Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong

klenteng eng an kiong malang
Perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong, Kota Malang diselenggarakan pada hari Sabtu, 11/2/2017. Cap Go Meh merupakan puncak penutupan perayaan tahun baru Imlek yang biasa rutin dilakukan setiap tahun pada hari ke 15. Banyak acara yang dihelat untuk memeriahkan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong. Saya sendiri berkesempatan hadir di Klenteng, bersama rombongan jaringan lintas agama dalam rangka Safari Damai, yang kebetulan waktunya bertepatan dengan Cap Go Meh. Lantas apa saja yang bisa kita jumpai dalam perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An Kiong? Berikut beberapa diantaranya.

lontong cap go meh klenteng eng an kiong malang

Lontong Cap Go Meh
Lontong Cap Go Meh menjadi kuliner khas yang disediakan pada perayaan Cap Go Meh, menjadi  tradisi warga Tionghoa yang rutin dilakukan setiap tahun. Secara kultur mirip dengan tradisi kupatan atau Bodo Kupat yang dilakukan pada hari ke 7 setelah hari raya Idul Fitri di tempat saya. Menurut Bunshu Anton selaku sesepuh di Klenteng Eng An Kiong, lontong Cap Go Meh sendiri merupakan tradisi hasil akulturasi budaya Tionghoa dengan kearifan lokal, sehingga bisa diterima secara damai dan jauh dari diskriminasi kesukuan.  Dalam perayaan Cap Go Meh kali ini, pihak Klenteng menyediakan sekitar 4.000 porsi lontong Cap Go Meh, yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan dari umat manapun yang berkenan hadir di Klenteng. Lontong Cap Go Meh terdiri dari lontong, ayam, telur, koya dan sayur rebung. Paduan menu khas dengan rasa istimewa dan menggugah selera. Terlebih dinikmati bersama ribuan umat yang memiliki latar belakang agama berbeda, dengan penuh sukacita dan damai.

wayang potehi cap go meh klenteng eng an kiong malang

Wayang Potehi
Wayang Potehi menjadi salah satu hiburan khas Tionghoa yang bisa kita saksikan disini. Saya sendiri baru pertama kali bisa menonton langsung pertunjukkan wayang Potehi. Wayang Potehi merupakan pertunjukan wayang serupa wayang golek yang di gerakan oleh dalang diatas sebuah panggung khusus. Menampilkan beragam cerita khas wayang potehi, tentunya dengan bahasa lokal yang bisa kita cerna jalan ceritanya.

barongsai klenteng eng an kiong malang

Barongsai
Atraksi Barongsai merupakan pertunjukan yang paling dinanti. Penampilannya yang atraktif membius penonton untuk tetap menyaksikan pertunjukan hingga selesai.

safari damai gusdurian malang di klenteng eng an kiong malang

Safari Damai Cap Go Meh
Kegiatan ini merupakan kunjungan dari komunitas lintas agama yang saya ikuti. Berjumlah sekitar 30 orang yang berasal dari latar belakang agama beragam. Dalam kesempatan ini kami diterima oleh Bunshu Anton selaku sesepuh Klenteng Eng An Kiong. Diadakan pertemuan dengan penyampaian sambutan-sambutan dari perwakilan berbagai agama, mendialogkan kerukunan umat dan terpeliharanya perdamaian tanpa pengkotakan RAS.

Ikut serta silaturahim dalam perayaan Cap Go Meh di Klenteng Eng An kiong, saya melihat bagaimana kebersamaan umat beragama, berkegiatan bersama dalam bingkai keberagaman dan kerukunan.

Untuk liputan Safari Damai Cap Go Meh bisa disimak disini, sedangkan viedonya bisa simak di akun Instagram wongcrewchild.

Gong Xi Fa Cai
34 Komentar untuk "Perayaan Cap Go Meh Klenteng Eng An Kiong"

Klenteng Eng An kiong itu yg posisinya di timur alun2 ya sam?

lama nggak nongol ternyata sibuk keliling lg nih

oyi sam, perempatan sebelah basar besar

sayang banget ya, saya kemarin harusnya ke pulau kemaro. mungkin disana sama meriahnya dengan klenteng engkiong

Kalo lihat lontong cap go meh, jadi inge bodo kupat di Pati, Jateng Mas.
Barongsainya yg bikin anak2 suka heboh

Lontong cap gomeh ini lo yang bikin aku pengen kesana, gratis. Wah murah hati sekali panitianya.

baru tau namanya.
sebelumnya cuman tau kalau disitu ada klenteng.haha

saya pesen satu
langsung bungkus lo ya

pean numpang lewat biasanya kan

Lontongnya itu yang bikin ngiler. 😀

Lontongnya itu yang bikin ngiler. 😀

Acaranya meriah sekali, apalagi ada lontong gratisnya, jadi ingat kampung saya setiap pagi sarapan lontong pecel dari warung sebelah. Hehe

Perayaan cap gomeh setelah imlek, jadi ingat sepupuku, meski beda agama tetap saling menghormati
salam

tahun 2010an klo gak salah aku pernah dapet lontong di situ
enak sih cuma.... kurang banyak hihihi

2ah aku pengen banget ngicip kuliner cap gomeh...teteupnya yang kuarah makananya

Boleh juga lontong cap gomehnya..
Jangan sampai lupa dibungkus buat dirumah ya..

4000 lontong cap go meh? kirim ke solo satu piring bisa kali bang XD

Lontong nya seperti nya enak tuh....

btw di samping tempat kerja ku juga ada klenteng

Weleh
Itu lo lontong cap go meh
Yang bikin laperku menoleh

gw takut ama barongsai om, jadi emoh deh kesuatu tempat kalo ada yg berbau bau barongsai.. hihihi

yang penting kan nggak buka celana

biasanya tiap klenteng meriah mas klo lagi perayaan

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top