Gunung Butak, Malang, Jawa Timur

lokasi gunung butak malang
Lokasi Gunung Butak berada di barat daya kota Malang, tepatnya di perbatasan antara kabupaten Malang dan Blitar. Gunung Butak merupakan bagian dari deretan Pegunungan Putri Tidur (Sleeping Beauty Mountain). Untuk menuju ke Gunung Butak, bisa melewati beberapa jalur. Diantaranya melalui jalur pendakian Gunung Panderman, kota Batu. Jalur lainnya melalui rute Sirah Kencong, perkebunan Teh di Blitar. Sedangkan jika melalui Malang ada dua jalur, yaitu lewat Desa Gading Kulon, serta Desa Wonosari (Gunung Kawi). Gunung setinggi 2.868 mdpl ini, memang cukup populer sebagai tujuan pendakian di Jawa Timur.

harga tiket masuk gunung butak
Pos Masuk Jalur Pendakian Gunung Butak

Jalur Pendakian ke Gunung Butak yang paling favorite dilewati para pendaki adalah rute Panderman Batu dan Sirah Kencong Blitar. Nah kali pendakian kita lakukan melalui jalur Gunung Panderman. Jika kita berangkat dari kota malang, maka arahkan tujuan kita ke kota batu, selanjutnya menuju pos pendakian Gunung Panderman. Disini bisa menitipkan kendaraan, jika membawa kendaraan, serta membayar retribusi memasuki jalur pendakian sebesar Rp. 3.000,-. Pos masuk jalur pendakian ke Gunung Butak memang satu jalur dengan rute pendakian ke Gunung Panderman.

peta jalur pendakian ke gunung utak
Peta Rute Pendakian dan Jalur Pendakian

Pendakian Gunung Butak diawali dari pos masuk pendakian, setelah berjalan beberapa saat maka akan bertemu dengan persimpangan. Persimpangan ini ditandai dengan bak sampah, dimana jalur kiri menuju Gunung Panderman, sedangkan jalur ke Gunung Butak ada disebelah kanan. Tidak perlu khawatir nyasar, karena sudah diberikan penanda arah, tinggal kita ikuti saja. Ada baiknya dokumentasikan gambar rute yang terdapat di pos masuk.

padang savana di gunung butak
Bekas kebakaran di jalur pendakian Gunung Butak

tempat ngecamp di gunung butak
Lokasi ngecamp di Gunung Butak

Rute berikutnya memasuki hutan dengan trek naik turun bukit. Melewati tanjakan terjal dan menerobos semak belukar. Akhirnya sampailah di area padang savana yang cukup luas, setelah menempuh perjalanan lebih dari sepuluh jam. Disini merupakan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda, selain karena tempatnya yang nyaman, juga terdapat sumber air bersih.  

puncak gunung semeru dari gunung butak
Puncak Gunung Semeru nampak di sebelah timur jauh

panorama gunung butak
Puncak Gunung Arjuna terlihat disisi Utara

lokasi puncak gunung butak
Puncak Gunung Butak, thanks masbroo

Setelah istirahat semalaman di padang savana, keesokan pagi sebelum matahari terbit bersiap untuk summit attack. Dari sini, pendakian ke puncak Gunung Butak tidak lebih dari satu jam lagi. Sesampainya di puncak, sejauh mata memandang hanya keindahan panorama alam yang tersaji. Disebelah utara terlihat puncak Gunung Arjuna, di bagian timur jauh nampak puncak Gunung Semeru, sedangkan Gunung Kelud ada di barat dayanya. Sungguh sebuah karya alam yang menakjubkan.

Sumber:
Jalur pendakian gunung Butak
80 Komentar untuk "Gunung Butak, Malang, Jawa Timur"

wah pigin nie sekali2 menjalani pendakian ke gunung buntak

sisa sisa kebakarannya masih nampak, pasti kejadiannya belum lama ya mas?

Berarti gunung butak ini di kelilingi gunung lainnya juga ya mas? pasti sangat indah pemandangannya

wahh gunung butak merupakan bagian dari deretan Pegunungan Putri Tidur, pasti indah baget

jika saya ke gunung Butak mau lewat jalur malang supaya bisa mampir ke gunung Kawi ah

ternyata yang ada gunung butak itu gak cuma di jawa timur ya mas, di tempatku jawa tengah sini juga ada lo

nah enak tuh mas, mampir di gunung kawi bisa camping juga disana

kalau disini gunung butak sering di salah gunakan untuk hal negatif mas, tetapi semua tergantung kita sendiri yang menilai, ya kan?

Pendakiannya sebentar saja yaa,,hanya satu jam, lalu yang lama apanya…foto-fotonya barangkali he he he,
Maaf baru sempat mampir ke blog super keren ini….
Keep happy blogging always, salam dari Makassar – banjarbaru :-)

Sepertinya mengasyikan juga ya ...itu poto terakhir bawa bendera adminya blog ini mas...

Melihat foto-foto di atas memang indah bener ya mas pemandangan dari atas puncak gunung butak ini. Para pendaki yang belum kesana wajib nih buat daki gunung butak.

untuk namanya sendiri unik dan ini baru pertama kali saya dengar lho mas, jadi tambah ilmu alam saya :D

emang suka disalahgunakan gimana tuh mas?

kalo gunung butak ini asli saya mah baru denger nih namanya aja, tapi liat pemandangannya indah banget yah gunung butak ini

tidurnya aja udah indah yah gimana kalo dah bangun pasti makin cantik gunungnya :D

berarti ada 2 gunung yah dengan namanya yang sama atau mungkin di daerah lain juga ada

Indah sekali melihat pemandangan dari puncak gunung, hebat staminya mas kalau saya naik bukit juga sudah ngos ngosan

Kalau dalam bahasa Pontianakm, kata "Butak" artinya "menipu". Contoh kalimatnya "Kau ni butak kan kamek" ( kamu ini menipu saya). Hiehiehiehiee Eaaa malah pelajaran Bahasa Daerah sih

indah bangetv pemandangannya mas wong.mas tulisan yang di foto yang bawa bendera itu apa sih mas g keliatan

duh mantap euy si akang,,, kalau bayar retribusi itu berarti kita dapet asuransi atau cuma buat bayar parkir doang sih ??
enak juga yah bisa ngecamp di gunung,,, tapi kayaknya di belakang camp, itu bekas kebakaran yah,,, kayak sisa pembakaran...

Masya Allah Indah nya pemandangan di gunung butak ini walau proses naik nya yang sangat menantang namun pas diatas kayaknya seperti di syurga yah om :3 uindah banget dah

gunung nya rawan meletus ga ini om...

mantap bro hiking-hiking nya! baru tau tentang pegunungan sleeping beauty. lucu juga namanya.. :))

Iya mantep tuh gunung butak mas wong dari foto-fotonya, patut dikasih applaus juga buat yang moto, hehehehe,,, dan bener nama asing dari pegunungan putri tidur keren mas wong: sleeping Beauty Montain.... hehehe :)

Kalau daki gunung ini pas musim kemarau, kayaknya panas sekali deh. Murah juga parkir 3.000. Aman gak yah parkir motornya.

kemarin banyak lahan yg terbakar, pas kemarau
itu 3rb tiket masuknya, parkir 5rb, aman sih, dijaga 24 jam

yg seolah mfoto profesional mas :)
biar keren namanya, meski sedikit gak nyambung artinya

nggak bun, belum pernah meletus, meski menurut info kategori gunung api yg sedang tidur

iya mas, bahagia rasanya kalo dipuncak

klo ditiket sudah termasuk jasaraharja, nggak tau besarannya berapa. klo parkir bayar lagi 5rb,
betul mas, itu bekas kebakaran lahan, pas kemarau kemarin

saya klo naik gunung juga ngos2an mas :)

monggo pada mendaki ke gunung butak

itu medelnya mas, klo admin mah nggak mau kelihatan :)

apa kabar bang hariyanto, lama nggak bersua :)

disalahgunakan untuk apa mas, jadi pensaran :)

Wah baru tahu aku mas kalau ada Gunung Butak,,, unik juga namanya,,, tapi kalau Gunung Panderman, aku sudah pernah baca dan dengar,,,, wah jadi kangen akan ketinggian aku mas,,,,

Mas wong jalan2 teruus.. Bahkan sy yg d malang gk pernah ksini... Wkwk
Brapa hari mas mendaki?

mantap kapan bisa esisni yah!

baru dnger nih ada gunung yg namanya gunung butak utak di malang. indah skali pemandangannya. trnyata malang punya banyak lokasi keindahan alam ya...

kalo dah nyampe puncak tu rasanya pengen teriak subhanalloh gitu gegegegkk

wuidiihh pendakian yg sensasional, keren.. msh tersisa lokasi kebakaran, catatan bagi pecinta gunung utk turut menjaga kelestarian alam.

foto2nya cakep ...

Mengapa disebut gn BUTAK ? ini yg tentu menarik,...

pedesaannya suasananya mirip kaya di tempat saya di kampung

Ane mah dari dulu belum kesampaian muncak :-(
kalau lihat foto foto pada muncak ini bikin baper. Huhuhu...

sekalian minta jadi orang kaya dong ah... :)

berderet dengan gunung lain mas

tinggi bener. kalo di tambah orangnya yang berdiri nambah dikit mas

indah sekali lokasi gunung nya :)

nieh waktuya yg gak tau kapan mas.,

mugkin mas marnes bisa membagunkan nya?

Bisa jadi salah stau destinasi wisata ini ^^

pemandangannya bagus, retribusinya juga murah ya mas,

perasaan saya teh udah pernah ke gunung butak ini deh....o iya tuh, saya udah kesini...tuh ada diatas tuh

iya diatas ada bekas tulisan mang lembu :)

destinasi yang menarik, asala mau capeknya :)

saya ikut doakan bisa muncak :)

jadi pengin ke desanya mas intan :)

mungkin karena butak (botak) diatas mba :)

klo lokasi wisata bejibun mas di malang

cuma sehari semalam aja
monggo mba, mumpung di malang

monggo ketempat yanggi-tinggi, pasti asyik

Haha pengen tapi sama siapa

Haha pengen tapi sama siapa

wah lumayan tinggi ya mas. aku pernah denger kalau pandermannya itu buat hiking belajar gitu hehhee

Informasi yang sangat bermanfaat. Maaf saya mau numpang berbagi informasi, tempat yang dikunjungi boleh sama (gunung buthak), tapi pengalaman dan cerita yang didapatkan oleh setiap orang pasti berbeda, terlebih jika kita muncak ke gunung buthak menggunakan jalur pendakian yang berbeda, saya menyarankan kepada semua teman-teman pecinta alam untuk tidak melewatkan jalur Pendakian gunung Buthak melalui kampung saya, jalur Sumber bendo Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang Jawa timur. Informasi lebih gamblang silahkan invite pin bbm saya 5123c088 atau klik http://sumbada.hol.es/?p=367salam lestari.

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top