Candi Badut, Kota Malang

candi badut malang
Lokasi Candi Badut terletak di Desa Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Sekitar 7 km arah barat Kota Malang dan dapat ditempuh kurang lebih selama 15 menit menggunakan kendaraan. Komplek Candi Badut sendiri berada di sekitar pemukiman warga, dengan akses masuk berupa gang diantara perumahan penduduk.

Kunjungi juga: WISATA MENARIK DI MALANG

Candi badut pada saat pertamakali ditemukan pada tahun 1921, bentuknya hanya berupa gundukan tanah dan bebatuan. Kemudian dibangun kembali pada tahun 1925-1927 pada masa pemerintahan Belanda. Selanjutnya dipugar kembali  pada 1993.
Diperkirakan candi Badut telah berusia lebih dari 1400 tahun dan  menjadi candi tertua di Jawa Timur. Berdasar penelusuran sejarah, candi ini merupakan  peninggalan Prabu Gajayana, raja kerajaan Kanjuruhan, hal ini seperti apa yang tertera pada prasasti Dinoyo.

lokasi candi badut malang
Dihiasi taman bunga yang asri

lokasi candi badut malang
Komplek Candi Badut

Kompleks candi Badut berbentuk persegi panjang sedangkan ketinggiannya sekitar 8 meter. Bahan candi terbuat dari batu andesit, dengan struktur bangunan candi terdiri dari kaki candi sebagai bingkai, badan Candi dan bagian atap yang terdiri dari dua tingkat. Pada bagian depan candi terdapat undakan tangga untuk masuk ke bagian dalam, dimana terdapat sepasang arca Siwa dan Parwati dengan bentuk lingga dan yoni. Dengan keberadaan arca-arca tersebut, candi badut diperkirakan merupakan candi Hindu.

sejarah candi badut malang
Relung di dinding Candi berisi Arca dan
Sepasang Arca Berbentuk Lingga dan Yoni

Dengan adanya Candi Badut yang masih terpelihara hingga sekarang, sangat cocok sebagai destinasi wisata sejarah untuk menambah wawasan kita. Kemudahan akses dan jarak yang dekat dari pusat kota Malang, juga menjadi pertimbangan menarik untuk berkunjung kesini.

Sumber: Lokasi Candi Badut Kota Malang
23 Komentar untuk "Candi Badut, Kota Malang"

pengen deh, keliling jawa, mampir ke candi-candi yang indah dan masih terawat. apalagi jawa tengah dan yogya .

Pernah kekota Malang cuma belum pernah mampir kecandi ini, mungkin lebaran ini bisa mampir kecandi ini sekalian kepemandian Kendedes.

Kenapa namanya Candi Badut ya kang? Padahal kalau dilihat foto-fotonya tidak berkesan seperti badut... Atau ada arti lain dari kata Badut tersebut?

Mas ingat siwa dan parwati masa aku inget film india yang di antv hahha

Belum pernah sampai sini, jauh juga dari tempatku. Kok ga kayak badut ya candinya?

di tengah kota Malang maksudnya hanya 15 menit dari pusat kota ada Candi Badut ya, tiapkali kesana kok nggak ada temen bisnisku yang bilang sih...hadeuh

Saya pernah sekali datang ke candi Badut ini, memang suasana yang menyenangkan apalagi pas hari mulai senja terasa nyaman dan tak ingin pulang rasanya. Hehe

Belum pernah kesini sih, tapi bisa jadi masukan untuk destinasi wisata.

monggo mas, banyak candi yang bisa ditemui

wisata sejarah mas, pasti menarik

badut asal dari bahsa sansekerta Bha-dyut, mungkin memudahkan pengucapan saja di jawa.
maknanya jg bukan badut

cuma nama mba, lagian asalnya jg dari bahasa sansekerta :)

ini sudah saya kasih tau mang :)

nginep aja mba :)
wah pernah juga ya

Enak banget ya mas Wong keliling candi terus jadi hafal kali candi candi yang ada dipulau jawa

sayajuga mo ngasih tau udah share di G+ dan like fb tuh...mang admin suka begitu nggak diartikel saya, coba?


boro-boro...kan?

hehe iya mang saya insaf, kedepan tidak saya lakukan lagi...huhu :))

klik iklan juga special buat mang lembu :)

Kelihatan bersih dan asri banget ya mas :D
cocok buat nyante2..

Eh, Candi Badut itu dekat kah sama candi singosari? Kayaknya aku pernah ke sana deh...

Rekommeded buat yang demen wisata sejarah...

Candinya bagus ya, aku belom pernah ke sana

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top