Masjid Jama’ Delhi, India

masjid jama delhi
Lokasi Masjid Jama Delhi berada di Jalan Chadni Chowk, kawasan kota Delhi Tua, India. Sekitar 20 km  arah utara Bandara Internasional Indira Gandhi, atau tepatnya di dekat Meena Bazar. Dan area sekitar masjid merupakan kawasan paling ramai di pusat kota Delhi Tua.

Kunjungi juga: WISATA MANCANEGARA

Menuju Masjid Jama Delhi, kita akan disambut riuhnya pedagang pasar yang yang memadati  kawasan depan masjid. Mereka menjual dagangan di lapak-lapak, ada juga yang menggelar barangnya begitu saja dilantai dengan alas tikar. Mirip pasar kaget yang biasa ditemui di Indonesia. Beragam barang dagangan bisa ditemukan disini, dengan harga yang sangat murah, tentunya harus pandai menawar.

pasar masjid jama delhi india
Pasar di depan Masjid Jama’ Delhi

Setelah melewati keriuhan pasar, selanjutnya memasuki area Masjid Jama. Tiba di pintu gerbang  luar, langsung disambut undakan tangga yang cukup tinggi. Tangga ini mengantarkan pengunjung masjid ke pintu gerbang dalam. Untuk masuk ke bagian dalam Masjid, setiap pengunjung diperiksa barang bawaannya. Selain pemeriksaan barang bawaan yang mungkin berbahaya, pengunjung  juga diharuskan melepaskan alas kaki.

alamat masjid jama delhi india
Pintu Gerbang Masjid Jama’, Delhi
Undakan tangga dan pengemis menyambut

masjid jama delhi india
Wisatawan Asing di Masjid Jama Melintas

Ohya, disini kenapa saya tulis pengunjung masjid, karena yang datang kesini bukan hanya dari kalangan umat Islam. Banyak diantaranya dari agama lain dan turis asing yang hanya sekedar berwisata sejarah, serta mengagumi keindahan bangunan masa keemasan Islam di india.

sejarah masjid jama delhi india
Ruang mihrab dan beberapa shaf untuk Shalat

Dan ternyata pengunjung dari Indonesia juga banyak, terbukti disini beberapa kali berjumpa dengan rombongan dari Indonesia. Sempat kaget saat ada yang menyapa,”Assalamualaikum, mas dari mana?”. “Waalikum salam, dari Jawa Timur”, jawab saya. “Wah mas, saya dari Lamongan”, dia balas memberitahukan asalnya. Setelah sedikit berbasa-basi, rombongan ini juga mengajak saya untuk singgah di sebuah masjid di kota New Delhi, yang katanya banyak orang asal Indonesia berkumpul disana.

jalan ke masjid jama delhi india
Pengunjung Masjid Jama’ Delhi,
diantaranya banyak dari Indonesia

Masuk ke bagian dalam Masjid Jama, merupakan pelataran ruang terbuka.  Hanya di bagian depan yang beratap dimana terdapat mihrab tempat imam dan beberapa shaf untuk makmum. Ruang terbuka ini juga bagian masjid yang digunakan untuk ibadah shalat, sehingga kapasitasnya bisa menampung ribuan orang.

Jika melihat bentuk bangunan Masjid Jama’ dari dalam, nampak tiga pintu masuk yang terletak di tiga sisi masjid. Setiap setiap pintu merupakan gerbang yang ada menaranya. Sedangkan pada bangunan utama Masjid, memiliki dua menara yang cukup tinggi, ditambah 4 menara lagi yang lebih pendek pada bagian belakang.

Menurut sejarah, Masjid Jama Delhi dibangun oleh Shah Jahan dari dinasti Kesultanan Mogul. Dimana masjid ini menjadi salah satu warisan berharga kejayaan Islam masa itu di India.

Sumber: Lokasi Masjid Jama’ Delhi, India

20 Komentar untuk "Masjid Jama’ Delhi, India"

Subhannallah sebuah negara yg sedang tumbuh menjadi negara islam terbesar di dunia..aammin

Subhannallah sebuah negara yg sedang tumbuh menjadi negara islam terbesar di dunia..aammin

Khas sekali bangunan masjidnya, saya baru tahu kalau di india ada masjid seperti ini

baru kemaren sore ngopi bareng jagoan kecilnya, lah sekarang malah ada di masjid Jama di New Delhi....super sibuk banget deh mang admin teh.....salam sama dewi drupadi ya mang

Selain tajmahal yang keren ternyata ini nggak lebih keren juga bangunannya :)

wiihhh hebat :)
mugkin suatu saat saya juga dapat berkujung ke Masjdi jam Dehli juga :)

Wih, ke india pasti keren nih

Salah satu negara yang penduduknya kini banyak yang memeluk islam,,, Mesjid Jama di New Delhi memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga tak heran banyak dikunjungi...

masjid yang megah ya mas, wah ke India nggak ngajak2 hehe...

Kalau saya ngk muluk2 mas cukup tulis nama saya pada selembar kertas "Imron Fhatoni dapat salam dari Taj Mahal" hehe :D :D

dewi drupadi siapa ngaco lhooo...

kapan berkunjung kesana....mas?

baik Mas...dalam waktu dekat saya akan berencana berkunjung kesana, kira-kira berapa uang saku yang saya bawah mas..

mang Trik mah nggak usah kenal sama dia dah...percumah, dianya juga nggak bakalan mau kenal jeh

Wah ternyata masjid jama delhi ini bukan hanya dibuat untuk shalat ya, tapi juga menjadi objek wisata, nah ada para penjual lapak juga, kayak mau masuk masjid ampel berarti

waj kapan ya bisa ke India wisata ke tempat tempat bersejarah

Wah bagus, gak kalah sama taj mahal

Namanya masjid jama' ya kang, kok bukam jami'ya? Wah saya mampor lagi nih hehe

semoga menjadi muslim terbesar di dunia

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top