Monas Jakarta

monumen nasional jakarta
Monas atau Monumen Nasional berada di Jakarta, ibu kota negara Indonesia. Lokasinya di seberang jalan raya depan Istana Negara, berada di tengah-tengah Taman Monas. Letaknya yang sangat strategis, yaitu di pusat Kota Jakarta membuatnya sangat mudah dijangkau. Banyak sarana transportasi yang melewati jalan sekitaran Monas berada. Kalo bingung bisa naik taksi atau layanan transportasi aplikasi seperti gojek, grab, uber dan lainnya.

Tugu Monas merupakan monumen peringatan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Monumen ini mulai dibangun pada tahun 1959 dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1961 oleh Presiden Soekarno. Monumen yang dirancang oleh para arsitek Indonesia, yaitu Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno ini, mulai dibuka untuk umum sejak tahun1975.

pemandangan puncak monas
Melihat Jakarta dengan Teropong dari Puncak Monas

pemandangan jakarta dari monas
Pemandangan Jakarta dari puncak Monas

Monas berbentuk lingga yoni dengan ketinggian 132 meter. Pada bagian atasnya terdapat mahkota menyerupai lidah api yang dilapisi emas 24 karat seberat 45 kg. Pengunjung biasa naik hingga pelataran puncak yang ada di bawah mahkota, menggunakan lift. Dari sini kita bisa terlihat pemandangan kota Jakarta yang didominasi dengan gedung-gedung pencakar langit.

lokasi museum monas
Diorama di Museum Sejarah Nasional Monas

Pada bagian bawah tugu Monas, terdapat ruangan yang cukup luas. Ruangan ini merupakan Museum Sejarah Nasional. Didalam museun terdapat diorama yang memperlihatkan perjalanan sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah.   Sangat menarik, seolah kita dibawa pada suasana yang yang sebenarnya pada masa itu.

antrian pengunjung ke monas
Antrian Pengunjung ke Puncak Monas

kereta wisata gratis di monas
Berkeliling Taman Monas dengan Kereta Wisata

Setelah menikmati keindahan Jakarta dari puncak monas dan belajar sejarah di Museum Sejarah Nasional, kita bisa bersantai di taman monas yang ada dibagian luar Tugu Monas. Duduk dibawah pohon, olah raga jogging, jalan santai, atau melihat kawanan rusa bisa menjadi pilihan. Bagi yang ingin berkeliling bisa memanfaatkan kereta wisata, untuk menikmati taman seluas 80 hektar ini.

alamat monas di jakarta
Monas (Monumen Nasional) Jakarta

Berwisata ke Monas atau Monumen Nasional menjadi kesempatan yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke Jakarta. Monas selalu ramai di akhir pekan ataupun hari libur, bahkan di hari biasapun cukup banyak pengunjungnya. Biasanya selalu terjadi antrian saat akan ingin menaiki puncak monas. Harga tiket masuk ke areal monas sendiri tidak dikenakan biaya, kecuali yang ingin ke puncak monas.

Berkunjung ke Monas sangat direkomendasikan, karena selain wisata juga ada nilai edukatifnya. Belajar sejarah dan mengenang perjuangan pahlawan di masa penjajahan.

Sumber:
Lokasi Monas (Monumen Nasional) Jakarta
57 Komentar untuk "Monas Jakarta"

Sering ke sana tapi ngga pernah naik ke yang puuncak emasnya

pernah berkunjung, tapi belum pernah naik ke atas mas hehe...

ya hiya lah Monas - Jakarta, nggak mungkin monas - Cilembu mah kan?

nah tuh kelihatan kantor tempat saya bekerja

kalo di kampung saya ada monas
monas-i goreng atau monas-i uduk, ada

jangan ngaku orang endonesa kalau belum tau monas

nanti saya mampir mas
kalau inget tapi

ditempat saya ada apaan dong?

Nganti gitu ya mas ckckck duh terakhir ke monas tuh tahun 2014 kalau ga salah nganter ponakan study tour tapi waktu itu masih sepi karena datang kesana kepagian hahah

wah jadi penasaran mau naik ke puncaknya nih

Beluum kesampaian , semoga aja secepatnya. Hehehe

Asyik ya mas, pemandangan Kota Jakarta bisa di lihat dari atas monas. Keren euw,,, apalagi tempat seperti ini, selain berwisata juga bisa sambil belajar tentang sejarah, :-)

udh bagus, murah jga lg yah mas :D
klo nggak salah dlu pas saya ksana tiketnya cma 3rb rupiah :D

jika sampe di atas tuh, awalnya suka merinding. tapi itulah mas waktu itu saya ngantri nya panjang banget

paling suka kalau di monas, di Museum Sejarah Nasiona-lnya betah saya, tapi kalau di atas ga terlalu suka...mungkin dah keseringan kali ya

Wah seru kayanya ya, soalnya saya belum pernah ke monas ?.

Monas adalah tugu monumen kebanggaan bangsa indonesia...yang tak lekang dimakan waktu sejak kepemerintahan Pak Sukarno hingga Pak Jokowi monas selalu mejadi icon Ibu kota Jakarta , banyak di gunakan bagi para pengunjung untuk berfoto ria sekali gus mengenang sejarah sakral tonggak awal perjuangan dan kemerdekaan RI

kangen banget udah lama gak ke Monas :'D

samalah kita, padahal saya sudah karatan di Jkt

Iya keren dah, bisa liat jkt dari atas

Foto yang nomor dua kayaa'e lebih fokus lihat bokong daripada teropong. :)

salam kenal dari blogger newbie gan :)

mas zach keliatan dari jendela..
mampir ngopi karo ngudud ya mas yan

karena sudah biasa jadi diabaikan mba :)

pean paling taunya di tv sama di gambar :)

belum buka gerbangnya ya neng

monggo mas lihat jakarta juga dari atas, suoaya ikut keren :)

deket aja mas, ntar kesana juga bisa

klo kejakarta jangan sampe kelewat mas :)

memang selalu ngantri mas, apalagi hari libur

di museumnya adem, saya juga betah, selain memang banyak pengetahuan sejarah yang bisa didapat

ke jakarta dulu mas, baru ke monas :)

betuk banget mas, sangat istimewa

Jadi pengen nyobain ke jakarta, buat liat monas dari dekat hheee...

Empat taun lalu pernah ke monas. Penuh, panas, huhuhu pucing pala incess wkwkwkwk

Wah kemonas nggak ngajak nganjak mas klau tahu bisa kopdar nih kan deket bekasi

Saya sendiri kalau ke Monas sekarang paling males ngatri naik ke atas mas, lama banget. Kenapa ga kabarin sih kalau main ke Jakarta ?

Antruanya itu loh yang biki wo oooo kayak uler

Antruanya itu loh yang biki wo oooo kayak uler

msa kayanya yang desang melihat di belakang yang neropong itu lain lagi liat teropong deh mas

nah ia betul harusnya bilang - bilang nih

hihiii.. ga apa-apa mas Yanto, saya juga belum pernah datang ke monas :)

ternyata ramai juga ya mas yang datang ke Monas.. saya belum pernah kesana :)

Saya pernah ke Jakarta, tapi belum pernah ke Monas -_-

Iya saya belum pernah ke monas mas wong, jadi entar kalo saya bingung mau ke sana, tinggal pesan taksi aja kali yeeee hehehehe :)

Belum kang jadi disana cuma foto-foto doang haha

salam kenal juga mas, smoga sukses

monggo mas, bisa dipegang sepuasnya juga :)

ga tahan antrinya di Monas ><

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top