7 Tempat Wisata Gratis di Kota Malang

tujuh tempat wisata gratis di kota malang
Lokasi 7 Tempat Wisata gratis di kota Malang berada di pusat kota dan terletak pada lokasi yang berdekatan. Untuk mengunjunginya bisa dilakukan dalam satu kali trip. Kali ini saya coba petakan ketujuh tempat wisata gratis di Kota Malang tersebut, untuk dikunjungi dalam waktu sehari dengan berjalan kaki.

Berikut ketujuh tempat wisata gratis di kota Malang dan rutenya. Dimulai dari  
1. Alun-alun Malang -> Jalan Aries Munandar -> 2. Kampung Warna Warni -> Jalan Gatot Subroto -> 3. Kampung Tridi -> Jalan Trunojoyo -> 4. Taman Trunojoyo ->  Jalan Kertanegara -> 5. Alun-alun Tugu -> Jalan Simpang Mojopahit -> 6. Tarekot -> Jalan Simpang Mojopahit -> Jalan Basuki Rahmat -> 7. Nuansa Malam Alun-alun Malang

1. Alun-alun Kota Malang pukul 06.00 wib

lokasi tempat wisata gratis di kota malang
Perjalan mengunjungi 7 tempat wisata gratis di Kota Malang diawali dari Alun-alun Malang. Alun-alun Malang bukan hanya sekedar alun-alun biasa, karena banyak fasilitas yang bisa kita eksplore disini. Bagi orang tua yang membawa anak-anak, disediakan wahana permainan anak yang dijamin bisa membuat mereka betah berjam-jam bermain disini. Fasilitas lainnya yaitu spot selfi 3D dan 4D, arena skate board, perpustakaan keliling, saung-saung untuk bersantai dan yang biasanya ditunggu-tunggu adalah atraksi air mancur menari yang ada di tengah alun-alun. Landscape pemandangannya juga indah dan asri, ada tempat pengambilan foto yang menarik yaitu dari atas jembatan penyebrangan orang yang ada disisi utara alun-alun. Dari sini kita bisa mengambil foto alun-alun dari ketinggian, jadi tidak perlu bawa drone atau tongkat selfi setinggi tiang bendera. Eksplore Alun-alun Malang, kita batasi waktu selama 1,5 jam saja. Selengkapnya Alun-alun Malang

2. Kampung Warna-Warni Jodipan pukul 08.00 wib

tempat wisata gratis di kota malang
Selanjutnya kita menuju kampung Warna Warni Jodipan, yang berada disebelah timur alun-alun Kota malang. Jaraknya kurang dari 1 km, dengan waktu tempuh berjalan kaki tidak sampai setengah jam. Memasuki kampung Warna Warni jodipan tidak dipungut biaya tiket masuk, hanya diminta membeli souvenir buatan warga seharga Rp. 2.000,- saja sebagai tanda masuk. Di kampung warna warni Jodipan berlimpah spot pengambilan foto. Yang banyak menjadi buruan adalah di tepian Sungai Brantas, disini selalu ramai pengunjung berselfie ria. Berfoto-foto di kampung Warna Warni cukup  1,5 jam saja. Baca selengkapnya Kampung Warna Warni

3. Kampung Tridi atau 3D Ksatrian pukul 10.00 wib

destinasi tempat wisata gratis di kota malang
Destinasi berikutnya adalah kampung Tridi, yang berada di sebelah kampung Warna Warni. Jaraknya hanya beberapa meter saja, tetapi karena dibatasi Sungai Brantas maka harus sedikit memutar untuk menjangkaunya. Meski memutar, jalan ke Kampung Tridi justru sangat menarik.  Rutenya melewati jembatan Sungai Brantas yang ada di ketianggian, dari sinilah view landscape kampung Warna Warni dan kampung  Tridi bisa dilihat berdampingan dipisahkan aliran  Sungai Brantas. Jika perjalanan diselingi dengan foto-foto sejenak, hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja, sudah sampai di Kampung Tridi.  Di kampung Tridi, yang menjadi daya tarik adalah banyaknya gambar tiga dimensi di tembok rumah warga.  Gambar-gambar tiga dimensi ini bisa kita jadikan objek foto dengan berbagai gaya. Tinggal bagaimana kemampuan kita berkreasi untuk mendapatkan hasil foto yang menarik dan nyata. Masuk ke Kampung Tridi tidak dipungut biaya, hanya membeli souvenir seharga Rp. 2.000,- saja. Baca Selengkapnya Kampung 3D

4. Taman Trunojoyo pukul 12.00 wib

alamat tempat wisata gratis di kota malang
Berikutnya dari Kampung Tridi menuju ke Taman Trunojoyo, jaraknya sekitar 400 meter dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Taman Trunojoyo terletak tepat di depan Stasiun Kota Malang, ditandai dengan patung singa yang merupakan ikon arema.  Di taman Trunojoyo terdapat beragam fasilitas yang bisa kita manfaatkan, diantara arena bermain anak, air mancur, batu refleksi, perpustakaan dan tempat duduk nyaman dibawah rindangnya pohon. Selain bisa menikmati kerindangan taman dan beragam fasilitas yang ada, disini juga disediakan food court. Jadi pas banget kunjungan ke Taman Trunojoyo  diwaktu jam makan siang. Waktu sekitar 2 jam dirasa cukup untuk menikmati hidangan food court dan keindahan Taman Trunojoyo. Selengkapnya Taman Trunojoyo

5. Alun-alun Tugu (Bunderan) depan Balai Kota Malang pukul 14.00

alamat tempat wisata gratis di kota malang
Dari Taman Suropati, perjalan dilanjutkan ke Alun-alun Tugu atau dikenal juga sebagai Alun-alun Bunderan. Lokasi alun-alun Tugu berada di depan Balai kota Malang. Alun-alun ini sangat menarik, karena memadukan keindahan taman  dengan background Balaikota Malang yang megah dan klasik. Menjadi lokasi yang cocok untuk hunting foto. Baca Selengkapnya Alun-alun Tugu

6. Taman Rekreasi Kota atau Tarekot pukul 15.00

tempat wisata gratis dan murah di kota malang
Destinasi berikutnya setelah mengunjungi alun-alun Tugu adalah Taman Rekreasi Kota atau tarekot. Lokasi tarekot hanya sekitar 200 meter dari alun-alun tugu, cukup berjalan kaki tidak lebih dari 10 menit sudah sampai. Sesuai  namanya, tarekot menawarkan tempat rekreasi bagi warga kota malang dengan beragam fasilitas. Diantaranya sarana bermain untuk anak, beberapa satwa, tempat bersantai di taman yang rindang, warung makan dan kolam renang. Khusus kolam renang cukup bayar asuransi Rp. 200,- (dua ratus perak) per orang, super murah. Baca selengkapnya TAREKO

7. Wisata Malam Alun-alun Malang pukul 18.00

lokasi tempat wisata gratis di kota malang
Setelah puas bersantai dan berenang di tarekot, terakhir kita kembali menuju ke alun-alun Malang, tetapi dengan nuansa yang berbeda dengan suasana di pagi hari. Saat malam, alun-alun Malang terasa lebih berwarna dan meriah. Air mancur menari menjadi atraksi tersendiri yang selalu ditunggu pengunjung alun-alun. Semakin eksotik karena bertabur cahaya lampu warna-warni yang berubah secara dinamis. Pertunjukan air mancur menari biasanya di mulai sekitar pukul 19.00 wib. Sambil menikmati pertunjukan air mancur menari, anda juga bisa berburu kuliner malam di sekitar alun-alun, atau mencari oleh-oleh dan belanja di mall.

Nah bagaimana sobat traveler, trip destinasi wisata gratis di kota Malang ini sangat menarik bukan. Jangan sampai anda lewatkan saat berkunjung ke Kota Malang.
73 Komentar untuk "7 Tempat Wisata Gratis di Kota Malang"

Kampung warna warninya kerennn...

Pas nih buat yang bikin plannin liburan ke Malang. Jadi bisa langsung diikutin stepnya biar pas waktunya. Tapi kalau saya yang ngunjungi semua tempat itu kayaknya ga tahan klau harus jalan kaki mas :D

BUAT Nyegerin pikiran enak tuh.. :)

Wah baru tau kalo di rumah warna warni itu mesti beli kerajinan dari warga. Abis dulu mau kesana gak jadi. Paling sering pasti alun alun terus..

Ternyata pemandangan alun-alun lebih bagus malam hari ya.. 😅

Kampung 3D ini yang mulai tersohor mengalahkan kampung warna-warni, walau hanya bersebrangan berbatas sungai brantas. Penasara dengan model souvenirnya kayak apa ya ?

Saya belum sempat kesana. Mirip kayak di meksiko itu ya ?

souvenirnya gantungan kunci mas, berbentuk boneka dan singa khas arema, ada juga stiker, tinggal pilih

betul mas, mirip, tambah bagus dan ada perbaikan2 terus

deket banget mas tiap objek wisatanya

mandi air dingin juga seger mas :)

mesti balik ke malang lagi mba :)

wow,masuk tempat wisata cuma bayar 200 perak?
kaget saya bacanya.Salut deh..
mungkin hanya ada di kota malang aja nih...mantap.

dialun alun tugu (saya lebih seneng nyebutnya balai kota) nih awal kita bertemu trs ngopi lesehan ya sam.hihi

waaa kampung warna warni nih, kita belum sempat mampir

-M.
http://www.inklocita.com/2017/04/7-kota-dalam-9-hari-di-jepang.html

aq nganti mblenger sam,bendino nglewati

eh ternyata masih musim ya nitip link

wah keren itu kampung warna-warni hehehe

tar kalau ada rejeki inshaallah saya main ke kota malang mas :)

Wah seru ya malang, jadi pengen ke malang

serius kang, ane orang kabupaten malang, tidak banyak tahu tentang ketujuh tempat wisata gratis itu, mungkin sebab saya ada di desa ya hehe, sip recomended

Kota malang wisata unik - unik euy,,, kampung warna warni bagus juga yah,,, berarti warganya pada kompak..

aku yang nomor 7 itu amat tertarik mas, memang kota malang luar biasa ya

Objek wisata di malang menarik juga ya,paling unik ya menurut saya di desa warna warni,..

ah banyak juga wisata gratisnya di nkoyta malang yah gan! Kapan-kapanmain kesitu ah!

Nglewati tapi ora mmapir yo kang! Cumma lewat tok ora mandeg sit!

Unik ya gan, kampung warna warninya, warganya sungguh kreative

Setidaknya jadi tahui sekarang kalau di kota malang banyak wisata gratisannya ya kang oim?

Banyak yg tertarik dengan desa uniknya yg warna-warni, kelihatannya sesuatu banget gitu!

Nomor tujuh kebanyakan ditiap kabupaten atau kota memiliki pak! Termasuk di kabupaten sy di depan alun-alun juga ada,!

Di daerah saya juga ada wisata gratisan, namanya wisata Bendungan Manganti yang diresmikan oleh presiden Soeharto dulu!

Kota malang memang keren ya mas, beraneka macam wisata ada di sana,, mantep..

Alhamdulillah beberapa sudah saya kunjungi, alun alun dan lain sebagainya..,
memang indah banget di malang, jadi pengen pindah ke sana aja..

Dari ketujuh tempat wisata gratis di kota Malang tersbut, satu kota pun belum pernah saya kunjungi mas... kapan yah bisa berwisata ke daerah Malang

apa perlu saya ambilkan pentungan sekarang? :D

dijamin anunya ikut mengekerut tuh :D

Alun-alun dengan pemandangan yang indah pasti nyaman buat berduaan. Hehe

Saya tertarik semua mas dari beberapa wisata diatas cuma g klakon klakon padahal sering lewat lhoo

Kampung warna warninya itu loh yang bikin saya selalu penasaran, cuma bisa melihatnya di tv aja hehehe

gmna kalo abis lebaran nanti kita adakan acara kopdar mas? hehehe

ih pegen ke kampung 3 D kayaya rame ya kang.
masuknya gratis lagi.
cuman beli sovenir aja

Barusan saya juga dapat foto saudara mejeng di Alun-alun kota Malang.
Cakep bener view nya ya mas.

Kampung warna warni nya beneran deh full color., eye catching !
aaahhhaaa inget foto yang di instagram .. iya yah mas ?

Paling suka yang gratis-gratis seperti ini. Soale nggak bayar. :D

pingin ke kampung warna-warni & kampung tridi :)

wah, pengin dunks mang ikutan, asik mah :D

begitu jaga dengan saya mang :D

bilang ke bossnya aja, minta liburan dan diongkosin :)

kasih amplop aja kang... yang kosong

itu memang nggak pernah berhenti, tidurpun sambil jalan

monggo mas dikunjungi, pasti puas wisata disini

silahkan mba berkunjung ke malang

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top