Kenduri Pohon Gunung Lemongan 2016

kenduri pohon gunung lemongan 2016
Kenduri Pohon Gunung Lemongan 2016 Lumajang, Jawa timur, dilaksanakan pada hari sabtu-minggu, 19-20 November 2016. Kenduri Pohon merupakan gerakan menanam pohon di Gunung Lemongan dengan melibatkan ribuan relawan yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Gerakan ini dimotori oleh Laskar Hijau dan menjadi Kenduri Pohon tahun yang ke empat.


Gunung Lemongan merupakan gunung berapi aktif yang sedang tidur, karena saat ini tidak menunjukkan aktifitas keberapiannya. Gunung Lemongan menjadi  salah satu kawasan ketahanan sumber air bagi lereng sekitarnya. Sayangnya saat ini sumber air di lereng gunung Lemongan sudah jauh berkurang. Hal ini terjadi karena jumlah pohon yang semestinya ada sudah sangat minim. Untuk itulah diperlukan upaya penghijauan kembali, dengan harapan sumber-sumber air kembali muncul.

lokasi gunung lemongan lumajang

area camping di gunung lemongan lumajang
Area Camping Relawan Kenduri Pohon 2016
Di Lereng Gunung Lemongan Lumajang

Menurut A'ak Abdullah Al-Kudus ketua panitia Kenduri Pohon 2016 yang juga sebagai koordinartor Laskar Hijau, mengungkapkan bahwa penghijauan Gunung Lemongan dengan penanaman pohon sudah dilakukan sejak tahun 2008 oleh komunitas relawan Laskar Hijau. Penanaman pohon awalnya menggunakan bibit yang disemai sendiri oleh relawan, memanfaatkan biji-bijian yang sudah tidak dimanfaatkan. Nah, dengan diselenggarakannya Kenduri Pohon, maka semakin banyak bibit terkumpul yang berasal dari sumbangan berbagai pihak.  Untuk penyelanggaraan kali ini terkumpul 15.000 bibit pohon. Sedangkan relawan yang hadir lebih dari seribu orang.

relawan kenduri pohon gunung lemongan 2016
Ribuan relawan menanam pohon bersama

Bupati Lumajang, As’at Malik yang hadir dalam acara ini memberikan suport serta apresiasi kepada Laskar Hijau dan seluruh relawan yang telah ikut ambil bagian menanam pohon di lereng Gunung Lemongan. Beliau memberikan sambutan dikemas apik dalam bentuk pantun, salah satu yang masih saya ingat: “Biji nangka biji beton, Setiap lima langkah satu pohon”.

Ada ajakan yang menarik dari Dirjen KLH, yaitu mengajak kita menanam pohon saat merayakan ulang tahun sesuai usia kita. Dan hal ini sudah beliau lakukan setiap ulang tahun. Ajakan yang inspiratif ya, perayaan ulang tahun yang bermanfaat.

Slank hadir diantara Relawan Kenduri Pohon 2016

slank hadiri kenduri pohon gunung lemongan lumajang
Kejutan Slank tampil menghibur relawan
Relawan antusias mengabadikan momen langka ini

slank tanam pohon di gunung lemongan lumajang
Bupati Lumajang dan Personil Slank bersiap menanam pohon

Kehadiran Slank dengan 4 personilnya, Kaka, Bimbim, Ivan dan Ridho, menjadi kejutan istimewa bagi relawan Kenduri Pohon, karena kedatangan mereka sebelumnya tidak sangka. Mereka mempersembahkan 2 lagu, menjadi hiburan dan penyemangat para relawan. Slank sendiri tidak hanya menyumbang lagu, mereka juga ikut menanam pohon di lereng Gunung Lemongan.

kaka slank tanam pohon di gunung lemongan lumajang
Kaka Slank bersama pohon yang ditanam
di lereng Gunung Lemongan Lumajang

Salam lestari..... Hirau, Hidup, Hijau !!
Negeri ini butuh banyak pohon, tidak butuh banyak omong.
Lima langkah tanam benih
Tanamlah pohon sebelum kamu ditanam

Sumber:
Lokasi Kenduri Pohon Gunung Lemongan, Lumajang, Jawa Timur

26 Komentar untuk "Kenduri Pohon Gunung Lemongan 2016"

Moga saja hutan bisa tumbuh subur lagi biar nanti cucu-cucu kita bisa menikmatinya..hahahayy

kompak banget nih mas warganya, kalau aja ada di sana saya juga pengen ikut kegiatan kenduri ini . .

Mantap sekali kata2 terakhirnya "Tanamlah Pohon Sebelum Kamu Ditanam" Let's Go Green..

Kegiatan seperti ini harus tetap digalakkan di setiap daerah. Saya selalu respect dengan kegiatan2 yang berbagau sosial dan lingkungan. Terutama pendidikan :)

Salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis Iingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Penanaman pohon yang dilakukan sebagai usaha penghijauan sangatlah penting karena pohon merupakan sarana penghijauan yang paling berpengaruh di dunia. Satu pohon sangat bermanfaat.

semoga manusia semakin peduli dengan keberadaan hutan,dan tidak ada lagi yang berani menebang pohon sembarangan.

semoga gunung lemongan selalu tidur di waktu yang sangat lama

wah keliling terus nih sampean sam.
moga aksi penghijauan ini dapat dilestarikan

widiih ada slank toh.. videonya mana mas,.

gerakan yang indah dan sangat mendukung, walaupun hanya sebatas dukung doa pada gerakan kenduri pohon gunung Lamongan ini, kalau bukan kita siapa pulak kan...apalagi ada Slank...pasti admin berasanya jadi selngker deh tuh diantaranya....hadeuh

sepakat dengan apa yg disampaikan mamang lembu

Kegiatan yang goooooood mas wongggg, siiiipppp memang patut mendapatkan apresiasi atau kejutan dari slank.... Wit wiwwwwwww :D

Tak perlu disangsikan eksistensi pohon-pohon, untuk lingkungan senantiasa memunyai jauh lebih banyak manfaat ketimbang mudarat.

Komunitas semacam ini yang membuatku salut. Rela meluangkan waktu dan tenaganya serta kedermawanannya demi kelestarian alam. Aku sangat ancung jempol dan aku ikut mendukung semoga saja lain waktu bisa bergabung. Ayo kenduri.

Wah asyiikk ada SLANK juga ya. ehiheie. Pissssssssss. Maafkanlah akuuuuuu, Tapi yang saya suka sih lagu SLANK yang berjudul VIRUSSSSSS. Hiheheheiehee

Iya teh Santika suka saya eh SLANK juga ya
Tosssssssssssssss

Saya sepakat dengan Kang Djangkaru Bumi yang satu ini
Pissssssssssssssss. Slank kakak

Slank juga peduli lingkungan...

Waah, jadi semakin meriah yaa... karena ada kejutan kedatangan Slank :)

HAHAHA ane ndak mau ditanam duluan ane tanam pohon duluan ya kanng wkwk

Salam lestari. Senangnya baca kabar baik seperti ini.

semoga bumi Indonesia semakin sejuk dan indah dengan penanaman pohon, :D
btw lamongan juga ni?

Sayangilah alam maka alam akan melindungi mu.. wahh keren ada slank nya juga nambah semangat tuh kerjanya

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top