Titik Nol Kilometer Kota Malang

lokasi titik nol kota malang
Lokasi patok titik nol kilometer Kota Malang berada di pusat kota, tepatnya di sisi utara alun-alun Malang. Mungkin kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan keberadaan patok ini. Terlebih posisinya agak sedikit tersembunyi, yaitu berada trotoar bawah penyangga jembatan penyeberang orang di jalan Merdeka Utara.

Kunjungi juga: WISATA KOTA MALANG

Titik nol Kota Malang ditandai dengan sebuah patok berbentuk balok setinggi sekitar 0,8 m. Patok dengan kombinasi warna putih, biru, hijau, kuning dan merah ini, memiliki tulisan sebagai keterangan jarak. Bagian atas terdapat tulisan S.BAYA 89, maksudnya Surabaya berjarak 89 km. Dibagian bawahnya ada dua sisi dengan tulisan M.LANG 0, yaitu titik 0 km kota Malang, dan disebelahnya tertulis PW.SARI 28 yaitu jarak Purwosari 28 km dari patok ini.

lokasi patok titik nol kota malang
Patok Titik Nol Kota Malang di JPO (gbr. G.map)

lokasi patok titik nol di alun alun kota malang
Alun-alun Malang nampak dari Jembatan Penyeberangan

Keberadaan patok titik nol yang menurut informasi sudah ada sejak jaman Belanda ini, berfungsi sebagai titik awal mengukur jarak. Dari sini bisa ditarik jarak tempuh ke kota lain dan diketahui ukuran jarak per kilometernya. Seperti yang tertera di patok tersebut, dapat diketahui jarak kota Malang ke kota Surabaya sejauh 89 km.

Nah bagaimana sobat, apakah sobat tau dimana letak penanda nol kilometer di kota anda? Monggo di cek, kasih tau saya ya klo sudah ketemu :)  

Sumber:
Lokasi patok titik nol kota Malang
58 Komentar untuk "Titik Nol Kilometer Kota Malang"

hihi baru tahu saya mas, meski sering ke alun-alun gak memperhatikan patok kilometer. lebih sering bawa siswa dan anak istri.

Jujur Kang saya baru tau kalau didaerah sana ada titik nol..hhddeechh..nasib..nasib.

Ekh kang maaf sebelumnya kok saya tidak menemukan tombol folow ya di blognya..

bolak balik lewat nggak pernah merhatiin patok ini nih sam,apalagi tempatnya deket lampu merah jg jadinya sering macet dan kudu merhatiin jalan

dari sinilah titik awal jarak di seluruh kota Malang teh ya pak, namanya juga titik nol

Kalau saya nggak tau mas wong letak titik nol kota di mana saya tinggal di mana... Kalau titik nol kota malang kan di situ ya sehingga bisa ketahuan jarak Malang Surabaya 89 km... :D

Kalau saya mah belum nemu kang titik nol di kota saya soalnya saya jarang lihat ke kiri ke kanan selama tidak ada yang enak di lihat.

bagi orang awam emang betul bakal gk perhatiin sama yg namanya patok hehe

sego mawut bisa dikirim kesini nggak?

kalo jalan mundur jadinya titik minus?
akang nih yang sukanya jalan mundur

Waduh, saya malah blm tahu titik nol kota bogor, nanti cek di google ah, mksh udah mengingatkan mas...

klo ke alun-alun lagi cek mas :)

@Effendi ada kok, tinggal pencet :)
tuh kang yanto yg nyariin

lha kang diar tinggal dimana? :)

nggak ada cewek cantik maksudnya?

mulai sekarang diperhatiin ya mas

langsung kesini mas, nikmatin sego mawut

Aku dua kali ke Malang tapi belum pernah singgah di ALun-alun malang. Sedihnya :-(

kalo di kota kota lain ada ga yah ??

Iyah udah.. Enggak ah saya nyari sendiri, kalau di bantuin sama mas yanto suka di suruh bayar tauk

wah saya kira di Aceh doang yang ada titik nol kilometernya, di Malang juga ada..

Perhatiin? Ah.. Kayanya nggk deh ):)

waduh, setelah baca artikel ini jadi pengen tahu titik nol di daerahku ada gak ya?

Patoknya bagus, jadi pengen saya bawa pulang wkwkwk

jalan-jalan ke kota Malang memang mengasyikkan Mas...apa lagi bisa singgah ke rumah admin

Wah sudah ada sejak jaman belanda yah mang,,, titik nol juga memang bisa digunakan sebagai titik awal mengukur jarak,, biar akurat alias tepat... :D

Wah ada 86 nyah.. jangan razia kosan saya yah :-)

Walah, sek tas ngerti aq sam :)

bertambah pengetahuan saya mas :D

Setiap dengar kata malang, pasti saya teringat sebuah kenangan mas Wong, tapi bukan patok titik nol kenangannya.

Baru tahu ternyata titik nonya dekat alun-alun. Kotaku sidoarjo aja aku kurang tahu dimana titik nolnya. Duuuh :(

Jadi pengen berkunjung ke kotanya mas. Kira-kira butuh dana berapa ya kalau dari Sukabumi, itu juga masih rencana.

Sebelumnya slaam kenal dulu untuk mas admin. Nah mas admin nda ya mau tanya kalau daerah wisata Malang sekalian kota batu itu dimana lagi mas.?

Lahhhh baru dua hari lalu gw ke malang, muter muter juga di alun-alun

Baru tau saja kota malang punya titik nol kilometer. Kalau saya taunya titik nol kilometer di jalan tol, itu pasti pintu masuk :-)

sekalian narsis ya mang....tapi awas jangan lalu bikin artikel yang sama yah

mawut = awut-awutan = acak-acakan...masa ada nasi acak-acakan sih

Udah lama pgen ke Malang tapi blm kesampean..:)

Mdh2an saya bs foto2 di titik 0 km malang :D

sepertinya saya belum pernh ngecek mas 0 km. soalnya saya saat ini ada di km 121

nah kan
bukan filsuf dilarang ke kolom ini

sehat Sam?
hihi... ikutan Mas yanto

btw titik nol kilometer itu pokestop ato gym g ya mas?
#efekmaenpokemongo

Tapi sayang, tanda titik nolnya terlalu kecil. Kenapa tidak dibuatkan tugu semisal jogjakarta ?

ke malang lagi aja mas, skalian singgah kerumah

biasanya ada dan biasanya dipusat kota

wah ada batasannya yaa..
ini kota malang sring bgt saya dnger, tpi sekalipun blum prnh kesana..hehe

Pengen juga saya berkunjung ke titik 0 mas. Tapi gimana lagi isi dompet juga sedang 0.

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top