Pantai Bantol, Malang

pantai bantol malang
Lokasi Pantai Bantol terletak di desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar 60 km arah selatan kota Malang. Untuk menuju ke pantai Bantol dari kota Malang, ikuti jalan ke arah kota kepanjen. Dari kota Kepanjen selanjutnya mengikuti petunjuk arah ke pantai Ngliyep. Sebelum sampai di pantai Ngliyep, kita akan menemukan pertigaan jalan yang terdapat petunjuk arah ke desa Banjarejo, dimana pantai Bantol berada. Dari sini tinggal menyusuri jalan tersebut, hingga ujung desa yang berakhir di pantai Bantol.

Kunjungi juga: WISATA EKSOTIK DI MALANG

Jalan menuju pantai Bantol dari desa Banjarejo belum begitu bagus, bahkan cenderung rusak. Pada mulanya masih berupa aspal mulus, selanjutnya sekitar 6 km berikutnya aspal rusak berlubang, dan lebih parah lagi kita akan mendapati jalan makadam atau bebatuan campur tanah sekitar 5 km hingga sampai ke pantai Bantol. Nampaknya akses jalan menuju lokasi wisata ini belum banyak mendapat sentuhan perbaikan. Meski dengan kondisi jalan yang seperti ini, ternyata tetap tidak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung. Terutama pengunjung yang menyukai adventure, dan umumnya didominasi anak muda.

jalur jalan ke pantai bantol
Sebagian akses jalan ke Pantai Bantol

Bagi pengunjung pantai Bantol sebaiknya jangan menggunakan mobil, kecuali memang mobilnya memiliki spesifikasi medan offroad.  Sepeda motor lebih disarankan, khusus sepeda motor non matic, meski bisa, tapi akan banyak menemui kesulitan.

Pantai Bantol sendiri belum dikelola secara profesional, meski sudah disediakan beberapa fasilitas sederhana seperti WC, lahan parkir dan warung. Sudah ada penjaga portal masuk dan lahan parkir yang nampaknya merupakan warga sekitar. Tiket masuk pantai ini cukup murah, hanya Rp. 5.000,- saja., dengan tambahan biaya parkir Rp. 5.000,-.

danau di hutan mangrove
Danau Air Payau di hutan Mangrove

keindahan panorama pantai bantol
Aliran air dari danau air payau

Saat tiba di pantai Bantol, kita akan disuguhi kondisi pantai yang masih cukup alami. Pantainya berupa teluk, dihiasi hamparan pasir berwarna putih kecokelatan. Disisi pantai bagian dalam terdapat hutan bakau, yang menbuat suasana pantai terasa lebih sejuk. Dihutan bakau ini terdapat danau air payau yang sangat jernih, mengalirkan air bermuara langsung di pantai Bantol.

lokasi pasir putih pantai bantol
Hamparan pasir putih kecokelatan di Pantai Bantol

Tidak jauh dari pantai Bantol, sekitar sepuluh sampai lima belas menit jalan kaki kesebelah barat terdapat pantai Kedung Celeng yang tidak kalah indah. Untuk menuju kesana cukup menyusuri jalan setapak melewati rerimbunan pepohonan di pinggir pantai. Dan di sebelah baratnya lagi masih terdapat pantai lain, yaitu pantai Pulodoro yang masih sangat alami dan eksotik. Jadi jika anda berkunjung ke pantai Bantol, bisa mendapatkan bonus dua pantai lain yang tidak kalah keindahannya.

harga tiket masuk pantai bantol malang

lpkasi pantai bantol malang
Panorama Pantai Bantol, Malang

Untuk aktifitas di pantai Bantol tidak hanya sekedar wisata menikmati alam, karena saat berkunjung kesana banyak anak muda yang sedang persiapan menggelar tenda camping. Disisi lain pantai beberapa orang terlihat sedang asyik memancing. Kita juga bisa menikmati hasil tangkapan laut, dengan membeli ikan dari nelayan yang kebetulan mendarat.

Jadi meski memerlukan perjuangan untuk sampai ke pantai Bantol, anda tidak akan kecewa untuk menikmati panorama pantai yang memukau dengan keindahan alaminya.

Sumber,
Lokasi Pantai Bantol, Donomulyo, Malang
53 Komentar untuk "Pantai Bantol, Malang"

Pantai Bantol Malang, harus banyak di promosikan Kang

Ya itu mas,,,, untuk menuju pantai saja butuh offroad ya mas ya? bagus mas pantainya, ada daratan yang menjorok ke Laut,, cocok buat camping pula,,,, duha jdi kangen camping di pantai mas :-)

buset O_O sepi amaaat....

Pantainya masih perawan mas, buktinya belum banyak orang yang mengetahui atau mengunjungi lokasi pantai tersebut haha

Luas juga mas pantainya, wahhh makin greget kalau mauke Malang.

Airnya memang kecoklatan ya...
Dan bentuknyapun teluk

Asik nih bisa masa main kepantai yang masih alami

wes lah nek Malang percaya tenan, ada gunung ada pantai,
lama-lama bertemu di mall

berarti seperti pepatah ya mas sekali jalan-jalan 2 pantai ternikmati :)

Pasir putihnya keren mas, dan setiap dengar kata malang hati ini jadi gundah gulana mas he...he...

Enak juga kalau buat camping mas ada hutan magrovenya

Jadi sebelum sampai ke pantai bantol, bagi yang berkendara mesti ajul-ajulan dulu ya mas wong, soalnya jalannya rada-rada rusak, tapi justru rintangan tersebut yang bikin jiwa adventure jadi tumbuh,,, hehehehehe,,, tapi sampai di pantai bantol, akan disuguhkan pemandangan yang indah, danau, pasir putih yang kecoklatan... mantaaaaaappppp :)

iya mas, perjuangannya seperti di drama korea :)

betul mas, cmaping di pantai bantol suasannya nyaman

kenapa gundah mas?
bikin kangen ya :)

ndang budal mas, terus ke semeru :)

betul gan, pantai bantol bahkan belum banyak dikenal orang

monggo bang indra, kunjung ke pantai bantol

betul mas, pantai bantol masih sangat alami

iya mbak, itu coklat karena pasirnya yang berwarna putih kecoklatan, klo airnya jernih

monggo mas ke malang, pasti terpuaskan dengan berjibunnya destinasi wisata

betul neng, meski bukan perawan tingting, tapi masih terasa keperawanan (baca: kealamian) pantai bantol

monggo mas camping dipanti, seru banget pastinya, apalgi klo dipantai bantol

betul mas, mungkin ini bagian dari itu, meski usaha yg sangat kecil :)

Cihui.. Pada ngapain tuh .

iya terlihat dari pinggir pantai yang masih ada gundukan gitu

Kok sunyi senyap mas...ya apa memang belum dikenal publik...

dan harus dijaga betul2 biar tetap elok

Wah bagusnya sih kalau pantainya begini direkomendasikan mas, sayang kalau tidak dibeitahu ke orang banyak dan kayanya muantappp kok.

Boleh lah jadi tujuan buat pergi wisata bareng keluarga tercinta mungkin kesana hehe

Jarang ke pantai mas...lihat gambarnya aja ah

posisinya berdekatan dengan ngliyep tuh sam,jadinya kalah tenar.seperti juga pantai ngantep dan wonogoro yg kalah bersaing dengan balekambang

padahal nggak kalah indah lo ya

drama korea aktornya van dem kan?

jelas boleh lah, gak ada yang ngelarang

bersih apa karena belum banyak dikunjungi ya

kebetulan hari biasa, bukan liburan, tapi memang blom terlalu ramai

monggo mas kesana, saya rekomendasiin buat mas :)

monggo mas, besok saya posting gunung, biar lihat gunung juga :)

iyo sam, lebih terkenal karena dikelola dg baik

ternyata Pantai Bantol bukan berada di Bantul tapi ada di Malang....hadeuh...saya salah ya

Kalau bawa mobil nggak bisa kah?

Kalau bawa mobil nggak bisa kah?

bisa mas, cuma sebaiknya yang gardannya tinggi, ngelewatin bebatuan dan lobang

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top