Lawang Sewu Semarang

alamat gedung lawang sewu semarang
Lokasi Gedung Lawang Sewu berada di sebelah timur Tugu Muda Semarang, atau tepatnya diantara  jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Sangat mudah ditemukan dari pusat-pusat keramaian dan fasilitas publik di Semarang. Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia berarti pintu seribu, menjadi sebutan masyarakat untuk gedung ini. Hal ini karena gedung tersebut memiliki jumlah pintu yang sangat banyak. Meskipun jika dihitung tidak mencapai seribu dan terbukti menurut informasi jumlah pintunya hanya 429 buah.

Gedung Lawang Sewu secara keseluruhan memiliki gaya arsitektur khas negeri Belanda. Bangunan utamanya terdiri dari dari bangunan tiga lantai yang ada dibagian depan dan dua bagian bangunan memanjang pada bagian kanan dan kiri yang membentuk sudut seperti huruf  L. Dan satu bagian bangunan ada di belakang. Diantara kedua sisi bangunan yang memanjang terdapat halaman yang cukup luas.

gedung lawang sewu semarang

alamat lawang sewu semarang

Memasuki lawang sewu harus melewati pintu masuk yang ada gerbang depan. Disini setiap pengunjung kenai tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak dan pelajar. Buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 09.00 malam. Menyusuri bagian dalam Gedung Lawang Sewu, kita akan mendapati lorong yang menghubungkan setiap ruangan. Akses masuk keruangan  melalui pintu-pintu tinggi yang jumlahnya sangat banyak. Di halaman kiri gedung lawang Sewu terdapat lokomotif yang sudah tidak berfungsi dan hanya sebagai hiasan, cocok menjadi spot foto yang menarik

tempat foto bagus di lawang sewu semarang

gambar denah lawang sewu semarang

Sedikit menilik sejarahnya, gedung Lawang Sewu merupakan bangunan yang memiliki nilai sejarah bagi Bangsa Indonesia. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 dan difungsikan sebagai  kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) atau kantor perusahaan kereta api Belanda. Setelah masa kemerdekaan gedung Lawang Sewu pernah digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI), serta pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Kodam IV Diponegoro dan Kanwil Kemenhub Jawa Tengah. Jadi Gedung Lawang Sewu jika melihat sejarahnya, merupakan gedung yang sangat bernilai dan harus dijaga kelestariannya.

Kisah Mistis di Gedung Lawang Sewu

Kisah mistis Lawang Sewu juga banyak beredar di kalangan masyarakat. Diantara yang masyhur adalah gedung ini banyak dihuni makhluk-makhluk astral dan sering menunjukkan keberadaannya dalam bentuk penampakan, suara-suara misterius dan bau-bau yang aneh, silahkan mau percaya atau nggak. Tapi jika ingin membuktikannya bisa datang langsung ke Lawang Sewu.

penampakan di lawang sewu semarang
Penampakan kepala manusia gundul di Lawang Sewu

Penampakan di Lawang Sewu benar adanya, saya sendiri menjumpainya saat kesana. Penampakan yang cukup mengerikan (baca: menggelikan), yaitu munculnya kepala manusia gundul tanpa kelihatan tubuhnya di balik daun pintu gedung Lawang Sewu tiba-tiba terlihat. Hiii, lihat sendiri foto diatas.

Sumber: Lokasi gedung lawang Sewu Semarang
51 Komentar untuk "Lawang Sewu Semarang"

saya pernah kepleset keselokan sebelah barat bangunan lawang sewu ini gegara menghitung seluruh lawang yang ada digedung itu, ternyata lawangnya ada sewu telungatus seket mang

pertamax di kolom komentar, pertamax juga bagiin ke G+, adminnya sendiri juga lupa ngshare ke G+...huh, udik ah

hahahahah, ada mang lembu lagi disini,
lawang sewu, banyak penampakan rupanya?

lawang sewu sangat indah, tapi diliat dari sejarah sangat menakutkan ya mang :(

Tadinya saya malah mengira gumpalan rambut diujung lorong itu penampakannya. Eh ternyata yg gundul itu toh hahaa
Ini salah satu peninggalan sejarah yang harus dan wajib untuk dilestarikan.

Mantep sekali mas,,infonya,,belum pernah kesana tapi ngrasa sudah pernah, karena membaca artikel mas ini, yang keren habis, mudah di cerna..bahkan saya jadi bisa melihat makhluk aztral, ternyata makhluk aztral gundul ya mas...heee

Emang ngitung gituh... gak yakin ihh...

Saya juga G+ dong ahh... abisnya asyik sih kalau buat temen mah, ngeshare itu sangat menyenangkan....

Saya pernah memngikuti ulasan tentang lawang sewu di stasiun tv mang, cuman agak lupa udah lama soalnya tayangnya. Menarik bisa jadi obyek wisata favorit keluarga...

Lawang sewu
Pintu seribu
Bau mistis atau hantu
Merinding tapi ingin berkunjung ke situ...

Saya baca kok merinding, apa lagi ke sana terus lihat penampakan pasti nggak bisa jalan. Sudah dengar gini nggak mau datang ah ke lawang sewu.

hii atut...soalnya penampakan di lawang sewu ini jg pernah muncul malah nginep dirumah saya

mas admin sekarang lg di semarang ya?

memang menakutkan tuh penampakannya mbak

dapet duit lebih menyenangkan

wah gedung yang satu ini kang penuh dengan sejarah .. layak di kunjungi dan wajib nyicipi lumpianya

Lawang Seeu menjadi tujuan awal kalau wisata ke Semarang hehe penasaran daya

Waaah.... Ada kisah mistisnya juga.

lokasinya pasti jauh ya kang dari Medan heehee, maunya ke sana tu melihat budaya dan keindahan alamnay

Wah ternyata bersebrangan dengan tugu muda ya..
Bisa mampir di 2 tempat sekaligus rupanya !

kayaknya lagi di tempat tidur tuh... :D

yang keren dari lawang sewu di artikel ini menurut saya adalah makhluk astralnya..

hmmm...mengerikan sekali!

mau coba kesanaaa pernah tersesat di semarang sial

wow... aku bingung. ini mang lembu kan? horeee akhirnya aku bisa komen di sini. aku nggak ngeh kalo komennya musti ribet ough mas.

Walau aku tinggal di kab. semarang, jujur sejujur jujurnya aku belum pernah mampir lawang sewu ini. Dan penampakannya swear deh, bikin ngakak :D

wawwwwpenampakannya benar-benar menjijikan :D

Kita memang mahluk ambigu....takut sama hantu tapi karena cerita hantunya jadi pengen kesana..hayo pada ngaku.....

Kalau ke sananya sama mas Yanto sepertinya saya mah nggak takut. :)

Lawang sewu = pintu seribu, terkadang mendengarkan cukup membuat bulu kuduk berdiri, apalagi berkunjung kesana waktu malam hari

jadi inget ajakan istri untuk pergi ke lawang sewu. belum terlaksana

yg sering saya denger crita mistisnya ketimbang sejarahnya. ::)

Mungkin lawang sewu dibuat oleh kolonial belanda ya kang, oleh sebab itu memang penampakannya unik dan artistik kayak jaman penjajahan gitu.

Gak sampai seribu pintu ya? malah sebaliknya dengan cemara sewu, justru mungkin cemaranya lebih dari seribu tuh, jadi hanya nama saja

woow saya malah seneng kalau ketemu yg kaya ginian Mas, pernah tuh kuntilanak mungkin maksudnya pengen nakut nakutin tapi malah saya kejar , dia pun menghilang tapi saya tidak kurang akal saya munculkan dengan paksa akhirnya dia teriak teriak minta ampun,,,,

oky kembali ke Lawang sewu, tempat ini sangat bersejarah untuk kota Semarang , bangunan ini konon sudah ada sejak jaman belanda lho mas...

sejarah biarlah berlalu mas :)

yang gundul ya mas, yang dilestarikan :)

justru yang menakutkan itu mas yanto lho

haha jarang bisa ketemu langsung penampakan ya mas

silahkan dikunjungi kang, siapa tau dapet penampakan

silahkan dikunjungi dihari minggu
siapa tau ketemu hantu

haha, waktu itu nampak ganteng ya sam

betul mas, wisata sejarah dan kuliner

betul mba, monggo diagendain kesana

Wah tambah bagus aja mas tempatnya...saya br pertama kesini tahun 2011..pengen jalan" ke Semarang lagi :D

Artikel yang sangat bermanfaat. Jangan Lupa Kunjungi http://mesinindo.com/ Untuk Melihat Artikel Bermanfaat Lainnya.

Artikel yang sangat bermanfaat. Jangan Lupa Kunjungi http://mesinindo.com/ Untuk Melihat Artikel Bermanfaat Lainnya.

Wah kota Tetangga nih Semarang. Hehehe..
btw itu penampakanya bikin kaget mang :D

Di lawang sewu ada juga pintu yang sejajar. Keliatan keren karena mirip masuk ke lorong waktu. Terakhir kabarnya lawang sewu mau disewain ke pihak swasta.

Saya tahu lawang sewu pertama kali pas nonton acar dunia lain, hehehe

Silahkan komen dengan bijak dan sopan

Back To Top