Tajmahal India

lokasi tajmahal di india terletak di agra
Taj Mahal terletak di kota Uttar Pradesh, Agra, atau berada di sebelah selatan kota New Delhi, India. Bangunan megah di tepi Sungai Yamuna ini, jika ditempuh dari New Delhi  jaraknya sekitar 212 km. Sedangkan untuk menuju kesana, bisa menggunakan moda transportasi kereta api atau mobil, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam.

Lihat:  Video Tajmahal

Tajmahal merupakan destinasi wisata andalan di India, bagi wisatawan asing seolah belum ke India jika tidak mengunjunginya. Tajmahal sendiri tidak pernah sepi dari pengunjung, baik pengunjung lokal maupun mancanegara. Bahkan pada hari libur atau akhir pekan, wisatawan yang berkunjung bisa mencapai ribuan orang dalam satu hari.

jalan menuju tajmahal india

Saat berkunjung kesana bertepatan dengan akhir pekan,  sehingga kepadatan pengunjung sudah mulai terasa sejak tiba di lokasi parkir kendaraan. Dari lokasi parkir ke Tajmahal jaraknya masih sekitar 1 km, bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau memanfaatkan angkutan wisata. Angkutan wisata yang disediakan berupa bus  kecil bertenaga listrik yang bisa mengangkut sekitar 10-15 orang. Anda cukup membayar 10 rupee atau Rp. 2.000,- per orang, diantar hingga di Gerbang masuk Tajmahal.

waktu yang tepat berkunjung ke tajmahal
Ribuan Pengunjung Tajmahal di Akhir Pekan

Sesampainya di gerbang masuk Tajmahal, antrian pengunjung sudah panjang mengular. Disini tiket akan diperiksa dan dilobangi sebagai tanda masuk. Harga tiket masuk Tajmahal bagi wisatawan mancanegara cukup mahal, apalagi jika dibandingkan dengan HTM wisatawan lokal. HTM wisatawan mancanegara 750 rupee atau sekitar Rp. 150.000,- , sedangkan wisatawan lokal hanya 20 rupee atau Rp. 4.000,- saja. Jauh sekali bedanya, meski begitu harus kita maklumi sebagai kebijakan pengelola.

Memasuki gerbang Tajmahal selain dicek tiketnya, juga diperiksa barang bawaan. Bahkan harus melewati screening metal detektor dan digeledah seluruh tubuh.  Pemeriksaan ketat ini sebagai antisipasi terjadinya tindakan yang tidak inginkan berkaitan dengan keamanan bangunan Tajmahal dan pengunjung.

Dari gerbang pemeriksaan, kita masih harus berjalan menuju gerbang bagian dalam sebagai  pintu masuk area taman Tajmahal. Dari gerbang dalam ini, kemegahan dan keindahan bangunan  sudah mulai nampak. Sebuah bangunan mengagumkan, yang sangat pantas masuk menjadi salah satu world heritage Unesco.

tempat selfi di tajmahal
Spot Ideal untuk mengambil Foto, sayang lagi ramai

Melewati gerbang dalam, kita akan langsung mendapat spot yang sangat ideal untuk mengambil gambar Tajmahal dengan sempurna. Sayangnya waktu itu sangat ramai pengunjung, jadi harus berdesakan dan seadanya dalam mengambil gambar.

cara masuk ke tajmahal
Pintu Masuk ke Bagian dalam Tajmahal
Kiri Wisatawan Mancanegara, Kanan Wisatawan Lokal

harga tiket tajmahal
Antrian Panjang Wisatawan Lokal

Menikmati Tajmahal dari luar tidak ada bosannya, tapi kurang rasanya jika tidak melihat bagian dalamnya. Untuk melihat bagian dalam, pengunjung harus mengantri panjang hingga ratusan meter. Tapi bagi wisatawan mancanegara tidak perlu khawatir, karena diberikan akses khusus yang dipisahkan dari pengunjung lokal, jadi tidak harus ngantri. Tiba di bagian dalam hanya ada ruangan kecil, dengan bagunan dibatasi pagar. Mungkin ini yang dimaksud sebagai makam mumtaz mahal, istri dari Raja Shah Jahan. Disini pengunjung hanya berjalan melintas sebentar, selanjutnya memasuki lorong keluar ruangan.

lokasi kuburan di tajmahal
Bagian dalam Tajmahal, makam Mumtaz Mahal

Menurut sejarah, Tajmahal merupakan bangunan megah yang dibangun pada abad ke 17 oleh Shah Jahan, salah satu raja dari dinasti Mughal. Dibangun selama 22 tahun dengan melibatkan sekitar 22.000 pekerja. Konon Tajmahal  dibangun oleh raja Shah Jahan sebagai ungkapan rasa cinta kepada istrinya yang telah meninggal.

Nah kalo di Indonesia, familiar dengan bangunan Tajmahal karena sering nonton Jodha Akbar. Apakah ada hubungannya?

lokasi membeli souvenir di tajmahal india
Toko Souvenir di bagian luar Komplek Tajmahal

Menyediakan beragam oleh-oleh, jangan ragu menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Seperti T-shirt segala ukuran bergambar Tajmahal, bisa didapatkan dengan harga hanya 100 rupee atau Rp. 20.000,- saja. Tunjukkan kemampuanmu menawar.

Sumber: Tajmahal, India
93 Komentar untuk "Tajmahal India"

Ya Allah yang antri panjang bener ya, bisa dibayangkan seberapa banyak orang dikompleks Taj Mahal tiap hari

Jadi ingat syahir siing mas....

Perbedaan tiket masuk kok beda banget ya mas...lokal hanya 4000 an , yg asing sampai 150, ribu.....meskipun demikian tak menyurut kan niat sy yg memang sudah lama ingin berencana ke Taj Mahal mas...

Salah satu destinasi keliling dunia nih, kapan ya bisa kesana hihihi

Wah, masnya udah nyampai Taj Mahal. Pastinya indah banget ya mas melihat Taj Mahal dari dekat, salah satu keajaiban dunia yang terdapat di India :)

suatu bukti cinta yang tiada pernah mati seorang raja kepada permaisurinya...
muantab kalau bisa kesana dan bisa menjelajah pasarnya mas. pasti unik kan?

memang blogger yang satu ini termasuk si tukang jalan-jalan juga mbak, makanya jangan heran kalau besok dia bisa ada dimenara eifel paris...heee

kalah sama Mas Wongnya ya mba Wid..
pantas sj lama baru post.. hehe

sehat-sehat selalu Bang..!

Ooh sang pujangga..!

yaa tentu mantaplah ituh Mbah.. tp mau cerita apa blom pernah ke sana hehehe..

tajmahal bukannya masjid yah mas? apakah masih sering digunakan untuk beribadah?

Weladalah antriannya panjang bener, itu antrian apa ular buatan masa? hehehe.... iya ya mas, perbedaan harga tiketnya sangatlah jauh sekali antara warga lokal dengan mancanegara. Ah ngimpi dulu ah, siapa tahu bisa kesana nantinya :-)

Baru ada postingan lagi nih, ternyata adminnya baru pulang dari india to..
bawa banyak oleh oleh dong ya? hehehe, boleh dong kaos bergambar tajmahalnya..hehehe

Kalau sama Mas Maksum pasti bisa 4000an tuh :)

Jangankan dari negara lain penduduk disana juga masih banyak sekali yang ingin melihat tajmahal itu ya mas.
disana murah" juga ya untuk angkutan cuma 2000 malah lebih mahal di kota saya dibandingkan dengan disana :D

ramai banget ternyata pengunjungnya
habis jalan-jalan ke sana rupanya ya mas

Ya Allah..kapannn bisa maen kesaya ya..hiii

mantap nih udah nyampe ke india

mas, tenan nek menurutku lho ya, bar diparani, rasane biasaa
enak neng nduwur gunung semeru tenan suerr

tapi memang Shah Jahan memang wong lanang tenanan ya. idaman para wanita mesti

cukup banyak perbedaan antara wisatawan lokal dan manca negara ya sam

keindahan tajmahal memang udah diakui dunia

Sehingga layak disebut sebagai salah satu keajaiban dunia...

jangan lupa ajak saya Mas trik

Setelah Masjidil Aqsho dan masjidil harom...
Tajmahal salah satu tempat yang ingin saya kunjungi mas...

Aku kira taj mahal itu masjid yang free di kunjungi siapapun haha *salah pengertian.
ternyata ada HTM nya juga yaa

Kira-kira kapan ya saya bisa ke Tajmahal, dari dulu cuman bisa lihat gambarnya di tv dan di foto doang... (nuhid.ga)

taj mahal emg sudah sngat trkenal sbg tujuan wisata di india. siapa yg tdk ingin brkunjung ksna....

Pastinya menarik untuk dikunjungi ramai banget yang datang

tambah asyik mas kalo panjang :)

klo mukanya mirip india bisa tuh dapet murah

@wida, ntar bareng ya klo kesana :)

@mas al, wah lama nggak jumpa mas, alhamdulillah sehat

tinggal berangkat mas, bisa kapan aja :)

ntar akhir pekan langsung berangkat aja :)

klo wiatawan manca dianggap berduit kali,
tidur dulu mas kalo mau ngimpi :)

klo di India standar hidupnya kayak lebih murah dari Indonesia

betul mas, itu klo akhir pekan ato liburan
numoang lewat doang

iyo sam, sak penake sing nduwe barang

WAh udah explore luar negri juga ya mas :D
ati ati ya mas, jangan lupa untuk promoin wisata Indonesia disana. Hehehehe
salam trip :D

wuiihhhh iya itu yang ngantri,,, dan mantep mas wong pelesirannya udah ke tanah hindustan,,, dan Konon Tajmahal dibangun oleh raja Shah Jahan sebagai ungkapan rasa cinta kepada istrinya yang telah meninggal, tapi denger-denger arsitek taj mahalnya dibunuh biar bangunan taj mahal cuman ada satu-satunya, tapi nggak tau juga hehehehehehe :)

Aku kira itu masjid. Ternyata sebuah banguna makam dari seorang istri raja. Harga tiketnya tergolong murah, cuba di candi prambanan harganya juga hampir segitu.

India memang penuh keajaiban termasuk Taj Mahal, sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Sebuah bangunan / monumen tanda cinta sejati.

udah ngga sabar nunggu maret. Mau kesiniiii yeaaayyyy!!!!

Baca artikelmu aku jadi berhayal
Antri mau masuk Taj Mahal

:)

Belum pernah kesini, kayanya kalau kesini seneng banget luh

Mas dwi pengin kesana appa tidak !

Sana kepengin kesana tapi nggak ada budget bro!

kalau ndak salah ya mas, itu dulu asalnya masjid ya mas benar atau tidak sih :D

Indah banget Tajmahal di India, selain kita bisa menikmati keindahan alamnya, kita juga bisa mengenal elbih dekat aktifitas dan kegiatan sehari-harinya masyarakat setempat di sana ya mas.

iya sih tinggal berangkat, tapi uangnya itu loh hahaha :D

Gue suka budaya antrinya, Coba klo disini, hehehe

Wah saya ikutan mas Wong Crewchild :D

maunya sih berangkat mas... jangankan keindia, kopdar aja mau banget tuh...apa lagi kalau kita kopdarnya di india. didalam tajmahalnya. gimana gan? heee

Emamng mas Haniba abna pernah main ke sini ya mas, !

Mas, ada tumpangan gratis buat pergi kesana gak ???? xexexe :D

banyak mas, dibelakang pesawat :)

betul bang, menarik budaya keseharian disana

betul mas, jadi daya tarik wisatawan

prambanan sekarang berapa mas tiketnya?

bang Diar pengin bangun apa sebagai tanda cinta buat kekasih?

oya tentu mas, dari tampang aja sudah promo orang indonesia :)

sekarang lihat disini ya mas :)

iya ada HTMnya dan itu kuburan mba :)

wah, saya juga ketempat2 tersebut mas

wis nduwe nang mburi omah, sampean mreneo, gratis ndelok :)

Perbandingannya antara wisatawan lokal dan mancanegara jauh banget ya.....kalau Indonesia? Hehe

Keren euy bisa jalan-jalan ke luar negeri sampai ke India. Wah pemilik blog ini bisa terbilang bloger keren yang berhasil.

Huwaaa mau banget bisa ke tajmahal

Cantik dalam-nya Mas...
Itu dinding dalamnya terbuat dari apa sih Mas?

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top