Monumen 1000 km Anyer Panarukan di Situbondo

lokasi monumen 1000 km anyer panarukan di situbondo
Lokasi Monumen 1000 km Anyer – Panarukan terletak di jalur pantura Situbondo ke Surabaya, kiri jalan sebelum jembatan Sibun atau tepatnya Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Jaraknya hanya sekitar 6 km dari pusat kota Situbondo. Jadi bagi pengguna kendaraan yang melewati jalur ini pasti dapat dengan mudah menemukan lokasi Monumen 1000 km Anyer Panarukan.


Monumen 1000 Km Anyer Panarukan menjadi penanda untuk mengenang sejarah pembangunan jalan raya di masa pemerintahan Gubernur Jendral Herman Williem Daendles. Menurut beberapa sumber sejarah, pembangunan jalan sepanjang 1000 kilometer dari Anyer hingga ke Panarukan tersebut, memakan waktu selama satu tahun yaitu dari tahun 1807-1810  pada silam. Merupakan waktu yang singkat dengan capaian pembangunan jalan yang begitu panjang, hal ini tidak lepas dari kekejaman tangan besi Gubernur Jendral Daendles yang tak kenal ampun dalam mempekerjakan pribumi dalam pembangunan jalan ini. Ribuan orang menjadi korban hingga meninggal dunia karena dipaksa dan diperlakukan tidak manusiawi dalam bekerja. Banyak diantaranya meninggal karena kelaparan, siksaan dan penyakit yang tidak terobati.

gambar peta monumen 1000 km anyer panarukan
Peta Jalur 1000 km dari Anyer hingga Panarukan

sejarah monumen 1000 km anyer panarukan
Monumen 1000 km Anyer Panarukan di Situbondo

Menilik keberadaan Monumen 1000 Km Anyer Panarukan, menurut informasi yang saya dapat awalnya monumen ini merupakan Tugu Perjuangan, kemudian dirubah menjadi Tugu Udang dan terakhir seperti yang ada saat ini sebagai Monumen 1000 Km Anyer Panarukan. Bentuk monumen ini sendiri berupa taman yang dihiasi dengan delapan belas pilar berjajar. Pilar ini diberi warna yang berbeda, seperti terlihat di gambar.

lokasi pantai pasir putih situbondo

lokasi pantai pasir putih situbondo
Panorama pantai di jalur pantura

Posisi Monumen 1000 Km Anyer Panarukan yang berada di pantura, juga menawarkan daya tarik lain dari jalur jalan yang melintasinya. Jika kita melewati jalur ini, maka akan mendapatkan keindahan panorama alam sepanjang perjalanan. Mulai dari gugusan bukit, hutan mangrove, hingga hamparan pantai yang memanjakan mata. Dan monumen sendiri tidak seberapa jauh dari Wisata pantai Pasir Putih di Situbondo. Dibeberapa tempat terdapat rest area yang lokasinya juga dipinggir pantai, jadi bisa istirahat sambil menikmati pemandangan. Nah gimana sobat, tertarik untuk berkunjung ke monumen 1000 km Anyer Panarukan? 
30 Komentar untuk "Monumen 1000 km Anyer Panarukan di Situbondo"

belum pernah ke situbondo saya mas, biasanya hanya lewat saja pas ke bali. hehe

lain kali berhenti dulu mas, liat2 situbondo :)

Ternyata tempatnya indah juga kang, tapi sayang saya belum pernah kesini kang.

enak sekali ya kang kita memakai jalan yang dibuat sekitar tahun 1807-1810, dan kita tidak tahu bagaimana perjuangan orang yang membuat jalan itu. sampai sampai ribuan orang meninggal :( orang yang buat jalan itu benar benar pahlawan tanpa jasa...

Pantainya asyik dan pasirnya juga putih mas. Keren, apalagi terlihat nggak ramai.

Monumen yang bersejarah sayang enggak digali dengan sumber yang dicantumkan. Padahal isinya udah menarik.

Memang terkesan juga dengan pantai dan pemandangannya.

Unik loh monumennya,, bkin pengen kunjungan kesana..hehe

Panorama di pantainya keren juga :)
Lebih keren lagi kalau bisa mengabadikan foto disana.. hehe

Monumen 1000 KM adalah merupakan bukti sejarah sekaligus kekejaman bangsa penjajah...

waah seandainya bisa kesampaian ke situbondo pasti menyenangkan...
sayang hanya sebatas angan angan

Jadi pulau jawa dari ujung ke ujung ada 1000 km lebih ya...

Saya pernah tuh kang mampir ke pantainya yang dijalur pantura itu, bagus sih pantainya, enak buat nyantai :D

Panorama pantai di jalur pantura bisa memanjakan pengguna jalan.. Iya, tampak indah mas wong...

iya kang, hanya sekilas dan dari sumber di lokasi ajah

harus bereterima kasih kepada mereka ya

betyl mas, hampir sepanjang jalur indah pemandangannya, terutama pantainya

Kalau bahas anyer sampe panasuran tuh jadi inget sama pelajaran sejarah waktu di sekolah dulu mas :-) hhee

Pantainya terlihat tenang
Menarik hatiku untuk datang
Apalagi belum pernah bertandang

Mungkin Panarukan maksudnya ya kang, hehe..

Kalau bertandang, ingat-ingat jalan pulang... :)

Apalagi kalau malam hari, indah seperti California dan Chicago ya mas...

Monumen 1000 KM tempat yang layak untuk dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, karena punya nilai historik yang gak boleh kita lupakan...

Pengen Mas,,, kapan-kapan ke sana...

Bareng keluarga nanti... Amin...

yang kemaren monumen 0 km, yang ini 1000 km.
baru tahu saya ada monumen 1000 km jarak jalan dari Anyer ke Panarukan, makasih infonya mas

Yaaah, aku cumaaa pernah lewat aja mas disini heheh :D

1000 km kerja paksa tanpa bantuan alat berat, sungguh biadab sekali penjajah waktu itu. Beruntung sekali kita terlahir di jaman yang sudah merdeka.

Tertarik bgt, apalagi klo inget sejarahnya...

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top