bawah kok ada dua sosok maklhuk hidup yg sedang anu....itu mas....waak ini photografernya....pintar...

Oky ngomong2 soal Pantai Kedung Tumpang Tulungagung pastinya sdh tidak asing lagi bagi wisatawan baik lokal maupun domestik , saya sendiri sdh pernah melihat panorama Pantai Kedung Tumpang Tulungagung itu hanya lewat artikel ini...pokmen Pantai Kedung Tumpang Tulungagung maknyos....

Sepertnya pada gambar yg paling bawah kok ada dua sosok maklhuk hidup yg sedang anu....itu mas....waak ini photografernya....pintar...

Oky ngomong2 soal Pantai Kedung Tumpang Tulungagung pastinya sdh tidak asing lagi bagi wisatawan baik lokal maupun domestik , saya sendiri sdh pernah melihat panorama Pantai Kedung Tumpang Tulungagung itu hanya lewat artikel ini...pokmen Pantai Kedung Tumpang Tulungagung maknyos....

waw waw waw ini nih bener-bener pantai, selain bisa berbasah-basah kita juga bisa menikmati keindahannya dari atas tebing..

Pantai kedung ini pokoknya gak kalah sama pantai di bali ya mas, tp masalahnya saya belum kesana dua-duanya ya, hehehehe, iya kamping didekat tebing yang curam mesti hati-hati tuh ya... :)

jeli banget penglihatannya, padahal sengaja di taruh pojok :)

monggo kang ikut mengelola dg mengunjunginya :)

wisata alam selalu menyenangkan, meski kadang jalan kesananya nggak gampang

nanti disusulkan ke yang berwenang disana :)

becek jalannya da licin pastinya

cuma kamera hp sedanya saja :)
curam banget mas disana

saya pernah sekali kekecamatan pucang laban sam,tp nggak sampek di pantainya nih.
cuman sampai gunung yg dari ngunut itu,kalau nggak salah namanya panjer

1 lagi komen sama bakal dapet gelas

ya iyalah,kalau berhadapan langsung dengan penjara namanya alun alun :D

senengnya yang berbentuk gunung ya..

pegangan mas, kalo perlu diiket badannya :)

nikmatin pemandangan pantai kedung tumpang sambil basah-basahan ya mas

mas trik pos jeli banget klo lihat makhluk hidup :)

kalo lewat yang terjal bisa dipegangin tangannya neng :)

silahkan mba, pasti puas wisatanya

betul uda, tapi mesti ekstra hati2 jika membawa keluarga

Track sangat menantang mungkin itulah uniknya pantai kedung tumpang cuma kalau bawa keluarga repot juga

kelihatan nih mas crewchild suka sekali dengan touring, sering menunjungi tempat wisata ya mas, saya kok pengen menengok juga ke pantai kedung tumpang di tulungagung jatim ini,

sudah pernah kesana ya pak dwi

Hasil foto-fotonya bagus, Sam. Berbakat jadi tukang poto nih... :)

Pemandangan yang indah dan cantik di obyek wisata pantai Kedung Tumpang Tulungagung ini mengingat saya bahwa Indonesia itu indah dan memiliki potemsi wisata yang luar biasa di setiap daerahnya.

Mungkin masih ada jalur jalan lainnya kali...

Itu bukan orang ga jadi nyemplung mas di tarik terus meluk..... masa mau bunuh diri jadi takut sih... ha,,, ha,, ha,,

Itu sudah bukan alami lagi kang, tapi sudah di buka dan di kasih halus, kalau masih alami banyak alang-alangnya. he,, he,, he,,

gambar pelukan paling bawah itu mas admin ya?

Untuk menikmati pemandangan pantai kedung perlu usaha yang sangat berat sekali... melewati tebing segala... semuanya terbayar dengan keindahan suasana nya yang masih alami...keren euy...

emang ngga ada jalan lain ya mas... ngeri sekali lho...

kelihatan dan panorama yang sangat menarik dan kelihatan cool, bisa menikmati suasana pantai dan langsung bisa mendaki gunung nya :) wah keren amat mas :)

iya mas, ini mas admin nya, keren kan :)

sayangnya saya belum pernah ikutan sama mas crewchild :(

Iyaa mesti diiket ya wkwkwkwkwkwkw :)

Cakep banget itu tempat...
Pantai tulung agung ini saya perna lihat di tv

Ada aja korban film titanic di tempat wisata beginian -_-

Serasa dunia milik berdua apa ya

aku baru tahu ada Pantai Kedung Tumpang Tulungagung di jawa timur, medannya cukup sulit ya mas. Tapi ngapain turun tebing, mending jalan kaki aja ah..

wah kayanya menarik juga nih, kapan2 bisa main kesitu :)

kalo banyaak alang - alang ahrus bawa golok mas. :D

tapi dengn demikina bagus juga sih biar sekalin tantangn. cuman resikonya susah untuk banyak pengunjung. kayanya sih

pengen mas kalo ada yang ngajak dang ngongkosin :D

wah asik mbak, berdua sama mbak debe boleh ?

berhadapan sama cewek biar saya aja mah :)

Aduh, duitku habis cuma untuk bayar transportasi.

Pantai ini lagi booming banget ya:-D
Keren hehheheh

Ekstream banget mau ke pantai juga harus lewat tebing

sepertinya masaih sangat alami ya mas,

yang laen pada ngontrak semua gitu yah

Jawa Timur sepertinya memiliki tempat wisata yang bagus-bagus yah, udah gitu banyak pilihan lagi tempat wisatanya, seperti pantai kedung tumpang ini bisa menjadi solusi buat berwisata

poko nya artikel nya .,.?
wow lah?
sukses mas

asik banget kang treknya buat main-main,apalagi masih alami ya

anak saya yang kedua jadi pengen kesitu Mas, setelah liat foto yang paling atas dan paling bawah

Bali dapat saingan jadinya nih mas .. HaHaHa

Masih sangat alami yah...
Jadi kangen pengen main ke pantai... :D

birunya warna air laut itu membuat saya semakin gemas mau ke sana mas :D

Keren banget pantainya, keliatan banget masih pure ya...

hampir mirip dengan pantai klayar pacitan

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top