Gong Perdamaian Dunia di Istana Gebang Blitar

lokasi gong perdamaian dunia
Gong Perdamaian Dunia atau World Peace Gong, salah satunya bisa kita jumpai di Istana Gebang Blitar, Jawa Timur. Gong ini ditempatkan di depan bagian kiri dari bangunan Istana Gebang. Istana Gebang sendiri, merupakan rumah tinggal keluarga Bung Karno di masa muda, lengkap silahkan kunjungi ISTANA GEBANG BLITAR.

gong perdamaian dunia di istana gebang blitar
Gong Perdamaian Dunia di Istana Gebang Blitar

Gong Perdamaian Dunia merupakan gong dengan bentuk cukup besar, yang permukaannya di tempeli bendera dari 202 negara di seluruh dunia. Gong Perdamaian Dunia, menurut papan informasi yang di lokasi, adalah sumbangan The World Piece Committee. Yang berencana membangun gong serupa secara permanen di 202 negara dunia. Direncanakan sudah dipasang seluruhnya pada tahun 2017. Dan akan dibunyikan serentak oleh masing-masing kepala Negara untuk menandai kelahiran “Perdaban baru Satu Bumi dengan Hati”.

worl peace gong at indonesia
Gong Perdamaian Dunia atau World Peace Gong

Gong Perdamaian Dunia pertama kali dibangun dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesi, Ibu Megawati Soekarno Putri di Bali pada tanggal 31 Desember 2002 pukul 00.00 WITA.

Dilanjutkan peluncuran kedua di Swiss oleh sekretaris jendral PBB pada tanggal 5 Februari 2003. Peluncuran ketiga dilakukan di tempat terbunuhnya Mahatma Gandhi di New Delhi pada tanggal 20 Agustus 2004.

Hingga saat ini telah terpasang di 84 negara dan 9 tempat di Indonesia. Untuk di Indonesia, Gong Perdamaian Dunia berada di Maluku, Palu, Kupang, Bali, Jepara, Bandung, Kota Purba Galuh, Banda Aceh dan Blitar.

Gong Perdamaian Dunia yang ada di Istana Gebang sebenarnya merupakan replika dari  Gong Perdamaian Dunia yang ada di Makam Bung Karno. Dan telah diresmikan pada tanggal 1 Juni 2009, sesuai keterangan yang tertera pada banner di sebelah gong tersebut.

Semoga dengan adanya Gong Perdamaian Dunia ini, bisa menjadi prasasti  yang mengingatkan masyarakat dunia akan pentingnya menciptakan dan menjaga kedamaian.

Sumber:
Lokasi Gong Perdamaian Dunia di Istana Gebang Blitar
46 Komentar untuk "Gong Perdamaian Dunia di Istana Gebang Blitar"

Artikel yang menarik Mas, dengan begitu kita bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan dan keberagaman beragama yang selama ini (terutama pasca reformasi) sudah mulai terkikis pelan-pelan di Indonesia.

Salam kenal ya? ^_^

Gong perdamaiannya dunia
Jika dibunyikan pasti bersuara cinta
Dari hati semua negara
Yang suka damai aman sejahtera...

Mudah mudahan dunia makin damai dengan adanya gong perdamaian ini

Aku pernah liat juga nih gong raksasa seperti itu berada di daerah Ciamis yang berada di tempat wisata Ciung Wanara (hutan) hmm serem banget pas berkunjung kesana xD

Banyak tempat ada gong perdamaiannya, di Jepara juga ada loh mas :-D

di daerah banjar ciamis juga ada mas, jadi replika juga dong yah? :D
wah mantep nih gong ini bukan gong biasa karena sejarah untuk perdamaian :)

Mungkin ini bisa jadi sebagai simbol sebuah perdamaian di seluruh dunia ... Salam Damai

belum pernah yang kesini.
kalo gong yang di Ambon malah pernah
coba ya gongnya dipasang di depan rumah
bakalan saya tutuk terus

Mbak Anis pernah nonton Sopo Jarwo?
ada tokoh yang suka berpantun dan bersyair juga di sana

semoga dengan adanya gong perdamaian selalu menjadi yang terbaik bagi masyarakat dalam hidup rukun aman tentram dan selalu dalam prdamaian mas :D

Wah keren, kira kira besarnya sebesar apa ya mas ?. Kalau ditempat saya belum ada nih simbol perdamaian.

Gong perdamaian...nama yang mengandung makna luas..seperti tujuannya saat di buat, gong ini melambangkan perdamaian semoga “Perdaban baru Satu Bumi dengan Hati” bisa terwujud sesuai cita-cita

"Betapa indah jika dunia aman dan tentram tidak ada perang "

jadi setiap gongnya dibunyiin, semuanya jadi damai gitu ya. kalo ada tawuran, tinggal dibunyiin aja gongnyam dan semua langsung damai :D

wah kok baru tau ini ya mas saya. bahwa sanya ada simbol perdamaian yang menjadi saksi sejarah masa-masa lalu. luarbiasa mas info yang sangat berguna.

Gong perdamaian sebuah nama gong yang sangat simbolis

salam kenal,
betul mas, bisa menjadi sarana untuk menumbuhkan semangat perdamaian

sampeyan iso berbalas pantun mas?

smoga mas, mungkin ini merupakan salah satu media

Ternyata gongnya ada di beberapa kota ya mas

semoga dengan adanya gong perdamaian ini seluruh dunia jadi damai sentosa. jika ada yang ingin mulai perang. tinggal bunyiin aja tuh gong, biar sadar dan gak jadi perang XD

Wah, di Bandung juga ada ya? Baru tahu aku. Harus cari, nih, pengen lihat juga :) Btw, menurutku ide gong perdamaian dunia itu bagus ya :)

salam kenal buat pak adminnya sari saya juga...

berarti gong perdamaian ini terdapat di beberapa tempat ya mang, soalnya saya juga pernah bikin artikel gong perdamaian yang ada di Tasikmalaya

pasti yang dimaksudkan dengan Kang Zach adalah tokoh si sopo nya kan?

Saya banyak menemukan gong perdamain di dunia ini di beberapa tempat Kang, eh ternyata di Blitar juga ada ya ?

Gong Perdamaian Dunia, bener, sangat penting sekali keberadaannya mas wong.... Soalnya kita sebagai manusia mesti menyampaikan pesan perdamaian, iya kan? hehehehe :)

Bagus gongnya, asli bagus banget Gong Perdamaian Dunia,,, mendidik untuk damai dan menerima perbedaan hehehehehehe :)

salam kenal juga mang yang ke sekian kali :)

di Indonesia infonya ada di 9 tempat

betul mas, di Indonesia ada 9 tempat

mungkin bukan replika mas, klo yang di blitar memang ada 2, satunya replika

betul mas, karena ada 202 negara, artinya hampir seluruh dunia

iya setikanya ada yang konsen masalah perdamaian

betul mas, apalagi sekarang gambaran perang dunia ke tiga sudah di depan mata

iya mas, jadi bisa dibawa kemana2 untuk menebar kedamaian :)

klo gongnya blom lama kok mas

Banyak juga, termasuk di Ambon kalau nggak salah

Semoga tidak hanya gongnya saja yang damai tapi negaranya juga

Waw gongnya besar sekali, kerenn :)

Kang selain untuk perdamaian gong itu di gunakan untuk apa saja ya kang ?

di taman pintar yogyakarta juga ada gong seperti ini gan,

pantes ky sering liat, tnyt memang ada bnyk ya

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top