Pantai Cengkrong, Trenggalek

lokasi pantai cengkrong trenggalek
Lokasi Pantai Cengkrong terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sekitar 42 km arah selatan kota Trenggalek atau sekitar 47 km dari kota Tulungagung. Rute jalan ke Pantai Cengkrong searah dengan jalan ke Pantai Prigi, sekitar 3 km setelahnya.


Pantai Cengkrong merupakan bagian dari deretan pantai selatan pulau Jawa. Meskipun berada di pantai selatan, karakter ombaknya tidak terlalu besar seperti ombak pantai selatan pada umumnya. Hal ini bisa terjadi karena pantai Cengkrong di halangi oleh perbukitan karang yang menahan ganasnya ombak laut selatan.

jalur jalan ke pantai cengkrong trenggalek
Bukit karang di sisi Pantai Cengkrong

Pada bagian barat pantai terdapat bukit karang menjulang, yang dibawahnya mengalir sungai air payau dari hutan mangrove. Sungai ini dimanfaatkan nelayan sebagai dermaga tempat sandar kapal-kapal mereka.

tempat sandara perahu nelayan di pantai cengkrong
Dermaga Sandar Kapal Nelayan Pantai Cengkrong

rute jalan lintas selatan trenggalek
Jembatan Jalan Jalur Lintas Selatan Trenggalek

Diatas sungai juga dilintasi jembatan jalur lintas selatan. Jembatan ini menghubungkan jalan lintas selatan yang belum sepenuhnya selesai di bangun. Karena jika kita menyusuri jalan lintas selatan tersebut, hanya beberapa kilometer saja yang diaspal, selebihnya masih berupa jalan makadam (bebatuan).

panorama sunrise di pantai cengkrong
Sunrise di pantai Cengkrong Trenggalek

Pantai Cengkrong menawarkan keindahan alam yang menarik. Diwaktu pagi hari, kita bisa menikmati sunrise dengan suasana berbeda. Sunrise di pantai Cengkrong muncul bukan dari dalam air, tetapi dari balik perbukitan karang. Sehingga saat sang surya bergerak meninggi, nampak siluet perbukitan karang menjadi latar belakang, dengan bias cahayanya terpantul indah dipermukaan air laut.

sarana di pantai cengkrong
Melibas pasir pantai dengan kendaraan ATV

panorama pantai cengkrong
Bernarsis ria di Pantai Cengkrong

tempat camping di pantai cengkrong
Camping di pinggir Pantai Cengkrong

Selain keindahan pantai dan moment spesial disaat sunrise, di Pantai Cengkrong pengunjung juga bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan pengelola. Seperti persewaan motor ATV, untuk melibas pasir pantai. Area camping ground, bisa dimanfaatkan untuk berkemah di pinggir pantai.

Di sebelah Pantai Cengkrong terdapat kawasan konservasi hutan mangrove, yang saat ini bisa dinikmati sebagai destinasi ecowisata. Untuk memudahkan pengunjung, di atas hutan mangrove telah dibangun jembatan yang terbuat dari kayu. Jadi pengunjung bisa melintasi dan menikmati panorama hutan mangrove melalui jembatan ini. Uniknya jembatan diatas hutan mangrove tersebut dikenal dengan nama jembatan galau.

Untuk tiket masuk ke pantai cengkrong, cukup membayar biaya sebesar 6.000 per orang. Sangat murah dan terjangkau, karena tidak hanya wisata pantai yang bisa kita dapatkan, juga wisata hutan mangrove melintasi jembatan galau.

Sumber:
Pantai Cengkrong, Trenggalek, Jawa Timur
96 Komentar untuk "Pantai Cengkrong, Trenggalek"

Wih, jalur lintas selatan sudah jadi ya mas? ketinggalan aku

Pantainya keren sekali kang, tidak ada sampah yang berserakan jadi bakalan betah lama2 kalo main ke pantai ini mah :D

Dilihat dari semuia foto-fotonya memang pantai Cengkrong lumayan bersih, berarti pengunjungnya sadar dengan lingkungan. Saya agak merasa risih saat main kepantai di daerah saya, Jepara. Sampahnya gak karuan.

bukit karang mirip dengan tempat wisata di banda aceh

ada kendaraan ATV bisa berkeliling pantainya.
pantainya enak ya bersih atao motnya yang bersihnya aja nih mas

Pemandangan pantai berlatar pegunungan sangat cocok untuk mencari inspirasi, refreshing.

wih panoramanya sungguh indah dan mempesona banget yah ma, ngomongin trenggalek saya jadi teringat sama seseorang nie, udah lama banget gak pernah bertegur sapa....

Enak tuh menjelajahi pantai pakai motor APV

Wah bagus tuh mas tempatnya, kayanya bagus buat dikunjungi bareng dengan keluarga besar nih.

wiuh asik nian di pantai Cengkrong Trenggalek ini bisa ngebit dan offroad pake ATV, kesonoh ah

asik juga nih kayaknya kalo jalan2 di pantai sambil naik ATV. boleh kebut-kebutan gak ya??

Pantai Cengkrong terasa masih perawan, belum banyak sentuhan. Aduh campingnya ini, yang biasanya menyisakan sampah.

eh ternyata selain prigi di trenggalek juga ada pantai lain toh sam seperti Pantai Cengkrong ini.
koq nggak ngasih tau saya sih

silahkan centang yg anda anggap bener

Wah saya baru denger ni mas jenis mobil pelibas pasir

di Jembatan Jalan Jalur Lintas Selatan Trenggalek, bersiaplah nanti ajul-ajulan di jalan yang masih bebatuan ya mas wongggg... :)

Kelihatannya adem ya mas wong di pantai cengkrong... :)

Pengen offroad pake ATV hehehe manteb tenan kang.!

emang mamang orang penting gituh?

iya mas bersih yang difoto :)

secara umum memang bersih mas, khususnya yang difoto

pasti indah mas pantai di banda aceh

hehe, mangadul nebaknya oke... klo mosting ya yang bersihnya mang, biar menarik :)

betul mas, jadi mesti sering ke pantai

monggo mas, bawa seluruh keluarga ke pantai cengkrong

Mau saya kasih mamang mamang semua ?

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

wih indah dan elok di pandang pantai cengkrong nya mang :D

Weih bagus ini mas,,,,
Memang ya mas ya, walaupun di deretan pantai selatan terus ada perbukitan karangnya, ombaknya jadi tidak ganas,,,,
Vie pengambilan gambar dermaga dan jembatannya bagus mas,,, keren :-)

Lihat foto-foto diatas sepertinya memang sangat bagus nan indah sekali pantai cengkrong ini mas. Mudah-mudahan nanti bisa berkunjung kesana

kalo dari bogor ke trenggalek naek apa mas?

ajul-ajulan itu nama makanan ya kang? hehe..

Adekku bilang pernah ke Prigi jadi deket aja ya dengan cengkrong. dia kuliah di tulungagung tapi aminnya ke trenggalek

pasti goanya lembek dan becek ya

aslinya nggak gituh ya mang?

ada mamang di post saya loch

tuh yang naik motor kuning mas admin ya? keren mas nge-selfinya

saya juga di jawa timur, tapi belum pernah ke trenggalek. hanya sampe kediri saja mas

sibuk naek gunung ya mang? ampe nggak sadar banyak diomongin di blog saya noh...

namanya kereeennn ...

"Cengkrong Beach !" artinya apa yaaah ... ?

Fasilitas asyik lengkap, ada ATV bisa slalom di pasir.
Tiket masuk 6-rb dapat menikmati keindahan pantai Cengkrong.

sampeyan ki isine plesir tok ae Mas. gak bosen ta plesiran terus?

kalian berdua memang orang yang penting.
bisul kecil itu kan maksudnya?

Seru banget bisa kemping di pantai, ya. Apalagi sunrise nya indah gitu :)

Hmm sepertinya saya pengen ke pantai dan nyantai dipantai seperti dipantai, ahi hi hi.

asiik dapat referensi pantai cengkrong trenggalek..

Wah keren juga ya mas jadi pengen coba nih berlibur kesana bareng teman.

Apa kabar ni mas crupild, lama kita gak ngobrol, sibuk gituh yah...

Lama nggak berkunjung, gimana kabarnya sobat blogger setia!

wah iya kang maman, maaf neh jarang kunjung

monggo mba, cocok buat liburan

jadi anak pantai cengkrong kang

iya mba, menikmati suasana pantai sambi bersantai

salahae okeh tempat plesir mas, sampean kapan plesir neng malang :)

cukup kesini aja neng, sering2 ya :)

wah iya mba, blo ngerti juga artinya :)

Pengan naik kendaraan ATV di pantai Cengkrong Trenggalek... enak kali ya...?

kang, aku gagal fokus nih, yabg naek kendaraan ATV itu penulis yak? gaya pakek songkok kayak mau ke masjid

Pemandangane uapik, Sam. Terutama yang tangannya merentang kayak film titanik itu. :)

paling demen klo liat yang menarik neh :)

penulisnya saya mas
gagal fokus ke yg lagi merentang tangan aja mas :)

eneak kang dedy, dijamin, asal jangan nyemplung ke laut

lanjutkan mas, sedikit lagi :)

naik kretaa mas, turung tulungagung, sekitar 30 km lagi

betul mas, cukup tenang untuk menikmati pantainya
foto via hape mas, masi

silahkan main juga bang MA :)

monggo kang, ke pantai cengkrong ajah

hahah, lagian ada aja yang naek ATV makek kopiah... rumah akang dekat sama pantai ini yak.. ngaku. hehe

Pantainya bersih ya mas kayaknya :D

harusdi refresh ke pantai dulu mba!

jauh juga ya gan, kalau jalan kaki ya pegel kakinya

aku pernah dengar daerah prigi, tapi belum pernah kesana gan!

sepertinya sangat bagus mas tempatnya, bisa dijadikan salah satu tempat tujuan apabila kita ingin melakukan rekreasi

Baru,kemarin kesana ma keluarga,tapi sayang sampah berserakan banyak di
bibir pantai!!

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top