Kolam Segaran Trowulan, Mojokerto

kolam peninggalan jaman majapahit
Lokasi kolam Segaran berada di desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Tidak jauh dari jalan raya Surabaya – Madiun, sekitar 1 km arah selatan. Jika ditempuh dari Surabaya, masih sekitar 12 km lagi setelah melewati Kota Mojokerto. Perempatan trowulan di jalan raya Mojokerto-Jombang bisa jadi patokan, dari sini tinggal belok kiri sedikit sudah sampai di lokasi.


Kolam Segaran menurut informasi sejarah merupakan kolam kuno terbesar di Indonesia, yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit. Kolam ini baru ditemukan pada tahun 1926, untuk selanjutnya dilakukan beberapa kali pemugaran hingga bentuknya seperti yang bisa kita lihat sekarang. Kolam segaran memiliki panjang 375 M dan lebar 175 m, dibatasi dinding batu bata merah. Dinding batu bata merah ini memiliki ketebalan sekitar 1,6 m dan kedalaman 2,88 m.

alamat kolam segaran jaman majapahit
Lokasi Kolam Segaran Trowulan Mojokerto

lokasi kolam segaran mojokerto
Hamparan persawahan di sebelah Kolam Segaran

Kolam Segaran saat ini dimanfaatkan warga sekitar sebagai tempat rekreasi dan refreshing. Saat kesana, banyak juga pengunjung yang sedang memancing di pinggiran kolam. Rupanya banyak juga ikannya di kolam Segaran ini. Disekitaran kolam ini juga banyak terdapat warung-warung kopi, cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan kolam Segaran dan persawahan yang ada disebelahnya.

lokasi museum majapahit di mojokerto
Lokasi Museum Majapahit didekat dengan Kolam Segaran
Tidak jauh dari Kolam Segaran, terdapat Museum Majapahit. Museum ini menjadi tempat barang-barang peninggalan kerajaan Majapahit yang memiliki nilai sejarah tinggi. Koleksi yang ada di museum terdiri dari temuan yang terbuat dari tanah liat, keramik, logam dan batu, yaitu berupa alat rumah tangga, patung dan lain sebagainya. Dengan adanya museum Majapahit ini, barang-barang bersejarah tersebut masih bisa kita lihat hingga saat sekarang ini dan sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi sejarah.

Sumber:
Kolam Segaran Trowulan Mojokerto Jawa Timur
49 Komentar untuk "Kolam Segaran Trowulan, Mojokerto"

tempatnya enak ya mas, masih asri, apalagi dipinggir persawahan...

cocok dan pas untuk memadu kasih dan sayang, tapi ingat jangan berbuat mesum di kolam segaran triwulan loch yah....pamali

menariiik.. dapet lokasi nyantai dg view alamnya yg indah.
Sekaliyan dpt sejarahnya ... era kKerajaan Majapahit.

Saya suka menyimak sejarah.
perlu diselamatkan ni situs bersejarah. sarana n fasilitas dilengkapi.

menariiik.. dapet lokasi nyantai dg view alamnya yg indah.
Sekaliyan dpt sejarahnya ... era kKerajaan Majapahit.

Saya suka menyimak sejarah.
perlu diselamatkan ni situs bersejarah. sarana n fasilitas dilengkapi.

Bener cocok untuk tempat wisata edukasi sejarah sekalian mengenalkan pada anak-anak (anak siapa) sejarah yang pernah ada dulu :)

mungkinkah ini kolam untuk mandi putri2 majapahit ya sam

pasti seger banget disitu karena namanya segaran

yg suka mesum kan diatas saya nih

gimana kalo kita bikin film tentang majapahit?
saya udah nemu pemeran gajahmadanya

buat refreshing memang cocok, kira-kira bisa dibuat mandi tidak ya?

kan yang ditengah tengah saya ini...gurunya.

woi...tanggungjawab...woi...

Kalau lagi mai ke sana saya suka mancing Kang, tapi jarang dapet. Harapannya sih dapet mahkota yang ada di klam segara itu. ha,, ha,, ha, ,

Panjang juga kolamnya mungkin jaman dulu fungsinya seperti kolam renang zaman sekarang

Meridnukan temap-tempat yang sangat alami seperti ini

kalo buat mandi, cuci baju, cusi muka, cuci piring gimana boleh gak mas?

tes mas, mungkin aja ada yang minat

siapa yang ngomongin pitnah mas bilangin sama saya biar nanti saya jewer

wah kolamnya luas juga yah kang jadi pengen nymeplung nie :D

yang pasti bukan saya kan

ya bisa aja mbak, gak ada yang ngelarang kan? apa perlu saya temenin :D

mas marnes kan masih terikat kontrak

belumnya nyoba mas, boleh apa nggaknya :)

monggo dikunjungi mas, sambil melepas rindu

klo mau dapet mahkota kayaknya mesti semedi sambil berendam mas :)

jurusan blok m ke kampung rambutan

betul mba, sebagai warisan pengetahun buat generasi berikut

seumur" belum pernah liat trowulan.... seumur-umur belum pernah berkunjung ke situs" peninggalan majapahit ini... uripku kurang piknik nemen ya...

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top