Candi Penataran Blitar

lokasi candi penataran blitar
Lokasi Candi Penataran berada di desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Sekitar 12 km arah timur laut kota Blitar dan letaknya ada di lereng barat daya gunung Kelud Kediri. Untuk menuju ke Candi penataran dapat melewati beberapa kota disekitar, yaitu melalui Kediri, Malang dan Tulungagung. Sedangkan akses jalan ke Candi Penataran sudah bagus, meski tidak terlalu lebar tapi bisa dilalui kendaraan kecil maupun besar.

alamat candi penataran blitar

sejarah candi penataran

Kompleks Candi Penataran pertama kali dilaporkan oleh Sir Thomas Stamford Raffles dalam History of Java dimana disebutkan bahwa pada tahun 1815 Dr. Horsfield menemukan reruntuhan Candi Hindu di Panataran. Dari sisa-sisa struktur dan artefak yang ada di lingkungan kompleks candi diketahui bahwa kompleks candi ini terdiri dari beberapa bangunan yang pembangunannya tidak dilakukan secara serentak, namun pembangunannya dilakukan bertahap dalam kurun waktu yang relative panjang. Diperkirakan kompleks candi ini mulai dibangun mulai abad ke XII M sampai abad ke XV M. Dengan demikian kompleks candi Panataran telah dibangun pada masa kerajaan Kadiri dan terus dilanjutkan pda mas pemerintahan Kerajaan Singasari dan berakhir pada masa pemerintahan Majapahit.

candi penataran di blitar jawa timur

Candi Penataran ini memiliki fungsi sebagai suatu tempat pemujaan, hal ini didasarkan isi prasasti Palah yang menyatakan bahwa Raja Srengga (salah seorang Raja Kerajaan kadiri) sering mengadakan pemujaan di tempat ini, hal ini juga didukung keterangan dari kitab Nagarakertagama yang menyebitkan bahwa bangunan suci para Rsi Saiwa-Sugata yang didirikan diatas tanah wakaf sebagai tempat pemujaan.


Secara keseluruhan, Candi Penataran merupakan komplek kumpulan beberapa candi dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Dan menjadi komplek candi terluas di Jawa Timur. Menjadi salah satu destinasi wisata utama yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Jawa Timur. Karena saat berkunjung kesini, kita akan merasakan nuansa masa kerajaan dimasa.

Sumber:
Lokasi Candi Penataran Blotar, Jawa Timur
115 Komentar untuk "Candi Penataran Blitar"

Sebenarnya candi- yang belum terungkap kepermukaan masih banyak mas......menurut pakar arkeologi....di jelaskan bumi indonesia masih banyak menyimpan misteri2 candi peninggalan Hindu Budha pada era lampau yang belum terekspos ke publik mas.....

Banyak banget ya sebenernya candi di indonesia ini, keren deh indonesia kaya banget (y)

hmmm begitu ya...berarti kita saat ini berada dipermukaan tanah yang menutupi catatan sejarah...

saya pernah singgah disini candi panataran,sekitar pertengahan tahun 97,masih belum begitu terawat,akses menuju kesana juga masih belum bagus,tapi kalo sekarang menurut info blog ini sudah bagus meski tidak terlalu besar dan dapat dilalui kendaran besar,saya merasa bangga sekali,candi panataran itu sejarah buat indonesia..

sering dengar mengenai candi penataran, tapi pas ke jawa timur gak juga pernah kesana mas....kadang pengen juga kalau jalan-jalan ke tempat keluarga berkunjung ke beberapa tempat untuk refresing, tapi selalu di sibukkan dengan acara keluarga, walau liburan kadang di beberapa tempat wisata juga. tapi beda kan berpetualang sendiri, sensasinya itu lo mas.

wah udah jaman lama sekali tuh. tapi sekarang udah jauh beda kali gan....

indonesia memang kaya, tapi jarang juga kekayaan kita yang dipelihara secara baik dan dilestarikan

yang jelas banyak hal yang berhubungan dengan candi tidak terungkap dengan jelas dan masih banyak juga artefak yang berdekatan dengan candi hanya dikoleksi namun belum terungkap misteri dibaliknya. indonesia kaya, kaya misteri. heeee

saya pernah mas, tapi pernah tengoin di tV aja mas, hahaha

sangat indah ya mas candi nya, oya sebenarnya menrut sejrah komplek bangunan ccandi inin diirikan sejak abad ke XII M sampai XV M ya mas pertama dari masa Kediri, Kerajaan singasari sampai pada masa kerajaan mmajapahit ya mas :)

Kalau lihat kayak gini bawaanya pengen ngetrip kesono :D

tuh kan di Buku Sejarah infonya sepenggal berarti.
di sana dibilang kalo candi Penataran dibangun pada masa Majapahit doang. Coba kita salahin siapa kalo udah gitu?
gimana kalo sama penulisnya kita minta makan-makan?

Iya, lumayan bagus buat wisata keluarga..

Aku pernah kesana, dan kalo kesana kurang lengkap rasanya kalo gak sekalian ke makam bung karno.. :-)

Wah indah juga Candi Penataran nya.. jadi pingin kesana :D

hadiahnya gelas dua biji, silahkan ambil di malang

Kalau kita perhatikan, candi hindu itu umumnya bangunannya kecil-kecil dan tidak megah seperti pada umumnya candi budha ya ?
Belum pernah kesana, tapi ngomong-ngomong berapa harga tiket masuknya ? kalau dicandi prambanan tergolong elit.

betul mas, dirawat dengan baik

jadi harus kunjungi lagi ya mbah

Anjirr....
apa cuma gue disini yang fokus ngeliatin patungnya malah ngeri sendiri :((

btw, kayak komplek yaa. Luas banget. HTM berapa mas?

gelas peninggalan kerajaan mana itu mas? :D

Lama juga pembangunannya, tapi bagus lah sampai sekarang masih dirawat dan dijaga. saya liat di ftonya si mas ni selain pemandangannya indah juga bersih. apa masih suka dipakai tmpat beribadah?

serem amat itu patung dicandi'a

Saya malah baru dengar namanya mas, atau saya lupa ya?hehehe..
tapi dengan adanya artikel ini kita dapat lagi mengenal sejarah sejarah yang ada di Negara ini ya mas??

Kelihatannya terawat, jadi senang lihatnya :)

Tiket masuk ke Kompleks Candinya berapa ya?

wah kalo ke blotar kudu kesini nih

biar gak jadi generasi JASMERAH

Banyak lokasi candi yang bagus sebagai tujuan wisata, seperti candi penataran di blitar, apalagi aksesnya sudah bagus...Tapi sayangnya orang banyak taunya candi borobudur sama prambanan... peninggalan yang sudah lama sekali dan masih terawat..ternyata dulunya tempat pemujaan ya...

saya kalau lg kekediri sering juga mampir ke penataran nih sam,sekedar ngabisin rokok :D

aku dulu waktu sd juga pernah studi tour di candi penataran ini, keliatannya area sekitar udah berubah semua sekarang

ini perlu dilestarikan dan diperkenalkan ya mas suapaya orang Indonesia dan seluruh negara tahu

Klo dirawat lebih baik lg pasti bakal menyedot perhatian turis y

Sekilas hampir sama dengan candi muaro jambi di Provinsi Jambi. Sama-sama kotak dan lapangan yang luas.

begitu juga saya mas ya, boleh ikut ?

candinya bagus, keren minimalis, hanya perlu dirawat lagi

Asri ya, tanaman kelihatannya terawat, semoga peninggalan sejarah kayak gini tetap dijaga.

banyak candi ya di jawa kalau di tempat saya kalimantan timur gak ada sama sekali

Pengin kesana tapi jauh yah, buat nambah pengalaman sejarah ini. Makasih dengan baca ini jadi tambah pengalamankku tentang sejarah kuno di Indonesia

Picnik sambil ngabisin rokok ya gan!

Sy setuju dengan P.Ibrahim, salah satunya ya inilewat blog ya pak!

perlu perhatian pemerintah ya gan

Jadi pengen OTW kesana euyy,,, duh gak kuat nahan pengen selfie deket patung kalau pergi kesana,, mudah 0 mudahan dapat liburan gratis kesana suatu saat nanti hehehe

mas g di data mas biaya masuknya

kok candinya sepi yak...
padahal bagus lho ini.

hahaha, kok tau mas, ngintips ya

koq penataran terus sih MasCrew

lg piknik kayaknya nih mas adminnya mas

Arsitektur terhebat dalam sejarang salah satunya memang candi, ia tidak akan pernah lapuk di telan bumi sekalipun.
Selamat tahun baru 2016 kang semoga lebih sukses dalam berblogging

Arsitektur terhebat dalam *sejarah salah satunya memang candi, ia tidak akan pernah lapuk di telan bumi sekalipun.
Selamat tahun baru 2016 kang semoga lebih sukses dalam berblogging

wah sepertinya sudah lama belum di update nih mas. sibuk banget mungkin ya

Itu patung yang gambar ke dua serem ya....

Lama ga ngesot kemari..apa kabarnya Bang? Insya Allah kalau ada rezeki yang cukup mau jug asih jalan-jalan kesana..ntar temenin ya Bang..hahahayy

belom pernah kesini.. hiksss... sesungguhnya aku kurang pikniiiiik T.T

Asekkk Candi penataran, padahalbeberapa jam lalu aku di Candi Borobudur ahaha. ini dah balik kos, buka blog sambil BW. Kapan2 klo ada rejeki pengin dah kunjungan ke sana :D

jadi ini ya komplek candi terluas di jatim nih.
lama juga ya masa pembangunannya ya kang

betul mang, lumayan luas, serasa di perkampungan jaman majapahit saat disana

monggo mba, jelajah candi di jawa timur juga banyak banget

hayok piknik mba usywah, ajak keluarga biar rame :)

monggo ngesot bang, klo kesini pasti ane temenin deh keliling2

betul mas, karya orang dulu memang luar biasa, bisa bertahan lama

met tahun baru juga, smoga tambah sukses

alhamdulillah, sorry lama ngilang :)

di pintu masuk ditarik 3rb, biasanya seikhlasnya

monggo mas, saya doakan segera dapat liburan gratis :)

sementara rajin2 kunjungi blog ini aja :)

betul mas, karena banyak kerajaan sebelumnya

betul mba, sangat terawat, pengunjung nyaman untuk datang

betul, kita dukung kelestariaannya

wah ada candi juga ya di jambi

dengan apa yang kita bisa ya..

betul mas, masih banyak candi lain yang belum familier

monggo mas,di pakai JASMERAH nya, supaya tidak lupa sejarah

haha.. bener aslinya memang gratis
biasanya seikhlasnya, tapi klo di pintu masuk ditarik 3rbuan klo pas lagi rame

waktu sd ada di pelajaran sejarah..
paling nggak nyimak ya, waktu guru menerangkan :)

betul teh, nyaman untuk dikunjungi

masih dipakai, bekas pemujaan juga ada

hongkong emangnya kerajaan gituh?

kayanya dulunya candi ini dijadiin tempat PENATARAN para guru kali ya kang?

luas candinya, sepertinya keren ya mas,,,

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top